Past Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Past Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat

Past perfect continuous tense? Hmm, tense masa lampau untuk apa lagi, sih? Tenang, artikel ini akan menjelaskan pengertian hingga contohnya!

--

Hai pembaca setia blog English Academy! Jangan sampai bosan untuk belajar grammar yang satu ini ya. Seperti yang kita tahu, tenses adalah salah satu materi penting dalam bahasa Inggris agar kita dapat menceritakan suatu kejadian dengan menyesuaikan berbagai kondisi yang ada.

We know, kamu pasti sudah cukup bingung dengan jenis tense dalam bahasa Inggris yang sepertinya nggak habis-habis. Padahal, kuncinya kamu hanya perlu memahami kondisi seperti apa yang ingin dituangkan ke dalam sebuah kalimat.

Oke, setelah sebelumnya membahas tentang present perfect continuous tense, kali ini kita akan membahas bagian past-nya, nih. Yap! Tense selanjutnya adalah past perfect continuous tense, yaitu tenses yang mengandung “past” dan juga “continuous.”

Biar nggak makin bingung, yuk, baca pembahasan yang lebih rinci melalui artikel di bawah ini. Lengkap, mulai dari pengertian, fungsi, hingga contoh kalimatnya. Check this out!

 

Definisi/Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous tense adalah tenses atau bentuk kata kerja untuk mengungkapkan suatu aksi (dengan durasi waktu tertentu) atau kejadian yang sudah dimulai dan sedang berlangsung pada masa lampau, tapi sudah tidak terjadi lagi saat ini. 

Intinya, past perfect continuous tense digunakan untuk menceritakan sebuah kejadian atau aksi yang dimulai di masa lalu, terjadi di masa lalu, dan juga selesai dalam periode waktu di masa lalu. 

Jika dilihat dari paparan di atas, maka aksi dan kondisi yang diceritakan dalam tense ini berarti tidak ada kaitannya sama sekali dengan masa sekarang. Oh ya, tense ini juga memiliki nama lain, lo, yaitu past perfect progressive tense.

 

Formula/Rumus Past Perfect Continuous Tense

Rumus past perfect continuous tense dibentuk dengan auxiliary verb “had”, lalu disusul oleh “been”, kemudian present participle. Hayo, kamu masih ingat kan apa itu present participle? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat rumusnya melalui gambar di bawah ini!

 

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Notes!

As usual, kamu perlu perhatikan beberapa penjelasan terkait rumus past perfect continuous tense agar lebih mudah untuk memahaminya, okay?

 

Sampai sini, apakah kamu sudah cukup memahami pengertian dan rumus past perfect continuous tense? Kalau belum, yuk, tanya sama Tutor di English Academy! Kamu bisa tanya di kelas yang sesuai dengan kemampuanmu. Kalau belum tahu kemampuanmu ada di level mana, ikut Placement Test aja dulu. Gratis dan bersertifikat, lo!

 

Placement Test English Academy

 

Baca Juga: Teks Eksplanasi dalam Bahasa Inggris: Definisi, Struktur, dan Contoh

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Agar kamu dapat memahami penggunaan rumus dalam berbagai bentuk dan pola kalimat, yuk, lihat beberapa contoh di bawah ini!

Kalimat Positif (Positive Sentence)

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, untuk membuat kalimat yang menyatakan sebuah aksi bersifat positif, maka rumusnya adalah S+had+been+-ing/present participle. Begini jadinya apabila diaplikasikan dalam sebuah kalimat:

  • Rasya had been working at the international hospital for five years when he got the promotion. (Rasya telah bekerja di rumah sakit internasional selama lima tahun ketika dia mendapat promosi.)

Kalimat Negatif (Negative Sentence)

Seperti biasa, karena dalam kalimat ini mengandung kata “tidak” di dalamnya, maka kamu cukup untuk menambahkan “not” di tengah-tengah rumus. Susunannya menjadi S+had+not+been+-ing/present participle. Contoh dari pola kalimat ini yaitu:

  • Lia had not been playing before she finished her exam. (Lia tidak telah sedang bermain sebelum dia menyelesaikan ujiannya.)
  • My mom had not been cooking when Rara walked into the kitchen. (Ibuku tidak telah sedang memasak ketika Rara berjalan ke dapur.)

Kalimat Interogatif/Tanya (Interrogative Sentence)

Jika ingin membuat kalimat tanya, maka kamu bisa menggunakan rumus Had+S+been+-ing/present participle. Contohnya sebagai berikut:

  • Had Alfi been working? (Apakah Alfi telah sedang bekerja?)
  • Had they been driving? (Apakah mereka telah sedang menyetir?)


Time Signal (Keterangan Waktu) dalam Past Perfect Continuous Tense

Ada beberapa tanda keterangan waktu (time signal) yang menjadi ciri khas dalam past perfect continuous tense. Nah, time signal ini biasanya digunakan untuk membuat kalimat past perfect continuous tense yang menceritakan lebih dari satu kejadian/aksi berlangsung di masa lampau. Berikut keterangan waktunya:

 

Keterangan Waktu

Artinya

When

Ketika

After

Sesudah

Before

Sebelum

For

Selama

 


Fungsi dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Seperti tenses yang lainnya, past perfect continuous tense pun memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang bisa kamu aplikasikan dalam percakapan sehari-hari. Yuk, simak fungsi dan contohnya di bawah ini!

1. Menyatakan suatu aksi atau peristiwa yang terjadi terus-menerus pada waktu lampau

Contoh kalimat:

  • We had been working in education non-government organization.  (Kami telah sedang bekerja di sebuah yayasan pendidikan.)
  • I had been studying in English Academy online course. (Aku telah sedang belajar di kursus online English Academy.)

2. Menceritakan aksi yang sudah terjadi dan sedang berlangsung di masa lampau sampai titik waktu tertentu di masa lampau juga (merujuk aksi yang panjang)

Contoh: 

When my mom came, her friends had been chatting for two hours. (Ketika ibuku datang, teman-temannya sudah menunggu selama dua jam.)

Kalimat di atas tentunya menceritakan kejadian masa lampau. Maksudnya adalah, pada saat Ibu datang, teman-teman dari sang Ibu sudah mengobrol selama dua jam. Kegiatan mengobrol telah dimulai sebelum Ibu datang, kemudian berlanjut setelah Ibu datang, yang mana semuanya telah selesai di masa lampau.

3. Memberitahukan periode dari suatu aksi atau kejadian

Periode di sini artinya menjelaskan sebuah aksi atau peristiwa yang sedang berlangsung di masa lampau secara spesifik. Contoh:

  • They were annoyed since they had been waiting for the instructor for three hours at the gym. (Mereka kesal karena telah menunggu instruktur selama tiga jam di gym.)
  • By the time the lecture came, the students had been presenting the materials twenty minutes. (Pada waktu dosen datang, para siswa telah menyajikan materi selama dua puluh menit.)

4. Menyatakan suatu peristiwa yang berlangsung selama beberapa waktu di masa lampau

Contoh kalimat:

  • She had been living in California for ten years. (Dia telah sedang tinggal di California selama sepuluh tahun.)
  • He had been traveling to Europe for five years. (Dia telah sedang bepergian ke Eropa selama lima tahun.)

5. Menyatakan suatu aksi yang dikerjakan dan berlangsung di masa lampau

Contoh kalimat:

  • I had been going to the cinema with my best friends. (Aku telah sedang pergi ke bioskop bersama sahabatku.)
  • They had been riding from Malang to Bandung for fifteen hours. (Mereka telah sedang berkendara dari Malang ke Bandung selama lima belas jam.)

6. Kalimat tidak langsung (indirect speech)

Pada fungsi ini, yang bisa dibentuk dengan past perfect continuous tense adalah kalimat tidak langsung dari present continuous tense. Contoh kalimat:

  • Direct speech (kalimat langsung):
    He was writing the article. (Dia sedang menulis artikel.)
  • Indirect speech (kalimat tidak langsung):
    He said that he had been writing the article. (Dia mengatakan bahwa dia telah sedang menulis artikel itu.)

Kalimat di atas menyatakan kalimat tidak langsung yang diucapkan oleh seseorang untuk menceritakan aktivitas orang lain.

Yeay! Akhirnya selesai, guys. Indeed, kalau kamu perhatikan, ada beberapa fungsi past perfect continuous tense yang mungkin hampir mirip dengan fungsi beberapa tenses lainnya. Namun, konteks kalimatnya sudah pasti berbeda, kok.

Oleh karena itu, agar kamu dapat membedakan dan memahami betul fungsi setiap tenses secara mendalam, jangan lupa untuk terus berlatih membuat contoh kalimat  ya!

Kalau butuh bantuan tutor untuk berdiskusi langsung terkait tenses dan materi bahasa Inggris lainnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di kelas English Academy by Ruangguru! Nggak tanggung-tanggung, kamu bisa belajar bareng native speaker, lo. Penasaran seperti apa kelasnya? Jangan khawatir, kamu bisa ikutan Live Teaching-nya terlebih dahulu secara gratis. Klik banner di bawah untuk memilih jadwal ya. See you!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy


 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.