Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Cari kamus bahasa inggris? Ini cara memilihnya!

Apakah kamu memiliki kamus bahasa Inggris? Atau pernahkah kamu bingung saat mencari kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia sesuai kebutuhan? Sebelum memutuskan untuk membeli, ketahui dulu tips memilih kamus bahasa Inggris di artikel ini, yuk!

Hai, bestie. Sebagai bahasa kedua yang umumnya dipelajari setiap warga negara di dunia, English dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Tapi jangan khawatir, jika baru belajar bahasa Inggris, kamu dapat mencoba  7 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Nah, kunci penting lainnya untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan memperkaya kosakata. Memahami berbagai kosakata biasanya dimulai dengan memahami dan menghafal isi kamus. Hal ini juga berlaku dalam proses belajar selain bahasa Inggris dan Indonesia.

Belajar bahasa melalui kamus akan membuat perbendaharaan vocab jadi semakin banyak, terlebih jika kamu termasuk orang yang cepat belajar dengan melihat tulisan.

Nggak hanya pemula, bahkan orang yang sudah mahirpun masih membutuhkan kamus. Pasalnya, saat mencari suatu kata karena kamu tidak tahu artinya, solusi lainnya selain google translate adalah membuka kamus, kan? Tapi, kamu juga harus pelajari cara translate yang baik dan benarlo.

Saat ini memang sudah tersedia banyak kamus bahasa Inggris Indonesia online maupun offline. Tapi, untuk mendapat hasil belajar yang optimal, kamu bisa menyimak cara memilih kamus bahasa Inggris di bawah ini. Simak sampai tuntas ya!

 

Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris Indonesia Offline (Bentuk Buku)

Biasanya, pertimbangan untuk memilih kamus bahasa Inggris berbentuk buku akan lebih sulit dibanding menentukan kamus bahasa Inggris online. Agar tidak salah pilih, kamu bisa perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu:

 

Cara memilih kamus bahasa inggris

 

1. Various of English Dictionary

Kamu perlu mengenali jenis-jenis kamus bahasa Inggris terlebih dahulu. Jenis-jenis tersebut bisa dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya adalah: 

a. Ukuran

Setiap buku memiliki ukuran yang berbeda, begitupun dengan kamus. Karena dipengaruhi oleh ukuran, tentu kelengkapan, harga, dan isinya pun akan berbeda. Secara ukuran, ada dua kamus yang bisa menjadi pilihan, yaitu:

  • Kamus saku atau kamus kecil

Kamu dapat belajar menggunakan kamus saku di manapun dan kapan pun. Tetapi, karena mayoritas kamus ini berukuran kecil, jadi hanya bisa memuat vocab dengan definisi yang ringkas, to the point, dan lebih banyak berisi tentang percakapan sehari-hari. Kamus ini cocok untuk traveller biar kamu selalu get in touch dengan native speaker

Namun, meskipun bersifat lebih praktis, kamus macam ini tidak cocok bagi kamu yang kurang menyukai bacaan berukuran kecil atau memiliki problem pada penglihatan. Oh ya, jika kamu seorang beginner, sepertinya memilih kamus ini bukan ide yang bagus. Karena isinya yang singkat, maka ia lebih direkomendasikan untuk level intermediate ke atas, dengan anggapan para penggunannya sudah memiliki penguasaan vocab yang cukup banyak.

  • Buku kamus

Kamus merupakan hal penting ketika kamu sedang belajar bahasa Inggris secara intensif, karena kamus lebih akurat dibanding google translate. Kamus buku sendiri memiliki ukuran yang cukup tebal, karena ia memuat informasi lengkap. Selain memberi penjelasan definisi, biasanya terdapat juga sinonim, antonim, cara pelafalan atau pengucapan, bahkan contoh kalimat.

Kalau sering ragu dengan grammar dan pelafalan, kamu juga dapat mengecek apakah sudah benar atau belum. Hanya saja, tentu ukuran dari kamus buku tidak praktis, mengingat ia memakan banyak ruang di tas dan memiliki beban yang cukup berat.

 

Hore, kamu dapat kesempatan untuk mengenali kemampuan bahasa Inggris secara gratis di English Academy! Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini dan segera ikuti Placement Test. Bersertifikat, lo!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

b. Monolingual atau Bilingual?

Saat memilih kamus Inggris Indonesia, kamu harus memahami kebutuhan diri sendiri. Kira-kira ingin kamus satu bahasa, atau kamus dua bahasa? Pasalnya, kamus satu bahasa hanya tersedia dalam bahasa Inggris, sementara itu kamus dua bahasa diterjemahkan ke dalam bahasa Iain -yang salah satunya adalah bahasa Indonesia-. 

Kalau kamu masih berstatus pelajar, kamus bilingual adalah pilihan yang pas, apalagi untuk mengerjakan tugas. Akan tetapi, ada pula yang menggunakan kamus monolingual jika level bahasa Inggrisnya sudah tergolong advance.

c. Learner or Native Speaker?

Tingkat kesulitan untuk memahami kamus pelajar akan berbeda dengan kamus dari native speaker. Kamus yang disusun oleh pembelajar memiliki penjelasan yang lebih sederhana (seringkali dengan bantuan budaya). So, kedua jenis kamus akan menjelaskan suatu kosakata dengan arti yang berbeda.

Jika memilih kamus untuk pelajar, maka akan memudahkan untuk mencari kosakata baru yang tidak kamu pahami. Sebaliknya, kamus dari penutur asli bisa jadi membuat pelajar kesulitan memahami definisi dari suatu vocab. Berikut beberapa kata bahasa Inggris yang bisa dibandingkan:

English breakfast – a cooked breakfast usually consisting of several courses. (learner)

English breakfast – a breakfast usually consisting of cooked bacon & eggs followed by toast and marmalade eaten in England. When fruit or fruit juice and/or toast and marmalade are offered as well as bacon & eggs in a hotel, the meal is sometimes advertised as a full English breakfast. Although it is thought of as a typical English meal, few English people have English breakfast every day. (native speaker)

Lagi-lagi, kuncinya adalah kamu harus memahami sejauh mana kemampuan bahasa Inggris-mu terlebih dahulu. Karena jenis kamusnya tak sama, maka dari satu kosakata menghasilkan dua arti yang cukup berbeda. 

d. Informasi Tata Bahasa dan Fonetik

Kamu harus pandai untuk melakukan mini riset, apakah kamus Inggris yang ingin dibeli memuat tambahan informasi lain, atau hanya sekadar definisi kata saja? Jika kamu adalah seorang pelajar, maka alangkah baiknya untuk memilih kamus yang dilengkapi dengan panduan fonetik dan informasi tata bahasa, bukan hanya arti dari suatu kosakata.

e. Versi Bahasa Inggris

Nah, poin ini juga nggak kalah penting. Kamu sudah tahu, kan? Bahasa Inggris terbagi menjadi beberapa versi, dan yang paling populer untuk menjadi “kiblat” dalam berbahasa Inggris sudah pernah dibahas dalam artikel American English vs British English: 7 Perbedaan dan Contohnya. Jadi, tentukan terlebih dahulu, apakah kamu akan belajar bahasa Inggris Amerika atau British? 

 

Kamus bahasa Inggris oxford

 

2. Perhatikan kelengkapan isi kamus

Poin ini sudah sedikit kita singgung di pembahasan pada bagian atas. Lebih detailnya, kalau ingin belajar bahasa Inggris dari awal, pilihlah english dictionary yang menjabarkan arti sebuah kata atau frasa, cara pelafalan, cara penggunaan, atau bahkan ada tambahan beberapa idiom yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Makin tebal bukunya, biasanya pembahasannya akan makin lengkap, tapi kamu juga perlu menyiapkan budget yang nggak sedikit.

3. Sesuaikan dengan usia pengguna kamus

Saat mendengar kata kamus, jangan pikir bahwa para ahli menyusun kamus hanya untuk orang dewasa. Pasalnya, English bisa dipelajari mulai usia balita. Jadi, jenis kamus bahasa Inggris yang digunakan pun harus sesuai dengan usianya. 

Contoh, untuk balita dengan masa golden age, tentu saja kamus yang lebih menarik adalah yang memiliki visual menyenangkan dengan gambar berwarna warni, gak perlu kamus yang lengkap. 

Sementara itu, untuk usia remaja hingga dewasa dapat dibekali jenis kamus buku. Lalu, untuk usia dewasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang lebih memilih kamus saku untuk menemani traveling, atau justru kamus lengkap untuk mendampingi studi di luar negeri.

4. Cek reputasi kamus

Hati-hati, jangan termakan oleh judul kamus! Kamu pasti sering melihat kamus dengan judul yang menggiurkan, seperti “10 miliar kosakata”, “kamus bahasa Inggris dengan kosakata yang lengkap”, tetapi isinya belum tentu sesuai dengan judul. 

Untuk mengatasi hal yang satu ini, kira-kira apa yang akan kamu lakukan? Yap, research! Kamu juga bisa cek melalui google terkait latar belakang kamus tersebut, seperti penulis, penerbit, total revisi, asal usul penyusunan, hingga reputasinya. 

Selain itu, pastikan untuk selalu membeli kamus yang original, jadi bukan sekadar photocopy belaka. Supaya lebih aman, kamu dapat membelinya di toko-toko buku besar. Beberapa kamus yang telah teruji kualitasnya adalah kamus Oxford (oxford dictionary), Collins, dan John Echols. Kamu bisa cek rekomendasi kamus bahasa Inggris lainnya di 11 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris

 

Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris Online (Website/Aplikasi)

Di era digital saat ini, banyak orang yang lebih memilih smartphone dibandingkan buku. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan kamus secara online melalui aplikasi atau pun website. Dalam kamus bahasa Inggris online, kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal, yaitu:

1. Perhatikan rating dan review

Memulai belajar bahasa Inggris dari smartphone, bagaimana caranya? Gampang! Kamu bisa download beberapa rekomendasi aplikasi kamus bahasa inggris. Sebelum download, pastikan untuk membaca rating dan ulasan dari pengguna yang lain terlebih dahulu, apakah aplikasinya berjalan dengan lancar? Kira-kira, bisa menjadi aplikasi kamus yang dapat kita manfaatkan sebagai teman belajar atau tidak?

2. Offered by?

Hal ini sangat penting untuk kamu cek. Soalnya, aplikasi yang ditawarkan oleh suatu perusahaan berkredibilitas tinggi akan berpengaruh juga terhadap “isi” dari aplikasi itu sendiri. Selain google translate, British Council EnglishScore menjadi kamus apps yang menyediakan fitur dengan rating tinggi.

Aplikasi British Council tersedia pada iOS maupun Android yang dapat kamu unduh secara gratis! Meskipun bukan aplikasi kamus yang paling banyak digunakan, tetapi bagi yang ingin belajar bahasa inggris british, apps ini cukup menarik karena banyak fitur yang bisa kamu akses. 

 

Alright, itulah tips memilih kamus bahasa Inggris online dan berupa buku yang dapat kamu perhatikan sebelum menggunakannya. Oh ya, kalau rajin membaca dan memahami kamus Inggris Indonesia, akan banyak kosakata baru yang kamu kuasai. Oleh karena itulah mengapa kamus merupakan sumber pembelajaran yang sangat bermanfaat.

Kalau penguasaan vocab kamu sudah bagus, selanjutnya adalah praktik dalam percakapan sehari-hari bersama keluarga atau teman. Kamu juga harus terus belajar dan temukan teman ngobrol bahasa Inggris melalui kursus bahasa Inggris di English Academy. Tak hanya ngobrol dengan teman sebaya, lo. Saat belajar, kamu juga akan berinteraksi dengan guru lokal dan internasional! Penasaran? Yuk, cobain kelasnya di Live Teaching GRATIS. Kamu bisa pilih jadwal dengan klik gambar di bawah ya!

 

[IDN] CTA Placement Test English Academy

Referensi:

ICALTEFL. Choosing a Good Dictionary. Online. Available at https://icaltefl.com/choosing-a-good-dictionary/?doing_wp_cron=1652109013.3830959796905517578125. [Accessed 10 May 2022]

mybest. 10 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik (Terbaru Tahun 2022). Online. Available at https://my-best.id/137319. [Accessed 10 May 2022]

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!