Simple Present Tense: Pengertian, Kegunaan, Rumus, dan Contoh Kalimat

Simple Present Tense: Pengertian, Kegunaan, Rumus, dan Contoh Kalimat

Ingin belajar Simple Present Tense dengan lebih lengkap? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

--

Setelah membaca 16 tenses dengan rumus-rumusnya, yuk, pahami lebih lanjut semua tenses satu per satu secara rinci. Calm down! Kita mulai dari yang paling basic dulu deh, apalagi kalau bukan simple present tense. Apakah kamu masih ingat, kalau tenses itu merupakan perubahan bentuk kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu peristiwa atau keadaan. Singkatnya, simple bermakna “ada suatu kejadian.” Nah, kalau present, artinya “sekarang.” 

Oke! Intinya, simple present tense adalah kalimat dengan pola bentuk kata kerja yang menyatakan suatu kejadian yang berlangsung di masa sekarang.

Kalau secara nama, harusnya rumus untuk tenses yang satu ini nggak terlalu rumit. Eits, tapi kamu harus baca semua penjelasan di artikel ini agar semakin paham terkait kegunaan, rumus, dan contoh kalimat dari simple present tense. Yuk, langsung scroll ke bawah!

Sebelum menyelam lebih dalam, better kalau kita ingat kembali struktur dari sebuah “kalimat”. Jadi, dapat kita katakan sebuah kalimat jika terdiri dari 3 hal berikut:

  • S : Subject (subjek)
  • P : Predicate (predikat)
  • C : Complement (pelengkap)

Tapi, yang wajib cuma 2 guys, yaitu subjek dan predikat. Nah, kalau sudah ingat, yuk, kita lanjut ke 5 fungsi yang sering digunakan pada simple present tense ini!

Fungsi simple present tense

 

Fungsi Simple Present Tense dalam Kalimat

 

1. General truth/generalization or facts

In the world, kita nggak bisa lepas dari yang namanya kebenaran mutlak atau kebenaran umum. Nah, generalization maksudnya adalah kebenaran yang nggak bisa diganggu gugat. Here’s the example:

Bumi berevolusi mengelilingi matahari

The earth revolves around the sun

2. Habitual or daily activities a.k.a repeated actions

Kalau denger kata habit, pasti kamu dapat langsung menebak artinya dengan mudah. Yap! Tenses ini bisa juga digunakan untuk menunjukkan kebiasaan atau aktivitas sehari-hari, alias kegiatan atau jadwal yang kamu lakukan berulang kali. Contoh:

Kita pergi ke sekolah setiap pagi

We go to school every morning

Gimana? Udah kebayang?

3. Express feelings and emotions

Kamu lagi sedih? Atau mungkin kamu lagi mikirin sesuatu? Jangan ragu, kamu bisa mengekspresikannya melalui kalimat simple present tense. Let’s see the example below:

  • Feelings:
    Aku sedih mendengar berita buruk darimu
    I am sad to hear your bad news
  • Emotions:
    Aku selalu bersyukur karena memiliki sahabat yang baik
    I always thankful because have a great bestfriend

4. The scheduled event in the near future or familiar with future conditions

Umumnya, poin ini digunakan jika pembicaraan terkait berbagai acara yang dijadwalkan dalam waktu dekat. Selain itu, tenses ini biasa digunakan dalam membahas jadwal transportasi. Contohnya:

Kereta akan berangkat pukul 08.00 pagi

The train departs at 08.00 a.m.

5. Command or instruction

Kamu pernah nonton tutorial masak nggak? Hmm, jangan jauh-jauh deh. Kamu pasti sering baca instruksi atau perintah di smartphone, kan? Misalnya pada kalimat berikut:

  • Gambar pola atau gunakan sidik jari untuk membuka kunci

Draw pattern or use fingerprint to unlock

  • Tuang jusnya ke dalam cangkir

Pour the juice into the cup

Kalau sudah paham apa saja fungsi dari simple present tense, saatnya kita deep in dive ke bagian selanjutnya!

 

Sebelum itu, kamu penasaran nggak, sih, kemampuan bahasa Inggris-mu kira-kira ada di level mana ya? Nggak usah khawatir, sekarang ada Placement Test gratis dari English Academy. Yuk, cobain  sekarang!

 

New call-to-action

 

Baca juga: 7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

Time words atau adverb of time alias keterangan waktu

Keterangan waktu yang akan kita bahas ini memiliki istilah lain, yaitu adverb of frequency. Sebetulnya, time words nggak selalu ada di setiap kalimat simple present tense. Namun, kalimat yang menggunakan time words di bawah ini sudah pasti termasuk simple present tense. Ini dia list yang  harus kamu catat!

 

Adverb of Time Simple Present Tense

 

Rumus simple present tense

Wow, great job! Kita akan masuk ke bagian rumus! Perlu kamu ketahui kalau kalimat present tense terbagi menjadi dua jenis, yaitu verbal sentence dan nominal sentence. Jadi, ada beberapa aturan yang berlaku. Sederhananya, dalam kalimat verbal, setelah subjek akan diikuti oleh kata kerja (V). Sementara itu pada kalimat nominal, setelah subjek akan diiringi dengan non kata kerja yang biasa kita kenal sebagai “beor “to be.”

Nominal simple present tense

 

Kalimat nominal simple present tense

 

Tabel di atas adalah susunan untuk kalimat positif. Kalau kamu ingin membuat kalimat negatif dan kalimat tanya, rumus yang bisa digunakan adalah sebagai berikut

  • Subject + to be + not + complement (-)
  • To be + subject + complement (?)

Contoh nominal simple present tense:

  •  I am a college student (saya adalah seorang mahasiswa) (+)
  • She is not a college student (dia bukan seorang mahasiswa) (-)
  • Is she a college student? (apakah dia seorang mahasiswa?) (?)

Baca juga: Simple Present Tense Vs Simple Past Tense: Perbedaan, Rumus, dan Contohnya!

Verbal simple present tense

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, pada kalimat verbal, kamu tidak perlu menambahkan to be setelah subject, karena yang “bertugas” menjadi predikat adalah verb. Enaknya, verb di tenses ini merupakan bentuk yang dasar, dalam artian belum mengalami perubahan. Untuk membentuk kalimat verbal, ini rumusnya:

 

Kalimat verbal simple present tense

 

Jadi, jika kamu membuat kalimat dengan subjek kata ganti orang ketiga (he, she, it, singular subject), terdapat beberapa kata kerja yang harus ditambahkan s/es di bagian belakang. 

 

Penambahan huruf akhir dalam simple present tense untuk he, she, it

 

Cukup mudah, kan? Yuk, saatnya kita terapkan di pola-pola kalimat!

Positive/affirmative simple present tense

Sama seperti nominal, kalimat verbal pun tentu memiliki bentuk positif seperti yang sudah kita bahas di awal. Contoh:

  • I live in Jakarta (saya tinggal di Jakarta)
  • He lives in Jakarta (dia tinggal di Jakarta)

Negative simple present tense

Nah, khusus untuk bagian kalimat negatif dan kalimat tanya, maka gunakan do/does atau do not (don’t) dan does not (doesn't). Contoh:

  • I don’t live in Bandung (saya tidak tinggal di Bandung)
  • She doesn’t live in Bandung (dia tidak tinggal di Bandung)

Hayo, kenapa doesn't live? Kok nggak doesn’t lives? Yap, karena pada kata doesn’t sudah termasuk penambahan -es. Jadi di bagian kata kerja nggak perlu ditambahin lagi.

Simple present questions/interrogative

Pada pola kalimat tanya, dipisah menjadi dua bagian, yaitu:

  • Yes/No Question

    Do I work? (apakah saya bekerja?)

Does he work? (apakah dia bekerja?)

Sesuai dengan nama jenisnya, yaitu Yes/No question, jadi kamu hanya perlu menjawab pertanyaan di atas dengan:

Yes, I do (Iya, saya bekerja)

Yes, he does (Iya, dia bekerja)

  • WH Question

Apa yang kamu pikirkan saat membaca WH? Exactly! Yaitu kata tanya dalam bahasa Inggris yang lekat dengan awalan huruf W dan H. 

What do I play? 

Who do you play?

When does he play?

Where does she play?

Why do we play?

How do they play?

 

Huh.. inhale, exhale! Selamat! Kamu sudah selesai mempelajari tenses yang paling dasar. Tapi ingat, belajar teori saja nggak akan cukup loh. Kamu perlu praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat mengobrol dengan orang tua, mengirim chat pada teman dan sahabat, dan lain sebagainya. Atau, kamu juga bisa menggunakan tenses ini untuk membuat berbagai jenis teks, seperti teks eksplanasi dan teks eksposisi.

Kalau berbicara tentang tenses emang nggak ada habisnya guys, rasanya ingin selalu berdiskusi dengan guru atau tutor yang sudah ahli. Kabar baiknya, di kelas English Academy terdapat fitur 1o1 (one-on-one) alias ngobrol bareng langsung sama tutor kalau ada materi yang belum dipahami. Kesempatan belajar kamu jadi makin banyak deh! Yuk, langsung pilih kelas yang cocok buat kamu di English Academy!

Baca juga: Hindari 10 Kesalahan Grammar ini dalam Penulisan Bahasa Inggris!

 

New call-to-action

 

Referensi:

Perfect English Grammar. 2012. The Present Simple Tense. [online] Available at https://www.perfect-english-grammar.com/present-simple/ [Acceesed 11 January 2022]

British Council. 2020. Present Simple. [online] Available at https://learnenglish.britishcouncil.org/grammar/english-grammar-reference/present-simple [Acceesed 11 January 2022]

English Page. 2022. Simple Present. [online] Available at https://www.englishpage.com/verbpage/simplepresent [Acceesed 11 January 2022]

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.