Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa bedanya English Academy dengan kursus Bahasa Inggris lainnya?

- Disediakan oleh Ruangguru yang sudah terdepan di bidang edukasi dan teknologi
- Solusi belajar Bahasa Inggris yang terjangkau terutama dengan pengajar internasional dibanding kursus bahasa Inggris offline lainnya di Indonesia
- Kelas 2x lebih banyak dibandingkan kursus Bahasa Inggris lainnya dengan jadwal yang fleksibel
- Dapat belajar di mana saja dan kapan saja

Bagaimana English Academy bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam Bahasa Inggris?

- English Academy memberikan kelas interaktif 2x lebih banyak dibanding kursus Bahasa Inggris lainnya
- Setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar internasional dan lokal berpengalaman
- Video pembelajaran yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran lebih mendalam
- Materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa
- Kolaborasi antara pengajar English Academy, konsultan, dan orang tua siswa dalam proses monitoring perkembangan belajar

Usia berapa yang dilayani English Academy?

English Academy memfasilitasi kursus Bahasa Inggris untuk berbagai usia. Dari pelajar anak berusia 7 tahun, hingga pelajar dewasa berusia di atas 18 tahun.

Bagaimana latar belakang pengajar di English Academy?

Pengajar di English Academy terdiri dari lokal dan internasional. Mereka adalah orang-orang yang memiliki excellent track record di bidangnya, baik dari latar belakang pendidikan hingga histori pekerjaannya. Mereka siap membimbing para siswa English Academy agar mendapatkan pengalaman belajar Bahasa Inggris terbaik.

Bagaimana materi pembelajaran di English Academy disusun?

Materi pembelajaran English Academy disusun sesuai dengan standar kurikulum internasional Cambridge. Setiap siswa akan mendapatkan materi belajar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan bahasa Inggris-nya.

Bagaimana para pengajar menilai jika anak saya telah menguasai konsep pembelajaran?

Semua pengajar English Academy telah memiliki rencana pembelajaran terstruktur yang dibuat dengan alur dan tujuan pembelajaran yang jelas. Setiap akhir sesi, pengajar akan menilai kepada setiap siswa apakah mereka telah menguasai konsep pembelajaran atau belum. Penilaian ini dicatat dan dikomunikasikan kepada orang tua setiap bulan dan ketika diminta oleh orang tua.

Bagaimana jika anak saya membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguasai konsep?

English Academy memberikan kelas tambahan untuk mengulang materi belajar yang belum siswa pahami dan terdapat rekaman video pembelajaran serta kuis yang dapat di akses siswa kapan saja.

Apakah siswa akan diberikan pekerjaan rumah?

Tidak. Namun, English Academy memotivasi para siswa untuk mengerjakan latihan soal yang tersedia di aplikasi Ruangguru sesering mungkin. Kami percaya bahwa para siswa juga perlu diajak untuk bertanggung jawab dan mengambil keputusan dengan cara memberikan mereka ruang untuk mengatur tempo belajarnya masing-masing. Selain itu, English Academy memposisikan keberadaan para siswa sebagai learning partner sehingga kami bisa membantu mereka semaksimal mungkin dan bukan menambah beban belajar mereka.

Apakah ada tes?

Ya. English Academy memberikan tes yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan bahasa Inggris setiap siswa. Sehingga tes yang diberikan dapat mengukur kemampuan siswa untuk mengikuti kelas bahasa Inggris selanjutnya.

Apakah English Academy menerapkan placement test bagi calon siswa?

Ya. Setiap calon siswa yang ingin bergabung English Academy akan mengikuti placement test terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya.

Berapa banyak soal placement test?

Placement test terdiri 20 soal multiple choice (grammar, vocabulary, dan reading comprehension). Terdapat test speaking yang sifatnya optional dan dilakukan melalui Google Meet dan akan diuji oleh tim konsultan dan pengajar English Academy.

Dimana placement test dilakukan?

Placement test dilakukan melalui website English Academy.

Bagaimana cara mengikuti placement test English Academy?

Bagaimana cara mengikuti placement test English Academy? Caranya sangat mudah, kamu bisa buka aplikasi Ruangguru atau tautan http://english-academy.id/placement-test
- Klik "Mulai Tes"
- Pilh kursus yang sesuai dengan usia kamu saat ini
- Klik "Mulai Tes"
- Kerjakan paket soal yang telah muncul hingga selesai
- Lengkapi data diri kamu
- Klik "Dapatkan Sertifikat"
- Selanjutnya kamu akan dihubungi oleh tim konsultan kami untuk informasi hasil test dan sertifikat dalam waktu maksimal 2 hari kerja setelah mengikuti placement test

Apakah English Academy menawarkan kelas uji coba?

Ya. English Academy menawarkan kelas uji coba sepanjang tahun akademik kami.

Bagaimana prosedur pendaftarannya?

Calon siswa dapat mengisi formulir pendaftaran di aplikasi Ruangguru atau website http://english-academy.id. Tim kami akan menghubungi kamu untuk mengikuti placement test terlebih dahulu.

Kapan saya bisa megikuti placement test dan melakukan pendaftaran di English Academy?

Kapan saja sesuai dengan ketersediaan jadwal kamu.

Berapa biaya kursus di English Academy?

Biaya kursus di English Academy sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kursus bahasa Inggris lainnya. Namun, kami harus mengetahui kemampuan Bahasa Inggris calon siswa terlebih dahulu dan setelah itu konsultan kami akan membantu menyesuaikan paket belajar terbaik untuk anda.

Berapa biaya registrasi dan buku?

Semua biaya sudah termasuk dengan biaya les.

Apakah ada biaya lain yang harus dibayar saat pendaftaran?

Tidak ada.

Kapan biaya dibayarkan?

Pembayaran dapat dilakukan ketika pendaftaran dan setelah placement test dengan metode pembayaran yang tersedia di English Academy.

Apakah English Academy menawarkan paket cicilan?

- Cicilan 2x untuk langganan 3 bulan. Cicilan kedua dilakukan 30 hari setelah pembayaran cicilan pertama.
- Cicilan 4x untuk langganan 1 tahun. Cicilan kedua dilakukan 30 hari setelah pembayaran cicilan pertama dan seterusnya.

Bagaimana sistem pembayaran yang tersedia di English Academy?

English Academy memiliki beberapa pilihan sistem pembayaran, antara lain transfer antar bank, kartu kredit, dan cicilan, sehingga setiap orang bisa memilih metode pembayaran yang sesuai.

Bisakah saya bergabung di pertengahan bulan?

Kamu bisa melakukan placement test dan pendaftaran kapan saja. Namun, kamu bisa mulai belajar sesuai dengan kelompok kelas yang telah ditentukan oleh English Academy.

Apakah ada diskon untuk saudara kandung?

Saat ini, belum ada.

Apakah English Academy tutup pada hari libur dan libur sekolah?

Kegiatan belajar akan disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan English Academy.

Setelah mengikuti placement test dan melakukan pendaftaran, apakah saya bisa langsung ikut belajar di kelas English Academy?

Setelah mengikuti placement test dan melakukan pendaftaran, apakah saya bisa langsung ikut belajar di kelas English Academy? Kamu bisa mulai belajar sesuai dengan kelompok kelas yang telah ditentukan oleh English Academy.

Apa yang harus saya lakukan jika ketinggalan pelajaran?

Kamu dapat mengikuti kelas tambahan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan English Academy dan mengakses video rekaman pembelajaran sesuai materi pelajaran yang belum dipahami.

Apakah English Academy menyediakan kelas privat?

English Academy tidak menyediakan kelas privat. Pemesanan kelas privat dapat dilakukan di Ruangguru Privat (https://ruangguru.com/privat).

Bagaimana English Academy mengatasi siswa yang tidak kooperatif?

English Academy memiliki kebijakan toleransi 0% pada siswa yang mengganggu atau memengaruhi pembelajaran. Dalam kasus yang parah, kami akan melaporkan kepada orang tua siswa dan mengambil keputusan bersama untuk menentukan solusi terbaik.

Bagaimana English Academy mengatasi siswa yang tidak kooperatif?

English Academy memiliki kebijakan toleransi 0% pada siswa yang mengganggu atau memengaruhi pembelajaran. Dalam kasus yang parah, kami akan melaporkan kepada orang tua siswa dan mengambil keputusan bersama untuk menentukan solusi terbaik.

Bagaimana cara mengakses kelas di English Academy?

Pembelajaran di English Academy bisa diakses melalui windows, MacOS, Android, ios (minimal versi 14.3) dengan browser google chrome.

Apakah ada ketentuan browser khusus dalam mengakses kelas?

Tidak ada spesifikasi khusus dalam penggunaan browser. Namun kami menyarankan untuk menggunakan browser Google Chrome atau Safari.

Apakah ada ketentuan minimum kecepatan internet untuk mengikuti kelas?

Tidak ada spesifikasi khusus dalam minimum kecepatan internet. Namun kami menyarankan penggunaan internet dengan kecepatan 10mbps untuk upload/download (unggah/unduh) dengan ping kurang dari 7ms.

Apakah anak saya akan menerima sertifikat setelah menyelesaikan kursus?

Ya semua siswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan apabila telah menyelesaikan program belajarnya. Selain sertifikat, di awal pembelajaran semua siswa dasher juga akan mendapatkan welcome pack yang terdiri dari buku belajar dan accessories yang dapat menunjang proses pembelajaran anak menjadi lebih menyenangkan.

Apa saja metode pembayaran yang tersedia?

Mini Market: Indomart, Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, DanDan, Lawson
Transfer Virtual Account: BRI, BCA, Mandiri, BNI, Permata Bank
Transfer Bank: BCA
Cicilan Tanpa Kartu: AkuLaku, Kredivo
E-Wallet: GoPay, Dana, LinkAja
Pembayaran Instan: BRIMo, Danamon
Kartu Kredit (Full Payment): MasterCard, Visa
Kartu Kredit (Installment): BNI, Mandiri, BRI, Mayapada, OCBC, BCA, UOB, DigiBank by DBS

Apakah bisa pembayaran dilakukan dengan cicilan?

Ya kamu bisa melakukan pembayaran dengan cicilan kartu kredit atau non kartu kredit.

Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan English Academy?

Siswa English Academy belajar dengan metode pembelajaran yang komunikatif. Pembahasan berfokus pada situasi praktis sehari-hari dengan menekankan empat keterampilan bahasa utama: membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Kegiatan kelas disusun dengan metode kombinasi demonstrasi dan praktik.

Seberapa pesat perkembangan belajar siswa setelah mengikuti program English Academy?

Setiap siswa belajar dengan kecepatan yang berbeda, namun rata-rata, seorang siswa membutuhkan 6 minggu untuk berpindah dari satu tingkat ke tingkat berikutnya.

Bagaimana siswa mengetahui perkembangan belajarnya?

Selama kursus, perkembangan belajar siswa akan dinilai melalui kuis yang akan dilakukan setelah setiap bab selesai dipelajari dan kuis di akhir program. Akan ada kuis sebanyak 6 kuis dan 1 Tes Akhir yang harus diselesaikan selama kursus.

Apakah siswa akan mudah dalam memahami materi pelajaran jika guru hanya berbicara bahasa Inggris?

English Academy tidak hanya sekedar tempat belajar bahasa Inggris tetapi juga tempat bermain yang menarik. Metode pembelajaran yang komunikatif dan interaktif membantu memudahkan siswa untuk memahami materi belajar. Dalam sesi interaktif yang didampingi oleh guru-guru lokal berpengalaman, siswa akan dibantu untuk memahami tidak hanya dengan kata-kata tetapi juga dengan mimik dan bahasa tubuh.

Apa yang kita lakukan jika kita mengalami masalah teknis saat sedang proses belajar?

1. Pastikan untuk menggunakan browser Google Chrome jika Anda terhubung dari desktop, laptop, Macbook, atau tablet (OS Android). Jika Anda terhubung dari iPad (OS iOs), gunakan browser Safari.
2. Memuat ulang halaman web.
3. Periksa mikrofon dan kamera https://webcammictest.com .
4. Nyalakan ulang perangkat. Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, hubungi staf kami melalui obrolan atau telepon.

Berapa lama sesi kelas Runner akan berlangsung?

Setiap kelas di English Academy berlangsung selama 80 menit yang terbagi ke dalam 2 sesi, masing-masing sesi berlangsung selama 40 menit dengan istirahat 10 menit di antara sesi

Apakah orang tua perlu hadir dalam sesi belajar?

Kami menyarankan orang tua untuk hadir dan mengikuti pada saat kelas pertama, tetapi kami tidak merekomendasikan untuk ikut di kelas belajar selanjutnya. Dengan cara ini, secara bertahap kita bisa membangun kepercayaan diri dan kemandirian siswa.

Bisakah siswa menggunakan smartphone untuk mengakses English Academy?

Ya, siswa bisa mengakses English Academy menggunakan media browser yang terdapat pada smartphone. Tapi kami sarankan untuk menggunakan PC, laptop, atau tablet untuk pengalaman belajar yang lebih optimal

Bahan ajar apa yang digunakkan untuk menunjang proses pembelajaran di English Academy?

Guru akan menggunakan presentasi interaktif dengan video, rekaman, dan eBook “Power Up” dari Cambridge University Press karya Caroline Nixon dan Michael Tomlinson. Buku ini akan membantu siswa untuk memperdalam keterampilan sosial dan kognitif, mengeksplorasi persiapan ujian siswa, dan memperluas keahlian/potensi siswa.

Bagaimana English Academy dalam membagi tingkatan kemampuan siswa?

English Academy membagi tingkat kemampuan siswa berdasarkan hasil placement test yang harus dikerjakan sebelum mengikuti program belajar.
Level 1 paling cocok untuk anak-anak yang dapat memahami dan menggunakan beberapa kata dan frasa pendek, dan dapat mengikuti cerita, lagu, dan teks sederhana.
Level 2 dan 3 paling cocok untuk anak-anak yang dapat memahami dan menggunakan kata dan kalimat dalam topik dan situasi umum. Mereka dapat mengikuti cerita dan teks yang lebih kompleks.
Level 4 paling cocok untuk anak-anak yang dapat memahami dan menggunakan berbagai bahasa dan dapat mengikuti berbagai cerita dan teks yang kompleks, termasuk yang ditujukan untuk anak-anak penutur asli.

Bagaimana cara orang tua bisa memahami perkembangan belajar siswa?

Kami akan mengadakan pertemuan Orangtua-Guru di akhir program untuk mengevaluasi kemajuan belajar dan perilaku siswa selama mengikuti program di English Academy.

Layanan bantuan apa lagi yang bisa saya dapatkan sebagai orang tua/wali?

Tim dukungan kami tersedia untuk menawarkan saran dan mendengarkan kekhawatiran Anda melalui WhatsApp. Tersedia Senin-Jumat pukul 14.00 s.d. 21.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00 s.d. 17.00 WIB.