Pengertian & Macam-Macam Bentuk Suffix

Mengenal bentuk-bentuk Affixes (Suffix)

Artikel ini menjelaskan salah satu bentuk dari Affixes dan spesifik menjelaskan tentang pengertian dan macam bentuk Suffix, kata-kata dalam Bahasa Inggris yang biasa kita dengar. 

Halo pembaca setia blog English Academy! Kembali ke edisi bentuk affixes nih. Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Prefix dan Infix, kali ini kita akan membahas pengertian dan macam bentuk Suffix. Tapi sebelum itu, yuk kita mengulang sedikit, supaya lebih ingat tentang bentuk-bentuk affixes ini.

Affix adalah sebuah bagian kata yang bisa ditambahkan di awal, tengah atau sisipan, dan akhir dari kata dasar (rooted words). Nah, tujuan dari penambahan bagian kata ini, digunakan untuk membentuk kata baru, yang pastinya akan memberikan makna yang berbeda pula dari kata asli.

Jika affix ditambahkan diawal maka ia disebut prefix. Jika di tengah atau disisipkan, maka disebut infix dan jika di akhir maka disebut suffix. Lihat gambaran di bawah ini ya!

Setelah mengenal lebih dalam tentang Affix yang berada di awal kata (prefix) dan tengah kata (infix). Saatnya sekarang kita membahas affix yang berada pada akhir kata, atau yang disebut sebagai suffix. Mari kita bahas bersama!

Pengertian Suffix

Suffix adalah elemen imbuhan kata yang berada dan diletakkan di akhir kata dasar (rooted words). Bertambahnya elemen kata ini akan membentuk makna yang berbeda pada kata yang diberi akhiran suffix.

Ketika sebuah kata diberi akhiran suffix, maka kata tersebut akan mengalami perubahan kelas kata. Selain itu, penambahan suffix juga dapat mengakibatkan kata asli mengalami perubahan ejaan atau tulisan. Untuk memahami suffix, kita bisa melihat masing-masing contoh suffix dalam bentuk noun, adjective, verb, dan adverb dibawah ini.

Baca juga: Tips Menghadapi IELTS Reading Test

Macam Bentuk dari Suffix

Noun Suffixes

Adalah saat sebuah kata mengalami perubahan kelas kata menjadi kata benda atau noun, dengan diberikan suffix pada akhiran kata tersebut.

Contoh noun suffixes

 

Adjective suffixes

Adalah saat sebuah kata mengalami perubahan kelas kata menjadi kata sifat atau adjective, dengan diberikan suffix pada akhiran kata tersebut.

 

contoh adjective suffixes

 

Verb Suffixes

Adalah saat sebuah kata mengalami perubahan kelas kata menjadi kata kerja atau verb, dengan diberikan suffix pada akhiran kata tersebut.

 

contoh verb suffixes

 

Adverb Suffixes

Adalah saat sebuah kata mengalami perubahan kelas kata menjadi kata keterangan atau adverb, dengan diberikan suffix pada akhiran kata tersebut.

 

contoh adverb suffixes

 

Nah, dengan mengetahui berbagai macam contoh dari suffix untuk masing-masing kelas kata, kamu bisa menggunakan rumus-rumus pada tabel diatas untuk merubah kata dasar yang kamu inginkan. 

Sebagai contoh, untuk kata “Cantik” dalam bahasa inggris. Untuk menjadikannya sebagai kata sifat atau adjective, kita letakkan adjective suffix ‘-Ful’, yang akan menjadi beautiful. Untuk merubahnya menjadi kata benda, kita letakkan noun suffix “-ity’ sehingga menjadi beauty. Lalu, untuk menjadikannya kata kerja, kita tambahkan verb suffix ‘-ify’ sehingga menjadi beautify. 

Seru sekali bukan, bermain-main kata dalam bahasa inggris dengan mengenal pengertian dan macam bentuk suiffix! Dengan memahami bentuk-bentuk ini, akan membuat kamu juga lebih mudah untuk mengidentifikasi kelas-kelas kata, dan bahkan mengubahnya. 

Nah, supaya kamu lebih mudah lagi memahami pelajaran-pelajaran Bahasa Inggris lainnya, kamu bisa belajar bersama tutor yang asik dan berpengalaman, di English Academy! Yuk, cari tahu dulu kelas yang cocok denganmu melalui Placement Test. Gratis dan bersertifikat!

 

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

 

Adella Indah Nurjanah