Gerund: Penjelasan, Tipe dan Contoh-contohnya

Gerund

Tahu nggak sih, kalau dalam bahasa inggris verb atau kata kerja ternyata bisa juga berfungsi sebagai objek dan subjek juga lho? Kayak apa ya itu? Yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini!

- -

I love biking.

Night time is the perfect time for writing.

Coba lihat dua kalimat di atas. Kira-kira persamaannya apa ya? Betul, kedua kalimat tersebut diakhiri dengan verb-ing. Tapi menariknya, kedua verb-ing ini bukan berfungsi sebagai kata kerja, yang menggambarkan subjek. Kira-kira apa ya namanya? Pernah nggak nemu kalimat-kalimat seperti ini?

Yak, betul banget. Tipe verb-ing ini adalah gerund. Gerund adalah kata kerja yang memiliki fungsi sebagai noun atau kata benda. Maksudnya adalah, verb-ing yang kita kenal seperti, “riding”, “eating”, “writing” dan sebagainya menjadi sesuatu yang dapat berfungsi sebagai subjek dan objek dari suatu kalimat.

Oh ya, materi gerund biasanya dipelajari sepaket bersama infinitive verb yang bisa kamu pelajari melalui artikel Apa Itu Infinitive Verb, Jenis-jenis, dan Contoh Kalimatnya

Berikut ini contoh kalimat gerund:

As a racer, bike riding is no longer a hobby, but a job.

One of the best methods to learn English is through reading.

Try as I might, I still can’t figure out programming.

I don’t advise running without shoes. Might hurt your feet.

Dari contoh-contoh di atas, gerund berbentuk verb-ing atau kata kerja dalam bentuk present participle. Cuma, kamu harus tahu kalau itu bukanlah yang membuatnya menjadi kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda. Kamu harus bisa memahami bahwa verb-ing yang digunakan dalam kalimat apakah berfungsi untuk menggambarkan aksi atau menjadi sebuah kata benda.

Seperti kalimat-kalimat di bawah ini yang menggunakan present participle, bukanlah gerund:

 

Gerund - cooking

(sumber foto: unsplash.com)

He’s preparing dinner.

They are not eating cake right now.

He was travelling to Greece.

Were the students playing basketball?

Nah, verb-ing yang ada dalam kalimat-kalimat di atas ini bukan merupakan gerund. Tetapi merupakan verb-ing yang berfungsi sebagai kata kerja dalam kalimat yang berbentuk present continuous tense dan past continuous tense. Jadi mesti hati-hati ya, ketika membaca kalimat bahasa Inggris. Bisa jadi yang kamu baca merupakan gerund, tapi kamu mengira kalimat tersebut merupakan bentuk continous tense.

Lebih lanjut, kamu bisa menemukan frasa gerund, yaitu frasa atau gabungan kata yang di dalamnya terdapat gerund dan pelengkap atau objek. Berikut adalah contoh-contoh frasa gerund:

 

Gerund - apologizing

(sumber foto: unsplash.com)

 

Apologizing to them
Underground exploring
Running with shoes

 

Selain mempelajari grammar dan vocabulary kamu harus tahu sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu supaya bisa mengetahui materi apa yang sudah kamu kuasai dan materi apa yang masih harus kamu pahami. Nah, kamu bisa ikutan placement test dari English Academy. Gratis sama dapat sertifikat lho. Klik gambar di bawah ya!

Placement Test English Academy

 

Tipe-tipe Gerund

Kalau kamu mau membuat kalimat menggunakan gerund, kamu harus memahami terdapat enam tipe gerund. Yaitu sebagai berikut:

 

Gerund - riding

(sumber foto: unsplash.com)

 

  1. Subject: Riding is my favorite activity.
  2. Subject complement: My preferred activity is biking.
  3. Direct object: I love riding.
  4. Indirect object: My friends gave biking a try. 
  5. Object complement: I see my father riding every week.
  6. Object of a preposition: I take a paid leave for riding.

 

Demikianlah penjelasan tentang gerund, kata kerja verb-ing yang memiliki fungsi sebagai noun. Dengan memahami gerund kamu bisa mengembangkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Yang penting jangan lupa untuk sering latihan agar kamu semakin paham.

Oh iya, kalau kamu masih penasaran dengan grammar bahasa Inggris, yuk gabung sama English Academy. Kamu bakal belajar menggunakan kurikulum cambridge dan diajarkan oleh native speaker, lho. Yuk gabung sekarang juga!

English Academy

 

Referensi:

Traffis, Catherine. 2019. (online at) https://www.grammarly.com/blog/gerund-phrase/ [22 September 2022]

Kramer, Lindsay. 2022. (online at) https://www.grammarly.com/blog/gerund/ [22 September 2022]

Sumber foto Cooking: https://unsplash.com/photos/LJ8OnqaYUqw

Sumber foto I'm Sorry: https://unsplash.com/photos/KkEj7OysI8o

Sumber foto Riding: https://unsplash.com/photos/6RnqeLb62gU

 

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.