16 Contoh Perkenalan Diri (Self Introduction) dalam Bahasa Inggris dan Tipsnya

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris nggak sekadar tentang nama, asal sekolah/universitas/kantor, dan tempat tinggal saja, guys. Jadi, apa saja dong? Yuk, ketahui beberapa contoh perkenalan bahasa Inggris yang lengkap dalam artikel ini!

--

 

“Tak kenal, maka tak sayang!” 

 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kalimat di atas, kan? Yap! As we know, perkenalan adalah langkah awal yang bisa dilakukan oleh seseorang saat bertemu orang baru atau bergabung di tempat yang baru sebelum menuju percakapan yang lebih jauh. Kalau sudah kenal, seseorang tentu bisa menjalin hubungan yang lebih dekat. Entah itu hubungan pertemanan, partner kerja, kolega bisnis, dan lain sebagainya.

Nah, ngomong-ngomong tentang perkenalan, dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris, perkenalan diri atau self introduction menjadi salah satu hal dasar yang penting untuk kamu kuasai.  

Kamu tahu nggak? Saat ini, banyak momen atau acara khusus yang mengharuskan kita memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris, seperti bertemu dengan rekan bisnis, wawancara, hingga saat proses pembelajaran di sekolah atau di kampus. Of course, alasannya adalah karena perkenalan yang baik dapat membuat audiens atau lawan bicara tertarik denganmu. Kalau kata orang-orang sih, namanya first impression.

Tapi pernah nggak sih, kamu bingung bagimana cara perkenalan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar? Atau mungkin kamu bosan dengan cara berkenalan yang hanya sekadar menyebutkan nama, umur, dan tempat tinggal saja?

Okay! English Academy bakal kasih solusi untukmu. Di artikel ini, kita akan membahas tips dan contoh self introduction dalam bahasa Inggris. Yuk, langsung kita simak!

 

Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Sebelum masuk ke bagian contoh teks perkenalan diri dalam bahasa Inggris, coba kita lihat dulu cara-cara dan juga tips perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang baik dan benar berikut ini! Tenang, introduction dalam bahasa Inggris nggak sulit, kok!

 

Tips perkenalan diri dalam bahasa Inggris

 

1. Awali dengan salam dan sapaan

Saat berkenalan, nggak mungkin dong kita langsung to the point? At least, kita bisa melakukan greetings untuk menyapa lawan bicara, sama seperti yang bisa kita lakukan saat perkenalan diri dalam bahasa Indonesia. Contoh greetings yang bisa kamu gunakan:

  • Hello! (Halo!)
  • Hi! (Hai!)
  • Good morning Sir and all of my friends here! (Selamat pagi Bapak dan semua teman-teman saya di sini!)
  • Hi everyone. Good afternoon! (Halo semua! Selamat siang!)
  • Hi everybody! (Halo semua!)

2. Sampaikan maksud percakapan

Sampaikan bahwa kamu membuka percakapan untuk perkenalan diri. Biasanya, step ini banyak dilakukan saat momen formal seperti meeting dengan rekan bisnis, dan lain-lain. Contoh kalimatnya:

  • Let me introduce myself… (Izinkan saya memperkenalkan diri saya…)
  • I would like to introduce myself… (Saya ingin memperkenalkan diri saya…)
  • I’m right here to introduce myself… (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya…)

3. Mulai dengan perkenalan identitas

Dalam sebuah perkenalan, identitas yang biasa disebutkan adalah nama lengkap, nama panggilan, asal kelahiran dan tempat tinggal, hingga background pendidikan. Namun, tentunya hal ini juga akan disesuaikan dengan situasi atau momen yang sedang kamu ikuti. Berikut contohnya:

Untuk perkenalan nama:

  • My full name is…. (Nama lengkapku adalah….)
  • My name is… (Namaku adalah….)
  • I’m…. (Saya….)
  • People usually call me..  (Orang-orang biasa memanggilku..)
  • You can call me…. (Kamu bisa memanggilku…)

Untuk menyatakan alamat tempat tinggal:

  • Currently I live in…. (Sekarang aku tinggal di…)
  • My address is… (Alamatku berada di….)
  • I come from…. (Saya datang dari….)

4. Kalimat penutup diikuti rasa terima kasih

Setelah perkenalan diri, jangan lupa untuk menutup kalimat perkenalan yang diikuti ucapan rasa terima kasih, supaya perkenalan diri kamu semakin berkesan. Berikut contohnya:

  • This is the end of my self-introduction (Inilah akhir dari perkenalan saya)
  • That’s all from me (Itu saja dari saya)
  • Thank you for your attention (Terima kasih atas perhatian Anda)
  • Pleased to meet you! (Senang berkenalan denganmu!)
  • Glad to see you (Senang bertemu denganmu)
  • Nice to meet you! (Senang bertemu denganmu)

5. Lakukan eye contact dan gesture yang ramah

Setelah mengetahui cara dan tips di atas, perlu kamu ingat juga bahwa ada faktor lain yang akan membuat perkenalan diri dalam bahasa Inggris-mu semakin keren. Apalagi kalau bukan attitude! Yap! Dalam hal ini, kamu dapat menonjolkan attitude dengan cara eye contact dan juga melakukan gesture yang ramah. 

Misal, jika kamu sedang berkenalan secara tatap muka dengan seseorang, maka jangan lupa untuk berdiri, tatap mata lawan bicara, dan lemparkan senyum terbaikmu. Jika kamu sedang melakukan perkenalan secara online melalui aplikasi meeting, maka usahakan untuk membuka kamera-mu dan berikan senyum yang hangat untuk peserta yang hadir. Simple, kan? Namun, justru hal-hal sederhana seperti inilah yang akan membuatmu terlihat sopan dan good attitude.

 

Wait, wait! Biar praktik perkenalan diri kamu bisa lebih bagus, coba ikutan Live Teaching kelas English Academy, yukFree dan kamu bisa belajar langsung dengan pengajar internasional! Cek jadwalnya sekarang ya!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

Contoh Teks Perkenalan diri Bahasa Inggris dan Artinya

“Gimana sih contoh perkenalan diri bahasa Inggris yang baik dan benar? Kan pasti setiap momen beda-beda?”

Kalau kamu punya pertanyaan seperti kalimat di atas, tandanya saat ini kamu sedang membaca artikel yang tepat. English Academy akan memberikan contoh-contoh teks perkenalan diri dalam bahasa inggris beserta artinya buat kamu nih. Beberapa referensi ini bisa menjadi acuan kamu dalam belajar perkenalan untuk membuka pembicaraan dengan orang yang baru dikenal.

1. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris singkat dan artinya

Perkenalan diri bahasa Inggris yang satu ini bisa kamu gunakan saat bertemu teman baru yang sebaya denganmu dalam situasi non-formal. Berikut contoh kalimatnya:

Hi, everyone! I would like to introduce myself! My full name is Intan Aulia Husnunnisa, you can call me Intan. I live in Jakarta. Nice to meet you all. Thank you!

(Halo semuanya! Saya ingin memperkenalkan diri! Nama lengkap saya Intan Aulia Husnunnisa, kalian bisa panggil saya Intan. Saya tinggal di Jakarta. Senang bertemu dengan kalian semua. Terima kasih!)

Hello friends. Let me introduce myself. My name is Bella. I'm from Surabaya, East Java. Pleased to meet you. Thank you!

(Halo teman-teman. Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Bella. Saya dari Surabaya, Jawa Timur. Senang bertemu dengan kalian. Terima kasih!)

2. Contoh perkenalan diri tentang profil pribadi dan artinya

Pada contoh ini, kamu bisa memperkenalkan diri dengan kalimat yang lebih panjang. Mulai dari nama, asal tempat tinggal, bahkan hingga hobi yang kamu punya. Berikut contohnya:

Good afternoon everyone,

To all of my friends, allow me to make an introduction to who I am. My full name is David Beckham. People usually call me David. I'm the second child in my family. I was born in Jakarta, on July 14th, 1999. Currently, I live in Tebet, South Jakarta.

I really like music and I can play some musical instruments like guitar, piano, and bass. Besides that, I am also interested in Graphic Design. Currently, I have a portfolio for professional graphic design for social media, PowerPoint, and so on. I think that’s all from me. Nice to meet you. Thank you!

(Selamat sore semuanya. Untuk semua teman-teman saya, izinkan saya untuk memperkenalkan siapa saya. Nama saya David Beckham. Orang biasa memanggil saya David. Saya anak kedua dalam keluarga saya. Saya lahir di Jakarta, 14 Juli 1999. Saat ini, saya tinggal di Tebet, Jakarta Selatan.

Saya sangat suka musik dan saya bisa memainkan beberapa alat musik seperti gitar, piano, dan bass. Selain itu, saya juga tertarik dengan Desain Grafis. Saat ini, saya memiliki beberapa portofolio Desain Grafis profesional untuk media sosial, power point, dan sebagainya. Saya rasa itu saja dari saya. Senang bertemu dengan kalian semua. Terima kasih!)

3. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk murid baru dan artinya

Kamu seorang murid baru? Jangan khawatir! Kamu bisa memperkenalkan diri pada teman-temanmu seperti contoh di bawah ini:

Hi, I would like to introduce myself. I’m Jane. I’m taking this class because Art History has always been something I’ve been fascinated by, ever since I started taking trips to art galleries as a little girl, and I’m basically just excited to learn a little more.

(Hai, saya ingin memperkenalkan diri saya. Saya Jane. Saya mengambil kelas ini karena Sejarah Seni selalu menjadi sesuatu yang membuat saya terpesona, sejak saya mulai melakukan perjalanan ke galeri seni sebagai seorang gadis kecil, dan pada dasarnya saya hanya bersemangat untuk belajar lebih banyak.)

4. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk mahasiswa baru dan artinya 

Saat memasuki perkuliahan, sebagai seorang mahasiswa baru, biasanya pada pertemuan pertama setiap mata kuliah, kamu akan diminta untuk memperkenalkan diri. Terlebih jika kamu merupakan mahasiswa kampus internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka perkenalan akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Berikut contoh perkenalannya:

Hi everyone! I would like to introduce myself. My name is Jack. I was born in Bandung, West Java but currently living in Margonda, Depok. I graduated from SMAN 3 Bandung, one of favorite senior high schools in Bandung. I took this major at the University of Indonesia because I have a career plan to be a psychologist in the future. All right, that's from me. Nice to meet you all. Thank you.

(Halo semuanya! Nama saya Jack. Saya lahir di Bandung, Jawa Barat tetapi saat ini tinggal di Margonda, Depok. Saya lulus dari SMAN 3 Bandung, salah satu SMA favorit di Bandung. Saya mengambil jurusan ini di Universitas Indonesia karena saya memiliki rencana karir menjadi Psikolog di masa depan. Baiklah, sekian dari saya. Senang bertemu dengan kalian semua. Terima kasih.)

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa pindahan dari kampus lain, berikut salah satu contoh perkenalannya: 

Hello everyone! Let me introduce myself. My name is Anna. I am a new student at this university. I came here alone to reach my dream. My parents are still in my hometown. I would love to take part in competitions as long as it relates to my hobbies. That’s all that I can tell about myself. Thank you.

(Halo semuanya! Biarkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Anna. Saya mahasiswa baru di universitas ini. Saya datang ke sini sendirian untuk mencapai impian saya. Orang tua saya masih di kampung halaman. Saya ingin mengikuti kompetisi selama itu berhubungan dengan hobi saya. Itu saja yang bisa saya ceritakan tentang diri saya. Terima kasih.)

5. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk karyawan baru dan artinya 

Sebagai seorang karyawan baru, tentunya kamu perlu memperkenalkan diri supaya rekan-rekan kerja dan tim dapat mengenalmu, sehingga akan tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan juga saling support satu sama lain. Jika kamu baru bergabung di sebuah divisi perusahaan, berikut contoh perkenalan yang bisa kamu coba:

Good afternoon everyone. I would like to tell you about myself. My name is Rara Sintia. I am a new employee here. Previously, I worked in PT Berkah Jaya, Jakarta as a Business Development for three years. So, I will do my best for this company so that this company can make more progress and get higher profits. All right, that was my introduction. I hope we can work together as a team. Thank you so much.

(Selamat siang semuanya. Saya ingin memberitahu kalian tentang diri saya. Nama saya Rara Sintia. Saya karyawan baru disini. Sebelumnya saya bekerja di PT Berkah Jaya, Jakarta sebagai Business Development selama tiga tahun. Jadi, saya akan melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini agar perusahaan ini dapat lebih maju dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Baiklah, sekian perkenalan dari saya. Saya harap kita bisa bekerja sama sebagai sebuah tim. Terima kasih banyak.)

Baca Juga: Contoh Surat Resign Bahasa Inggris yang Benar serta Cara Membuatnya

6. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk menyampaikan hobi dan artinya 

Kamu berencana untuk bergabung ke sebuah klub hobi? Atau mungkin kamu ingin bercerita pada seseorang tentang hobi yang kamu inginkan? Tenang! Kamu bisa memperkenalkan diri seperti contoh berikut:

Hello friends, I hope all is well.

I am here to introduce myself. My name is Nabila, I was born on February 9th, 2000. I came from Surabaya but now I live in Bandung and study at ITB. My address is on Jalan Ganesha, Bandung. I am currently in the 8th semester, studying school of business and Management in ITB.

I love reading books, of course. My favorite day is Saturday because that day I can be free to read my favorite books, especially fiction books. My role author is Tere Liye because I think his imagination is amazing. Normally I spend my days off in a bookstore, cafe, and my home yard. I think that’s enough. Thank you.

(Halo teman-teman, semoga semuanya baik-baik saja. Saya di sini untuk memperkenalkan diri. Nama saya Nabila, saya lahir pada tanggal 9 Februari 2000. Saya berasal dari Surabaya tetapi sekarang saya tinggal di Bandung dan kuliah di ITB. Alamat saya di Jalan Ganesha, Bandung. Saat ini saya sedang duduk di semester 8, kuliah di Sekolah Bisnis dan Manajemen di ITB.

Saya suka membaca buku, tentu saja. Hari yang paling saya suka adalah hari Sabtu karena hari itu saya bisa bebas membaca buku-buku favorit saya, terutama buku-buku fiksi. Penulis panutan saya adalah Tere Liye, karena menurut saya imajinasinya luar biasa. Biasanya saya menghabiskan hari libur saya di toko buku, kafe, dan halaman rumah saya. Saya pikir itu cukup. Terima kasih.)

7. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk menyampaikan minat dan artinya 

Memangnya apa perbedaan hobi dan minat? Eits, tentu beda dong, guys. Hobi adalah sesuatu yang biasa kamu lakukan dalam waktu senggang. Kalau minat adalah sebuah ketertarikan, atau kecenderungan yang tinggi terhadap sesuatu. Misal, kamu hobi menonton film, tapi kamu memiliki minat yang tinggi terhadap dunia entertainment. Begini contoh perkenal diri yang bisa kamu lakukan:

Hello my friends! In this opportunity, i want to introduce myself. My name is Grace, I was born on August, 16th 1996. I come from Bandung, but now I live in East Jakarta and work as a scriptwriter. I have a high interest in entertainment. I hope I can become a content creator or become a film player and produce extraordinary works. That’s all from me. Thank you.

(Halo teman-teman saya! Pada kesempatan ini, saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Grace, saya lahir pada tanggal 16 Agustus 1996. Saya berasal dari Bandung, tetapi sekarang saya tinggal di Jakarta Timur dan bekerja sebagai penulis naskah. Saya memiliki ketertarikan yang tinggi di dunia hiburan. Semoga saya bisa menjadi content creator atau menjadi pemain film dan menghasilkan karya yang luar biasa. Itu saja dari saya. Terima kasih.)

8. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris saat akan presentasi dengan rekan bisnis

Perkenalan sebelum business meeting tentunya menjadi hal yang penting. Kamu harus mampu memberikan perkenalan yang berkesan agar presentasi bisnis dapat dilakukan dengan baik. Berikut contoh perkenalannya:

Good morning. My name is Fara, and I’m the VP of Finance Department in PT Alam Jaya. I’ve always been passionate about finding smart ways to save money. I believe establishing money management strategies as early as possible is the key to securing your future. I began using these strategies myself as I was working through college, and I now have over $10 million in my retirement fund. That amount is growing every day, and I’m here to teach you how to set up an account like that, too.

(Selamat pagi. Nama saya Fara dan saya adalah Wakil Presiden Administrasi dan Keuangan di PT Alam Jaya. Saya selalu bersemangat menemukan cara cerdas untuk menghemat uang. Saya percaya menetapkan strategi pengelolaan uang sedini mungkin adalah kunci untuk mengamankan masa depan Anda. Saya mulai menggunakan strategi ini sendiri saat saya bekerja di perguruan tinggi, dan sekarang saya memiliki lebih dari $10 juta dalam dana pensiun saya. Jumlah itu bertambah setiap hari, dan saya di sini untuk mengajari Anda cara membuat akun seperti itu juga.)

9. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris saat akan meeting dengan rekan bisnis

Meeting dengan rekan bisnis harus kamu lakukan dengan sebaik mungkin untuk keberhasilan perusahaan. Nah, tentu sebelum meeting, kamu harus melakukan perkenalan diri terlebih dahulu. Apalagi kalau ternyata rekan bisnis atau investor-mu berasal dari luar negara Indonesia. Kamu bisa contoh teks berikut:

Good morning ladies and gentlemen. How are you? Thank you for coming here. I hope everyone is healthy now. I am so excited today because we are going to talk about a plan for our business partnership. Before we start the meeting, let me introduce myself and our business team. I am Nita Lukiami from North Asia Group who will moderate this meeting. I’d like you to meet our Director, Mr. Johnson. He graduated from Harvard University majoring in Management of Technology. He’s experienced in the business. During his tenure, he has driven us to succeed in many partnerships with many big companies in Indonesia.

(Selamat pagi, Tuan dan Nyonya. Apa kabar? Terima kasih telah datang ke sini. Saya harap semua orang sehat sekarang. Saya sangat senang hari ini karena kita akan membicarakan rencana kemitraan bisnis kita. Sebelum kita memulai pertemuan, izinkan saya memperkenalkan diri dan tim bisnis kami. Saya Nita Lukiami dari North Asia Group yang akan menjadi moderator pertemuan ini. Saya ingin Anda bertemu dengan Direktur kami, Tn. Johnson. Ia lulus dari Universitas Harvard jurusan Manajemen Teknologi. Dia berpengalaman dalam bisnis. Selama masa jabatannya, beliau telah mendorong kami untuk sukses dalam banyak kemitraan dengan banyak perusahaan besar di Indonesia.)

10. Contoh perkenalan diri dan keluarga dalam bahasa Inggris dan artinya

Saat kamu sedang menghadiri berbagai acara penting yang meilbatkan keluarga, tak jarang ada situasi di mana kamu harus memperkenalkan diri dan keluargamu pada orang-orang baru. Nggak usah khawatir, kamau bisa contek contoh perkenalannya sebagai berikut:

Hi! I want to explain about me first. My name is Oktivani. I am currently living in Jakarta and working as an auditor in one of Indonesia’s Big 4 companies. Then, allow me to introduce my family. I have a sister and a younger brother. My sister is an undergraduate student at Pelita Harapan University, and my little brother is an undergraduate student at President University. My father works at a mining company and my mother is a housewife.

(Hai! Saya ingin menjelaskan tentang diri saya terlebih dahulu. Nama saya Oktivani. Saat ini saya tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai auditor di salah satu perusahaan big four Indonesia. Kemudian, izinkan saya untuk memperkenalkan keluarga saya. Saya memiliki seorang adik perempuan dan seorang adik laki-laki. Adik perempuan saya adalah mahasiswa S1 di Universitas Pelita Harapan, dan adik laki-laki saya adalah mahasiswa S1 di Universitas Presiden. Ayah saya bekerja di sebuah perusahaan pertambangan dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga.)

11. Contoh perkenalan diri bahasa Inggris untuk menjelaskan pekerjaan dan artinya

Jika kamu adalah seseorang yang berasal dari professional background lalu bertemu dengan orang baru yang memiliki background pekerjaan berbeda, maka kamu dapat membuka percakapan dengan perkenalan diri yang diikuti oleh penjelasan terkait pekerjaan. Coba lihat contoh berikut:

Hello, my name is Rahma. I work as a midwife. As a  midwife, what I do in my work includes: diagnosing a patient’s illness, especially in matters relating to pregnancy, taking part in workplace safety, and health board meetings. I always provide the necessary resources for the implementation of comprehensive health services. Sure, it’s hard enough to work in the health field. But, I like it. Okay, that’s an introduction from me. Thank you very much.

Perkenalkan nama saya Rahma. Saya bekerja sebagai Bidan. Sebagai seorang Bidan, yang dilakukan dalam pekerjaan saya, meliputi hal berikut: mendiagnosis penyakit pasien, terlebih tentang hal-hal yang menyangkut kehamilan, mengambil bagian dalam pertemuan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Saya senantiasa memberikan penentuan sumber daya yang diperlukan untuk pelaksanaan layanan kesehatan yang komprehensif. Baiklah, sekian perkenalan dari saya. Terima kasih banyak.

12. Contoh perkenalan diri sebagai tetangga baru dalam bahasa Inggris dan artinya

Sebagai seorang tetangga baru, menunjukkan sikap sopan kepada penghuni rumah dekat rumahmu adalah suatu kewajiban. Jangan lupa untuk sapa mereka dan beritahu bahwa kamu adalah orang baru yang tinggal di lingkungan tersebut. Berikut contohnya:

Hello, Mr. Ramdani!

Please let me introduce myself. I’m Alfi. I live next to your house. I’m the son of Mr. Sony. I just got home from college so I didn’t get to introduce myself when I first moved in. It’s a pleasure to meet you! I hope we can have a good and harmonious life as neighbors.

(Halo, Pak Ramdani! Tolong izinkan saya memperkenalkan diri. saya Alfi. Aku tinggal di sebelah rumahmu. Saya adalah putra dari Pak Sony. Saya baru saja pulang dari kuliah jadi saya tidak bisa memperkenalkan diri ketika saya pertama kali pindah. Senang bertemu dengan Anda! Saya berharap kita dapat memiliki kehidupan yang baik dan harmonis sebagai tetangga.)

Baca Juga: 7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik

13. Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan ajakan pada lawan bicara dan artinya

Kamu pasti pernah deh, memaksakan diri untuk berkenalan dengan teman karena membutuhkan sesuatu. Misal, kamu harus berkenalan dengan seseorang karena harus bekerja sama untuk mengerjakan tugas kelompok dalam perkuliahan yang baru dimulai. Berikut caranya:

Hi. My name is Safira. Just call me Fira. I am from Makassar and I came to this city because I want to study at one of the famous universities in this country, and yap that’s our campus. By the way, these days I often see you go to the library. I also like reading. How about if one day we go to the library and read a book together?

(Hai. Nama saya Safira. Panggil saja aku Fira. Saya dari Makassar dan saya datang ke kota ini karena saya ingin kuliah di salah satu universitas ternama di negeri ini, dan ya itulah kampus kami. Ngomong-ngomong, akhir-akhir ini aku sering melihatmu pergi ke perpustakaan. Saya juga suka membaca. Bagaimana jika suatu hari kita pergi ke perpustakaan dan membaca buku bersama?)

14. Contoh perkenalan diri bahasa inggris untuk interview kerja dan artinya

Sebelumnya, kita juga sudah pernah membahas terkait cara menjawab pertanyaan interview kerja yang satu ini. Nah, ini salah satu contoh jawaban yang bisa kamu sampaikan juga pada HR:

Hi Sir/Mam, let me introduce myself. My name is Lala. I’m a recent elementary education graduate from Ball State University. I’ve been working at a camp for elementary children this summer, and I’m excited to find my first teaching position for the coming school year. I have several original lesson plans I created during my teaching internship that I look forward to implementing in my own classroom. I attended Brookwood Elementary myself and believe I would be a great fit for your second-grade opening. It would be a joy for me to teach students in the same place that sparked my love of learning.

(Nama saya Lala. Saya lulusan Pendidikan Dasar dari Ball State University. Saya telah bekerja di sebuah kamp untuk anak-anak sekolah dasar musim panas ini, dan saya senang menemukan posisi mengajar pertama saya untuk tahun ajaran mendatang. Saya memiliki beberapa rencana pelajaran asli yang saya buat selama magang mengajar yang saya harapkan untuk diterapkan di kelas saya sendiri. Saya sendiri menghadiri Brookwood Elementary dan percaya saya akan sangat cocok untuk pembukaan kelas dua Anda. Akan sangat menyenangkan bagi saya untuk mengajar siswa di tempat yang sama yang memicu kecintaan saya untuk belajar.)

15. Contoh teks perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang lebih mendalam dan artinya

Sebetulnya, perkenalan ini merupakan gabungan dari berbagai contoh perkenalan bahasa Inggris di atas. Kamu bisa menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi yang sedang kamu hadapi. Ini salah satu contohnya:

Hi, my friends. My name is Rizky Fadli. I was born on April 1st, 1993 and grew up in Yogyakarta. I am currently studying as a first-year student at the Faculty of Civil Engineering and Planning, majoring in Architecture at the Gadjah Mada University. As for my family, I have two brothers and one sister while I am the eldest among them. My father is a food and beverage business owner in Yogyakarta while my mother is a psychologist. I am a friendly and enthusiastic person, honest and flexible to work at any time. I have some hobbies like watching Netflix serial and listening to music. Nice to meet you. Thank you!

(Hai teman-teman saya. Nama saya Rizky Fadli. Saya lahir pada tanggal 1 April 1993 dan besar di Yogyakarta. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa tahun pertama di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan jurusan Arsitektur di Universitas Gadjah Mada. Adapun keluarga saya, saya memiliki dua saudara laki-laki dan satu saudara perempuan sementara saya yang tertua di antara mereka. Ayah saya adalah seorang pengusaha makanan dan minuman di Yogyakarta sedangkan ibu saya adalah seorang psikolog. Saya orang yang ramah dan antusias, jujur dan fleksibel untuk bekerja setiap saat. Saya memiliki beberapa hobi seperti menonton serial netflix dan mendengarkan musik. Senang bertemu dengan kalian. Terima kasih!)

16. Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk mempererat relasi/networking dan artinya

Perkenalan diri bahasa Inggris yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membangun networking atau partnership. Entah itu networking dengan sebuah perusahaan, yayasan, dan lain sebagainya.

My name is Jems Fold, and I’m the marketing director at Roma Technology. We’re developing some innovative marketing campaigns designed to engage new customers right in the streets of Bloomington. I’ve been recruiting local businesses that want to get involved in these activities. I love chatting with residents around the area and learning more about what they’re looking for from their smart devices. Nice to meet you, I hope we can make a great collaboration in the future. Thank you.

(Nama saya Jems Fold dan saya direktur pemasaran di Roma Technology. Kami sedang mengembangkan beberapa kampanye pemasaran inovatif yang dirancang untuk melibatkan pelanggan baru tepat di jalan-jalan Bloomington. Saya telah merekrut bisnis lokal yang ingin terlibat dalam kegiatan ini. Saya suka mengobrol dengan penduduk di sekitar area dan belajar lebih banyak tentang apa yang mereka cari dari perangkat pintar mereka. Senang bertemu dengan Anda, saya harap kita dapat membuat kolaborasi yang hebat di masa depan. Terima kasih.)

--

Setelah membaca berbagai contoh teks perkenalan diri bahasa Inggris di atas, akhirnya kita dapat mengetahui kalau berkenalan nggak hanya tentang nama dan asal tempat tinggal, kan? Gimana, guys? Mudah nggak? Hihi

Oh ya, saat ingin berkenalan, jangan lupa untuk melihat terlebih dahulu siapa lawan bicaramu ya! Kalau kamu punya contoh perkenalan diri yang lain, feel free untuk berbagi pada pembaca setia blog English Academy di kolom komentar.

By the way, kamu juga bisa menambah pengetahuan cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris dari native speaker English Academy, lo. Penasaran nggak gimana asyiknya belajar langsung sama bule? Kalau penasaran,  yuk, langsung aja gabung kelasnya sekarang! 

 

New call-to-action

 

Referensi:

7esl. How to Introduce Yourself Confidently! Self-Introduction Tips & Samples. Online. Available at https://7esl.com/introduce-yourself/. [Accessed 17 February 2022]

Indeed. Self-Introduction Tips and Tricks (with Examples). Online. Available at https://www.indeed.com/career-advice/career-development/self-introduction-tips. [Accessed 17 February 2022]

 

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.