Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Struktur, dan Contoh

Explanation text

Seperti apa kira-kira bentuk explanation text? Apakah mirip dengan teks eksplanasi dalam bahasa Indonesia? Yuk simak penjelasan explanation text di artikel berikut ini!

Banyak dari kita mungkin sering membaca teks bahasa Inggris. Ada teks tentang kelinci dan kura-kura yang jadi bagian dari narrative text, ada teks deskripsi tentang seorang tokoh, teks prosedur untuk membuat sebuah kreasi makanan, dan lain sebagainya.

Tapi ternyata, masih ada jenis teks dalam bahasa Inggris yang lainnya, lo. Salah satunya adalah explanation text atau teks eksplanasi dalam bahasa Inggris. Explanation text dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan bagaimana suatu benda bekerja. 

Contohnya explanation text membahas tentang cara kerja kereta api, bagaimana hujan bisa turun, and many more. Basically it’s a text about explaining something. Have you ever heard explanation text before? Daripada bingung, kita pelajari satu per satu, ya!

 

Apa Itu Explanation Text

Pengertian explanation text adalah sebuah tulisan yang bersifat nonfiksi untuk menjelaskan sesuatu. Explanation text dalam bahasa Inggris adalah The text often tells you about how something works or why something happens.” Intinya, penulis akan menjelaskan bagaimana sesuatu bisa bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. 

Guys, penjelasan terkait subjek dalam explanation text akan dijabarkan secara logis dan mendetail. Usually, teks ini digunakan untuk  mengupas tentang fenomena alam, fenomena sosial, budaya, atau mengenai benda-benda di sekitar kita. 

Oh ya, agar dapat dipahami dengan mudah, teks eksplanasi disajikan dalam bahasa sederhana yang dilengkapi dengan gambar. For example, kita membaca tentang cara kerja gerhana. Kita akan melihat gambar serta bagian-bagian penjelasannya di dalam explanation text. Hal ini akan memudahkan untuk memahami isi teks sambil berimajinasi.

Sebetulnya, kamu bisa mendeskripsikan beraneka topik melalui teks ini. Mulai dari cara organ tubuh bekerja, bagaimana pesawat dapat terbang, and so on. Namun, memang yang lebih sering dibuat adalah mengenai fenomena alam dan sosial. 

Kita dapat menjumpai explanation text di media tertulis yang berbeda-beda, seperti buku-buku ilmu pengetahuan alam (biologi, dan fisika), buku-buku ilmu pengetahuan sosial (sejarah dan geografi), pamflet, bahkan artikel di internet.

 

Tujuan dari Explanation Text

Apa, sih, fungsi teks eksplanasi?

1. Memberikan informasi kepada pembaca

Sesuai pengertiannya, teks eksplanasi berisi tentang penjelasan mengapa sesuatu bisa terjadi. Maka dari itu, main function atau social function-nya adalah untuk menjawab pertanyaan yang mungkin banyak muncul di masyarakat umum.

2. To educate atau memberikan edukasi

Kamu pasti pernah membaca alasan mengapa hujan bisa turun dari langit, kan? Nah, proses ini bisa dijelaskan dalam bentuk explanation text yang biasanya muncul di buku-buku Geografi sekolah. So, explanation text tentu bisa jadi media untuk mengedukasi para pelajar.

 

Types of Explanation Text (Jenis-Jenis Explanation Text)

Ini dia beberapa types of explanation text yang bisa kita temukan, antara lain:

1. Sequential (sekuensial)

These detail the stages in an event. Teks tipe ini menjelaskan tentang proses perubahan dari suatu fenomena alam atau sosial yang akan dibahas secara rinci. Contoh dari teks ini adalah: Butterfly life Cycle.

2. Causal (kausal)

Details what causes the change from one stage to the next. Hal yang dibahas dalam jenis teks ini adalah penyebab suatu perubahan dari keadaan tertentu ke keadaan lain. Contoh teksnya: How a president is elected.

3. Theoretical (teoritis)

Details the possible phenomena behind a natural or created process that is not fully understood. Teks ini menjelaskan tentang suatu kemungkinan terjadinya suatu peristiwa alam atau buatan yang masih bersifat teori saja atau belum sepenuhnya dipahami. Contoh teks eksplanasi teoritis: What caused the Nazi’s to lose World War II.

4. Factorial and consequential (faktorial dan konsekuensi)

Explanations explain effects and outcomes of processes. Penjelasan dalam teks eksplanasi ini berisi tentang rangkaian kejadian efek dan dampak dari sebuah proses. Sebagai contoh:

  • Sains– Explain the causes of climate change
  • Sejarah– Explain the causes of World War 2

Karena sudah belajar banyak, mau coba nggak ukur kemampuan bahasa Inggris sudah sejauh mana? Mumpung gratis nih!

Placement Test English Academy

 

Baca Juga: 5 Cara Memahami Teks Bahasa Inggris dengan Cepat

 

Apa Persamaan Antara Explanation Text dan Procedure Text?

Yap, explanation text memiliki kemiripan dengan procedure text. Pasalnya, kedua teks ini sama-sama menjelaskan suatu proses, kemudian terdapat kata penanda urutan (step by step), serta memakai bahasa yang baku. 

 

Apa Perbedaan Antara Explanation Text dan Procedure Text?

Jadi, kalau explanation text menjelaskan bagaimana sesuatu bisa terjadi. Dalam hal ini, sesuatu tersebut merupakan fenomena atau kejadian yang bukan buatan manusia. Selain itu, penjelasan dalam explanation text dapat didukung dengan fakta dan juga ilmu pengetahuan.

Kalau, procedure text, ia menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan instruksi secara urut atau bertahap, yang mana sesuatu tersebut adalah buatan manusia. Jangan sampai tertukar, ya!

 

Ciri-ciri Explanation Text (Characteristics of Explanation Text)

Seperti di dalam bahasa Indonesia, explanation text pun memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu:

1. Explanation text answers questions how and why

Explanation text biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan kenapa sesuatu terjadi, baik itu fenomena alam atau sosial yang bersifat umum. 

Misalnya judul teksnya adalah, “Frog Life Cycle”. Ini merupakan jawaban dari pertanyaan, “Bagaimana daur hidup katak?”

2. They have clear titles

Judul dari setiap explanation text biasanya merupakan subjek yang sedang dijelaskan. Misalnya “How Train Works”, maka seluruh teks akan membahas tentang cara kerja kereta. 

Berbeda halnya dengan narrative text, misalnya Danau Toba, tetapi isinya bukan tentang apa itu Danau Toba, melainkan cerita rakyat asal usul terjadinya danau tersebut.

3. The first paragraph introduces the subject

Pada paragraf pertama dari teks eksplanasi membahas tentang pengenalan subjek yang dibahas. Kemudian paragraf selanjutnya hingga ke akhir akan menjelaskan tentang subjek itu secara mendetail.

4. They have pictures and diagrams with labels for visual learners

Agar memudahkan para pembaca memahami penjelasan, penulis explanation text akan menambahkan gambar dan diagram pendukung.

 

Generic Structure of Explanation Text (Struktur Umum dari Explanation Text)

Explanation text memiliki struktur sebagai berikut:

1. General Statement (pernyataan umum)

Hal yang harus kamu tulis dalam general statement adalah pernyataan atau kalimat pembuka. Isinya berupa pengenalan singkat terkait subjek yang akan dibahas.

 

2. Explanation (penjelasan)

Bagian ini menjelaskan subjek secara detail dan logis. Setelah kalimat pembuka, dalam beberapa paragraf selanjutnya berisi tentang penjelasan terhadap proses bagaimana sesuatu dapat bekerja atau mengapa sesuatu dapat terjadi.

 

3. Conclusion (kesimpulan)

Paragraf yang berisi kesimpulan atau penutup. Kamu juga bisa menuliskan tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu yang sebelumnya sudah dijelaskan dalam teks.

 

Language Features of Explanation Text (Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi dalam bahasa Inggris)

Berikut adalah kaidah kebahasaan yang ada pada explanation text:

1. Menggunakan generalised non-human participants atau kata benda dalam bahasa Inggris (noun)

Sudah baca artikel Noun (Kata Benda): Pengertian, Jenis-Jenis, Contoh, dan Penggunaannya belum? Kata benda yang sering muncul di teks eksplanasi bahasa Inggris contohnya water, kite, frog, flood dan lain-lain. Begini penerapannya dalam kalimat: 

Chocolate is taken from a tree called cacao tree
(Cokelat diambil dari pohon yang bernama Pohon Kakao.)

2. Menggunakan konjungsi kronologis (waktu) dan sebab akibat
Contohnya:
First (pertama), then (kemudian), following (selanjutnya), finally (akhirnya), if - then (jika - maka), so (jadi), as a consequence (sebagai konsekuensinya), since (sejak), therefore (oleh karena itu, dengan itu, oleh sebab itu), after that (setelah itu), because (karena), after (setelah), eventually (pada akhirnya), or so (atau sehingga), the consequences (akibat yang) dan lain-lain.  Contoh kalimatnya adalah: 

The next process is winnowing
(Proses selanjutnya adalah menampi.)

3. Menggunakan action verbs atau menggunakan kata kerja yang mendeskripsikan sebuah aksi

Contoh dari action verb seperti run, jump, think, kick, dan lain-lain. Berikut kalimatnya: 

This tree grows in equatorial regions, especially in places such as South America, Africa, and Indonesia. 
(Pohon ini tumbuh di bagian ekuator, terutama di tempat-tempat seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Indonesia.)

Baca Juga: 11 Tipe Kata Kerja Bahasa Inggris (Verb) Beserta Contohnya

4. Menggunakan passive voice atau kalimat pasif

Passive voice yaitu kalimat-kalimat untuk menunjukkan benda yang mengalami suatu aksi, bukan melakukan sebuah aksi. Contohnya ada di kalimat berikut ini:

Next, the beans are fermented for about a week, dried in the sun.
 (Selanjutnya, biji kakao akan difermentasikan selama seminggu, dikeringkan di bawah sinar matahari.)


5. Menggunakan present tense

Contohnya seperti pada kalimat berikut: 

The chocolate makers work by roasting the beans to bring out the flavour.
(Pembuat cokelat bekerja dengan memanggang biji kokoa untuk mengeluarkan aromanya.)

 

Langkah-Langkah untuk Membuat Explanation Text (Steps to Create “Teks Eksplanasi” in English)

Kalau ingin membuat teks eksplanasi, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti, nih. Follow this step ya!

1. Tentukan fenomena apa yang ingin dijelaskan

Langkah pertama, kamu bisa memilah terlebih dahulu, kejadian atau peristiwa apa yang ingin dijelaskan secara rinci? Kamu bisa berangkat dari berbagai pertanyaan yang mungkin sering muncul di media sosial. Misal, mengapa ada dua air laut berbeda warna yang tidak dapat bersatu.

2. Riset dan cari referensi

Pada dasarnya, ide akan muncul jika kita rajin mencari referensi. Agar lebih valid, kamu bisa menemukan referensi dari berbagai jurnal atau artikel ilmiah, dan juga tulisan dari para ahli yang relevan dengan pembahasan.

3. Buat draft atau outline

Tidak bisa menulis teks eksplanasi langsung dalam bahasa Inggris? Tenang, kamu dapat membuat draft terlebih dahulu in Bahasa. Selanjutnya, jangan lupa translate ke bahasa Inggris melalui beberapa kamus pilihan yang ada di artikel 15 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris

4. Lakukan grammar check

Setelah menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris, jangan lupa cek kembali grammar dan vocab yang kamu gunakan. Lalu jangan lupa cek penulisannya, apakah ada typo atau tidak? Untuk grammar check, salah satunya adalah melalui Grammarly. 

5. Finishing dan baca ulang

Setelah semuanya beres, akan lebih baik jika kamu membaca keseluruhan teks dari awal sampai akhir. Ingat, posisikan diri kamu sebagai pembaca. Jangan sampai apa yang kamu jelaskan justru akan sulit untuk diterima oleh audiens.

6. Publish and share

Sudah membuat explanation text yang bagus, tapi tidak dipublikasikan? Duh, sayang banget! Padahal, tulisanmu bisa jadi bermanfaat untuk banyak orang, lo. Kamu bisa bagikan tulisan di situs seperti Medium, blog pribadi, atau di media sosial lainnya.

 

Contoh Explanation Text dan Terjemahannya

 

struktur teks eksplanasi

 

Language Features

1. Generalised non-human participants atau nouns

Contoh nouns yang terdapat pada penggalan teks eksplanasi dalam bahasa Inggris mengenai banjir.

When you hear the word flood, you can imagine an event that is common in Indonesian society. A flood is a natural phenomenon that occurs due to human activities. This happens because of the obstacles to rainwater flow that occur due to several factors. Starting from a forest area converted into a settlement. If a forest located in a river is converted into a settlement, this will cause rainwater to have no place to flow. Another cause is the obstruction of a watershed. Disposal of garbage in the watershed causes the river to become clogged with garbage, causing the rainwater to not flow smoothly so that the flow of water that should be large becomes narrow and overflows. Another factor is that the water absorption area is built by settlements or factories, so rainwater stagnates.

(Mendengar kata banjir, terbayang sebuah kejadian yang lumrah terjadi pada masyarakat Indonesia. Banjir adalah fenomena alam yang terjadi akibat ulah manusia. Hal ini terjadi karena adanya penghambat aliran air hujan yang terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, hal ini akan menyebabkan air hujan tidak memiliki tempat untuk mengalir. Penyebab lainnya adalah terhambatnya daerah aliran sungai (DAS). Pembuangan sampah di DAS membuat sungai tersumbat sampah mengakibatkan aliran air hujan tidak lancar, sehingga aliran air yang seharusnya besar menjadi sempit dan meluap. Faktor lainnya adalah daerah resapan air dibangun pemukiman atau pabrik, sehingga membuat air hujan menggenang.)

 

2. Konjungsi

Contoh konjungsi yang terdapat pada penggalan teks eksplanasi dalam bahasa Inggris mengenai siklus air hujan atau hidrologi.

Rain is one of the natural phenomena that have a function for life on earth. Rain can occur because of a cycle called the hydrological cycle which is a process of circulating water that moves from the atmosphere to the earth, and vice versa. Rain doesn't just happen, it goes through 3 stages. Initially, evaporation occurs. Evaporation is the process of evaporating seawater, rivers, lakes, and others. Then when water evaporates into the atmosphere, there will be condensation or the change of water from gas to liquid. This happens because the atmosphere changes in temperature and pressure. Water that collects in the atmosphere will form black clouds that are ready to fall as rain. In this process, there is also advection or movement of clouds to a place because of the help of the wind. This causes some areas to rain, while in other areas it does not. After that, the precipitation process will occur. Precipitation is the process of the formation of water droplets that fall to the earth. Finally in this process, the rain occurs. Rain that falls to their homeland will move (run-off) over the highlands to the lowlands. For example from the mountains to the sea. Eventually, the water will evaporate again. These are the three main stages of rain.

(Hujan salah satu dari fenomena alam yang memiliki fungsi untuk kehidupan di bumi. Hujan bisa terjadi karena sebuah siklus yang disebut sebagai siklus hidrologi yang merupakan suatu proses sirkulasi air yang bergerak dari atmosfer ke bumi, dan sebaliknya. Hujan tak hanya terjadi begitu saja, tapi melalui 3 tahap. Awal mulanya, terjadi evaporasi. Evaporasi merupakan proses air laut, sungai, danau dan lain-lain yang menguap. Kemudian ketika air menguap ke atmosfer, akan terjadi kondensasi atau perubahan air dari gas menjadi cair. Hal ini terjadi karena di atmosfer terjadi perubahan suhu dan tekanan. Air yang berkumpul di atmosfer akan membentuk awan hitam yang siap turun sebagai hujan. Pada proses ini juga terjadi adveksi atau pergerakan awan ke suatu tempat karena bantuan angin. Hal ini yang menyebabkan beberapa daerah terjadi hujan, sedangkan di daerah lainnya tidak. Setelah itu, akan terjadi proses presipitasi. Presipitasi adalah proses terbentuknya titik-titik air yang jatuh ke bumi. Akhirnya pada proses inilah hujan terjadi. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan bergerak (run-off) di atas dataran tinggi menuju dataran rendah. Misalnya dari gunung ke laut. Akhirnya air akan mengalami evaporasi kembali. Demikian tiga tahapan utama hujan.)

 

3. Action verbs (kata kerja aktif)

A kite uses wind to make it fly because it is heavier than air. When wind travels over the surface of the kite, it is split into two streams of air. One stream of the air goes over the kite while the second stream goes under the kite. The upper stream creates an area of low pressure above the kite. The lower stream hits the kite at a shallow angle and creates an area of high pressure.

(Layang-layang menggunakan angin untuk membuatnya terbang karena lebih berat dari udara. Ketika angin bergerak di atas permukaan layang-layang, ia terbagi menjadi dua aliran udara. Satu aliran udara melewati layang-layang sedangkan aliran kedua mengalir di bawah layang-layang. Aliran atas menciptakan area bertekanan rendah di atas layang-layang. Aliran yang lebih rendah mengenai layang-layang pada sudut yang dangkal dan menciptakan area bertekanan tinggi.)

 

4. Passive voice (kalimat pasif)

The high-pressure area has a pushing effect while the low-pressure area has a pulling effect. The combination of push and pull can create enough force to lift the kite into the air. Kites have been known for thousands of years. They are used for military or scientific purposes. Today kites are much used for leisure and competition.

(Area bertekanan tinggi memiliki efek mendorong sedangkan area bertekanan rendah memiliki efek menarik. Kombinasi push dan pull dapat menciptakan kekuatan yang cukup untuk mengangkat layang-layang ke udara. Layang-layang telah dikenal selama ribuan tahun. Mereka digunakan untuk tujuan militer atau ilmiah. Saat ini layang-layang banyak digunakan untuk rekreasi dan kompetisi.)

Baca Juga: Perbedaan Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

 

5. Present tense

A kite is an object which is made from a light material stretched over a frame.

(Layang-layang adalah benda yang terbuat dari bahan ringan yang direntangkan di atas bingkai.)

 

Nah, itulah pembahasan mengenai teks eksplanasi dalam bahasa Inggris. Kita bisa lebih mudah memahami teks yang akan kita temui nantinya, bahkan bisa kita buat sendiri. Kalau mau tahu lebih dalam tentang teks ini, bisa lho gabung dengan English Academy. Nggak cuma lengkap, tapi pengajarnya adalah native speaker! Yuk, tunggu apa lagi?

 

English Academy

 

Referensi:

Self Learning. 2020. 5 Examples of Explanation Text. Get English Now. (online) https://www.getenglishnow.org/2020/08/5-examples-of-explanation-text-with.html [accessed 6 April 2022]

Twinkl. ND. What is an Explanation Text. Twinkl. (Online) https://www.twinkl.co.id/teaching-wiki/explanation-text [accessed 6 April 2022]

BBC. ND. Using Explanation Texts. BBC UK. (Online) https://www.bbc.co.uk/bitesize/topics/z2yycdm/articles/zk69g7h [accessed 6 April 2022]

Literacy Ideas. ND. How to Write an Excellent Explanation Text. Literacy Ideas. (Online) https://literacyideas.com/explanation-texts/ [accessed 6 April 2022]

Cagalawan, Noelyn. 2012. Features of an Explenation Text. Slideshare. (Online) https://www.slideshare.net/noelyncagalawan/features-of-an-explanation-text - 2012, Cagalawan, Noelyn. [accessed 6 April 2022]

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Azka Raiz, lalu diperbarui pada tanggal 1 Juli 2022 oleh Intan Aulia Husnunnisa.

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.