Present Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi & Contoh Kalimat

Present Continuous Tense

Yuk, pahami materi present continuous tense secara keseluruhan, mulai dari pengertian hingga contoh kalimatnya!

--

 

Alfi: “Kamu lagi apa?”

Intan: “Lagi nonton TV, nih. Kalau kamu?”

Alfi: “Aku lagi ngerjain tugas.

 

Coba perhatikan deh, bentuk kalimat pada obrolan di atas  pasti sering kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari, bukan? Entah itu saat bertukar cerita dengan teman, atau saling mengirim pesan via chat dengan orang tuamu.

Nah, kalau dalam bahasa Inggris, bentuk kalimat di atas merupakan grammar dasar yang masih jadi bagian dari tenses, yaitu present continuous tense. Kalau sebelumnya kamu sudah cukup memahami simple present tense, maka untuk memahami tenses yang satu ini tidak akan sulit kok, guys!

Hm, jadi sebenarnya present continuous tense apa sih? Lalu, bagaimana cara menggunakan tenses tersebut dalam sebuah kalimat? Tenang, tenang! Artikel ini akan menjadi penolongmu untuk memahami penjelasan tentang present continuous tense. Kita akan membahas mulai dari pengertian, rumus, fungsi, pola kalimat present continuous tense, hingga contohnya! Yuk, langsung scroll sampai akhir dan siapkan catatanmu!

 

Pengertian present continuous tense

Present continuous tense adalah bentuk tense yang dapat kamu gunakan untuk menjelaskan sesuatu atau menyatakan aksi yang sedang berlangsung selama waktu tertentu pada masa sekarang (present).

Berdasarkan salah satu contoh kalimat yang sudah kita bahas di awal, kalau dalam bahasa Indonesia, tenses ini dipakai untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan, biasa ditandai dengan kata “lagi” atau “sedang”. Bentuk ini menunjukkan bahwa aksi tersebut terjadi sebelum (begins before), selama (is in progress at the present), dan berlanjut setelah (continues after) waktu atau aksi lainnya. 

Rumus present continuous tense

Setiap jenis tenses nggak akan lepas dari rumus. Kali ini, yang menjadi ciri khas dari present continuous tense adalah penambahan -ing di akhir kata kerja. Nah, untuk lebih memudahkan kamu dalam mengingat rumus present continuous tense, jangan lupa untuk save gambar di bawah ya!

 

Rumus Present Continuous Tense

 

Adverb of Time dalam present continuous tense

Kata keterangan waktu dalam present continuous tense terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Waktu di mana pembicaraan sedang terjadi a.k.a at the time of speaking. Keterangan ini dapat kamu gunakan saat melakukan pembicaraan sambil melakukan aktivitas lain di waktu bersamaan


    Adverb of time present continuous tense (at the time of speaking)

  • Aktivitas atau kegiatan yang kamu lakukan terjadi di sekitar waktu pembicaraan (around the time of speaking).

    Adverb of Time Present Continuous Tense (around the time of speaking)

By the way, pernah nggak, sih, bingung sama materi tenses? Nah, iar nggak bingung, mending tanya ke tutor di English Academy. Sebelum pilih kelas, kamu bisa ikut Live Teaching gratis, lo. Jadwalnya bebas! Klik gambar di bawah ya!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

Baca juga: Free Morpheme vs Bound Morpheme dan Inflectional vs Derivational Morpheme. Simak yuk penjelasannya!

 

Penggunaan present continuous tense dalam suatu kalimat

Pada bagian ini, kita akan membahas beberapa fungsi present continuous tense langsung dengan contoh dalam berbagai pola kalimat.

  • Things that are happening now (menunjukkan sesuatu yang sedang terjadi atau sedang berlangsung)

Kalau melihat lagi contoh percakapan di awal artikel ini, kalimat tersebut memiliki fungsi untuk menunjukkan aksi yang sedang terjadi. Contoh:

(+) I am writing this letter to express my longing to my boyfriend. (Aku sedang menulis surat ini untuk mengekspresikan kerinduanku pada pasanganku.)

(+) She is reading a romance novel right now. (Dia sedang membaca buku sekarang.)

(-) They are not eating the cake. (Mereka tidak sedang memakan kue.)

(-) He is not dancing on the stage. (Dia tidak sedang menari di atas panggung.)

(+) Is mom cooking now? (Apakah Ibu sedang memasak sekarang?)

(+) Are you crying right now? (Apakah kamu sedang menangis sekarang?)

  • Temporary event (menyatakan tindakan yang lebih lama terjadi, namun hanya dalam waktu sementara saja)

Bedanya dengan poin ke-1 adalah, biasanya pada fungsi pertama menunjukkan suatu aktivitas berlangsung dalam waktu yang sebentar. Nah, sedangkan fungsi yang satu ini dapat kamu gunakan untuk menceritakan kejadian berlangsung dalam waktu yang agak lama, namun hanya terjadi sementara saja. Contoh:

(+) He’s studying a new language at the moment. (Dia sedang belajar bahasa baru sekarang.)

(+) She’s upgrading her computer skill at the moment. (Dia sedang meningkatkan keterampilan komputernya sekarang.)

  • Talk the action around the time of speaking (membicarakan aksi yang terjadi di sekitar waktu pembicaraan)

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya tentang adverb of time dari present continuous tense, jadi tenses ini dapat digunakan untuk memberitahu suatu aktivitas, yang mana aktivitas tersebut terjadi di sekitar waktu pembicaraan. Contoh kalimatnya:

(+) Rara is taking three classes this semseter. (Rara mengambil tiga kelas di semester ini.)

(-) Arnold is spending a lot of his money this week. (Arnold menghabiskan banyak uangnya minggu ini.)

  • A new pattern or habit (menyatakan kebiasaan baru)

Salah satu cara yang cukup menarik dalam penggunaan present continuous tense adalah untuk menggambarkan peristiwa atau tindakan yang baru dan berbeda dari peristiwa di masa lalu. Dalam hal ini, tense dapat digunakan untuk menonjolkan kontras antara  yang lama dan yang baru. Lihat contoh berikut:

(+) These days, people are writing emails a lot less than they used to a few years ago. (Hari ini, orang-orang menulis email jauh lebih sedikit dibanding tahun lalu.)

  • Future plans (menceritakan sesuatu yang sudah dibahas atau direncanakan sebelumnya dan akan terjadi dalam waktu dekat)

Eh, kamu sudah baca artikel tentang simple future tense belum? Soalnya, fungsi ini pernah kita bahas juga di artikel tersebut, lo. Jadi, kamu dapat menggunakan present continuous tense untuk membicarakan rencana yang sudah pasti akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh:

(+) When we arrive at the airport, we are taking a private car direct to the hotel. (Saat sampai di bandara, kita menaiki kendaraan pribadi untuk langsung ke hotel.)

(+) My manager is promoting Stacey to be the new lead team next month. (Managerku mempromosikan Stacey untuk menjadi pemimpin tim yang baru di bulan depan.)

Lo, kok, adverb of time dan rumusnya beda dengan yang sudah dijelaskan di awal?

Slow down, guys. Jadi, dalam bahasa Inggris, setiap tenses itu memiliki banyak fungsi, dan terkadang struktur atau rumusnya akan mengikuti konteks dari suatu kalimat a.k.a nggak stuck sesuai rumus setiap tenses

 

Kapan present continuous tense tidak bisa digunakan?

Jangan gunakan present continuous untuk semua peristiwa yang terjadi di masa sekarang yang terjadi secara normal, atau dalam waktu yang lama/berulang-ulang. Contoh:

I play the piano every morning. (Saya bermain piano setiap pagi.)

Kamu pasti ingat dong, kalimat yang menggunakan adverb of time “every” termasuk tenses apa? Yup! Kalimat di atas termasuk simple present tense, jadi kamu nggak bisa ubah kalimat di atas menjadi “I am playing the piano every morning.”

 

Kata kerja yang tidak bisa digunakan dalam present continuous tense

Nggak semua kata kerja dalam bahasa Inggris bisa digunakan dalam present continuous tense, lo. Ada banyak kata kerja yang tidak menggambarkan suatu aksi atau tindakan, sehingga tidak bisa ditambahkan -ing pada akhir kata. Nah, kata kerja ini bisa dikenal sebagai stative verbs atau kata kerja statis (lawan dari kata kerja dinamis). Berikut contoh kata kerja statis:

 

Kata kerja statis dalam bahasa inggris

 

  • Perception and sensation (kata kerja yang menunjukkan indera manusia): hear, taste, smell, see, sound
  • Cognition, emotion, attitude (kata kerja yang menunjukkan kognisi, emosi, dan sikap): love, hate, adore, doubt, like, forget, agree, disagree
  • Having and being (kata kerja yang menunjukkan kepemilikan): be, have, have to, cost, require, belong, include
  • Stance (kata kerja yang menunjukkan pendirian):  sit, stand, lie, live, face
  • Kata kerja statis lainnya: weigh, contain, involve, contain, consist

Notes: Sebetulnya, tidak ada cara yang benar untuk mengklasifikasikan apakah sebuah kata kerja masuk ke dalam kategori statis atau dinamis, karena beberapa kata di atas bisa saja berubah bentuk tergantung konteks kalimat atau penggunaannya.

 

Jangan bingung dulu ya, guys. Soalnya, present continuous tense ini baru tenses dasar keempat yang sudah kita bahas dari total jumlah 16 tenses dalam bahasa Inggris. Agar lebih terbiasa dan dapat memahami tenses di luar kepala, kamu perlu sering berlatih dalam writing atau speaking. Misal, kalau ingin bercerita tentang kejadian masa sekarang, coba tulis 30 kalimat simple present tense dan present continuous tense, lalu bedakan artinya. Begitu pula dengan tenses yang lain.

Tapi, kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih intensif lagi, English Academy hadir sebagai solusinya, nih. Dalam satu pekan, terdapat empat pertemuan dengan tutor lokal dan internasional yang siap membimbingmu. Selain itu, terdapat student advisor English Academy, lo. Jadi, kamu akan memiliki pendamping selama proses belajar berlangsung. Keren, kan? Nah, sebelum itu, jangan lupa ikutan placement test English Academy terlebih dahulu untuk mengetahui paket apa yang cocok dengan kemampuanmu sekarang. Yuk, cepetan join!

 

New call-to-action

 

Referensi:

Eurocentres. Free English Learn: When to use the present continuous tense. Online. Available at eurocentres.com/blog/when-to-use-the-present-continuous-tense. [Acceesed 02 February 2022]

ThoughtCo. What is a Stative Verb?. 2019. Online. Available at https://www.thoughtco.com/stative-verb-1692139. [Acceesed 02 February 2022]

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.