7 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-01-1

Bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk pemula? Temukan cara mudahnya melalui artikel ini ya!

--

Tahukah kamu? Keingintahuan dan tekad untuk belajar adalah dua sikap yang harus dimiliki oleh setiap pemula apabila ingin menguasai suatu hal yang baru. So, congratulations, youre at the right start

Nah, pembahasan artikel ini ditujukan khusus bagi kamu yang ingin mengetahui cara belajar bahasa Inggris pada tahap awal.

Oh ya, di akhir artikel akan ada bonus cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang dijamin nggak ada tandingannya, lo.

Okay, okay.. Enough with the small talk, lets dive in!

 

1. Belajar Kosakata Bahasa Inggris: Get Yourself a Flashcards

Pertama-tama, cobalah untuk membayangkan dirimu mencari kamar mandi dalam sebuah tempat wisata di luar negeri. Namun, kemampuan bahasa Inggris yang minim menghentikanmu untuk bertanya kepada orang yang mungkin mengetahui letak kamar mandi dalam tempat wisata itu.

Hal tersebut terjadi tidak lain karena kamu berpikir bahwa untuk mengetahui letak kamar mandi, kamu harus mengucapkan kalimat tanya dalam bahasa Inggris secara utuh seperti: Excuse me, can you please tell me where the bathroom is?”

Padahal, untuk menanyakan letak kamar mandi, kamu sebenarnya hanya perlu berkata: “Bathroom, please.” Lebih mudah, kan? Dalam hal ini, mereka biasanya akan menjawab: “Oh, bathroom? The bathroom is over there!”

Ingat, bukan grammar atau speaking tetapi vocabulary. Why? Jawabannya adalah karena terkadang kamu tidak membutuhkan kalimat utuh untuk membuat orang lain memahami maksudmu. Sometimes, a word is enough

Nah, sekarang pertanyaannya adalah media apa yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris? Flashcards! Yes, kamu bisa memilih untuk membeli flashcards fisik maupun flashcards online.

Setelah itu, tugasmu adalah mempelajari 10 sampai 20 kosakata bahasa Inggris setiap harinya. Eits, jika kamu ingin benar-benar menerapkan tips belajar bahasa Inggris yang satu ini, maka konsisten adalah kuncinya.

2. Unduh Aplikasi Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi gratis yang digunakan untuk mempelajari suatu bahasa asing secara menyenangkan, dan tentu saja efektif. Tahukah kamu, di aplikasi ini ada banyak bahasa asing yang bisa dipelajari, totalnya hingga 30, lo. Wadidaw, menarik banget kan, sobat!  

Nah, rekomendasi aplikasi belajar ini terkenal karena efektivitasnya dalam membantu banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Melalui Duolingo, belajar bahasa Inggris dijamin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, lo. Mulai dari latihan soal hingga berdiskusi dengan pengguna lain.

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula lainnya adalah dengan mengikuti kelas bahasa Inggris bersama guru secara interaktif. Kamu bisa mencoba metode ini melalui Kelas Gratis English Academy! Dapatkan pengalaman serunya dengan cara klik gambar di bawah ya!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

3. Mulai Berbicara dalam Bahasa Inggris

Just in case you didnt know, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan (2016) menunjukkan bahwa mereka yang belajar bahasa Inggris dengan berbicara membuat kemajuan yang lebih signifikan daripada mereka yang belajar bahasa Inggris dengan latihan vocabulary dan grammar.

Mereka mempunyai kosakata yang lebih bervariasi, kemampuan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang tinggi. Y

es, membuat kesalahan dalam prosesnya memang tidak mungkin untuk dihindari. But remember, those who fail more, learn more. Kamu bisa mulai berbicara dengan orang terdekatmu, seperti kakak, adik, atau sahabatmu.

 

Belajar bahasa Inggris untuk Pemula

 

4. Baca, Baca, dan Baca

Dalam hal ini, kamu bisa mulai membaca hal-hal yang berkaitan dengan hobi kamu saja. Tentunya, bacaan tersebut harus tertulis dalam bahasa Inggris, ya! 

Kamu suka ngepoin kehidupan artis Hollywood seperti Kylie Jenner? Nah, kalau bisa, mulai biasakan dirimu untuk baca gosip atau baca majalah tentang artis Hollywood yang ditulis dalam bahasa Inggris, contohnya melalui website  Buzzfeed

Atau kamu mungkin suka memasak? Jika begitu, maka kamu bisa mulai membiasakan diri membaca langkah-langkah memasak suatu menu dalam bahasa Inggris. Kalau mau masakannya sukses, kamu pasti akan berusaha untuk memahami maksud dari setiap langkah, kan

Baca juga: 7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

5. Suka Nongkrong? Ajak Teman Kamu Nongkrong Bareng

Untuk kamu yang suka nongkrong, sekarang adalah waktunya kamu untuk membuat nongkrong menjadi aktivitas yang berfaedah. 

First thing first, cari teman yang ingin kamu ajak belajar bahasa Inggris bareng, kemudian ajaklah teman kamu yang sudah fasih berbahasa Inggris dan yang baru hendak memulai belajar bahasa Inggris. 

One more thing, supaya nongkrong bisa tetap menjadi menyenangkan dan berfaedah, kamu dan teman-teman kamu bisa menciptakan waktu untuk bermain game yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris seperti Scrabble.

6. Menonton dan Mendengarkan untuk Belajar

Cara menyenangkan lainnya untuk belajar bahasa inggris adalah dengan menonton film  berbahasa Inggris (atau sitkom, drama, dan lain sebagainya).  

Nah, bagi pemula, kamu bisa banget menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk membantu mempelajari kembali kalimat dalam percakapan yang tidak kamu pahami dan mungkin sempat kamu lewatkan. 

Selain mencoba untuk memahami kalimat percakapan ketika menonton film berbahasa Inggris tersebut, kamu juga bisa mengasah kemampuan dengan mencoba untuk meniru cara pemain mengucapkan suatu kosakata bahasa Inggris. 

 

7. Menjadikan Belajar Bahasa Inggris sebagai Bagian dari Kehidupan dan Percakapan Sehari-hari

Last but not least, cobalah untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan dan percakapan sehari-hari kamu.

Tetapi, apabila kamu ingin membuat kemajuan yang signifikan, semuanya harus dibarengi dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari - mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, sampai menulis dalam bahasa Inggris.

Layaknya pemula lainnya yang ingin mempelajari suatu bahasa, konsistensi dan repetisi (pengulangan) adalah kuncinya, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Khusus untuk kamu yang penasaran dengan tips-tips lain untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, contohnya adalah:

  • Sebelum pergi ke supermarket, cobalah menulis daftar belanjaanmu dalam bahasa Inggris. 
  • Cobalah untuk membuat to do list kamu dalam bahasa Inggris secara rutin setiap hari.
  • Berlatih dengan menulis caption foto di Instagram post  dalam bahasa Inggris.
  • Hobi shopping? Kamu bisa mulai membiasakan dirimu untuk membaca label suatu produk yang berbahasa Inggris.
  • Saat travelling ke luar negeri, cobalah untuk membaca poster atau petunjuk perjalanan yang berbahasa Inggris. Jadi, jangan hanya dilewati saja ya!
  • Kamu harus memiliki kamus bahasa Inggris di dalam telepon genggam kamu. Kenapa? Ya.. tentunya jika ada kosakata yang baru, kamu dapat langsung membuka kamusmu. Lihat cara memilih kamus bahasa Inggris di artikel Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik dan Benar.
  • Ubah setelan bahasa di dalam telepon genggam kamu menjadi bahasa Inggris.
  • Cobalah untuk menerjemahkan poster atau papan reklame (billboard) yang kamu temui ke dalam bahasa Inggris.

Aplikasi untuk membuat to do list

 

Akhirnya, itulah 5 cara belajar bahasa Inggris yang dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris pemula.  Tapi, cara belajar bahasa Inggris yang paling recommended sebenarnya adalah mengikuti kursus bahasa Inggris online di English Academy.

Bukannya tanpa alasan, English Academy memiliki placement test gratis untuk menyesuaikan materi belajar sesuai kemampuang setiap siswa. Selain itu, kurikulumnya pun berstandard internasional, lho. Cobain sekarang, yuk!

 

Placement Test English Academy

 

Referensi:

Zapier. 2020. 9 best to do list apps of 2021. [online] Available at: https://zapier.com/blog/best-todo-list-apps/ [Accessed 30 September 2021].

Preply. 2018. [online] Available at: https://preply.com/en/blog/learn-english-fast-and-easy/#scroll-to-heading-1 [Accessed 30 September 2021].

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui pada tanggal 21 Januari 2022 oleh Intan Aulia Husnunnisa.

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!