Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris Beserta Asal-usulnya

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Sudah tahu belum nama-nama Bulan dalam bahasa Inggris dan asal-usulnya? Yuk simak penjelasannya di artikel ini!

- -

Salah satu hal yang paling penting dalam menguasai bahasa Inggris adalah mempraktikkannya dan memiliki banyak kosakata bahasa Inggris. Seperti nama-nama hewan dalam bahasa Inggris, nama-nama hari dalam bahasa Inggris, nama-nama makanan dalam bahasa Inggris. Kali ini, kamu akan memperkaya kosakatamu dengan memahami nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan asal-usulnya.

Sebelumnya, kamu tahu nggak sih untuk apa memiliki kosakata bahasa Inggris yang banyak? Bukannya grammar udah cukup bikin kepala pusing yah? Hehehe, kamu harus tahu kalau kamu pusing saat belajar itu penting. Karena menunjukkan bahwa kamu berusaha membuat otak kamu bekerja lebih ekstra.

Nah, dengan memiliki kosakata bahasa Inggris yang banyak, nggak cuma bisa bikin percakapanmu dalam bahasa Inggris jadi lebih beragam, kamu juga bisa memahami topik-topik yang sedang dibahas ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Terus bisa mempermudah kamu juga dalam kepentingan profesional, misalnya kamu mau mengadakan meeting dan untuk menentukan jadwalnya, kamu harus tahu kosakata mengenai hari dan bulan.

Sekarang, yuk simak nama-nama bulan dalam bahasa Inggris di bawah ini!

 

1. January

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - January

(sumber: unsplash.com)

Nama “January” berasal dari dewa Romawi bernama Janus, yang menjaga pintu serta gerbang. Dewa Janus digambarkan memiliki dua wajah, yang melihat ke depan dan ke belakang. Wajah yang melihat ke depan dapat melihat masa depan, sedangkan wajah yang menghadap ke belakang dapat melihat masa lalu. Di jaman Romawi kuno, gerbang Dewa Janus terbuka ketika sedang ada perang, dan menutup keadaan sudah damai. 

Kamu bisa menulis bulan Januari dengan singkatan “Jan.” atau bisa juga langsung menggunakan “January.” Anything suits you. But, kamu juga harus memperhatikan apakah kamu menulis tanggal untuk sesuatu yang formal atau non formal. Pada bulan ini, di daerah barat sedang mengalami musim dingin. Terdapat 31 hari dalam bulan ini.

 

2. February

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - February

(sumber: unsplash.com)

Kata “February” memiliki akar kata “Februa” dari bahasa Latin yang berarti “membersihkan”. Nama ini juga diambil dari festival di Romawi pemurnian dan penebusan dosa. Seperti bulan sebelumnya, di negara-negara bagian barat, bulan ini ada di musim dingin. February atau Feb. memiliki 28 hari. Tapi setiap empat tahun sekali, terdapat 29 hari di bulan ini. 

 

3. March

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - March

(sumber: unsplash.com)

Nama March diambil dari dewa perang bangsa Romawi yaitu Mars. Yang menarik dari bulan ini adalah, perhitungan tahun di bangsa Romawi pada awalnya dimulai dengan bulan March. And then they added January and February setelah melakukan reformasi kalender. Kamu bisa menulis Mar. atau March dalam penulisan kalender. Pada bulan ini di negara-negara bagian barat terjadi perubahan musim dingin ke musim semi. Jumlah hari pada bulan ini adalah 31 hari.

 

4. April

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - April

(sumber: unsplash.com)

Pada bulan sebelumnya, di negara-negara bagian barat, khususnya di Romawi mengalami perubahan musim dingin ke musim semi. Nah, tepatnya pada bulan April, musim semi sedang berada di puncaknya, when plants are begin to grow. Karena itulah nama bulan April diambil dari bahasa Latin, “aperio” yang artinya “mekar” dan “aperire” yang artinya “membuka”. Jumlah hari pada bulan ini adalah 30 hari. Dalam penulisan tanggal atau kalender, kamu bisa menulis apr. atau April.

 

5. May

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - May

(sumber: unsplash.com)

Kata “May” berassal dari nama dewi Romawi “Maia” yang mengawasi pertumbuhan tanaman. Selain dari nama dewi, kata ini juga diambil dari bahasa Latin “maiories” artinya tetua atau sesepuh. Pada bulan ini terjadi transisi dari musim semi ke musim panas di negara-negara bagian barat. Jumlah hari yang ada di bulan ini adalah 31 hari.  Nggak seperti bulan-bulan lainnya, kamu nggak bisa menulis bulan May dengan singkatan.

 

6. June

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - June

(sumber: unsplash.com)

Nama bulan ini diambil dari Dewi Romawi yang bernama Juno, pelindung pernikahan dan kesejahteraan wanita. Bulan ini merupakan awal dari musim panas di negara-negara bagian barat dan memiliki terdapat sebanyak 30 hari di dalamnya. Kamu bisa menulis kalender atau tanggal dengan June atau dengan singkatan Jun.

Selain dengan memperkaya kosakata, untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga mesti tahu sudah sejauh mana  kemampuan berbahasa kamu. Untuk itu, yuk coba ikut placement test dari English Academy. Gratis dan dapat sertifikat, lho!

Placement Test English Academy

7. July

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - July

(sumber: unsplash.com)

Berbeda dari bulan-bulan sebelumnya, penamaan bulan Juli diambil dari tokoh diktator asal Romawi, Julius Ceasar setelah kematiannya. Ia juga membuat sebuah kontribusi besar dalam membuat kalender Julian dengan bantuan Sosigenes, yaitu pendahulu kalender Gregorian yang saat ini kita gunakan. Singkatan bulan July yaitu Jul. dan di dalamnya terdapat 31 hari.

 

8. August

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - August

(sumber: unsplash.com)

Seperti bulan July, penamaan bulan August diambil dari nama tokoh besar di Romawi yaitu Augustus Caesar, seorang kaisar Romawi yang merupakan cucu keponakan dari Julius Caesar. August bisa kamu tulis juga dengan singkatan Aug. Pada bulan ini terjadi perubahan musim panas ke musim gugur. Seperti bulan sebelumnya, jumlah hari pada bulan August ada 31 hari.

 

9. September

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - September

(sumber: unsplash.com)

Nama September bukan berasal dari nama dewa, dewi atau tokoh Romawi. Tapi berasal dari kata septem yang artinya tujuh dalam bahasa Romawi. Meskipun September merupakan bulan ke sembilan, pada kalender Romawi awal bulan September merupakan bulan ke tujuh. Kamu bisa menulis bulan ini dengan singkatan Sep. Pada bulan ini terdapat 30 hari.

 

10. October

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - October

(sumber: unsplash.com)

Bulan ini diambil dari bahasa Romawi “octo” yang berarti delapan. Bulan October merupakan bulan ke delapan di kalender Romawi awal. Pada bulan ini terjadi musim gugur di negara-negara bagian barat. Kamu bisa menulis October atau Oct. dalam penulisan kalender atau tanggal. Jumlah hari pada bulan ini ada 31 hari.

 

11. November

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - November

(sumber: unsplash.com)

Selanjutnya, bulan November diambil dari kata “novem” dalam bahasa Romawi yang artinya ke sembilan. Pada bulan ini terjadi masa transisi musim gugur ke musim dingin. Singkata bulan November adalah Nov. Terdapat 30 hari pada bulan ini.

 

12. December

 

Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris - December

(sumber: unsplash.com)

Terakhir, kata December diambil dari kata decem yang berarti sepuluh dalam bahasa Romawi. Bulan ini merupakan bulan ke sepuluh di kalender Romawi awal, dan merupakan awal dari musim dingin. Kamu bisa menulis singkatan Dec. dalam penulisan tanggal. Jumlah hari pada bulan ini adalah 31 hari.

Demikian nama-nama bulan dalam bahasa Inggris serta asal-usulnya. Dengan memiliki kosakata ini, kamu akan terbantu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Oh iya, kalau kamu masih penasaran dengan kosakata dalam bahasa Inggris, kamu bisa lho gabung dengan English Academy.

Di sana kamu akan belajar dengan seorang native speaker yang berpengalaman, dan belajar menggunakan kurikulum cambridge. Yang pasti bakal seru dan bermanfaat buat kamu. Jadi, yuk gabung sekarang juga!

English Academy

Referensi:

English Club. ND. (online at) https://www.englishclub.com/vocabulary/time-months-of-year.htm [accessed 23 September 2022]

British Museum. 2017. (online at)  https://blog.britishmuseum.org/whats-in-a-name-months-of-the-year/ [accessed 23 September 2022]

Almanac. 2021. (online at) https://www.almanac.com/content/how-did-months-get-their-names [accessed 23 September 2022]

Sumber foto January: https://unsplash.com/photos/TGeFx4x4NHU

Sumber foto February: https://unsplash.com/photos/N8MDgWvUW-8

Sumber foto March: https://unsplash.com/photos/5eyAJMTb6mM

Sumber foto April: https://unsplash.com/photos/uGqrMOHlkl0

Sumber foto May: https://unsplash.com/photos/fg1i37b6kTw

Sumber foto June: https://unsplash.com/photos/moLnOQ68bik

Sumber foto July: https://unsplash.com/photos/50u9zYeHNu4

Sumber foto August: https://unsplash.com/photos/dMiA8hyMNaU

Sumber foto September: https://unsplash.com/photos/8PfM1CFFiRc

Sumber foto October: https://unsplash.com/photos/O-v6LWnU0OU

Sumber foto November: https://unsplash.com/photos/7g4lil12jXo

Sumber foto December: https://unsplash.com/photos/oAdrmLUco_g

 

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.