Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Mudah!

Belajar bahasa Inggris untuk pemula - English Academy

Bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris untuk pemula? Temukan cara mudahnya melalui artikel ini ya!

Tahukah kamu? Keingintahuan dan tekad untuk belajar adalah dua sikap yang harus dimiliki oleh setiap pemula apabila ingin menguasai suatu hal yang baru. So, congratulations, youre at the right start!

Nah, pembahasan artikel ini ditujukan khusus bagi kamu yang ingin mengetahui cara belajar bahasa Inggris pada tahap awal.

Oh ya, di akhir artikel akan ada bonus cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang dijamin nggak ada tandingannya, lo.

Okay, okay.. Enough with the small talk, lets dive in!

 

1. Belajar Kosakata Bahasa Inggris: Get Yourself a Flashcards

Pertama-tama, cobalah untuk membayangkan dirimu mencari kamar mandi dalam sebuah tempat wisata di luar negeri. Namun, kemampuan bahasa Inggris yang minim menghentikanmu untuk bertanya kepada orang yang mungkin mengetahui letak kamar mandi dalam tempat wisata itu.

Hal tersebut terjadi tidak lain karena kamu berpikir bahwa untuk mengetahui letak kamar mandi, kamu harus mengucapkan kalimat tanya dalam bahasa Inggris secara utuh seperti: Excuse me, can you please tell me where the bathroom is?”

Padahal, untuk menanyakan letak kamar mandi, kamu sebenarnya hanya perlu berkata: “Bathroom, please.” Lebih mudah, kan? Dalam hal ini, mereka biasanya akan menjawab: “Oh, bathroom? The bathroom is over there!”

Ingat, bukan grammar atau speaking tetapi vocabulary. Why? Jawabannya adalah karena terkadang kamu tidak membutuhkan kalimat utuh untuk membuat orang lain memahami maksudmu. Sometimes, a word is enough.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah media apa yang dapat kamu gunakan untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris? Flashcards! Yes, kamu bisa memilih untuk membeli flashcards fisik maupun flashcards online.

Setelah itu, tugasmu adalah mempelajari 10 sampai 20 kosakata bahasa Inggris setiap harinya. Eits, jika kamu ingin benar-benar menerapkan tips belajar bahasa Inggris yang satu ini, maka konsisten adalah kuncinya.

Baca Juga: 15 Game Bahasa Inggris untuk Improve Skill Kamu, Belajar Makin Seru!

2. Unduh Aplikasi Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi gratis yang digunakan untuk mempelajari suatu bahasa asing secara menyenangkan, dan tentu saja efektif. Tahukah kamu, di aplikasi ini ada banyak bahasa asing yang bisa dipelajari, totalnya hingga 30, lo. Wadidaw, menarik banget kan, sobat!

Nah, rekomendasi aplikasi belajar ini terkenal karena efektivitasnya dalam membantu banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Inggris.

Melalui Duolingo, belajar bahasa Inggris dijamin bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, lo. Mulai dari latihan soal hingga berdiskusi dengan pengguna lain.

Baca Juga: 65 Contoh Teka Teki Logika (Riddles) Bahasa Inggris dan Jawabannya

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula lainnya adalah dengan mengikuti kelas bahasa Inggris bersama guru secara interaktif. Mana kelas bahasa Inggris yang cocok untukmu? Yukkonsultasi gratis sekarang!

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

 

3. Mulai Berbicara dalam Bahasa Inggris

Just in case you didnt know, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan (2016) menunjukkan bahwa mereka yang belajar bahasa Inggris dengan berbicara membuat kemajuan yang lebih signifikan daripada mereka yang belajar bahasa Inggris dengan latihan vocabulary dan grammar.

Mereka mempunyai kosakata yang lebih bervariasi, kemampuan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang tinggi.

Yes, membuat kesalahan dalam prosesnya memang tidak mungkin untuk dihindari. But remember, those who fail more, learn more. Kamu bisa mulai berbicara dengan orang terdekatmu, seperti kakak, adik, atau sahabatmu.

Baca Juga: Mengapa Bahasa Inggris Penting untuk Dipelajari?

 

4. Baca, Baca, dan Baca

Dalam hal ini, kamu bisa mulai membaca hal-hal yang berkaitan dengan hobi kamu saja. Tentunya, bacaan tersebut harus tertulis dalam bahasa Inggris, ya!

Kamu suka ngepoin kehidupan artis Hollywood seperti Kylie Jenner? Nah, kalau bisa, mulai biasakan dirimu untuk baca gosip atau baca majalah tentang artis Hollywood yang ditulis dalam bahasa Inggris, contohnya melalui website  Buzzfeed.

Atau kamu mungkin suka memasak? Jika begitu, maka kamu bisa mulai membiasakan diri membaca langkah-langkah memasak suatu menu dalam bahasa Inggris. Kalau mau masakannya sukses, kamu pasti akan berusaha untuk memahami maksud dari setiap langkah, kan?

Baca juga: 7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

5. Suka Nongkrong? Ajak Teman Kamu Nongkrong Bareng

Untuk kamu yang suka nongkrong, sekarang adalah waktunya kamu untuk membuat nongkrong menjadi aktivitas yang berfaedah.

First thing first, cari teman yang ingin kamu ajak belajar bahasa Inggris bareng, kemudian ajaklah teman kamu yang sudah fasih berbahasa Inggris dan yang baru hendak memulai belajar bahasa Inggris.

One more thing, supaya nongkrong bisa tetap menjadi menyenangkan dan berfaedah, kamu dan teman-teman kamu bisa menciptakan waktu untuk bermain game yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris seperti Scrabble.

 

6. Menonton dan Mendengarkan untuk Belajar

Cara menyenangkan lainnya untuk belajar bahasa inggris adalah dengan menonton film  berbahasa Inggris (atau sitkom, drama, dan lain sebagainya).

Nah, bagi pemula, kamu bisa banget menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk membantu mempelajari kembali kalimat dalam percakapan yang tidak kamu pahami dan mungkin sempat kamu lewatkan. 

Selain mencoba untuk memahami kalimat percakapan ketika menonton film berbahasa Inggris tersebut, kamu juga bisa mengasah kemampuan dengan mencoba untuk meniru cara pemain mengucapkan suatu kosakata bahasa Inggris.

Baca Juga:  Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Cara Mengajarkannya

7. Menjadikan Belajar Bahasa Inggris sebagai Bagian dari Kehidupan dan Percakapan Sehari-hari

Last but not least, cobalah untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan dan percakapan sehari-hari kamu.

Tetapi, apabila kamu ingin membuat kemajuan yang signifikan, semuanya harus dibarengi dengan implementasi dalam kehidupan sehari-hari – mulai dari mendengarkan, berbicara, membaca, sampai menulis dalam bahasa Inggris.

Layaknya pemula lainnya yang ingin mempelajari suatu bahasa, konsistensi dan repetisi (pengulangan) adalah kuncinya, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

8. Berteman dengan Native Speaker

Percayalah, berteman dengan native speaker dapat membuatmu semakin rajin untuk mencari tahu berbagai contoh percakapan dalam bahasa Inggris. Kamu dapat mencari seorang native speaker melalui berbagai komunitas bahasa Inggris, salah satunya di kelas English Academy!

9. Miliki Kamus Bahasa Inggris

Memang, saat ini sudah banyak alat translate alias penerjemah bahasa Inggris yang dapat digunakan dengan mudah. Tapi, kamus tetaplah kunci untuk kamu memahami bahasa Inggris yang baik Kamu harus memiliki kamus bahasa Inggris di dalam telepon genggam kamu.

Kenapa? Ya.. tentunya jika ada kosakata yang baru, kamu dapat langsung membuka kamusmu. Lihat cara memilih kamus bahasa Inggris di artikel Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris yang Baik dan Benar.

10. Atur Bahasa HP dan Laptop dalam Bahasa Inggris

Setting bahasa di smartphone dan laptop lamu masih bahasa Indonesia? Yuk, ubah sekarang! Selain akan membuatmu terbiasa dengan bahasa Inggris, pengaturan English di setiap device mampu membawamu jadi semakin dekat dengan berbagai istilah di dunia teknologi, guys.

11. Buat Caption Postingan Menggunakan Bahasa Inggris

Kamu seseorang yang aktif di media sosial? Nah, membuat caption bahasa Inggris bisa jadi cara favoritmu untuk mengasah skill bahasa Inggris! Tapi, sebelum posting, tetap pastikan grammar yang kamu gunakan sudah benar ya!

Oh ya, kamu bisa lihat berbagai contoh caption bahasa Inggris di artikel 107 Caption IG Aesthetic Bahasa Inggris Biar Feeds Kamu Makin Kece!

Khusus untuk kamu yang penasaran dengan tips-tips lain untuk menjadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, contohnya adalah:

  • Sebelum pergi ke supermarket, cobalah menulis daftar belanjaanmu dalam bahasa Inggris.
  • Cobalah untuk membuat to do list kamu dalam bahasa Inggris secara rutin setiap hari.
  • Hobi shopping? Kamu bisa mulai membiasakan dirimu untuk membaca label suatu produk yang berbahasa Inggris.
  • Saat travelling ke luar negeri, cobalah untuk membaca poster atau petunjuk perjalanan yang berbahasa Inggris. Jadi, jangan hanya dilewati saja ya!
  • Cobalah untuk menerjemahkan poster atau papan reklame (billboard) yang kamu temui ke dalam bahasa Inggris.

 

Akhirnya, itulah 11 cara cepat dan mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula.  Tapi, cara belajar bahasa Inggris yang paling recommended sebenarnya adalah mengikuti kursus bahasa Inggris online di English Academy.

Bukannya tanpa alasan, English Academy memiliki Placement Test gratis dan bersertifikat untuk menyesuaikan materi belajar sesuai kemampuang setiap siswa. Selain itu, kurikulumnya pun berstandard internasional, lho. Cobain sekarang, yuk!

 

Referensi:

Zapier. 2020. 9 best to do list apps of 2021. [online] Available at: https://zapier.com/blog/best-todo-list-apps/ [Accessed 30 September 2021].

Preply. 2018. [online] Available at: https://preply.com/en/blog/learn-english-fast-and-easy/#scroll-to-heading-1 [Accessed 30 September 2021].

 

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!