Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat

Pengertian Future Continuous Tense, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat

Kamu tahu nggak kalau ada tense untuk membahas aksi yang sedang berlangsung, tapi di masa depan? Yap! Namanya future continuous tense. Yuk, simak pemaparan lengkapnya di artikel ini!

--

Hai kamu! Wah, terima kasih karena masih semangat untuk mempelajari grammar bahasa Inggris yang satu ini. Kali ini, kita akan membahas future continuous tense. Masih ingat nggak? Kita pernah sedikit membahas tense ini pada artikel past continuous tense dan simple past tense, lo. Namun, pembahasan di artikel ini tentu akan lebih lengkap. Yuk, simak sampai akhir!

 

Pengertian/Definisi Future Continuous Tense

Sebelumnya, ayo kita throwback sedikit tentang simple future tense. Ada yang masih ingat pengertiannya? Sebagai reminder, simple future tense adalah salah satu dari simple tense yang digunakan untuk membicarakan sebuah kondisi masa depan a.k.a tense untuk menyatakan aksi di masa yang akan datang. Selain itu, ada juga continuous yang berfungsi untuk menyatakan aksi yang sedang berlangsung dalam waktu tertentu. 

Nah, kalau future continuous tense adalah salah satu cabang dari continuous tense. Sebelum mempelajari future continuous, ada baiknya untuk mengerti cara penggunaan serta fungsi dari simple future tense, simple past tense, dan past continuous tense terlebih dahulu.

Kalau sudah, kita lanjut ke pengertian future continuous tense. Intinya, future continuous tense adalah penggabungan dari simple future tense dan continuous tense. Future continuous tense adalah bentuk kata kerja untuk menyatakan kejadian yang sedang berlangsung pada masa atau waktu yang akan datang dengan keterangan waktu yang spesifik, alias kalimat yang menggunakan tense ini memiliki durasi waktu. 

 

Future Continuous Tense dan Future Progressive Tense, Apakah Sama?

 

Future Continuous Tense sama dengan Future Progressive Tense

 

For your information, future continuous tense memang biasa disebut juga dengan future progressive tense. Istilah "future progressive tense" memberi kita gagasan yang lebih baik tentang makna dari tenses yang satu ini. Dalam hal ini, kata "progresif" menunjukkan bahwa ada sesuatu yang sedang berlangsung, a.k.a there is an action in progress.

Rumus/Formula dari Future Continuous Tense

Sebetulnya, untuk rumus tense ini tidak jauh berbeda dengan simple future tense. Namun, kamu perlu perhatikan bahwa dalam rumus future continuous tense terdapat beberapa komponen tambahan. Berikut adalah pola kalimat serta rumus future continuous tense:

 

Rumus Future Continuous Tense

Notes!  

  • Auxiliary verb shall” lebih banyak digunakan untuk subjek I dan We.
  • Future continuous tense dibentuk dengan modal verb will, auxiliary verb be dan present participle dari kata kerja utama.
  • Present participle adalah verb-ing atau disebut juga sebagai gerund.

Contoh Kalimat Future Continuous Tense

Berikut contoh kalimat dengan bentuk positif:

  • Rama will be running in a marathon race this Saturday morning. (Rama akan mengikuti lomba lari marathon Sabtu pagi ini.)
  • He will be staying at the office at 4 o’clock this afternoon. (Dia akan tinggal di kantor jam 4 sore ini.)
  • I will be doing an exam at this time tomorrow. (Aku akan sedang mengikuti ujian besok pada jam ini.)

Contoh kalimat negatif:

  • I won’t be sleeping at this time tomorrow. (Aku tidak akan tidur jam segini besok.)
  • Bima will not be playing games for a month. (Bima tidak akan bermain game selama sebulan.)
  • My brother will not be practicing football tonight at eight o’clock. (Adikku tidak akan sedang berlatih sepak bola pada malam ini pukul 08.00.)

Berikut contoh kalimat interrogative:

  • Will you be coming to Susi’s birthday party tomorrow night? (Apakah kamu akan datang ke pesta ulang tahun Susi besok malam?
  • Will he be sleeping in this room? (Apakah dia akan tidur di kamar ini?)
  • Will they be calling you tomorrow night? (Apakah mereka akan menelpon kamu besok malam?)
  •  

Adverb of Time Future Continuous Tense

Dalam menggunakan future continuous tense, ada beberapa penggunaan keterangan waktu yang bisa kamu tulis untuk menunjukkan spesifik waktu di masa depan. Berikut ini referensi keterangan waktu yang bisa kamu pakai:

 

Adverb of Time Future Continuous Tense

 

Kata Kerja dalam Future Continuous Tense

Sebelum kita bahas lebih lanjut terkait fungsi, kegunaan dan berbagai contoh kalimat dari future continuous tense, penting untuk dicatat bahwa kata kerja yang digunakan dalam future continuous tense hanyalah action verb a.k.a dynamic verb, nggak bisa pakai stative verb. Hayo! Kamu sudah tahu belum tipe-tipe kata kerja dalam bahasa Inggris

 

Action verb, kata kerja dalam future continuous tense

 

Jadi, action verb ini adalah kata kerja untuk menggambarkan suatu aktivitas, tindakan, atau kejadian.  Seperti berjalan, menulis, dan lain-lain. Sementara itu,  kata kerja statis menggambarkan keadaan dan keberadaan, seperti mengetahui, menjadi, etc. So, rumus will+be+present participle dengan stative verb akan menjadi kurang tepat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat contoh berikut:

  • Salah: When the leaves fall tomorrow, summer will be seeming like a distant memory. (Saat daun berguguran besok, musim panas akan tampak seperti kenangan yang jauh.)
  • Benar: When the leaves fall tomorrow, summer will seem like a distant memory. (Ketika daun jatuh besok, musim panas akan tampak seperti kenangan yang jauh.)

“Seem” (nampak) merupakan salah satu stative verb. Jika kita memasukkan “seem” ke dalam formula future continuous tense seperti kalimat pertama, hal tersebut tentu kurang tepat. Namun, jika stative verb seperti “seem” dimasukkan ke rumus simple future tense seperti kalimat kedua, maka hal tersebut masih memungkinkan.

Baca Juga: Pengertian & Macam-Macam Bentuk Suffix

Fungsi dan Kegunaan Future Continuous Tense dan Contoh Kalimat

Berikut ini beberapa penggunaan dan contoh kalimat menggunakan bentuk future continuous tense yang bisa kamu pelajari:

1. Events in progress at a particular time in the future (menyatakan sebuah kegiatan yang akan atau sedang dilakukan pada di masa depan dengan waktu tertentu)

Pada fungsi pertama, future continuous tense tentu digunakan untuk mengungkapkan suatu aktivitas yang akan dilakukan atau sedang dilakukan dilakukan pada suatu waktu di masa depan dengan spesifik. Untuk menunjukkan waktu spesifik tersebut, maka kamu harus menggunakan keterangan waktu sebagai complement  di bagian akhir kalimat. Berikut contoh kalimatnya: 

  • My mom will be calling you at 8 o’clock tomorrow morning. (Ibuku akan menelpon kamu pada besok jam 8 pagi.)
  • I'll be putting the kids to bed at 7 o’clock so don’t call then. (Saya akan menidurkan anak-anak pada jam 7 jadi jangan menelepon lagi.)

2. Interrupted action in the future (menunjukkan kejadian mana yang sedang berlangsung di masa depan ketika ada kejadian lain yang juga terjadi di masa depan)

Future continuous tense dapat digunakan untuk menyatakan bahwa ada suatu tindakan dengan durasi panjang di masa depan yang akan diintervensi oleh tindakan yang lebih pendek di masa depan. Intervensi ini bisa jadi nyata atau bisa jadi juga hanya soal waktu. Lihat contoh penggunaan pada kalimat berikut:

  • I will be playing games when he arrives today. (Saya akan bermain game ketika dia tiba hari ini.)
  • I will be waiting for you when your plane arrives. (Saya akan menunggumu saat pesawatmu tiba.)

3. Make polite enquiries about someone’s plans without wishing to influence those plans (mengajukan sebuah pertanyaan dengan sopan dan formal yang bertujuan untuk mengetahui informasi atau untuk menanyakan niat seseorang tanpa mempengaruhi rencana itu)

Bentuk ini juga sering digunakan untuk bertanya tentang rencana atau niat yang akan dilakukan seseorang. Biasanya pertanyaan ini diajukan tanpa niat untuk mempengaruhi rencana dari seseorang tersebut. Contoh kalimat:

  • Will Carla be coming home? (Apakah Carla akan datang ke rumah?)
  • Will Rani be watching the football tonight? (Apakah Rani akan menonton pertandingan sepak bola nanti malam?)

4. Future continuous is used to predict the future (future continuous dapat digunakan untuk memprediksi atau menduga tentang kejadian di masa yang akan datang)

Future continuous juga bisa untuk menebak dan memprediksi mengenai kejadian yang akan datang di masa depan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Don’t go round there now, the baby will be sleeping! (Jangan pergi kesana sekarang, bayinya akan tidur!)
  • Our team is losing 3-0. My dad will be going crazy! (Tim kami kalah 3-0. Ayahku akan menjadi gila!)

5. Arrangement (menunjukkan pengaturan jadwal)

Kita dapat menggunakan future continuous untuk membicarakan arrangement atau pengaturan jadwal dengan cara yang sama seperti kita menggunakan present continuous. Coba lihat kalimat ini:

  • We'll be leaving at 10 o’clock. (Kami akan berangkat jam 10.)

Future continuous tense di sini digunakan untuk menunjukkan bahwa kita telah membuat pengaturan jadwal untuk pergi pada waktu yang ditentukan di masa mendatang. Nah, sebetulnya kita juga bisa mengatakan ini dengan present continuous:

  • We‘re leaving at 10 o’clock. (Kita berangkat jam 10.)

Jadi apa bedanya? Nah, ketika kita menggunakan future continuous untuk pengaturan, seringkali tujuannya adalah untuk memberikan semacam reminder atau peringatan. Misalnya, kita bisa membuat kalimat lanjutan seperti ini:

  • We'll be leaving at 10 o’clock… so don’t be late! (Kami akan berangkat jam 10… jadi jangan terlambat!)

6. Refers to an event that is currently happening, which we expect to happen in the future (merujuk ke kejadian yang sedang terjadi, yang kita harapkan terjadi di masa depan)

Future continuous tense dapat kamu gunakan untuk merujuk ke kejadian yang sedang terjadi, namun kamu berharap bahwa kejadian tersebut akan terjadi di masa mendatang. Contoh kalimatnya adalah:

  • Bima will be seeing Jennie at the conference next week. (Bima akan menemui Jennie di konferensi minggu depan.)
  • When he is in Australia he will be staying with friends. (Ketika dia di Australia, dia akan tinggal bersama teman-temannya.)

7. Current events are still continuing in the future (future continuous merujuk ke kejadian yang sedang terjadi saat ini dan sepertinya akan terus berlanjut di masa depan)

Fungsi kalimat ini kurang lebih sama seperti prediksi, namun merujuk pada kejadian yang sedang terjadi saat ini, atau mengharapkan kejadian tersebut akan terjadi di masa mendatang Selain itu, pada fungsi ini biasanya menggunakan kata tambahan still setelah subject. Contoh kalimatnya adalah:

  • In an hour I'll still be ironing my clothes. (Dalam satu jam aku masih akan menyetrika pakaianku.)
  • Tomorrow he'll still be suffering from his cold. (Besok dia masih akan menderita karena flu.)

“Kok, kalau dibaca lebih teliti lagi, beberapa fungsi future continuous tense ini kayak agak mirip sama past continuous tense ya?”

Memang betul, guys. Jadi, beberapa fungsi dan penggunaan future continuous tense hampir sama dengan past continuous. Namun, pembedanya adalah bahwa past continuous tense terjadi di masa lampau, sedangkan future continuous tense terjadi di masa depan. Plus, dari segi rumus atau formula-nya juga tentu berbeda, kan? Jangan sampai tertukar ya! 

Itulah pembahasan terkait future continuous tense. Kira-kira, pada saat membaca kalimat ini, kamu sudah memahami future continuous secara keseluruhan belum nih? Kalau sudah, hal yang harus kamu lakukan adalah give an applause to yourself, kamu hebat karena sudah bisa belajar tenses yang ada dalam bahasa Inggris secara otodidak

Kalau belum paham, kamu bisa ikutan kelas di English Academy deh, biar pengetahuan grammar per-tenses-an kamu semakin keren. Kamu juga bisa hemat tenaga dan waktu, lo. Soalnya, proses belajar di English Academy cukup menggunakan laptop atau ponsel kesayanganmu saja. Yuk, cobain dulu kelas gratisnya sekarang!

 

Placement Test English Academy

 

Referensi:

Toppr. Future Continuous Tense. Online. Available at https://www.toppr.com/guides/english/tenses/future-continuous-tense/. [Accessed 14 February 2022]

Esl Base. Future Continuous. Online. Available at https://www.eslbase.com/grammar/future-continuous. [Accessed 14 February 2022]

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.