Cara Presentasi Bahasa Inggris yang Keren untuk Curi Perhatian Audiens!

presentasi bahasa inggris

"Hello, we are from group six, we will present about..."

Contoh kalimat di atas biasa digunakan untuk memperkenalkan diri saat presentasi bahasa Inggris. Tapi, supaya nggak boring, kamu bisa coba pembukaan presentasi lain yang lebih unik. Bagaimana contohnya? Yuk, kita lihat di artikel ini!
--

Presentasi bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai seseorang. Melalui presentasi, kita dapat mengasah berbagai keterampilan penting lainnya seperti public speaking, teamwork, dan negotiation.

Kamu seorang pelajar? Mahasiswa? Karyawan? Atau bahkan seorang pebisnis dan CEO perusahaan? Jika iya, tentu kamu sudah tak asing dengan presentasi bahasa Inggris.

Namun, meskipun begitu, masih banyak orang yang belum memahami betul bagaimana cara melakukan presentasi dengan outstanding untuk mencuri perhatian audiens.

Nah, di artikel ini, kita akan belajar apa itu presentasi, plus kamu juga dapat melihat beberapa contoh kalimat yang biasa digunakan ketika melakukan presentasi dalam bahasa Inggris. Simak sampai habis!

 

Apa Presentasi dalam Bahasa Inggris?

Presentasi dalam bahasa Inggris disebut dengan presentation. Presentasi adalah aktivitas berbicara di depan publik untuk menyampaikan suatu ide, pemikiran, dan gagasan tentang suatu hal.

Presentasi biasanya bersifat dua arah. Melalui presentasi, audiens dapat mengajukan pertanyaan atau menambahkan pendapat pada presenter.

 

presentasi atau persentase

 

Oh ya, ingat, presentasi berbeda dengan persentasi. Presentasi merupakan kegiatan public speaking untuk menyampaikan atau mengajukan sebuah topik pada hadirin, sedangkan persentase adalah jumlah atau nilai sebuah angka dalam bentuk persen.

 

Macam-macam Presentasi dan Tujuannya

Presentasi tentu memiliki banyak jenis. Pada dasarnya, tujuan presentasi adalah memberikan informasi pada audiens. Namun, jika dilihat berdasarkan jenisnya, berikut beberapa tujuan presentasi:

1. Presentasi Informatif

Jenis presentasi informatif dilakukan hanya untuk memberikan informasi pada audiens. Contoh presentasi informatif adalah CEO yang melaporkan kondisi bisnis perusahaan, peneliti yang memaparkan hasil dari sebuah penelitian, tim produk yang menjelaskan sebuah produk baru, dan lain-lain. 

2. Presentasi Demonstratif

Kamu pernah melihat bagaimana seseorang mendemokan cara kerja suatu produk? Nah, itulah yang dinamakan presentasi demonstratif. 

Jenis presentasi yang satu ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman pada audiens mengenai suatu hal secara detail.

Misal, terdapat sebuah fitur atau aplikasi baru di perusahaan, lalu kamu menjelaskan bagaimana cara kerja fitur baru tersebut pada seluruh karyawan.

Mau tahu bagaimana cara memikat hati audiens saat melakukan presentasi bahasa Inggris? Belajar tekniknya di English Academy, yuk! Konsultasikan kelas yang cocok untukmu bersama Education Consultant, gratis!

kursus bahasa Inggris

 

3. Presentasi Persuasif

Presentasi persuasif bertujuan untuk mengajak, membujuk, mempengaruhi, atau mengubah pandangan seseorang terhadap suatu hal.

Maka dari itu, biasanya pada presentasi persuasif ada tujuan atau hasil akhir yang ditargetkan oleh presenter.

Contoh, kamu melakukan pitching pada konsumen mengenai keunggulan dari sebuah produk. Setelah itu, kamu memiliki goals agar konsumen tersebut membeli produk yang ditawarkan dan membuatnya menjadi pelanggan yang setia. Itulah cara kerja dari pesentasi persuasif.

4. Presentasi Inspiratif

Kamu pasti tak asing dengan seminar inspiratif, kan? Ini merupakan presentasi yang sering kita dengar dari para motivator atau orang-orang yang memiliki kesuksesan di suatu bidang.

Presenter akan menggunakan kalimat yang menyentuh dan emosional dalam jenis presentasi ini. Tujuannya adalah agar audiens tergerak hati dan semangatnya untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan value mereka. 

 

Tahap Pembukaan Presentasi Kelompok dalam Bahasa Inggris

Secara umum, ada 4 tahap dalam pembukaan presentasi, khususnya presentasi kelompok, yaitu:

1. Salam pembuka

Salam pembuka atau opening presentasi akan diawali dengan greetings. Dalam hal ini, tentunya salam pembuka harus disesuaikan dengan jenis presentasi, plus siapa audiens yang kita hadapi. Contoh salam pembuka presentasi:

  • Hi everyone!
  • Good morning/afternoon/evening our dearest lecture Mr. Brown and our friends..
  • Hi class, I hope everyone in a good health.
  • Hi everyone, I really appreciate your time on this presentation.
  • Hello everyone, thank you for coming in today's meeting.

2. Pengenalan diri dan latar belakang

Selanjutnya, sampaikan siapa kamu dan juga background-mu. Meskipun mayoritas audiens sudah mengetahui siapa dirimu da juga anggota kelompok, tetapi akan lebih baik untuk mention sedikit agar proses interaksi nantinya bisa lebih efektif.

Contoh pengenalan presentasi kelompok:

  • We are from group five of Macroeconomic subject. This group consist of Ayu, Sara, and Intan a.k.a me who will guide the presentation.

Contoh pengenalan presentasi individu:

  • I am Ratna from XYZ company. I have been working/studying in the field of Content Writing for 10 years and I am excited to share my knowledge and experience with you

Baca Juga: 21 Contoh Perkenalan Diri (Self Introduction) dalam Bahasa Inggris

3. Tujuan presentasi

Selanjutnya, sebutkan tujuan presentasi yang akan di-deliver olehmu dan juga teman-teman yang lain. Contoh:

We are thrilled to be here today to present to you about How to Become Digital Entrepreneur. Our goal for this presentation is to provide you with valuable insights and information that you can apply in your work.

4. Preview isi presentasi

Nah, poin preview isi presentasi merupakan salah satu elemen yang bisa grabbing attention untuk audiens. So, kamu bisa mengutarakan suatu hal yang menarik dan relevan dengan isi materi yang akan dipresentasikan pada peserta.

Greenhouse gas emissions resulting from human activities such as the burning of fossil fuels and agriculture are the main cause of global warming and climate change. The effects of climate change include an increase in global average temperatures, changes in rainfall patterns, and an increase in the frequency and intensity of extreme weather events such as droughts, floods, and storms. As environmental students, what can we do to reduce greenhouse gas emissions?

Dari pertanyaan di atas, kamu juga bisa sekaligus membuka interaksi pertama dengan audiens, guys. Setelah itu, kamu bisa menyambungkannya dengan topik materi yang akan dibawakan.

5. Persiapan audiens (misalnya, meminta pertanyaan atau memberi instruksi khusus)

Terakhir, kamu juga bisa memastikan agar audiens bisa bekerja sama dengan baik selama proses presentasi berlangsung. Contohnya memberikan peraturan sistem QnA, kemudian jika presentasi diadakan secara online, kamu juga bisa meminta para peserta untuk mematikan mic saat presenter sedang berbicara, dan lain sebagainya. Contoh:

At the end of the presentation, we'll have a Q&A session where you can ask any questions you may have. So, be prepared to be involved, active and I hope you'll find this presentation informative and valuable.

 

Tahap Penutupan Presentasi Bahasa Inggris

Dalam tahap penutupan, ada beberapa poin yang bisa kamu mention pada audiens agar semakin berkesan:

1. Berikan summary points

Setelah rampung, coba ajak audiens untuk kembali mengingat poin penting yang menjadi fokus dalam pembahasan presentasi. Hal ini berfungsi agar pesan dari presenter dapat sampai pada audiens secara maksimal. Contoh:

In summary, we have discussed the science of greenhouse gas emissions and their impact on the climate. There are several points that we might highlight:

  • The burning of fossil fuels and deforestation are major sources of emissions.
  • Unchecked emissions have the potential to cause devastating effects such as rising sea levels, extreme weather events, and a decline in biodiversity.
  • Transitioning to renewable energy, increasing energy efficiency, and implementing carbon pricing are effective ways to reduce emissions.
  • International cooperation and policy are crucial in addressing the issue of greenhouse gas emissions.
  • Individual actions, such as reducing meat consumption and using public transportation, can also make a significant impact.
  • Reducing greenhouse gas emissions is crucial for mitigating the impacts of climate change and ensuring a sustainable future for generations to come.

2. Buka sesi diskusi

Setelah mengingatkan inti dari materi yang dibahas, segera ajak audiens untuk berdiskusi lebih lanjut melalui sesi QnA (question and answer). Contoh ajakan untuk QnA:

We will now open the floor for any questions you may have regarding our presentation. Please feel free to ask any questions or provide feedback. We welcome any comments or concerns you may have. If you would like to ask a question, please raise your hand and we will call on you.

3. Buat conclusion keseluruhan presentasi

Jika proses discuss telah selesai, ada baiknya moderator menyimpulkan kesimpulan dari seluruh presentasi dengan tambahan insight atau concern yang datang dari para peserta forum.

4. Sampaikan memorable closing statement

Ini bukan poin wajib, tetapi tentunya dapat menambah value pada keseluruhan presentasi. Contoh:

The future of our planet depends on the actions we take today. Together, we can create a sustainable future for generations to come.

5. Akhiri dengan Call to Action

Dalam hal ini, call to action bisa disesuaikan juga dengan jenis presentasi yang dilakukan. Jika kamu sedang pitching atau presentasi untuk menarik investor, tentunya berikanlah Call to Action yang bisa memengaruhi audiens untuk bekerja sama dalam bentuk investasi. Contoh call to action:

Last, let's reduce your carbon footprint by adopting eco-friendly practices in your daily life.

 

Contoh Kalimat Pembuka Presentasi Kelompok Bahasa Inggris

Perhatikan contoh kalimat pembuka presentasi kelompok berikut ini:

Good afternoon everyone, did you know? Let me tell you something interest. An intellectual from UK, Jonathan Sacks once said that technology gives us power, but it does not and cannot tell us how to use that power. With technology, we can instantly communicate across the world, but it still doesn’t help us know what to say.

Means, technology would be meaningless without humans. Then, how do we make technology more powerful? You can get the answer from our presentation today. Alright, my name is Alex and I am a member of the engineering team. With my smart partner Jacy Maria, we will present about the implementation of a new technology in our production process, and our objective is to provide you with a clear understanding of how it will improve efficiency.

We have prepared a demonstration for you, so please pay attention to the screen. Also, we hope to engage in an open discussion with you all and welcome any questions or feedback. Please make sure to have your devices on silent mode before we begin.

 

Contoh Penutup Presentasi Bahasa Inggris

Berikut ini contoh kalimat penutup bahasa Inggris secara berurutan:

To sum up, we knows that automation, artificial intelligence, and the Internet of Things can significantly increase production efficiency and reduce human error. Also, the use of these technologies can lead to improved product quality and consistency. Automation can also help companies save on labor costs and increase production speed. Moreover, The Internet of Things can provide real-time data and feedback, allowing companies to make informed decisions and optimize production processes

But, our presentation need some feedback from you. Let's now have a brief discussion to further explore how these technologies can be implemented in our own businesses.

- QnA session -

I highly appreciate for your participations today. In conclusion, technology has revolutionized the production process by increasing efficiency, reducing waste, and enhancing quality control In closing, I would like to leave you with this thought: 'The future belongs to those who embrace technology and innovation.' As leaders in the industry, it is our responsibility to adopt and integrate new technologies to stay ahead of the competition.

As a call to action, I encourage each one of you to identify one technology you can implement in your own production process and make a plan to do so. Let's work together to drive the industry forward and shape the future of production. Thank you for your time and attention today

 

5 Tips Menyusun Presentasi Bahasa Inggris

Sebelum tiba hari H untuk presentasi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya mendapat hasil yang lebih maksimal. Simak ya!

1. Siapkan materi sejak lama

Dalam melakukan presentasi, banyak orang yang menjadi gugup salah satunya karena kurangnya persiapan. So, persiapkan materi dari jauh-jaruh hari. Persiapan materi di sini termasuk membuat bahan presentasi seperti powerpoint dan juga teks dari penjelasan kita.

Baca Juga:  Cara Membuat PPT yang Menarik, Bikin Presentasi Makin Efektif!

2. Buat hook sebagai awalan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, saat kita memulai presentasi, kita harus memanfaatkan perhatian awal agar audiens bersedia untuk memberikan perhatian terhadap apa yang akan kita sampaikan.

Teknik menarik perhatian yang baik disebut dengan hook. Dengan menggunakan hook, kita dapat mengajak audiens untuk ikut berpikir dan bahkan menjadi bagian dari presentasi itu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Opening Hook dalam Presentasi Bahasa Inggris

Ada berbagai macam hook yang bisa digunakan dalam melakukan presentasi. Sebagai contoh, kita bisa memulai dengan kutipan dari seorang tokoh terkenal atau pertanyaan retoris yang dapat dijawab dengan memperhatikan presentasi yang akan disampaikan.

Bisa juga kita mulai suatu presentasi dengan cerita personal. Kita bebas memilih jenis hook yang akan dipakai, selama masih relevan dan tentunya daya tariknya tersendiri.

Beberapa contoh penyampaian hook yang bisa digunakan termasuk:

  • “Imagine being in a situation where…” untuk mengajak audiens berpikir dalam skenario tertentu.
  • “A wise man once said,...” untuk mengutip pernyataan sebagai pembuka diskusi.
  • “What do you think first when you hear the word,...” untuk mempertanyakan sesuatu yang akan menjadi pokok bahasan.

 

3. Perbanyak vocabulary yang tepat

Dalam seni berbicara, tentu saja penggunaan bahasa sangat berpengaruh terhadap impresi yang dibentuk. Oleh karenanya, akan sangat baik untuk dapat menggunakan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan suatu gagasan. 

Maka dari itu, kita perlu banyak mencari referensi dalam menggunakan kata-kata di presentasi bahasa Inggris. Sebagai contoh, kita bisa membuka dictionary yang sekarang tersedia secara digital dan mencari penggunaan suatu kata dalam konteks tertentu. 

 

4. Dengar dan tonton banyak referensi

Selain menggunakan referensi untuk penggunaan vocabulary dalam berbagai konteks, kita juga dapat menambah wawasan dan kesiapan kita dengan mendengar dan menonton.

TED Talks adalah salah satu referensi tontonan paling lazim bagi mereka yang sedang mempersiapkan sebuah presentasi.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk menambah referensi seperti melihat berbagai film dan serial barat untuk mempertajam kemampuan berbahasa secara umum. Mendengarkan podcast pun sangat bagus untuk menilai penyampaian melalui ragam intonasi dan diksi.

 

5. Berlatih, berlatih, dan berlatih

Satu-satunya cara terbaik untuk penyampaian materi yang spektakuler adalah dengan melakukan banyak latihan. Dengan melakukan latihan, kita akan membiasakan diri kita dengan materi dan pembawaan intonasi saat presentasi.

Dalam melakukan latihan, selalu usahakan untuk mensimulasikan keadaan nyata. Selain itu, kita juga bisa meminta orang lain untuk melihat presentasi kita dan memberikan komentar sebagai bahan evaluasi kita. 

 

Well, semoga setelah membaca artikel ini, presentasi bahasa Inggris kamu bisa semakin oke dan memukau ya, guys. Semoga berhasil!

Ingat, hal yang paling penting adalah, kamu memahami dasar-dasar penggunaan Bahasa Inggris dan bagaimana bisa lancar berbicara Bahasa Inggris.

Maka dari itu, yuk belajar bareng di English Academy bersama tutor profesional dengan kurikulum internasiona Cambridge. Temukan kelas yang cocok untukmu, sekarang!

English Academy

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!