7 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

EA_-_7_Cara_Menyenangkan_untuk_Belajar_Bahasa_Inggris-01-1

 

Artikel ini membahas tentang 7 cara belajar bahasa Inggris untuk pemula.

--

Halo kalian para pemula! Sebelum memasuki pembahasan kali ini, aku mau mengapresiasi terlebih dahulu kemauan kalian untuk mempelajari bahasa Inggris. Tahukah kamu? Keingintahuan dan tekad untuk belajar adalah dua sikap yang harus dimiliki oleh setiap pemula apabila ingin menguasai suatu hal yang baru. So, congratulations, youre at the right start

Sekarang, pertanyaannya adalah untuk apa sih artikel ini ditulis? Begini, aku tuh tau banget kalau bagi seorang pemula, mau mulai belajar bahasa Inggris darimana dan bagaimana caranya bisa jadi membingungkan. Nah, artikel ini dapat memberikan jawaban untuk kalian yang sedang belajar bahasa Inggris di tahap awal.

Jadi, cara belajar berbahasa Inggris mudah untuk pemula berikut ini dapat menjadi referensi kamu. Oh ya, di akhir artikel akan ada bonus cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang dijamin nggak ada tandingannya, lo.

Okay, okay.. Enough with the small talk, lets dive in!

1. Belajar Kosakata Bahasa Inggris: Get Yourself a Flashcards

Duh, bingung banget. Aku mau belajar bahasa Inggris tapi nggak tau mau mulai darimana. Vocabulary, grammar, atau speaking, ya?” Eh, nggak usah bingung, sobat! Kamu akan segera mengetahui jawabannya. Pertama-tama, cobalah untuk membayangkan dirimu mencari kamar mandi dalam sebuah tempat wisata di luar negeri. Namun, kemampuan bahasa Inggris yang minim menghentikanmu untuk bertanya kepada orang yang mungkin mengetahui letak kamar mandi dalam tempat wisata itu.

Hal tersebut terjadi tidak lain karena kamu berpikir bahwa untuk mengetahui letak kamar mandi, kamu harus mengucapkan kalimat tanya dalam bahasa Inggris secara utuh seperti: Excuse me, can you please tell me where the bathroom is?” Padahal, untuk menanyakan letak kamar mandi, kamu sebenarnya hanya perlu berkata: “Bathroom, please.” Lebih mudah, kan? Trust me, mereka akan memahami maksud dari pertanyaan kamu, kok. Dalam hal ini, mereka biasanya akan menjawab: “Oh, bathroom? The bathroom is over there!”

Now, really, what Im trying to say is that you should start from learning basic English vocabulary! Ingat, bukan grammar atau speaking tetapi vocabulary. Why? Jawabannya adalah karena terkadang kamu tidak membutuhkan kalimat utuh untuk membuat orang lain memahami maksudmu. Sometimes, a word is enough

Nah, sekarang pertanyaannya adalah media apa yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris? Flashcards! Yes, kamu bisa memilih untuk membeli flashcards fisik maupun flashcards online. Setelah itu, tugasmu adalah mempelajari 10 sampai 20 kosakata bahasa Inggris setiap harinya. Eits, jika kamu ingin benar-benar menerapkan tips belajar bahasa Inggris yang satu ini, maka konsisten adalah kuncinya.

2. Unduh Aplikasi Duolingo

Hah, Duolingo? Apaan tuh? Yah, kamu ternyata kurang afdol, nih. Tapi, nggak usah khawatir karena ada aku yang dengan senang hati bersedia untuk menjelaskan kenapa kamu harus mengunduh aplikasi Duolingo. Jadi, Duolingo adalah salah satu aplikasi gratis yang digunakan untuk mempelajari suatu bahasa asing secara menyenangkan, dan tentu saja efektif. Tahukah kamu, di aplikasi ini ada banyak bahasa asing yang bisa dipelajari, totalnya hingga 30, lo. Wadidaw, menarik banget kan, sobat!  

Nah, rekomendasi aplikasi belajar ini terkenal karena efektivitasnya dalam membantu banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris. Menurutku, Duolingo tuh cocok banget untuk kamu para pemula karena aplikasi ini bisa membantu kamu untuk belajar pada tingkatan dan kecepatan yang tepat. Jadi, kamu nggak akan perlu lagi merasa tertinggal, they make sure that you are on the right track. Ditambah lagi, melalui Duolingo, belajar bahasa Inggris dijamin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, lo. Mulai dari latihan soal hingga berdiskusi dengan pengguna lain.

So, untuk kamu yang belum mengunduh Duolingo, cepetan deh. Dapatkan secara gratis di  App Store dan Google Play Store, loh. Aku akan menunggu cerita perkembangan kemampuan bahasa Inggris kamu di kolom komentar, ya!

3. Mulai Berbicara dalam Bahasa Inggris

Wah, menerapkan tips belajar bahasa Inggris yang satu ini sih bisa menjadi menyebalkan terutama bagi para pemula. Kira-kira kenapa bisa menjadi menyebalkan, ya? Jawabannya adalah karena untuk seorang pemula berbicara dalam bahasa Inggris, tingkat kepercayaan diri yang tinggi dibutuhkan. Yes, bagi seorang pemula, tingkat kepercayaan diri yang tinggi sulit dimiliki. Hal ini salah satunya terjadi karena mereka merasa terlalu takut untuk membuat kesalahan. Padahal, apa gunanya mempelajari vocabulary dan grammar dalam bahasa Inggris apabila kamu tidak memanfaatkannya untuk mengembangkan kemampuan berbicara kamu? 

Just in case you didnt know, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan (2016) menunjukkan bahwa mereka yang belajar bahasa Inggris dengan berbicara membuat kemajuan yang lebih signifikan daripada mereka yang belajar bahasa Inggris dengan latihan vocabulary dan grammar. Mereka mempunyai kosakata yang lebih bervariasi, kemampuan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang tinggi. Yes, membuat kesalahan dalam prosesnya memang tidak mungkin untuk dihindari. But remember, those who fail more, learn more. Kamu bisa mulai berbicara dengan orang terdekatmu, seperti kakak, adik, atau sahabatmu.

 

Belajar bahasa Inggris untuk Pemula

 

4. Baca, Baca, dan Baca

Hm, menurutku, cara belajar bahasa Inggris yang satu ini wajib banget diterapkan oleh setiap pemula. Eh, tenang saja, aku nggak akan menuntut kamu untuk berlatih dengan membaca buku tulisan William Shakespeare, kok. Bukannya tanpa alasan, untuk seorang pemula, mempelajari isi buku tulisan beliau bisa menjadi sangat menyusahkan. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika mulai dari membaca hal-hal yang berkaitan dengan hobi kamu saja. Tentunya, bacaan tersebut harus tertulis dalam bahasa Inggris, ya! 

Kamu suka ngepoin kehidupan artis Hollywood seperti Kylie Jenner? Nah, kalau bisa, mulai biasakan dirimu untuk baca gosip atau baca majalah tentang artis Hollywood yang ditulis dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini, kamu bisa membaca melalui website yang bersahabat dengan pembaca tulisan bahasa Inggris tingkat pemula seperti Buzzfeed

Atau kamu mungkin suka memasak? Jika begitu, maka kamu bisa mulai membiasakan diri membaca langkah-langkah memasak suatu menu dalam bahasa Inggris. Kalau mau masakannya sukses, kamu pasti akan berusaha untuk memahami maksud dari setiap langkah, kan? That is why, bahan bacaan untuk seorang pemula sebenarnya tidak perlu yang terlalu berat untuk dipahami. Toh, dengan membaca bacaan berbahasa Inggris, artinya kamu sudah memiliki kemauan untuk mencari tahu kalimat atau kata yang tidak kamu pahami.

Baca juga: 7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

5. Suka Nongkrong? Ajak Teman Kamu Nongkrong Bareng

Untuk kamu yang suka nongkrong, sekarang adalah waktunya kamu untuk membuat nongkrong menjadi aktivitas yang berfaedah. “Loh, gimana maksudnya? Nongkrong kan harusnya untuk nyantai kayak di pantai..” Nah, mulai sekarang, cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris saat nongkrong bersama teman sepermainanmu. Gimana cara mulainya?

First thing first, cari teman yang ingin kamu ajak belajar bahasa Inggris bareng, mungkin ikutan kursus bahasa Inggris bareng. Saranku, kalau bisa ajaklah teman kamu yang sudah fasih berbahasa Inggris dan yang baru hendak memulai belajar bahasa Inggris. Bentar, kenapa pemilihan teman untuk diajak nongkrong bareng itu sangat penting, sih? Tentunya agar ketika pertemuan nanti, pertukaran pengetahuan atau knowledge exchange bisa terjadi. Yup, I am asking you to make your own study club

Melalui klub bahasa Inggris, kamu bisa belajar dari teman-teman kamu yang memiliki tingkat kemampuan bahasa Inggris yang lebih tinggi daripada kamu. Selain itu, kamu juga bisa memiliki teman untuk belajar bahasa Inggris dengan titik awal yang sama seperti kamu. That way, youll never have to feel ashamed of being a beginner

One more thing, supaya nongkrong bisa tetap menjadi menyenangkan dan berfaedah, kamu dan teman-teman kamu bisa menciptakan waktu untuk bermain game yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris seperti Scrabble.

6. Menonton dan Mendengarkan untuk Belajar

Wahai para kaum rebahan, pasti ini kan salah satu cara belajar bahasa Inggris yang paling kamu tunggu-tunggu? Ga selalu harus dari kursus bahasa Inggris, lho! I get it, sekadar menonton film dan mendengar lagu atau podcast tuh bisa menjadi sangat menyenangkan. Tetapi, sekarang adalah waktunya kamu untuk membuat kedua aktivitas tersebut menjadi bermanfaat. Hm, kira-kira bagaimana ya tips melakukannya?

Heres the answer, caranya adalah dengan menonton film  berbahasa Inggris (atau sitkom, drama, dan lain sebagainya). Eits, nggak cuma duduk manis sambil ngemil popcorn, kamu harus menyimak dengan baik percakapan yang ada di dalam film atau sitkom pilihan kamu. Nah, bagi pemula, kamu bisa banget menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk membantu mempelajari kembali kalimat dalam percakapan yang tidak kamu pahami dan mungkin sempat kamu lewatkan. 

Selain mencoba untuk memahami kalimat percakapan ketika menonton film berbahasa Inggris tersebut, kamu juga bisa mengasah kemampuan dengan mencoba untuk meniru cara pemain mengucapkan suatu kosakata bahasa Inggris. Bermulai dari sekadar meniru, dengan cara ini rasa percaya dirimu akan meningkat. “Wait, what if Im not a big fan of watching movies?”

Tenang, kan masih ada lagu atau podcast yang bisa dijadikan alat belajar bahasa Inggris dan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Sama halnya dengan menonton film atau sitkom, kamu memiliki tugas untuk mencari tahu arti dari lirik lagu maupun kalimat percakapan berbahasa Inggris yang tidak kamu ketahui. Honestly though, terutama bagi seorang pemula, curiosity is the key.

7. Menjadikan Belajar Bahasa Inggris sebagai Bagian dari Kehidupan dan Percakapan Sehari-hari

Last but not least, cobalah untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan dan percakapan sehari-hari kamu. Hm, belajar bahasa Inggris dengan keempat cara di atas adalah sebuah awal yang baik. Tetapi, apabila kamu ingin membuat kemajuan yang signifikan, semuanya harus dibarengi dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari - mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, sampai menulis dalam bahasa Inggris.

Layaknya pemula lainnya yang ingin mempelajari suatu bahasa, konsistensi dan repetisi (pengulangan) adalah kuncinya, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Contohnya, dalam perjalanan, kamu mungkin akan menemui sejumlah iklan pada TV besar yang tertulis dalam bahasa Inggris. Nah, kamu bisa membaca kalimat yang tertulis pada iklan tersebut dan mencoba untuk mempelajari artinya. Meskipun kamu mungkin hanya akan membutuhkan beberapa detik atau menit untuk mengucapkannya, jika dilakukan secara terus menerus, hal ini tentu akan membuat bahasa Inggris yang ingin kamu pelajari melekat lebih kuat di dalam pikiranmu. 

Khusus untuk kamu yang penasaran dengan tips-tips lain untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, contohnya adalah:

  • Sebelum pergi ke supermarket, cobalah menulis daftar belanjaanmu dalam bahasa Inggris. 
  • Cobalah untuk membuat to do list kamu dalam bahasa Inggris secara rutin setiap hari.
  • Berlatih dengan menulis caption foto di Instagram post  dalam bahasa Inggris.
  • Hobi shopping? Kamu bisa mulai membiasakan dirimu untuk membaca label suatu produk yang berbahasa Inggris.
  • Saat travelling ke luar negeri, cobalah untuk membaca poster atau petunjuk perjalanan yang berbahasa Inggris. Jadi, jangan hanya dilewati saja ya!
  • Kamu harus memiliki kamus bahasa Inggris di dalam telepon genggam kamu. Kenapa? Ya.. tentunya jika ada kosakata yang baru, kamu dapat langsung membuka kamusmu. Lihat cara memilih kamus bahasa Inggris di artikel Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik dan Benar.
  • Ubah setelan bahasa di dalam telepon genggam kamu menjadi bahasa Inggris.
  • Cobalah untuk menerjemahkan poster atau papan reklame (billboard) yang kamu temui ke dalam bahasa Inggris.

Aplikasi untuk membuat to do list

 

Akhirnya, itulah 5 cara belajar bahasa Inggris yang dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris pemula. Berhubung aku sudah memberitahu cara-caranya, aku izin pamit undur diri kali, ya? “Eh, eh, eh, mau kemana coba si penulis? Bukannya sebelumnya dia bilang kalau dia mau bocorin satu cara belajar bahasa Inggris yang nggak ada tandingannya?” Wah, untung kamu ingat! Kalau nggak, aku pasti akan menerima komplain dari pembaca lain, nih

Untuk kamu para pemula, ketahuilah bahwa mengikuti kursus bahasa Inggris online di English Academy adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Bukannya tanpa alasan, English Academy memiliki placement test untuk memutuskan tingkat bantuan yang kamu butuhkan dalam belajar bahasa Inggris. No tipu-tipu, di English Academy kamu dijamin akan menerima bantuan belajar bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan kamu, plus dibimbing oleh native speaker internasional. Jadi, selesai membaca artikel ini, yuk, segera mulai perjalanan belajar bahasa Inggris kamu bersama kursus bahasa Inggris English Academy! 

 

New call-to-action

 

Referensi:

Zapier. 2020. 9 best to do list apps of 2021. [online] Available at: https://zapier.com/blog/best-todo-list-apps/ [Accessed 30 September 2021].

Preply. 2018. [online] Available at: https://preply.com/en/blog/learn-english-fast-and-easy/#scroll-to-heading-1 [Accessed 30 September 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.