45 Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris

Ada berbagai macam kosakata dalam bahasa Inggris yang harus kita miliki untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Salah satunya adalah nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Apa sajakah itu? Simak artikel berikut ini!

--

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kita diperlukan untuk sering mengaplikasikannya agar terbiasa dan mahir. Baik menggunakannya dalam percakapan sehari-hari, menulis berbagai macam teks seperti teks eksposisi, teks deskriptif dan lain-lain. Dalam mengaplikasikan bahasa Inggris, kita tidak hanya harus memahami aturan bahasa Inggris saja, melainkan juga memiliki kosakata bahasa Inggris yang luas.

Kosakata bahasa Inggris yang harus kita miliki beragam. Mulai dari kosakata tentang makanan dan buah-buahan, nama-nama hewan, nama-nama benda, dan masih banyak lagi. Kali ini, kita akan belajar bersama-sama mengenai kosakata nama-nama hari dalam bahasa Inggris.

Mempelajari tentang nama-nama hari dalam bahasa Inggris tidak hanya membantu kita dalam mengaplikasikannya dalam aktivitas keseharian saja, lho. Tapi juga dalam bisnis. Misalnya kita ingin membuat janji, atau mengatur jadwal, atau membuat sebuah berita acara mengenai liburan dalam bahasa Inggris, kosakata nama-nama hari akan dibutuhkan. Berikut adalah kosakata nama-nama hari dalam bahasa Inggris.

 

Nama-nama Hari dalam seminggu

 

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris

 

There is an interesting fact about the origins of 7 days a week. Mungkin banyak dari kita tidak mengetahui asal nama-nama hari dalam seminggu. Yakni nama-nama hari dalam seminggu ini diambil dari kepercayaan terhadap Mitologi Nordik. Berikut penjelasannya:

  1. Hari Senin: Monday: Diambil dari nama personifikasi bulan atau moon. Contohnya dalam kalimat: "I have to take my cat to the vet from monday to friday." (Aku harus membawa kucingku ke dokter hewan dari Senin sampai Jumat)
  2. Hari Selasa: Tuesday: Diambil dari nama Dewa Duel Nordik bertangan satu Tiw atau Tyr. Dewa ini juga disamakan dengan nama dewa asal Romawi, yaitu Mars, sebagai dewa perang. Contoh kalimatnya: "My borther waits for me to finish school every Tuesday." (Kakak laki-laki ku menunggu sampai aku pulang sekolah setiap hari Selasa.)
  3. Hari Rabu: Wednesday: Berasal dari kata “Wōden's day.” Dalam bahasa Nordik,Wōden adalah Odin, sang penguasa Dewa Nordik dan berkaitan dengan kebijaksanaan, sihir, kemenangan dan kematian. Bangsa Romawi menyamakan Wōden dengan Merkurius karena sama-sama berkaitan dengan kematian. Contoh kalimatnya: "You can practice your English every Wednesday in English Class." (Kamu bisa melatih bahasa Inggris kamu setiap hari Rabu dalam kelas bahasa Inggris).
  4. Hari Kamis: Thursday: Berasal dari kata “Thor’s Day”. Thor adalah Dewa petir, kekuatan dan perlindungan yang memegang godam dalam mitologi Nordik. Dalam mitologi Romawi, Thor dikaitkan dengan Jupiter, sebagai dewa petir dan langit.
  5. Hari Jumat: Friday: Berasal dari nama istri Odin, yaitu Freya. Freya adalah Dewi cinta, keindahan dan kesuburan dalam mitologi Nordik. Contoh penggunannya dalam kalimat: "We learn English today, Wednesday and Friday." (Kita belajar bahasa Inggris hari ini, hari Rabu, dan hari Jumat.)
  6. Hari Sabtu: Saturday: Berbeda dengan nama-nama hari lainnya, saturday diambil tidak dari nama Dewa Nordik. Melainkan diambil dari kepercayaan Dewa Romawi, yaitu Saturn. Contoh kalimatnya: "Saturday is the perfect day for reading. We can read everything we want, because Mother always takes us to the library." (Sabtu merupakan hari sempurna untuk membaca. Kita bisa baca apapun yang kita mau, karena ibu selalu membawa kita ke perpustakaan.)
  7. Hari Minggu: Sunday: Nama hari ini diambil dari personifikasi matahari (sun), atau hari matahari. "Marcell has been traveling from Monday to Sunday." (Marcell telah bepergian dari Senin sampai Minggu.)

 Baca Juga: 11 Kosa Kata dalam Bahasa Inggris yang Paling Sering Disalahgunakan

 

Nama-nama hari internasional

Banyak dari kita mengenal hari internasional sebagai hari peringatan dari suatu hal yang mempengaruhi dunia atau peristiwa itu dirayakan oleh seluruh dunia. Beberapa dari hari internasional dijadikan hari libur. Seperti misalnya hari-hari besar keagamaan. Berikut nama-nama hari internasional dalam bahasa Inggris.

 

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris(Foto Anak-anak)

1. Hari Anak: Children’s day
2. Hari Ayah: Father’s day
3. Hari Kemerdekaan: Independence day
4. Hari Ibu: Mother’s day
5. Hari Puisi Dunia: World’s Poetry day
6. Hari Bumi: Earth’s day
7. Hari Braille: Braille’s day
8. Hari Pendidikan Internasional: International Education day
9. Hari Peringatan Internasional Mengenang Para Korban Holocaust 
10. Hari Valentine: Valentine’s day

 

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris

(Foto Nelson Mandela)


11. Hari Nelson Mandela Internasional: International Nelson Mandela’s day
12. Hari Tanpa Tembakau sedunia: World Without Tobacco’s day
13. Hari Wanita Internasional: International Women’s day
14. Hari Pemuda Internasional: International Youth Day
15. Hari Kesehatan Mental Sedunia: World’s Mental Health Day
16. Hari Buruh internasional: International Labor day
17. Hari Lebaran: Eid day
18. Hari Natal: Christmas day
19. Hari Paskah: Easter day
20. Hari Waisak: Vesak day
21. Hari Nyepi: Seclusion Day
22. Hari kesehatan dunia: World’s Health Day

 Baca Juga: 7 Tips Memperkaya Kosa Kata Bahasa Inggris dan Mengerti Artinya 

Selain 7 hari dalam seminggu dan hari internasional, terdapat juga hari yang relatif terhadap hari lain. Beberapa contoh dalam bahasa Indonesia yang kita ketahui adalah "besok", "kemarin" dan seterusnya. Biasanya kita menggunakan nama-nama hari tersebut  kata keterangan waktu. Simak kosakata nama-nama hari yang relatif terhadap hari lain dalam bahasa Inggris berikut ini:

 

Nama-nama Hari yang Relatif Terhadap Hari Lain

 

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris(Foto Tomorrow)

 

  1. Hari sebelum kemarin: The day before yesterday. (aset unsplash) Contoh penggunaan dalam kalimat: "The day before yesterday was my first Monday after I arrived in London." (Hari sebelum kemarin adalah Senin pertama setelah saya sampai di London.) 
  2. Kemarin: Yesterday. Contoh penggunaannya dalam kalimat. "Yesterday's match was tense! Our team almost win. But the score became 1-1 seconds before the match ended." (Pertandingan kemarin sangat menegangkan! Tim kita hampir menang. Tapi kedudukan jadi 1-1 beberapa detik sebelum pertandingannya berakhir.)
  3. Hari Ini: Today atau This day. Contoh dalam kalimat: "Your professor gave you homework due 24 hours from last morning. This means today is the due! Hurry up and finish it!" (Dosenmu memberi PR untuk dikumpulkan dalam kurun waktu 24 jam dari pagi kemarin. Yang berarti hari ini waktu pengumpulannya! Cepat dan selesaikan PR-mu!)
  4. Besok: Tomorrow. Contoh kalimatnya: "We use tomorrow's situation to decide what we should do to our dog." (Kita gunakan situasi besok untuk menentukan apa yang harus kita lakukan kepada anjing kita.)
  5. Lusa: The day after tomorrow. Contohnya dalam kalimat: "On Sunday or the day after tomorrow, Andrew and his family will go to church." (Pada hari minggu atau lusa, Andrew dan keluarganya akan pergi ke gereja.)
  6. Tulat: Three days after today. Contoh dalam kalimat: "You'll have to book the flight on Friday or three days after today. You'll get 50% discount." (Kamu harus memesan tiket pesawat pada hari Jumat atau tulat. Kamu akan mendapatkan diskon 50%.)
  7. Tubin: Four days after today. Contoh penggunaan dalam kalimat: "You can go to National History Museum now. You can also go to the Museum four days after today, which is Monday." (Anda bisa pergi ke Museum Sejarah Nasional sekarang. Anda juga bisa pergi ke Museum tubin, yang berarti Senin.)
  8. Setiap hari: Everyday. Contoh penggunaan dalam kalimat: "From Monday to Friday, you'll go to school. Meanwhile, I'm gonna book you a ticket to the Museum for every Saturday and Sunday. So, have a good study everyday!" (Dari hari Senin sampai Jumat kamu akan pergi ke sekolah. Sementara itu, aku akan memesan tiket ke Museum untuk setiap hari sabtu dan Minggu. Jadi, selamat belajar setiap hari!)
  9. Beberapa hari: A couple of days. Contoh penggunaan dalam kalimat: "A couple of days after the holiday, we must go to school." (Beberapa hari setelah libur, kita harus pergi ke sekolah.)

Nama-nama Hari Lainnya

Selain nama hari dalam seminggu, nama hari internasional dan nama hari yang relatif terhadap hari lain, terdapat juga nama-nama hari dalam bahasa Inggris lainnya yang kamu harus ketahui, yaitu sebagai berikut:

 

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris(Foto Ulang Tahun)

 

  1. Hari kelahiran/hari ulang tahun: Birthday. Contoh kalimat: "Next Sunday is John's birthday." (Minggu depan adalah hari ulang tahun John.)
  2. Hari Kerja: Workday atau Weekday. Contoh kalimat: "Nina only sells food to the office workers. That's why she only opens her shop on weekdays." (Nina hanya menjual makanannya ke karyawan kantor. Oleh karena itu, ia hanya membuka kedainya setiap hari kerja.)
  3. Akhir Pekan: Weekend. Contoh penggunaan dalam kalimat: "Do you know that Saturday and Sunday are weekends?" (Apakah kamu tahu kalau Hari sabtu dan hari minggu adalah akhir pekan?)
  4. Hari Pertama: First day. Contoh penggunaan dalam kalimat: "It's easy to do the task on the first day of every month. Many people will be absent." (Mudah untuk mengerjakan tugas hari pertama setiap bulannya. Banyak orang akan absen.)
  5. Hari Akhir: Last day. Contoh kalimat: "After working for almost 20 years with us, next Saturday will be Jennifer's last day. Therefore we must give her a gift." (Setelah bekerja hampir 20 tahun bersama kita, hari sabtu depan adalah hari terakhir Jennifer. Untuk itu kita harus memberinya hadiah.)
  6. Hari ke-: 2nd day, 3rd day, 4th day. (Gunakan urutan sebelum kata ‘day’) Contoh penggunaan dalam kalimat: "You can come on the 3rd day of the Seminar. They will present about linguistics, movies, and novels. Themes that are more suited to your interests." (Anda dapat dapat di hari ketiga Seminar. Mereka akan mempresentasikan tentang linguistik, fiilm dan novel. Tema-tema yang lebih sesuai dengan minat Anda.)
  7. Hari libur: Holiday. Contoh kalimat:"Seb's jazz club is the most known by people. It opens this Summer holiday!" (Klub Jazz Seb's paling dikenal oleh orang-orang. Klub itu buka di hari libu musim panas ini!)
  8. Hari libur kerja/cuti: Day off.  "Eid day is an islamic holiday. Therefore, every Muslim in the office should take the day off." (Lebaran adalah hari libur agama Islam. Oleh karenanya setiap pekerja muslim seharusnya mengambil cuti)
  9. Hari libur nasional: International Holiday. Contoh kalimat: "International holidays are days people should know." (Hari libur internasional adalah hari yang harus diketahui oleh orang-orang.)

Karena sudah belajar kosakata baru, penasaran ngga kira-kira kemampuan bahasa Inggris kamu sudah sejauh mana? Nah, coba yuk ikut placement test di sini. Selain gratis, kamu juga bisa dapat sertifikat, lho!

New call-to-action

 

Demikian nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Dengan mengetahui kosakata ini, kita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Misalnya ketika berbicara dengan orang yang berbahasa Inggris, kita dapat memberi tahu hari apa kita dapat bertemu dengannya. Atau misalnya kita ingin membuat surat izin libur kerja ke atasan dalam bahasa Inggris, karena ingin mengikuti ibadah di hari besar keagamaan.

Selain dalam percakapan sehari-hari, dalam menulis teks, membuat janji dan membuat surat izin, masih ada banyak kegiatan yang memerlukan penggunaan kosakata nama-nama hari dalam bahasa Inggris. Nah, untuk tahu lebih lanjut, bisa gabung ke English Academy. Kamu bisa bertanya ke Master Teacher yang merupakan seorang native speaker untuk menanyakan penggunaan kosakata nama-nama hari. Selain itu, akan ada banyak pembahasan mendalam mengenai materi bahasa Inggris yang dapat meningkatkan kemampuanmu. Ayo gabung sekarang juga!

English Academy Dasher

 

Referensi:

 UN. ND. Origins of the days of the week. UN. (online at) https://www.un.org/en/observances/list-days-weeks [accessed on 9 May 2022]

Coolman, Robert. 2014. Origins of the days of the week. Live Science (online at) https://www.livescience.com/45432-days-of-the-week.html [accesed on 9 May 2022]

Sumber foto ulang tahun: https://unsplash.com/photos/M20ylqCzSZw (Annie Spratt)

Sumber foto tomorrow: https://unsplash.com/photos/xvWpB1Gp1y4 (Tim Mossholder)

Sumber foto children: https://unsplash.com/photos/AEaTUnvneik (Larm Rmah)

Sumber foto Nelson Mandela: https://unsplash.com/photos/0Qlfq4rh9aY (John Paul Henry)

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.