15 Game Bahasa Inggris untuk Improve Skill Kamu, Belajar Makin Seru!

game bahasa inggris

Mau belajar bahasa Inggris, tapi nggak yang ngebosenin? Belajar sambil main game aja! Di artikel ini, kita akan bahas rekomendasi game bahasa Inggris yang bikin belajarmu jauh lebih fun!  

Kamu pasti sudah tahu kan, belajar bahasa Inggris itu bisa dari mana aja. Nggak melulu baca atau nonton penjelasan materi yang lama-lama bikin bosen, tapi juga bisa dengan cara yang menyenangkan.

Misalnya, menonton film berbahasa Inggris, membaca buku-buku dalam bahasa Inggris, bahkan bermain game bahasa Inggris. Learning English is more fun and enjoyable, isn’t it?

Nah, di artikel-artikel sebelumnya, sudah pernah dibahas ya rekomendasi lagu dan buku cerita berbahasa Inggris. Bahkan, English Academy juga sudah memberikan tips belajar bahasa Inggris otodidak melalui artikel Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Ini 11 Tips Mudah dan Cepat!

Kali ini, kita akan cari tahu beberapa rekomendasi game/permainan bahasa Inggris yang bisa kamu mainkan secara online maupun offline, sekaligus untuk belajar. Let’s check these out!

 

Apa Pentingnya Game dalam Pembelajaran Bahasa Inggris?

Game dapat membuat proses belajar jadi lebih menarik dan interaktif. Selain itu, game juga bisa menjadi media untuk meningkatkan motivasi dan minat seseorang dalam belajar bahasa Inggris.

Pasalnya, dalam game, kamu akan terlibat dalam situasi bahasa Inggris yang nyata dan memerlukan penggunaan bahasa Inggris aktif.

Alasan lain mengapa game memiliki peran penting dalam proses belajar bahasa Inggris adalah, melalui game, seseorang bisa mengantongi banyak kosakata (vocabulary) baru, serta dapat mengasah grammar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Tambah Vocabulary Melalui 101 Bio IG Aesthetic Bahasa Inggris, Yuk!

 

Game Bahasa Inggris  Online

Apa saja game bahasa Inggris online seru untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? !  

1. The Sims

Pasti kamu udah nggak asing dengan game online satu ini dong! The Sims merupakan permainan simulasi kehidupan dengan konsep role play character.

Jadi, kamu akan mengambil suatu peran karakter dan berinteraksi dengan karakter yang lain dalam sebuah skenario. 

Nah, saat berinteraksi dengan karakter lainnya ini, kamu dapat melihat percakapan tekstual berbahasa Inggris di dalam bubble text. Dari sini, kamu bisa menambah kosakata bahasa Inggris, sekaligus belajar tentang grammar, loh!   

 

Game Bahasa Inggris The Sims 

Interaksi dalam permainan The Sims (Sumber: Chanel YouTube lilsimsie)

https://www.youtube.com/watch?v=Hf7gE7_reAs  

The Sims menjadi salah satu game online dengan pengguna yang cukup banyak di seluruh dunia. Meskipun sebelumnya kamu diharuskan untuk membeli game ini terlebih dahulu untuk memainkannya, namun saat ini, kamu bisa mendownload The Sims 4 secara gratis di Steam atau Origin (EA)

— Belajar melalui game bahasa Inggris memang seru. Tapi, apakah hasilnya akan se-efektif itu? Belum tentu! Makanya, kalau mau bisa bahasa Inggris dalam waktu singkat, ikut kelas English Academy aja. Cuma 3 bulan, semua bisa Inggris! Gimana caranya? Yuk, konsultasi gratis terlebih dahulu! —

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

 

2. Hangman

Suka bermain game dengan sensasi menegangkan? Kamu harus coba permainan ini! Hangman adalah permainan tebak kata dalam bahasa Inggris.

Cara memainkannya pun mudah sekali. Kamu bisa menentukan atau memilih tema permainannya terlebih dahulu. Misalnya, fruit, sport, animal, color, movie, atau sebagainya.

Kemudian, kamu diminta untuk menyelamatkan seseorang dari hukuman gantung dengan menebak setiap huruf untuk membentuk kata benda yang dimaksud. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

 

Game Bahasa Inggris Hangman

Ilustrasi permainan Hangman (Sumber: thewordsearch.com)

https://thewordsearch.com/hangman/ 

Dalam permainan tersebut, temanya adalah Movie atau film. Di bagian bawahnya, terdapat beberapa garis kosong dan balok huruf.

Jika huruf yang kamu pilih itu benar, maka akan mengisi garis-garis kosong di atas. Namun, jika huruf yang kamu pilih salah, maka akan tergambar bagian per bagian orang-orangan yang digantung sebagai penanda.

Untuk memenangkan permainan ini, kamu harus berhasil menebak kata, sebelum gambar orang-orangan yang digantung selesai dibuat.

Menarik dan cukup menegangkan, bukan? Selain itu, game ini menjadi cara yang tepat untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris kamu, loh! Kalau kamu tertarik, kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play maupun App Store, ya. 

3. Undercover

Rekomendasi game belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah Undercover. Undercover adalah game online bahasa Inggris yang bisa kamu mainkan secara berkelompok, lebih dari 3 orang. Wah, cocok nih untuk mabar bareng teman-teman kamu! 

Cara memainkannya cukup mudah. Secara teknis, gaya bermain game ini mirip dengan Werewolf. Setiap pemain diberi role tertentu. Ada 3 role, yaitu Civilian, Undercover, dan Mr.White. Ketiga role-nya berbeda kubu dan saling mengungkap identitas pemain lain secepat mungkin agar tereliminasi. 

 

Game Bahasa Inggris Undercover

Role dalam permainan Undercover (Sumber: hakonyoa.blogspot.com)

https://hakonyoa.blogspot.com/2020/04/undercover.html 

Civilian adalah role protagonis dalam permainan ini. Para pemain yang mendapat role Civilian akan diberi satu kata dan tidak boleh diketahui oleh role yang lain. Sementara itu, Undercover adalah role antagonis. Para pemain dengan role Undercover akan mendapat kata yang berbeda dari Civilian, namun masih memiliki kemiripan. 

Misalnya, jika Civilian mendapat kata Whale, maka Undercover bisa mendapat kata Dolphin, yang sama-sama merupakan hewan mamalia laut. Terakhir, Mr.White adalah pemain yang tidak mendapat kata apapun, sehingga selama permainan, mereka harus berpura-pura menjadi bagian dari 2 kubu yang lain. 

Di awal permainan, setiap pemain akan diberi kata oleh moderator. Selanjutnya, kamu diminta untuk mendeskripsikan kata yang kamu terima dengan 1 atau 2 kata lain secara jujur. Pada tahap ini, Mr.White tidak boleh mendapat giliran yang pertama, karena mereka tidak memiliki kata. 

Setelah tahap mendeskripsikan kata selesai, setiap pemain diminta untuk memilih pemain lain yang dirasa bukan anggota kubunya. Permainan akan berakhir jika salah satu kubu dengan anggota terbanyak memenangkan permainan. 

Selain seru dan menyenangkan, Undercover game ini cocok dijadikan permainan untuk memperkaya perbendaharaan kata bahasa Inggris (vocabulary) kamu, loh.

Pasalnya, saat mendeskripsikan kata yang kamu dapat, kamu akan mencari padanan kata lain yang sesuai dalam bahasa Inggris. Nah, kalau kamu tertarik untuk memainkan permainan ini bersama teman-teman, kamu bisa download secara gratis di Google Play maupun App Store!

4. Spellspire

Lawan monster dengan mantra bahasa Inggris, emang bisa? Cobain game ini, deh! Spellspire adalah game online yang dikembangkan oleh 10tons Ltd. Permainan ini membuatmu menjadi seorang penyihir perapal mantra yang mencoba mencapai puncak menara. Di setiap lantainya, terdapat monster yang berusaha menghadang. 

 

Game Bahasa Inggris Spellsprie

Ilustrasi game SpellSpire (Sumber: store.steampowered.com)

https://store.steampowered.com/app/626580/Spellspire/ 

Nah, untuk menyingkirkan monster-monster ini, kamu diharuskan untuk membuat kata dari kumpulan huruf yang tersedia. Semakin panjang kata yang bisa kamu bentuk, semakin besar juga kekuatanmu untuk melawan monster-monster tersebut.

Tentunya, Spellspire bisa menjadi permainan yang seru untuk memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris kamu, ya. Kamu bisa download game ini secara gratis di Google Play maupun App Store.   
 

5. Lingokids

Jika kamu sedang mencari aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak, maka game satu ini bisa jadi rekomendasi. Lingokids adalah game belajar bahasa Inggris yang cocok dimainkan untuk anak usia 2-8 tahun. Jadi, game ini memang didesain untuk belajar, ya. 

Anak-anak bisa mempelajari banyak hal yang berkaitan tentang bahasa Inggris, seperti belajar abjad, angka, membaca, maupun berhitung.

Lingokids juga dilengkapi video interaktif dan lagu-lagu berbahasa Inggris yang membuat anak bisa belajar sambil bersenang-senang. Game ini juga bisa didownload secara gratis di Google Play maupun App Store, loh! 

 

Game Bahasa Inggris Lingokids

Lingokids game, permainan interaktif belajar bahasa Inggris untuk anak (Sumber: games.lol)

https://games.lol/lingokids-a-fun-learning-adventure/ 

6. Grammar Ninja

Kalau kamu penggemar game Fruit Ninja, kamu juga bisa cobain game yang satu ini, nih. Grammar Ninja adalah game edukasi yang bisa meningkatkan skill grammar kamu. Konsep permainannya mirip dengan Fruit Ninja. Di game ini, kamu akan dihadapkan pada kalimat-kalimat random dalam bahasa Inggris. 

Di antara kalimat tersebut, kamu diminta untuk mencari kata-kata yang termasuk ke dalam part of speech, seperti noun, verb, adjective, dsb. Kamu harus menebaknya, dan melemparkan senjata ninja ke kata-kata yang dimaksud itu. 

 

Game Bahasa Inggris Grammar Ninja

Ilustrasi permainan Grammar Ninja (Sumber: play.google.com)

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magmacode.grammarninja&hl=en_US 

 

Melalui permainan ini, secara nggak langsung, kamu akan belajar grammar dengan mencari jenis kata yang termasuk noun, verb, adjective, dsb. Nah, kalau kamu tertarik untuk memainkannya, kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play ataupun App Store!     

7. Anagram

Kamu suka permainan teka-teki yang cukup mengasah otak? Kalau iya, Anagram mungkin bisa jadi game favorit kamu selanjutnya.

Anagram adalah permainan bahasa Inggris, dengan konsep mengubah satu kata dengan kata lain. Misalnya, kamu bisa mengubah kata BOWL menjadi BLOW, atau kata BELOW menjadi ELBOW.

 

Game Bahasa Inggris Anagram

Perbanyak pengetahuan kosakata bahasa Inggris dengan bermain Anagram (Sumber: play.google.com)

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pinkpointer.anagram&hl=en_US 

 

Menarik bukan? Tentu aja, game ini juga akan menambah pengetahuan dan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris kamu. Kemampuanmu dalam mengingat kosakata baru juga akan bertahan lebih lama. Game ini bisa didownload secara gratis di Google Play dan App Store, loh! Yuk, mainkan sekarang!

8. Word Match

Last but not least, game seru untuk belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah Word Match. Sesuai dengan namanya, Word Match adalah game mencari kata-kata dalam bahasa Inggris.

Dalam permainan ini, kamu diminta untuk mencari kata dari kumpulan balok-balok huruf, sesuai dengan tema yang dipilih. Untuk temanya, bisa berupa European Countries, Occupation, Capital, dsb. Semakin tinggi level kamu, semakin sulit tema yang diberikan.

 

Game Bahasa Inggris Word Match

Ilustrasi Word Match Game (Sumber: play.google.com)

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MalyaWka.Word.Quiz.Stuck&hl=en_US 

 

Selain menambah kosakata dalam bahasa Inggris, game ini juga bisa meningkatkan pengetahuan kamu, ya. Nah, kalau kamu mau belajar bahasa asing selain Inggris, bisa juga! Tinggal atur bahasanya aja. Di game ini, ada fitur translation, definition, dan listen to its pronunciation.

Bermanfaat banget untuk mengetahui makna kata dan cara baca yang benar. Penasaran buat memainkannya! Cuss, game ini bisa kamu download secara gratis di Google Play dan App Store

 

Permainan Bahasa Inggris Offline

Gimana, tertarik untuk memainkan game online bahasa Inggris di atas? Nah, kalau kamu tipikal orang yang suka menghemat paket data, tapi penasaran mau coba bermain game belajar bahasa Inggris, berikut rekomendasinya!

1. Scrabble

Bagi para pecinta board game, kamu harus coba rekomendasi game offline bahasa Inggris satu ini, nih! Scrabble adalah permainan papan (board game) dimana pemain dan lawan saling berlomba menyusun huruf agar menjadi sebuah kata. Scrabble bisa dimainkan oleh 2-4 orang, loh! Lebih rame, lebih seru!

 

Game Bahasa Inggris Scrabble

Papan permainan Scrabble (Sumber: en.wikipedia.org)

https://en.wikipedia.org/wiki/Scrabble#/media/File:Scrabble_game_in_progress.jpg 

Bermain Scrabble sangat bermanfaat untuk menambah kosakata bahasa Inggris, serta membantumu mengingatnya. Nah, kamu tahu nggak sih, permainan ini juga ada ajang kompetisinya. Namanya, Kejuaraan Dunia Scrabble.

Seperti game catur, Scrabble juga memerlukan taktik dan strategi untuk memenangkannya. Wah, seru, ya! Bisa jadi ide buat lomba 17 Agustus-an nggak tuh? Hihihi

Baca Juga: 7 Cara Menyenangkan untuk Belajar Bahasa Inggris

 

2. Pictionary

Kalau kamu butuh rekomendasi permainan bahasa Inggris yang bisa dimainkan oleh banyak orang, Pictionary bisa jadi pilihan. Pictionary adalah permainan tebak kata dalam bahasa Inggris yang membutuhkan 2 sampai 3 kelompok pemain.

Dalam memainkannya, kamu membutuhkan beberapa alat, seperti whiteboard dan spidol. Kamu juga bisa menggunakan perlengkapan yang lebih sederhana, seperti kertas dan pensil, ya. 

Setelah semua perlengkapan siap, buatlah 2 atau 3 tim dengan banyak anggota yang sama. Masing-masing tim menunjuk satu orang untuk menjadi penggambar.

Sebelum mulai menggambar, ia akan diberi 1 buah kata. Penggambar tidak boleh berbicara atau membuat gerakan yang berhubungan dengan kata tersebut. Segala deskripsi kata yang diberikan, harus ia gambarkan pada papan/kertas.

 

Game Bahasa Inggris Pictionary

Pictionary game: deskripsikan kata melalui gambar (Sumber: wirelessanarchy.com)

https://www.wirelessanarchy.com/play-pictionary-online-and-offline/ 

Kemudian, pemain lain akan berusaha untuk menebak kata dari gambar yang dibuat. Suatu tim akan mendapat poin jika anggotanya berhasil menebak kata tersebut.

Gimana, seru kan?! Selain melatih pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui gambar, Pictionary pasti akan menjadi permainan grup yang menyenangkan.     

3. Apple to Apples

Nggak kalah seru, Apple to Apples adalah permainan kartu bahasa Inggris yang cocok dimainkan oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua. Cara memainkannya pun cukup mudah!

Pertama-tama, kamu perlu menentukan jumlah orang yang berpartisipasi. Apple to Apples bisa dimainkan 4-10 orang. Pilih satu orang untuk menjadi juri.   

Kemudian, juri bertugas mengocok kartu. Kartu Apple to Apples ada 2 jenis, yaitu kartu merah dan hijau. Kartu merah berisi kata objek, sementara kartu hijau berisi deskripsi objek. Kartu merah dan hijau harus dipisahkan, ya. Setelah itu, juri membagikan kartu merah kepada pemain. Masing-masing pemain mendapat 7 kartu.

Setelah para pemain mendapat 7 kartu merah, juri mengeluarkan satu kartu hijau ke tengah-tengah meja permainan. Karena kartu hijau ini berisi deskripsi objek, maka contohnya bisa bertuliskan Cute (imut), Harmful (berbahaya), atau Obsessive (obsesif). 

Para pemain harus memilih kartu merah yang paling cocok, untuk dipasangkan dengan kartu hijau tersebut. Misalnya, pemain bisa memilih kartu merah bertuliskan Baby untuk dipasangkan dengan kartu hijau bertuliskan Cute.

Lalu, juri akan memilih pasangan kartu yang paling cocok untuk diberi poin. Pemain dengan kartu terbaik, mendapat kartu hijau dari juri. Pemain dengan jumlah kartu hijau terbanyak di akhir permainan, adalah pemenang. 

Apple to Apples cocok sekali untuk membantumu menambah dan menghafal kosakata dalam bahasa Inggris. Karena setiap kata pada kartu, memiliki penjelasan, sinonim, atau fakta menarik.

 

Game Bahasa Inggris Apple to Apples 

Kartu merah dan hijau pada permainan Apple to Apples (Sumber: ultraboardgames.com)

https://www.ultraboardgames.com/apples-to-apples/kids.php 

4. Simon Says

Simon says… touch your chin! (tapi tangan Simon pegang jidat :P)

Siapa yang udah nggak asing dengan permainan satu ini? Simon says adalah permainan dimana satu orang akan menjadi Simon, dan memerintahkan pemain lainnya untuk melakukan segala hal yang ia minta, dalam bahasa Inggris. Simon says sebenarnya memiliki banyak nama di seluruh dunia, namun peraturannya kurang lebih sama.

Setiap mengucapkan perintah, Simon harus mengawalinya dengan kalimat ‘Simon says…’. Tujuan Simon adalah menyingkirkan para pemain, hingga tersisa satu pemenang. Dalam game ini, biasanya Simon menggunakan beragam taktik.

Contohnya, mengucapkan perintah dengan cepat, sehingga peserta sulit mendengarnya. Atau, mengecoh peserta dengan membuat gerakan yang tidak sinkron dengan perintah yang diucapkan.

 

Game Bahasa Inggris Simon Says

“Simon says… “ (Sumber: comicphonics.com)

https://comicphonics.com/2013/01/01/how-to-prepare-a-two-year-old-for-reading/simon-says-touch-your-tummy/ 

Nah, karena perintah yang diucapkan Simon dalam bahasa Inggris, kita jadi bisa sekalian belajar mengenai beragam kalimat perintah, maupun kata-kata kerja (verb), seperti touch, sit down, jump, run, stand up, clap, dan masih banyak lagi.   

5. Scattergories

Pati kamu pernah bermain A-B-C 5 Dasar, kan? Itu loh, game sebut kata, berdasarkan awalan huruf dan tema yang ditentukan. Misalnya, menyebut nama buah dari awalan N, atau nama negara berawalan J. Nah, game offline bahasa Inggris satu ini memiliki konsep permainan yang sama.

Scattergories adalah game dimana pemain harus menuliskan kata-kata yang sesuai dengan kategori dan awalan huruf tertentu.

Langkah awal bermainnya, kamu bisa tentukan terlebih dahulu kategorinya. Bisa fruits, countries, activities, animals, dan sebagainya. Kemudian, seorang pemain akan mengocok dadu yang di setiap sisinya bertuliskan 1 buah huruf.

 

Game Bahasa Inggris Scattegories

Memperbanyak perbendaharaan kata bahasa Inggris dengan bermain Scattergories (Sumber: sixcleversisters.com)

https://www.sixcleversisters.com/free-printable-birthday-scattergories-game/ 

Misalnya, kategori yang dipilih adalah country, dan huruf pada dadu yang muncul adalah I. Maka, kamu bisa mulai menulis nama-nama negara yang berawalan I, seperti India, Indonesia, Italy, Ireland, Iceland, dsb.

Para pemain akan mendapat skor jika jawaban yang mereka tulis, berbeda dari para pemain yang lain. Gimana, mirip game A-B-C 5 Dasar, kan? Bedanya, ini versi bahasa Inggrisnya. Hehehe…

Melalui game ini, tentunya vocabulary kamu akan bertambah ya. Bahkan, kamu jadi bisa menemukan kata-kata unik dalam bahasa Inggris yang belum kamu ketahui sebelumnya.    

6. Dabble

Mirip dengan Scrabble, Dabble adalah game menyusun kata dalam bahasa Inggris dari kepingan-kepingan huruf yang diberikan.

Jadi, dalam game ini, pemain akan diberi 20 keping huruf secara acak. Kemudian, pemain diminta untuk menyusun 5 kata bahasa Inggris yang terdiri dari 2 huruf, 3 huruf, 4 huruf, 5 huruf, dan 6 huruf, dalam waktu 5 menit. Nah, pemain yang berhasil menyelesaikan misi tersebut, jadi pemenangnya.

 

Game Bahasa Inggris Dabble

Dabble, permainan asah otak bahasa Inggris untuk kamu si kreatif! (Sumber: sears.com)

https://www.sears.com/ini-dabble-a-fast-paced-word-game-for/p-SPM11589555925?sid=ISxMP3xSOxGGxDTxSURF 

Dabble bisa dimainkan oleh 2-4 orang. Permainan ini pasti sangat menyenangkan bagi kamu yang suka game asah otak. Selain itu, kamu juga akan belajar kosakata baru dari susunan kata yang kamu buat. 

7. Miming Games

Rekomendasi game offline seru untuk belajar bahasa Inggris berikutnya adalah Miming Game. Permainan ini, mengharuskan kamu untuk menebak kata dalam bahasa Inggris, melalui gerakan. Miming games sangat seru jika dimainkan banyak pemain.

Caranya cukup mudah. Sebelum bermain, kamu harus menyiapkan potongan kertas kecil yang berisi kata bahasa Inggris. Kata ini bisa berbentuk verb, noun, maupun adjective. Gulung kertas kecil tersebut, sehingga tulisannya tidak bisa terbaca oleh pemain yang lain.

Setelah itu, satu pemain mengambil salah satu gulungan kertas, tanpa memberitahukan isinya kepada pemain yang lain. Lalu, ia harus memperagakan kata yang ditulis di kertas tersebut. Tidak boleh bersuara, ya.

Sementara itu, pemain lainnya harus menebak kata yang dimaksud. Pemain yang berhasil menebak, ia lah pemenangnya. Tertarik untuk mencoba?

 

Game Bahasa Inggris Miming Games

Kira-kira, kata apa ya yang mau ditunjukkan oleh anak ini? (Sumber: partygames4kids.com)

https://partygames4kids.com/mime-party-games 

Oke, guys, itu lah beberapa rekomendasi game bahasa Inggris biar belajar kamu semkain fun. Belajar nggak melulu harus dengan cara yang membosankan, ya. Kamu bisa tetap enjoy dan bersenang-senang. 

Kalau kamu butuh media belajar bahasa Inggris lain, yang dibimbing oleh pengajar bersertifikat dan berpengalaman, yuk cobain di English Academy. Kelasnya interaktif, belajarnya pun sudah menggunakan kurikulum internasional.

Tertarik mendaftar? ikuti Placement Test Gratis berikut ini dulu yuk, untuk mengetahui kelas mana yang cocok buat kamu! Bersertifikat!

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

Baca Tips Belajar Bahasa Inggris Lainnya:

 

Referensi:

15 Game untuk Belajar Bahasa Inggris yang Wajib Dicoba [Daring]. Tautan: https://carisinyal.com/game-untuk-belajar-bahasa-inggris/2/ (Diakses pada 30 Maret 2023)

5 Game yang Cocok untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris [Daring]. Tautan: https://www.wallstreetenglish.co.id/vocabulary/5-game-yang-cocok-untuk-mempelajari-kosakata-bahasa-inggris/ (Diakses pada 4 April 2023)

3 Permainan Sederhana untuk Melatih Vocabulary di Masa Pandemi [Daring]. Tautan: https://balaibahasa.upi.edu/artikel-juni-2021-4/ (Diakses pada 4 April 2023)

 

Sumber Gambar:

Gambar ‘Permainan The Sims’ [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=Hf7gE7_reAs (Diakses pada 29 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Hangman’ [Daring]. Tautan: https://thewordsearch.com/hangman/ (Diakses pada 29 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Undercover’ [Daring]. Tautan: https: https://hakonyoa.blogspot.com/2020/04/undercover.html (Diakses pada 29 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan SpellSpire’ [Daring]. Tautan: https: https://store.steampowered.com/app/626580/Spellspire/ (Diakses pada 29 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Lingokids’ [Daring]. Tautan: https: https://games.lol/lingokids-a-fun-learning-adventure/ (Diakses pada 30 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Grammar Ninja’ [Daring]. Tautan: https: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magmacode.grammarninja&hl=en_US (Diakses pada 30 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Anagram’ [Daring]. Tautan: https: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.MalyaWka.Word.Quiz.Stuck&hl=en_US (Diakses pada 30 Maret 2023)

Gambar ‘Permainan Scrabble’ [Daring]. Tautan: https://en.wikipedia.org/wiki/Scrabble#/media/File:Scrabble_game_in_progress.jpg (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Pictionary’ [Daring]. Tautan: https://www.wirelessanarchy.com/play-pictionary-online-and-offline/ (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Apple to Apples’ [Daring]. Tautan: https://www.ultraboardgames.com/apples-to-apples/kids.php (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Simon Says’ [Daring]. Tautan: https://comicphonics.com/2013/01/01/how-to-prepare-a-two-year-old-for-reading/simon-says-touch-your-tummy/ (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Scattergories’ [Daring]. Tautan: https://www.sixcleversisters.com/free-printable-birthday-scattergories-game/ (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Dabble’ [Daring]. Tautan: https://www.sears.com/ini-dabble-a-fast-paced-word-game-for/p-SPM11589555925?sid=ISxMP3xSOxGGxDTxSURF (Diakses pada 4 April 2023)

Gambar ‘Permainan Miming Games’ [Daring]. Tautan: https://partygames4kids.com/mime-party-games (Diakses pada 4 April 2023)

 

Hani Ammariah