Tips Menghadapi IELTS Reading Test

Rafsi Albar Mar 1, 2021 • 6 min read


tips menghadapi ielts reading testPada artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara menghadapi IELTS reading test, dan mampu mengerjakannya dengan maksimal.

--

Buat kamu yang sedang mempersiapkan ikut dalam tes IELTS, tidak ada salahnya buat baca artikel ini untuk mematangkan persiapan khususnya untuk menghadapi IELTS reading test.  

IELTS sendiri memiliki beberapa bagian yang diujikan di dalamnya, seperti listening, reading, writing, dan juga speaking. Setiap subtes ini menguji kemampuan yang berbeda dalam penggunaan bahasa Inggris. Salah satu bagian yang paling sering disebut sebagai bagian yang sangat susah, khususnya untuk IELTS Academic test adalah reading. Bagian ini sangat identik dengan banyaknya tulisan yang harus dibaca untuk menjawab pertanyaan yang kadang membingungkan bagi beberapa orang.

Sebenarnya, dalam mengerjakan IELTS reading test, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan pengerjaan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengerjakan bagian reading secara lebih efisien dan mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Pahami Jenis Pertanyaan yang Diujikan

 

memahami soal ielts reading testIlustrasi belajar memahami pertanyaan ujian. Sumber: vectorstock.com

IELTS memiliki beberapa tipe soal yang akan selalu muncul dalam setiap ujiannya. Nah, ada beberapa jenis soal yang ditanyakan dalam IELTS reading test, seperti pertanyaan true/false/not given, pilihan ganda, serta isian singkat. Akan sangat membantu jika kita sudah memahami jenis pertanyaan yang diujikan agar tidak terlalu lama dalam memahami soal.

Baca Juga: Tips Menguasi TOEFL Writing Section

Melakukan persiapan ujian dengan langsung melihat contoh soal ataupun kursus, akan sangat membantu. Dengan kemudahan akses informasi yang ada sekarang dengan internet, siapapun dapat mencari contoh soal secara digital. Manfaatkan gadget untuk mencari sebanyak mungkin referensi untuk persiapan yang matang.

Gunakan Metode Skimming dan Scanning

tips mengerjakan ielts reading

Ilustrasi menggunakan metode skimming dan scanning. Sumber: Freepik.com

Dengan waktu ujian yang terbatas, tentu saja perlu ada teknik khusus yang digunakan untuk dapat memaksimalkan waktu pengerjaan setiap soalnya. Dengan banyaknya tulisan pada bagian reading, akan sangat berguna untuk menggunakan kombinasi metode membaca skimming dan scanning untuk menghemat waktu.

Metode skimming dan scanning sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda dengan cara dan kegunaannya masing-masing. Metode skimming merupakan cara membaca cepat untuk mendapatkan gambaran topik yang dibahas dalam tulisan. Karena dalam IELTS setiap bacaan akan mencakup beberapa pertanyaan sekaligus, akan sangat baik jika kita bisa memahami secara umum apa yang dibahas agar tidak perlu memulai ulang pada setiap pertanyaan.

Metode scanning adalah cara untuk mencari kata tertentu dalam bacaan. Cara ini akan sangat berguna jika kita dihadapkan dengan soal yang meminta kita melengkapi informasi yang tertera atau menentukan kebenaran dari suatu pernyataan. Dalam melakukan scanning, kita hanya perlu mencari kata kunci yang ada di soal dan mencari kata tersebut (atau sinonimnya) pada bacaan yang tersedia. Tentu saja metode ini akan sangat efektif ketika kita sudah memiliki gagasan umum apa yang dituang dalam tulisan melalui skimming sebelumnya.

Mulai dari Pertanyaan

menjawab soal ielts readingIlustrasi membaca pertanyaan. Sumber: in.pinterest.com

Masih dengan pertimbangan waktu yang dimiliki untuk mengerjakan soal. Mungkin beberapa dari kita sudah terbiasa dengan pendekatan memahami bacaan secara utuh sebelum berpindah ke pertanyaan. Namun, ada salah satu cara yang juga efektif untuk menghemat waktu secara signifikan, yaitu dengan memulai dari membaca pertanyaan. Cara ini pada intinya adalah variasi dari metode scanning yang membuat kita mencari kata kunci spesifik pada bacaan sesuai dengan konteks yang kita ketahui dari pertanyaan.

Langkah untuk dapat efektif melakukan metode ini sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu memulai dengan membaca semua pertanyaan yang menyangkut suatu bacaan. Setelah kita resapi apa saja yang ditanyakan dan perlu dicari, kita mulai membaca teks yang diberikan. Dengan membalik proses seperti ini, kita dapat langsung menjawab soal tertentu tanpa harus kembali membaca dan mencari bagian pada teks.

Pahami Soal dan Kata Kunci

cara mengerjakan soal ielts reading testIlustrasi memahami soal dan kata kunci. Sumber: Freepik.com

Satu hal yang selalu perlu diingat dalam mengerjakan soal dalam ujian seperti IELTS, baik pada bagian reading ataupun yang lain seperti listening adalah betapa pentingnya untuk kita betul-betul memahami soal sebelum menjawab. Perhatian terhadap detail pada pertanyaan sangat krusial, karena tidak sedikit orang yang salah dalam soal yang bahkan sebetulnya tidak begitu sulit hanya karena tidak teliti. Inilah pentingnya untuk tidak terburu-buru lompat pada jawaban.

Dalam memahami soal, kita juga perlu mencari kata kunci yang akan membantu kita dalam mencari jawaban. Seperti yang sudah disebutkan, selain membantu kita dalam mengetahui apa yang dicari soal, mengetahui kata kunci yang dicari juga akan membuat penggunaan waktu kita jauh lebih efektif.

Perbanyak Latihan dan Vocabulary

belajar ielts reading testIlustrasi latihan-latihan soal dan belajar vocabulary. Sumber: vectorstock.com

Ini adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh siapapun yang akan mengambil ujian seperti IELTS. Melakukan banyak latihan akan sangat membantu kita untuk makin terbiasa dengan ujiannya agar tidak kagok saat dihadapkan dengan ujian sebenarnya. Untuk itu, biasakan melakukan simulasi ujian dengan waktu dan situasi yang sama seperti ujian sesungguhnya.

Selain itu, persiapan untuk ujian bahasa asing juga pasti tidak lengkap tanpa pemahaman akan bahasa itu sendiri. Oleh karenanya, jangan lupa untuk juga menambah kosakata dalam bahasa inggris agar tidak kaget saat dihadapkan dengan berbagai macam kata. Walaupun tentu tidak semua kata tidak awam yang muncul akan berpengaruh pada jawaban yang dicari, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Jangan Panik dan Retap Realistis

trik menjawab soal ielts reading testIlustrasi bersikap tenang dalam menghadapi soal ujian. Sumber: unblast.com

Setelah melakukan segala jenis persiapan, hal yang perlu dilakukan terakhir pastinya adalah mengambil tes IELTS itu sendiri. Perlu diingat bahwa sebanyak apapun persiapan yang dilakukan, kita tidak akan bisa mendapatkan nilai terbaik jika tidak maksimal saat mengerjakan ujiannya. Untuk itu, manajemen diri pada waktu pengerjaan merupakan hal yang sangat penting.

Saat berhadapan dengan segala jenis soal, kita harus dapat berpikir jernih dan terfokus. Terlepas dari taraf kesusahan soal, kita tidak perlu panik. Yang penting adalah kita berusaha yang terbaik dengan memaksimalkan waktu yang diberikan. Kita harus mengerti kapan harus berpindah ke soal berikutnya untuk efisiensi waktu. Jangan sampai kita terlalu terpaku pada satu soal saja hingga kita hanya menyisakan waktu yang sangat minim untuk soal-soal lainnya.

Sampai di sini kamu udah cukup terbantu kan dengan tips-tips yang diberikan untuk menghadapi IELTS reading test?. Sebenarnya tidak ada yang sulit selama kamu mampu menguasai teknik-tekniknya. Selain itu, untuk mendapat sertifikat dan nilai terbaik pada tes IELTS, kamu juga harus mamahami logika dasar dan beberapa hal terkait kaidah bahasa Inggris. Nah biar makin seru dan tambah lagi pengetahuan kamu, yuk belajar di English Academy. Tentunya bersama tutor-tutor profesional dan yang terbaik.

New call-to-action

Profile

Rafsi Albar

Beri Komentar