Mengenal Cakupan Grammar Bahasa Inggris, Nggak Cuma Tenses!

grammar bahasa inggris

Kamu sering belajar grammar bahasa Inggris? Sudah tahu belum, apa itu grammar? Lalu, apa saja cakupan grammar bahasa Inggris? Simak pembahasannya di artikel ini!

--

Kalau kamu merasa bahwa grammar bahasa Inggris adalah materi yang nggak pernah ada habisnya, maka perasaan tersebut valid, guys.

Grammar merupakan tata bahasa atau “panduan” yang kita gunakan ketika mempelajari sebuah bahasa. Jadi, setiap bahasa pasti memiliki grammar, tak hanya bahasa Inggris saja.

Melalui grammar, kita akan mengetahui bagaimana cara untuk berbahasa dengan benar dan terstruktur sehingga dapat dipahami oleh orang lain. That’s why, grammar check biasanya muncul saat kita melakukan tes kemahiran seperti TOEFL atau IELTS.

Ingin memahami grammar bahasa Inggris dengan baik? Yuk, kenali dulu apa saja cakupannya dan cari tahu cara untuk melatihnya bersama English Academy!

 

Apa Itu Grammar?

Grammar bahasa Inggris adalah sistem atau aturan yang dijadikan sebagai “acuan” untuk menyusun kalimat.

Kalau kamu bertanya, “Apakah grammar itu penting?” Tentu jawabannya adalah “penting”. Soalnya, sebuah bahasa tidak dapat berfungsi tanpa adanya grammar.

Oh ya, umumnya grammar hadir berdasarkan struktur dasar bahasa yang diketahui oleh setiap penutur asli (native speaker).

 

Apa Perbedaan Tenses dan Grammar?

Grammar adalah tata bahasa atau struktur yang digunakan dalam membentuk kalimat, sedangkan tenses adalah bagian dari grammar, yaitu kategori tata bahasa yang menekankan pada perubahan bentuk verb untuk menunjukkan waktu dari sebuah aktivitas atau keadaan.

 

Rumus Grammar Ada Berapa?

Ketika berbicara soal grammar, mungkin yang akan muncul di benakmu adalah 16 rumus grammar tenses bahasa Inggris. Padahal, grammar memiliki cakupan yang sangat luas, artinya grammar tak hanya membahas soal tenses.

 

Mau tau nggak, bagaimana cara untuk menguasai grammar bahasa Inggris dengan cepat? Selain tekun berlatih, kamu juga membutuhkan pendamping alias mentor atau guru! Jadi, kalau ada materi yang sulit, kamu bisa bertanya langsung pada ahlinya. Yuk, temukan tutor favorit kamu di English Academy! Daftar sekarang!

English Academy

 

Apa Saja Grammar dalam Bahasa Inggris?

Materi apa saja yang ada di grammar? Materi grammar bahasa Inggris mulai dari abjad, tanda baca, kata, frasa, klausa, kalimat, termasuk tenses.

Sebetulnya materi grammar sangat luas, tetapi English Academy hanya akan membahas grammar yang populer dan beginner friendly seperti di bawah ini:

1. Huruf atau Abjad (Alphabet)

Sebelum membahas materi yang lebih kompleks, tentu hal pertama yang perlu kamu kuasai dari sebuah bahasa adalah mengenai ejaan. Ejaan merupakan penggambaran dari bunyi bahasa.

Nah, komponen pertama yang harus dipelajari dalam ejaan adalah huruf alias letter, atau kita mengenalnya juga dengan sebutan abjad (alphabet). Bahasa Inggris memiliki total 26 alfabet, yaitu a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z.

Cara pengucapan atau spelling alfabet bahasa Inggris tentu berbeda dengan bahasa Indonesia. Kamu bisa mempelajari lebih jauh materi ini melalui artikel Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Kenali Cara Spelling & Tipsnya, Yuk! ya, guys.

2. Tanda Baca (Punctuation)

Dalam bahasa Inggris, tanda baca disebut dengan punctuation. Tanda baca bersifat penting dalam sebuah ejaan tulisan.

Pasalnya, punctuation berfungsi untuk menyusun struktur dan organisasi tulisan, serta dapat menentukan intonasi dan jeda sewaktu pembacaan.

Hati-hati, salah penempatan tanda baca bisa mengubah makna dari sebuah kalimat, lo. Maka dari itu, pelajari lebih lanjut jenis-jenis tanda baca dan contoh penggunaannya yang sudah dibahas tuntas dalam artikel Punctuation (Tanda Baca Bahasa Inggris) Beserta Arti dan Contohnya

istilah grammar bahasa inggris

 

3. Kata (Word)

Ketika mempelajari ejaan bahasa Inggris, maka kita juga akan mengenal dengan proses pembentukan sebuah kata. Kata merupakan satuan bahasa yang mempunyai arti atau satu pengertian.

Yap, kata merupakan satuan bahasa terkecil yang digunakan dalam sebuah kalimat. Dalam tata bahasa Inggris, ada sembilan kata yang dibagi berdasarkan fungsinya, kita biasa menyebutnya dengan part of speech. Ini dia daftarnya:

a. Noun (Kata Benda)

Noun adalah bentuk klasifikasi kata yang digunakan untuk menamai suatu orang, tempat, gagasan, ide, pemikiran, atau benda.

Contoh noun seperti table, chair yang termasuk countable noun. Lalu ada uncountable noun seperti hair dan milk.

Kenali berbagai jenis kata benda lainnya melalui artikel Noun (Kata Benda): Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh, dan Penggunaannya

b. Verb (Kata Kerja)

Verb atau kata kerja adalah sebuah kata yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh seseorang.

Ada tiga bentuk kata kerja, yaitu base form a.k.a kata kerja dasar (familiar juga dengan sebutan infinitive dan Verb 1), simple past (Verb 2), dan past participle form (Verb 3). 

Dalam bahasa Inggris, setidaknya ada 11 tipe kata kerja yang memiliki fungsi masing-masing, yang paling populer adalah regular verb (kata kerja beraturan) seperti move/moved/moved, lalu ada irregular verb (kata kerja tak beraturan) seperti sing/sang/sung, serta auxiliary verb (kata kerja bantu) seperti to be is/am/are, was/were dan have/has.

Contoh verb (kata kerja) bahasa Inggris adalah drive, write, see, call, dan masih banyak lagi. Yuk, pelajari verb lebih lengkap di artikel 11 Tipe Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb) Beserta Contohnya

c. Pronoun (Kata Ganti)

Saat membuat sebuah kalimat yang kemudian disusun menjadi suatu paragraf, kita harus memastikan bahwa tidak ada pengulangan dalam menyebutkan subjek. 

Nah, untuk menghindari repetisi, ada yang namanya pronoun. Contoh dari pronoun seperti he, mine, ours, the boy, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pronoun (Kata Ganti): Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Kalimatnya

d. Adjective (Kata Sifat)

Adjective adalah kata sifat untuk menjelaskan, menggambarkan, atau membatasi kata ganti (pronoun) atau kata benda (noun) yang masih berbentuk umum atau general.

Contoh yang termasuk kata sifat adalah tall, slim, fat, dan strong. English Academy sudah membahas materi adjective dengan lengkap pada Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjectives): Definisi, Jenis-jenis, dan Contohnya

e. Adverb (Kata Keterangan)

Suatu kejadian yang dikemas dalam sebuah kalimat tenses biasanya akan dilengkapi dengan adverb, khususnya adverb of time seperti yesterday, last night, this morning, dan lain-lain. So, apa itu adverb?

Jadi, adverbs adalah kata keterangan untuk menjelaskan atau memberi informasi tambahan mengenai adjective, verb, sentences, atau adverb itu sendiri.

Ada 8 jenis adverb yang bisa kamu temukan pada artikel Adverb (Kata Keterangan) dan Jenis-jenisnya dalam Bahasa Inggris

f. Preposition (Kata Depan)

Sebagai pemula yang baru belajar part of speech, mungkin akan sedikit kesulitan untuk memahami cara penggunaan preposition.

Preposition adalah kata depan yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan ruang atau waktu antara satu benda dengan yang lain.

Kamu pasti tidak asing dengan contoh preposition seperti above, at, in, on, under yang termasuk preposition of place, yaitu kata depan yang digunakan untuk menyatakan tempat.

Tapi, ada 5 jenis preposition lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Segera cek di laman Prepositions: Preposisi dalam Bahasa Inggris ya!

g. Conjunction (Kata Hubung)

Kamu akan lebih mudah untuk memahami sebuah kalimat jika kalimat tersebut disusun menggunakan conjunction, yaitu kata penghubung. 

Part of speech yang satu ini merupakan bentuk kata untuk menghubungkan unit-unit bahasa yang setara (kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, dan seterusnya).

Contoh conjunction adalah and, but, also, for, or, dan masih banyak lagi. Berikut contoh kalimat menggunakan conjunction:

Clara and Zara visited Rahma's birthday party yesterday. (Clara dan Zara mengunjungi pesta ulang tahun Rahma kemarin.)

h. Determiner (Kata Penjelas)

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel Berbagai Jenis Determiner dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya, determiner adalah kata yang memperkenalkan kata benda (noun) atau memberikan informasi kuantitas sebuah noun.

Contoh determiner adalah a, an, dan the. Lihat contoh penerapannya dalam kalimat di bawah ini:

I have an apple. (Aku punya sebuah apel.)

i. Interjection (Kata Seru)

Interjection adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan emosi seseorang terhadap suasana, keadaan atau aksi yang terjadi. Berikut adalah contohnya:

Wow, Nanda is so beautiful with her red gown! (Wow, Nanda sangat cantik dengan gaun merahnya!)

 

4. Frasa (Phrase)

Phrase atau frasa adalah kelompok kata yang terdiri dari dua kata atau lebih yang memberikan makna pada suatu unit bahasa.

Ada 11 bentuk phrase dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh yaitu noun phrase yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah noun. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

Alfi rent a beautiful luxury car. (Alfi menyewa sebuah mobil mewah yang cantik.)

Dari kalimat di atas, yang dapat dihitung sebagai frasa adalah yang dicetak tebal.

5. Klausa (Clause)

Klausa adalah sekelompok kata yang terdiri dari subjek dan predikat. Ketika membentuk sebuah kalimat, setidaknya akan ada satu klausa di dalamnya. 

Nah, pada dasarnya clause terbagi menjadi dua jenis, yaitu independent clause (bisa berdiri sendiri) dan dependent clause (bergantung pada klausa yang lain).

Perhatikan contoh klausa berikut ini:

  • Independent clause: Esye was sleeping.
  • Dependent clause: When I arrived home.

Tapi, secara keseluruhan, terdapat 7 jenis clause dalam bahasa Inggris, materi lebih detailnya bisa kamu pelajari dalam artikel Apa Itu Clause (Klausa): Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya.

6. Sentence (Kalimat)    

Materi selanjutnya yang perlu kamu pelajari setelah klausa tentu adalah kalimat atau sentence. Sentence adalah seperangkat kata dengan komponen lengkap terdiri dari subjek dan predikat, yang mengandung sebuah makna utuh.

Sebuah kalimat bisa terdiri dari klausa utama, atau bisa juga diikuti dengan satu atau lebih klausa bawahan. Contoh kalimat:

Declarative sentence: Gadis goes to the supermarket with her husband every Sunday.

Ada banyak sekali jenis kalimat dalam bahasa Inggris, mulai dari declarative sentence (kalimat pernyataan), imperative sentence (kalimat perintah), negative sentence (kalimat negatif), interrogative sentence (kalimat tanya), complex sentence, dan masih banyak lagi. Yuk, baca lebih lanjut pada laman Types of Sentences: Jenis Kalimat Bahasa Inggris

7. Tenses

Nahtenses merupakan grammar yang sangat familiar. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa grammar in English is just about tenses. Padahal nggak begitu, gengs

Jadi, tenses adalah pola kalimat yang dibentuk berdasarkan waktu dan sifat sebuah kejadian atau peristiwa.

Ada 16 jenis tenses bahasa Inggris yang dibagi ke dalam empat kategori, yaitu present tense (masa sekarang), future tense (masa yang akan datang), past tense (masa lampau), dan past future tense (waktu yang akan datang dengan sudut pandang masa lalu). 

Baca artikel 16 Tenses dalam Bahasa Inggris dan Contohnya yang bisa bantu memahami rumusnya dengan mudah. Namun, kalau ingin memahami materi setiap tenses dengan lebih dalam, English Academy sudah pernah membahasnya satu per satu.

Misal, ada artikel simple present tense, simple past tense, present perfect tense, present continuous tense, past perfect tense, dan 11 tenses lainnya, lengkap!

   

Bagaimana Cara Cek Grammar Bahasa Inggris? 

Dalam belajar bahasa Inggris, grammar adalah hal yang penting untuk dikuasai supaya kita dapat menyusun sebuah kalimat sesuai dengan rules atau aturan yang berlaku.

Namun, kamu juga bisa menggunakan berbagai tools pendukung untuk melakukan grammar checker. Salah satu yang paling populer adalah Grammarly. Kamu bisa menggunakannya secara gratis atau berlangganan untuk fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris

 

Terima kasih sudah belajar hari ini! Enak kan guys, banyak grammar bahasa Inggris yang ternyata materinya sudah dibahas di blog English Academy. Jadi, kamu bisa langsung cek artikel-artikelnya supaya bisa belajar dengan lebih detail.

Oh ya, English Academy juga sudah pernah menuliskan bagaimana cara menguasai grammar bahasa Inggris dengan mudah, lo.

Kamu dapat mempelajarinya dari artikel Inilah 3 Cara Mudah Mempelajari Grammar dalam Bahasa Inggris dan artikel Hindari 10 Kesalahan Grammar ini dalam Penulisan Bahasa Inggris!

Tapi.. kalau ternyata masih bingung, nggak usah khawatir. Kan ada Tutor di English Academy yang siap membantu. Penasaran bagaimana konsep belajar di kelas English Academy? Yuk, gabung sekarang di sini! Ada kelas gratisnya, lho!
Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!