Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, rumus, fungsi, dan contoh kalimat

Sudah tahu belum apa perbedaan present perfect continuous tense dengan tenses yang lain? Kalau belum, mari sama-sama belajar melalui artikel ini!

--

 

Hai, sobat tenses! Masih dalam rangka mempelajari tenses bahasa Inggris, kali ini kita akan membahas mengenai present perfect continuous tense

Jangan bosan ya, guys. Meskipun terkadang tenses ini membuat kita bingung karena tidak dapat memahaminya dengan baik, tapi tenses adalah basic grammar yang perlu kamu kuasai untuk bisa mencapai level kemahiran dalam pembelajaran bahasa Inggris. 

Sebagai bahasa internasional, memahami tenses dapat membantu kita agar lebih lancar saat berbicara bahasa Inggris, apalagi kalau berkomunikasi dengan native speaker. Selain itu, dengan memahami tenses, kita akan lebih terbantu untuk membuat sebuah paragraf atau memahami teks bahasa Inggris dengan cepat. Misalnya saja, teks bahasa Inggris dalam tes TOEFL atau IELTS.

Back to the topic! Sesuai dengan namanya, present perfect continuous tense adalah tenses gabungan dari rumpun present dan continuous. Hmm, tapi di sini ada kata perfect. Jadi, apa maksudnya?

Nah, agar kamu tidak bertanya-tanya, mari simak pembahasan mengenai present perfect continuous tense mulai dari definisi hingga contoh kalimat dan penggunaanya, yuk!

 

Pengertian/Definisi Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense adalah suatu bentuk kata kerja atau tenses untuk menyatakan aksi yang telah selesai pada suatu titik di masa lampau, atau tindakan yang sudah dimulai di masa lalu, tetapi tindakan tersebut masih terjadi/berlanjut sampai masa sekarang.

Tindakan pada present perfect continuous tense biasanya berdurasi waktu tertentu dan ada kaitannya dengan kondisi sekarang.

 

Formula/Rumus Present Perfect Continuous Tense

Agar lebih mudah memahami tense ini dengan baik, kamu harus mengetahui rumus pembentukan kalimatnya. Seperti biasa, rumus tenses ini dibagi menjadi tiga. Lihat gambar rumus di bawah:

 

Rumus present perfect continuous tense

 

Jadi, berbeda dengan future perfect tense yang hanya mengandalkan auxiliary “have” untuk semua subjek, present perfect continuous tense justru dibentuk dengan auxiliary verb have atau has. Untuk membuat kalimat dari tenses ini, perhatikan dulu poin penting berikut:

  • Have digunakan untuk subject I, you, dan plural subject seperti: plural pronoun (seperti: they, we), plural noun (seperti: boys, men), dan compound subject dengan kata hubung “and” (you and I, Masha and David).
  • Has digunakan untuk singular subject seperti: third person singular pronoun (seperti: he, she, it) dan singular noun (seperti: Tony, Cerci, etc).

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi ciri khas present perfect continuous tense, yaitu:

 

Fakta tentang present perfect continuous tense

 

  • Present perfect continuous tense biasa disebut juga dengan present perfect progressive tense. Progressive artinya “sedang berlangsung” atau aksi yang sedang dilakukan.
  • Secara umum, present perfect continuous tense hanya terjadi pada bentuk kata kerja dynamic, atau biasa disebut dynamic verb, karena biasanya hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.

Gimana? Bingung, ya? Kok tenses-nya banyak banget! :( 

Well, mending kamu tanya dan diskusi sama Master Teacher English Academy by Ruangguru, deh. Caranya, klik banner di bawah. Tentuin kamu mau ambil kelas yang mana. Kalau masih bingung, ya sudah, coba Placement Test aja dulu. Okay? Semangat!

 

New call-to-action

 

 

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Sebelum berlanjut ke bagian fungsi dan penggunaan, kamu perlu menyimak beberapa contoh kalimat present perfect continuous tense terlebih dahulu, agar nanti dapat memahami materi dengan lebih menyeluruh.

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Positif

  • Luna has been reading the novel. (Luna telah membaca novel.)
  • Rara has been making cookies. (Rara sudah dan sedang membuat kukis.)
  • My brother has been driving. (Kakakku telah menyetir.)
  • I have been learning Japanese for 1 year. (Saya telah belajar bahasa Jepang selama satu tahun.)
  • My father has been watching Netflix for an hour. (Ayahku telah menonton Netflix selama satu jam.)

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Negatif

Untuk pernyataan yang bersifat negatif, contoh kalimatnya adalah:

  • They have not been helping your sister. (Mereka tidak sedang membantu adikmu.)
  • Julia has not been making cookies. (Julia tidak sedang membuat kukis.)
  • Tika hasn’t been reading the book for two hours. (Tika belum membaca buku itu selama dua jam.)
  • We haven’t been waiting here all day. (Kita belum menunggu di sini seharian.)
  • She has not been watching TV for an hour. (Ia belum menonton TV selama satu jam.)

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Interrogative

Contoh dari kalimat tanya:

  • Has Tiara been eating? (Apakah Tiara telah makan?)
  • Has your sister been driving? (Apakah kakakmu telah menyetir?)
  • Have they been watching the tournament? (Apakah mereka sudah menonton pertandingan?)
  • Has he been reading the paper? (Apakah dia telah membaca paper?)
  • Has the lecturer been checking our mid-exam? (Apakah dosen sudah mengecek Ujian Tengah Semester kita?)

Fungsi dan Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense 

Setelah melihat contoh dalam tiga pola kalimat berbeda, sekarang kita akan memahami fungsi dan penggunaan dari tenses ini. Yuk, simak dengan baik!

1. Menunjukkan aksi yang telah selesai

Present perfect continuous tense dapat digunakan untuk menunjuk kondisi yang sudah selesai pada suatu titik di masa lalu, tetapi masih ada relevansinya hingga saat ini. Seperti apa contoh kalimatnya?

  • Mia has been competing in debate competitions recently.
    (Mia telah berkompetisi dalam kompetisi debat baru-baru ini.)
  • Misca has been eating a spicy rice bowl for her lunch since an hour ago.
    (Misca sudah makan semangkuk nasi pedas untuk makan siangnya sejak satu jam yang lalu.)

2. Menunjukkan aksi yang baru saja selesai

Apakah kamu familiar dengan adverb “just”? Nah, selain untuk menunjukkan sebuah aksi yang selesai di masa lalu, adverb "just" menunjukkan bahwa tenses ini dapat digunakan untuk menunjukkan kondisi di mana ada suatu aksi atau peristiwa yang baru selesai terjadi. Kira-kira bagaimana contoh kalimatnya?

  • Mother has just been cooking.
    (Ibu baru saja memasak.)
  • The airplane has just been landing in Istanbul Airport.
    (Pesawat baru saja mendarat di Bandara Istanbul.)

3. Menunjukkan aksi yang telah dimulai pada masa lampau

Tenses ini juga bisa digunakan untuk menyatakan suatu aksi yang sudah dimulai di masa lalu, tetapi masih berlangsung hingga saat ini. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

  • I’ve been listening to music for an hour.
    (Saya sudah mendengarkan musik selama satu jam.)
  • She has been riding to her hometown since this morning.
    (Dia sudah berkendara ke kampung halamannya sejak pagi ini.)

Selesai, guys! Pembahasan mengenai present perfect continuous tense cukup sampai di sini. Yuk, jangan lupa berlatih dengan cara membuat contoh soal!

Oh ya, agar dapat dengan mudah memahami 16 tenses dalam bahasa Inggris, ada baiknya untuk coba praktik dan terapkan setiap jenis tenses dalam percakapan sehari-hari. Pasti manjur deh!

Kalau masih belum paham, kamu bisa berlatih lebih giat lagi, salah satunya caranya adalah memulai dengan belajar di English Academy. Soalnya, banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris. Mulai dari pembelajaran interaktif bersama pengajar lokal dan internasional, quiz, star champs, english club, english clinic, dan masih banyak lagi! Penasaran? Yuk, klik gambar di bawah ini dan temukan kelas yang cocok untukmu!

 

New call-to-action

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.