15 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris

Kamus bahasa Inggris

Ketika memulai belajar bahasa Inggris, kamu bingung dengan makna suatu kata atau kalimat? Ada bagusnya kita cek di kamus. Tapi kamus yang mana ya? Ada banyak lo kamus bahasa Inggris yang bisa bantu kamu. Apa aja tuh? Cek di artikel ini ya!

- -

Pernah nggak sih waktu kamu mempelajari bahasa Inggris, tiba-tiba menemukan kata, ungkapan khusus (idioms), tetapi nggak bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia secara harfiah? Terkadang ada beberapa makna yang malah membuat kita bingung. 

Kenapa? Soalnya, dalam teks bahasa Inggris (seperti bahasa pada umumnya) terdapat  konteks kalimat tertentu. Ibaratnya di bahasa Indonesia ketika kita berkata, “Peter merampok rumah pejabat, dan Ia dibawa ke meja hijau di kota-nya.” Ungkapan ‘meja hijau’ ini jika dilihat dari konteksnya bermakna ‘pengadilan’.

But how do we know the meaning of some idioms yang nggak bisa diterjemahkan secara harfiah? Salah satunya dengan mencari di kamus bahasa Inggris. Tentunya kamu harus tahu dulu kamus seperti apa yang dibutuhkan. Kalau dari situasi ini, maka kamu membutuhkan kamus tentang idiom dan kalimatnya. 

Selain kasus di atas, tak jarang saat menulis sebuah teks seperti artikel atau narrative text, kita melakukan repetisi (pengulangan kata). Bagi yang baru memulai belajar bahasa Inggris, hal ini bisa menjadi tantangan yang berat. You need the synonyms of some words. Selain itu, jangan lupa pelajari bagaimana cara tanslate Inggris ke Indonesia yang hasilnya nggak bikin bingung melalui artikel 9 Tips Jitu Cara Translate Inggris ke Indonesia (Yang Hasilnya Nggak Bikin Bingung)

Yap, kamu dapat menemukan sinonim dalam kamus bahasa Inggris. Nah, berikut ini adalah rekomendasi kamus bahasa Inggris terbaik yang bisa membantu-mu.

 

Aplikasi Kamus Inggris Indonesia 

1. Merriam-Webster Dictionary

Kamus bahasa Inggris ini bisa kamu akses via website, atau kamu dapat download aplikasinya di Android/iOS. Aplikasi ini gratis, tapi terdapat fitur yang berbayar. Kamus ini menyediakan fitur voice search dan audio pronunciation agar kamu bisa dengan mudah mempelajari cara menyebutkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris sehingga dapat lebih jelas penggunaan kalimatnya.

Selain itu, terdapat juga kuis tentang kosakata bahasa Inggris, “Word of the Day” yang disertai definisi dan sinonim mau pun antonimnya.

2. Advanced English Dictionary and Thesaurus

Aplikasi kamus bahasa Inggris yang satu ini mengandung ribuan hingga jutaan kata dengan fitur-fitur unik. Mulai dari sinonim, antonim, hipernim, hiponim, meronim, dan sebagainya. Nggak cuma itu, kamu bisa menggunakannya tanpa perlu akses ke internet. Kamu bisa mendapatkan kamus bahasa Inggris di PlayStore atau di AppStore.

3. Dictionary by The Free Dictionary

Kalau kamu suka main game, kamus ini jawabannya. Nggak cuma ngebantu kamu dalam mengembangkan kosakata bahasa Inggris, tapi aplikasi ini juga menyediakan fitur word games dan daily quotes.

Bahkan ada konten mengenai ensiklopedi yang membahas hukum, medis dan finansial dengan sumber-sumber terpercaya, seperti McGraw-Hil, Houghton Mifflin, HarperCollings, The Farlex clip-art collection copyright Princeton University, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan kamusnya secara online.

Kalau kamu sudah mengembangkan kosakata bahasa Inggris, penasaran nggak sih sama kemampuan bahasa Inggris kamu sudah sejauh mana? Daripada bingung-bingung, coba yuk ikut placement test gratis ini. Dapat sertifikat juga lho!

New call-to-action

 

4. English Dictionary - Offline

Aplikasi kamus offline di Android ini cocok buat kamu yang masih bingung dengan perbedaan bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris UK. Di dalamnya terdapat 239.000 kata bahasa Inggris yang akan membantu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris-mu.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Livio dengan rating yang cukup tinggi, yaitu 4.8. Seperti yang sudah kita bahas di artikel Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik dan Benar, salah satu tips untuk memilih aplikasi adalah dengan melihat rating dan ulasan pengguna lain.
 

5. RhymeZone Rhyming Dictionary

Buat kamu yang suka nulis puisi, lagu, cerita anak, suka nge-rap, dan butuh kosakata bahasa Inggris dengan rima tertentu, aplikasi ini bisa jadi pilihan yang bagus. RhymeZone pada dasarnya bisa diakses secara offline, tapi kalau kamu mengaksesnya dengan internet, aplikasi RhymeZone English Dictionary akan terkoneksi ke RhymeZone.com yang memberikanmu penjelasan dan fitur selain tentang kamus rima.

Kamu bisa menemukan kata dengan rima yang serupa, sinonim, antonim, homofon, kata-kata yang bunyinya mirip, kata-kata dengan pola huruf konsonan yang mirip dan sebagainya serta kosakata baru dengan kamus ini.

6. Kids Picture Dictionary: Learn English A-Z Words

Sebut aja kamu punya adik, keponakan atau bahkan bisa jadi seorang guru les bahasa Inggris anak, ini adalah aplikasi yang kamu butuhkan. Kamus ini cocok untuk anak balita dan yang akan masuk TK. Di dalam aplikasi kamus ini terdapat lebih dari 650 foto dengan kualitas tinggi yang dilengkapi teks, serta audio yang akan bantu memperkaya kosakata si kecil.

7. Longman Dictionary of English

Kamus unik ini sebenarnya adalah gabungan 2 kamus, yaitu gabungan kamus bahasa Inggris dengan tesaurus yang akan membantumu untuk memilih kata-kata atau gabungan kata yang benar. Edisi ke-6 dari aplikasi ini adalah versi lengkap Longman Dictionary of English yang di dalamnya terdapat kosakata, struktur kalimat, serta tata bahasa yang cocok untuk pelajar dan pengajar.

8. Urban Dictionary

 

Kamus bahasa Inggris

Foto Kata Slang (sumber: unsplash.com)

 

Pernah nggak sih kamu nonton film, baca komentar di sosial media pembicaraan orang yang berbahasa Inggris menggunakan bahasa yang nggak kamu pahami? Nah, kata-kata itu adalah slang. Misalnya, “Your burger was bomb!” Artinya bukan burger milikmu adalah bom. Melainkan rasanya sangat enak.

Di aplikasi kamus iOS ini kamu akan menemukan berbagai macam penjelasan dan deskripsi istilah khusus atau kosakata khusus tentang kata-kata slang dan non-slang. Kamu juga akan menemukan fitur unik dengan memencet tombol ‘Random’ atau ‘Daily’ sebagai “Word of the Day”. Untuk membuka fitur Random, kamu cukup menggoyangkan HP kesayangan. 

 

Website Translate Bahasa Inggris - Indonesia Selain Google Translate

Tahu nggak, selain google translate, ada layanan penerjemah lainnya yang cocok bagi kamu yang sedang belajar. Apa aja ya?

9. Dictionary.com

Pada situs ini, kamu bisa menerjemahkan bahasa Inggris dengan cara menyenangkan sambil menambah kosakata. Soalnya, terdapat berbagai games seperti puzzle, kuis, etc. Pas banget untuk kamu yang sedang melatih kemampuan bahasa Inggris. 

Selain tersedia di website, kamus bahasa Inggris ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang gratis dan nggak memerlukan koneksi internet. Di dalamnya terdapat 2 juta kata, penjelasan, antonim, dan sinonim serta fitur-fitur yang mungkin kamu butuhkan untuk meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris-mu. Kamus bahasa Inggris ini cocok digunakan untuk pelajar juga orang dewasa. 

Lebih lanjut lagi, ada juga audio pronunciation yang memudahkan kamu untuk belajar cara mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. Bahkan, dictionary.com memiliki terjemahan ke dalam lebih dari 30 bahasa. Kamus ini juga menyediakan berbagai macam koleksi idioms dan frasa yang cocok untuk menemani menulis review text, contoh kalimat, kamus slang, kamus istilah medis, sains dan kamus kata rima.

10. Thesaurus.com

Sebetulnya situs ini tidak jauh berbeda dengan dictionary.com. Di dalamnya, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari menerjemahkan kata, bermain games, hingga menambah vocabulary melalui fitur word of the day. Keren, kan?

 

Kamus Bahasa Inggris Terbaik dan Populer (Offline)

Layanan terjemahan offline menjadi salah satu opsi yang bisa digunakan untuk seseorang yang lebih senang membaca buku secara fisik. Kali ini English Academy akan memberikan rekomendasi kamus bahasa Inggris terbaik berbentuk buku, yaitu:

11. Oxford Dictionary of English

 

Kamus bahasa Inggris

Foto Oxford Dictionary of English (sumber: unsplash.com)

 

Salah satu kamus bahasa Inggris paling populer adalah Oxford Dictionary of English. Kamus ini membantu kamu untuk memahami bahasa Inggris lebih dalam, dengan lebih dari 350.000 kata, frasa dan makna serta akan selalu update untuk mengetahui perubahan atau penambahan bahasa Inggris.

Kamu juga dapat menggunakan fitur-fitur penerjemahan, penjelasan dan fitur menarik lainnya. Kamus ini sudah diunduh oleh jutaan orang Indonesia, bahkan mungkin orang luar negeri juga. Tentu saja kamus ini tersedia dalam bentuk buku yaitu Paperback Oxford Dictionary of English.

12. Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia atau Kamus Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris karya John M. Echols dan Hassan Shadily

Buku kamus yang satu ini khusus untuk terjemahan bahasa Indonesia. Wajib kamu gunakan ketika kamu ingin mengetahui translasi dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Di sini kamu akan menemukan turunan dari kata-kata yang kamu cari. Misalnya turunannya yang berupa kata kerja, kata benda, kata sifat, dan lain-lain. Sangat cocok buat pelajar bahasa Inggris tingkat pemula.

13. Cambridge Advance Learner's Dictionary

Kamus yang disusun oleh Elizabeth Walter ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan 140 ribu kata, nama, dan frasa yang ada di dalamnya. Nggak hanya buku, kamus ini dilengkapi dengan CD yang berisi conversation gaya Amerika dan British, lo. Keren, kan?

14. Advanced Dictionary of English

Siapa sih yang nggak tergiur dengan kamus berisi 4,5 miliar kosakata dari Collins Cobuild? Yap! Bukan hanya  mencari definisi sebuah kata, melalui advanced dictionary of english, yang bisa kamu lakukan adalah memplejarai kamus bergambar, mengetahui kosakata terbaru yang disertai penerapan dalam sebuah frasa, membaca tabel, serta menambah wawasan melalui sinonim dan antonim setiap kata. Kalau ada budget, kamus iini sangat worth to buy, guys.

15. Cambridge English Pronouncing Dictionary

Kamus Inggris terbaik yang terakhir adalah karya Daniel Jones, Peter Roach, Jane Setter, dan John Esling. Kamus ini diterbitkan oleh Cambridge University Press pada tahun 2011. Kalau ingin memperlancar akses dan pleafalan baik itu British mau pun American, kamus ini bisa menjadi penolongmu. 

Pasalnya, Cambridge English Pronouncing Dictionary memiliki 230 ribu kata bahasa Inggris, termasuk nama dan frasa yang dilengkapi dengan cara melafalkannya.

 

Demikianlah rekomendasi kamus bahasa Inggris. Kalau ingin menguasai bahasa Inggris dasar, yang perlu kamu lakukan adalah sering-sering baca buku, nonton film, dengar lagu, serta mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari.

Nggak perlu takut salah ya, karena kamu memang sedang dalam tahap belajar. Oleh karena itulah, nggak perlu malu untuk bolak-balik buka kamus.  Lama kelamaan, ketika sudah menguasai bahasa Inggris, kamu bisa lebih mudah dan lebih cepat mengartikan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Bahkan bisa jadi kamu dapat mengartikannya secara otomatis.

Kalau kamu merasa ingin benar-benar bisa menggunakan bahasa Inggris tanpa sering membuka kamus, yuk gabung English Academy. Nanti kamu akan belajar bareng native speaker berpengalaman pakai kurikuluk Cambridge secara interaktif. Menarik, kan? Yuk, gabung sekarang juga!

New call-to-action

Referensi:

Educational Appstore. ND. Best English Dictionary App for Students and Teachers. (online) https://www.educationalappstore.com/best-apps/top-english-dictionary-apps [accessed 23 May 2022]

Foto Oxford English: https://unsplash.com/photos/dImcRLo_BhM 

Foto Kata Slang: https://unsplash.com/photos/V0BmdlJgqEU

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Muhammad Azka Rais, lalu diperbarui pada tanggal 11 Juni 2022 oleh Intan Aulia Husnunnisa.

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.