Hindari 10 Kesalahan Grammar ini dalam Penulisan Bahasa Inggris!

Palita Rana Jul 3, 2021 • 7 min read


EA_-_Hindari_10_Kesalahan_Grammar_ini_dalam_Penulisan_Bahasa_Inggris!-01Artikel ini akan membahas mengenai 10 kesalahan tata bahasa dalam penulisan bahasa Inggris. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

--

Dalam dunia profesional, menulis tata bahasa atau grammar yang benar menjadi sangat krusial untuk berkomunikasi. Kesalahan dalam pemahaman perintah atau arahan kerja bisa berakibat fatal terhadap performa atau kinerja perusahaan secara langsung. Maka daripada itu, komunikasi selalu menjadi hal yang sangat krusial dalam perusahaan. Sebagaimana dikatakan oleh Brian Tracy, “Your ability to communicate with others will account for fully 85% of your success in your business and in your life.”

Berbagai perusahaan modern di Indonesia saat ini sudah menerapkan bahasa Inggris dalam keseharian tempat kerjanya, dengan tujuan agar dapat bersaing secara global. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan dan kesempatan bagi kita para job seekers untuk memahami dan menggunakan bahasa Inggris secara keseharian dan profesional. Berdasarkan riset yang dilakukan World Scientific News, hambatan bahasa atau language barrier merupakan alasan utama kegagalan komunikasi dalam perusahaan-perusahaan global. Tentunya kita perlu terus belajar dan mempertajam kemampuan diri dalam mendengarkan, membaca, dan berbicara dengan rekan dalam bahasa Inggris.

Melatih kemampuan bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai cara, dari mengambil sertifikasi, kursus daring, serta sering-sering berlatih dengan rekan. Memahami kesalahan-kesalahan umum yang sering digunakan oleh orang lain pun dapat membantu kamu meningkatkan penulisan dan pelafalannya. Saat kamu dapat mengidentifikasi kesalahan tata bahasa yang sudah dilakukan oleh sebelum-sebelumnya, kamu akan lebih mudah untuk mengoreksi dirimu sendiri ketika kesalahan yang sama terulang padamu.

Yuk, cek kesalahan umum tata bahasa berikut!

 

1. Effect - Affect

Affect merupakan kata kerja yang berarti pengaruh atau akibat, sedangkan effect adalah kata bendanya.

Penggunaan kata effect: “The effect of drugs can be detrimental to your body.”

Penggunaan kata affect: “Drugs can affect your body permanently.”

 

2. Lie - Lay

Keduanya bisa berarti meletakkan/membaringkan, namun lay digunakan ketika ada objek langsung yang terlibat, sedangkan lie tidak perlu objek.

Penggunaan kata lie: I lie down after a long day of work.”

Penggunaan kata lay: I lay down the paperwork on the table.”

Namun, dua kata ini sangat kompleks karena past tense dari “lie” adalah “lay”, sehingga kamu perlu mengingatnya.

 

Present Tense

Past Tense

Past Participle

Lie

Lay

Lain

Lay

Laid

Laid

 

3. Among - Between

Kedua kata sama-sama memiliki arti “di antara”, namun among digunakan untuk mengacu kepada sekelompok (lebih dari dua) objek, sedangkan between hanya mengacu kepada dua.

Penggunaan kata among: “Anna is the only one who got an A on geography quiz among her classmates”.

Penggunaan kata between: “Between the two best friends, Anna performs better on the test compared to Fanie.”

Baca juga: Belajar tentang word formation process dalam morphology

 

4. Who - Whom

Penggunaan kata who ditujukan untuk subjek dari sebuah kalimat, sedangkan kata whom digunakan untuk merujuk ke objek dari kata kerja, atau sebuah preposisi.

Penggunaan kata who: “Who are you talking about?” (who adalah subjek)

Penggunaan kata whom: “The girl whom you talked to last night was friendly." (you adalah subjek, whom dari “the girl” adalah objek).

 

5. Apostrophe

Apostrof (Apostrophe) adalah tanda baca (') yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan (misalnya, Kanya’s book, Rana’s boyfriend) atau penghilangan huruf/ angka (misalnya, can’t ; he’s ; class of ‘18).

Penggunaan apostrophe:

- Bukan ketika ingin menunjukkan pluralitas. Contoh: Cats (banyak kucing), Pillows (banyak bantal).

- Digunakan ketika ingin menunjukkan kepemilikan. Contoh: “Madha’s wife" (memperlihatkan  bahwa seorang istri merupakan kepemilikan Madha sang suami).

- Dan ketika apostrof perlu digunakan untuk kata-kata yang plural, maka apostrof perlu diletakkan di akhir kata setelah s. Contoh: “I need all the students’ ID collected by Monday

 

6. Further - Farther

Keduanya memiliki arti sama-sama lebih jauh, namun farther biasa digunakan dalam konteks jarak secara fisik, sedangkan further biasa digunakan untuk jarak yang metaforis.

Penggunaan kata further: “The further we stay the same, the further our chances of growing”.

Penggunaan kata farther: “We need to go farther down the road”.

 

7. Assure – Ensure – Insure

Assure berarti kamu meyakinkan dirimu dan lawan bicaramu bahwa sesuatu akan pasti terjadi (dengan usaha yang maksimal). Ensure digunakan ketika ingin mempertanyakan sesuatu yang belum jelas. Sedangkan insure berarti untuk membeli jasa asuransi.

Penggunaan kata Assure: “I was so assured that I would get the job.”’

Penggunaan kata Ensure: “He ensured whether I would get the job or not.”

Penggunaan kata Insure: “I would have to get myself health insured before I start my job.”

 

8. Advice - Advise

Advice adalah nasihat, sedangkan advise berarti menasehati. Sehingga advice adalah kata benda dan advise adalah kata kerja.

Penggunaan kata Advice: “Yura has given me great advice on love.”

Penggunaan kata Advise: “Yura advises me to love myself first before anyone else.”

 

9. Except - Accept

Kedua kata ini memiliki pelafalan yang sangat mirip namun arti dari keduanya sangat berbeda. Except adalah sebuah preposisi yang berarti ‘tidak termasuk’, sedangkan accept merupakan sebuah kata kerja yang berarti ‘untuk menerima’.

Penggunaan kata Except: “She usually hates football guys, except you.”

Penggunaan kata Accept: “She would definitely accept the proposal, had you asked her out before.”

 

10. Parallel Structure

Salah satu kesalahan paling umum dalam bahasa Inggris adalah perbedaan struktur kerja yang seharusnya parallel dalam satu kalimat.

Contoh:

- “My hobbies are playing piano, going on an adventure, and horseback riding.”

- “My hobbies are playing piano, to go on an adventure, and horseback ride.”

Kalimat kedua tidak mengikuti struktur yang parallel. Struktur parallel menggunakan kata yang sama dalam sebuah kalimat.

Contoh yang lain:

- “I had to forecast the company’s financial projection quickly, thoroughly, and accurately.”

- “I had to forecast the company’s financial projection quickly, thoroughly, and in an accurate manner.”

Nah, itulah 10 hal yang sering diucapkan atau ditulis secara salah dalam bahasa Inggris. Jadi, lain kali ketika kamu hendak menggunakan kata-kata diatas, jangan lupa untuk mengingat kembali perbedaannya, ya! Oh ya, kalau kamu mau menguasai kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang jauh dari grammatical error, yuk, ikuti kelas English Academy yang memberikan kamu kesempatan untuk belajar hanya dari yang terbaik. Trust me, you will feel more satisfied with the result when you learn from the pro!

New call-to-action

Beri Komentar