Simple Present Tense Vs Simple Past Tense, Ketahui Perbedaannya!

Clara Pricilla Adiputra Jul 24, 2021 • 5 min read


Header Simple Present Tense Vs Simple Past Tense Ketahui Perbedaannya

Artikel ini membahas tentang perbedaan simple present tense dan simple past tense. Kamu masih tidak yakin dengan waktu penggunaan keduanya? Yuk, simak artikel ini!

--

Bagi beberapa orang, waktu penggunaan simple present tense dan waktu penggunaan simple past tense bisa jadi membingungkan. Padahal, pada penerapannya, hal tersebut krusial untuk dipahami dengan baik dalam upaya menguasai bahasa Inggris. Namun, sebelum mengetahui perbedaan kedua jenis tense di atas, pahamilah arti dari tense itu sendiri terlebih dahulu. Tense adalah verb-based method yang digunakan untuk menunjukkan waktu dan kelanjutan dari suatu tindakan dalam kaitannya dengan waktu berbicara.

Nah, sekarang artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan dua jenis tense yaitu simple present tense dan simple past tense. Kamu nggak mau tertinggal dalam memahami waktu menggunakan simple present tense dan waktu menggunakan simple past tense? Yuk, kerahkan seluruh perhatianmu untuk memahami pemaparan di bawah ini dengan baik!

 

1. Simple Present Tense

Simple present tense adalah satu dari tiga jenis verb tenses dalam bahasa Inggris yang memiliki dua kegunaan. Pertama, simple present tense digunakan untuk menceritakan suatu tindakan yang sedang terjadi sekarang. Kedua, simple present tense digunakan untuk menceritakan suatu tindakan yang terjadi secara teratur atau tanpa henti. Nah, karena hal ini, present terkadang disebut indefinite atau tidak memiliki batasan.

Example 1: Action is happening right now

I feel sad! Johnny hates cupcakes

Example 2: Habitual actions

“Jaehyun practices the dance every day

By the way, layaknya dalam mata pelajaran Matematika, simple present tense dalam bahasa Inggris memiliki rumusnya tersendiri. Hm, apa sih gunanya mengetahui rumus ini? Nah, jawabannya adalah karena pada penerapannya kamu akan membutuhkan cara mutlak untuk menceritakan suatu tindakan dengan tepat. Makanya, kenalan yuk dengan rumus simple present tense dalam bahasa Inggris!

EA_-_Academic_English_-_Simple_Present_Tense_Vs_Simple_Past_Tense,_Ketahui_Perbedaannya!-02

Example 3: Simple present verb negative

“Jungwoo does not want to share the cupcakes

Example 4: Simple present “to be” verb negative

I am not a cupcakes lover, but Jungwoo sure is

Example 5: How to ask a question

Do you know how to make good cupcakes?”

Baca juga: Free morpheme vs bound morpheme dan inflectional vs derivational morpheme. Simak yuk penjelasannya!

 

2. Simple Past Tense

Selain simple present tense, simple past tense juga merupakan satu dari tiga jenis verb tenses dalam bahasa Inggris. Namun, berbeda dengan simple present tense, simple past tense digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa yang sudah terjadi. Selanjutnya, simple past tense juga bisa digunakan untuk menceritakan perasaan seseorang tentang suatu peristiwa di masa lalu. 

Example 1: To tell someone’s past experience

“Haechan entered a singing contest

Example 2: To tell someone’s feeling about their past experience

“Haechan was proud of his singing victory

Nggak mau kalah dengan simple present tense, simple past tense dalam bahasa Inggris juga memiliki rumusnya tersendiri. Rumus simple past tense menawarkan cara mutlak untuk membantu kamu menceritakan suatu peristiwa di masa lalu dengan tepat. Untuk mengetahui perbedaan simple present tense dan simple past tense, kamu setidaknya harus mengingat rumus keduanya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu akan memiliki pondasi yang kuat untuk menceritakan suatu peristiwa dalam bahasa Inggris dengan tepat. Lucky you, tulisan ini sudah menyiapkan rumus simple past tense yang bisa kamu gunakan. Yuk, simak tabel di bawah ini!

EA_-_Academic_English_-_Simple_Present_Tense_Vs_Simple_Past_Tense,_Ketahui_Perbedaannya!-03

Example 3: Simple past tense (regular verb)

“Doyoung cooked ramen yesterday

Example 4: Simple past tense (irregular verb)

"Their marriage was built on trust"

Example 5: Simple past negative

“Haechan did not brag too much about his singing skills

Example 6: Simple past negative for the verbs "to be"

The second-place winner was not as satisfied as Haechan”

Example 7: Ask question in the simple past tense

Did Haechan win the gold medal fairly?”

Example 8: Ask question in the simple past tense with the verbs "to be"

Were people asking a lot of questions?”

Nah, itulah perbedaan simple present tense dengan simple past tense yang perlu kamu ketahui. Pada penerapannya, kamu mungkin akan dihadapkan dengan soal yang menuntut pemahaman lebih tinggi tentang perbedaan kedua jenis tenses. Dalam hal ini, memahami rumusnya saja tidaklah cukup. Tetapi, kamu harus pintar menerapkan kedua rumus ketika mau menceritakan suatu kejadian dalam kaitannya dengan waktu berbicara.

Eits, nggak usah khawatir, ada kelas English Academy yang ingin memperkenalkan kamu dengan guru bahasa Inggris terbaik dengan segudang pengetahuan. Mengikuti kelas English Academy dijamin akan meningkatkan rasa percaya dirimu ketika menjawab soal dengan tingkat kesulitan tinggi. Ingat, there is nothing better than learning from the pro. Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

New call-to-action

Referensi:

Grammarly. 2021. Simple Past Tense. [online] Available at: https://www.grammarly.com/blog/simple-past [Accessed 19 July 2021].

Grammarly. 2021. Simple Present. [online] Available at: https://www.grammarly.com/blog/simple-present [Accessed 19 July 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar