Tips Mengerjakan Soal Reading Comprehension Test

reading comprehension

Salah satu tantangan besar dalam mengerjakan soal reading comprehension test adalah waktu yang terbatas dan teks yang panjang. Simak artikel berikut untuk tips-tips mengerjakannya!

- -

Siapa yang sekarang lagi persiapan untuk ikutan tes TOEFL iBT, TOEFL ITP atau IELTs? Atau mungkin kamu lagi mau ujian bahasa Inggris di sekolah? Tentunya kamu harus banyak latihan ya supaya bisa dapat hasil yang memuaskan. Tapi tentu aja, mengerjakan soal bahasa Inggris bisa jadi nggak semudah yang dibayangkan. Bisa jadi kamu ngerasa kesulitan dengan apa yang sedang dikerjakan.

Misalnya, kamu nggak begitu paham tenses, kurang vocabulary dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya kamu cuma harus banyak latihan. Mau itu mengerjakan berbagai macam soal, membaca banyak teks berbahasa Inggris, berbicara dengan bahasa Inggris, dan lain-lain.

Mungkin kamu sudah mengatasi hal tersebut tapi ada satu masalah lagi yang harus kamu hadapi. Yaitu waktu yang terbatas ketika mengerjakan soal-soal ujian bahasa Inggris. Contohnya aja nih, soal-soal reading comprehension. Pasti di ujian kemampuan membaca itu kamu akan menemui banyak teks yang panjang. 

Bisa jadi kamu salah satu dari banyak orang yang mengira untuk bisa menjawab soal-soal reading comprehension itu harus membaca teks secara utuh, yang makan waktu banyak. Nah, gimana kalau sebenarnya, ada tips yang bisa bikin kamu ngerjain reading comprehension test lebih efektif dan nggak makan waktu banyak? Emang betulan bisa? Yuk simak penjelasan tentang tips-tips mengerjakan soal reading comprehension test di bawah ini!

reading comprehension

 

1. Read the questions first.

Seringkali insting banyak orang ketika mengerjakan soal reading comprehension test adalah membaca teksnya terlebih dahulu, kemudian membaca pertanyaannya. Tapi nyatanya itulah yang bikin waktu mengerjakan soal habis. If you read the question first, then you will know what answers you need to look for in the texts

Sebut saja terdapat teks sepanjang lima paragraf. Tanpa membaca pertanyaannya terlebih dahulu, kamu langsung membaca teks secara keseluruhan. Ketika melihat pertanyaan pertama, ternyata yang dicari hanyalah kalimat utama dari paragraf pertama. Bisa jadi, setelah kamu membaca teks secara keseluruhan, lalu membaca pertanyaannya, kamu bisa aja lupa sama apa yang udah kamu baca. Jadinya kamu baca ulang teksnya. Oleh karena itu, penting banget untuk membaca pertanyaannya terlebih dahulu. Jadi kamu nggak akan membaca teksnya berulang-ulang kali.

 

2. Figure out what type of question it is.

Ada beragam jenis pertanyaan di dalam soal reading comprehension test. Seperti antonym and synonym, main idea, the author’s purpose, cause and effect relationship dan lain-lain. Karena sebelumnya kamu membaca pertanyaannya terlebih dahulu, sekarang tentukan apa jenis pertanyaannya. Dengan begitu, kamu akan tahu apa yang harus kamu cari di dalam teks, sehingga akhirnya lebih mudah mencari jawabannya.

Bayangin aja kalau kamu udah baca keseluruhan teks, yang ternyata makan waktu 15 menit, eh nggak taunya yang ditanya synonym dari satu kata yang digarisbawahi. Sayang banget ya?

 

3. Circle the keywords, scan them, and look for them.

Selanjutnya, lingkari kata kunci dan cari di dalam soal. Yang harus kamu pahami adalah jawaban-jawaban soal reading comprehension test akan selalu ada di dalam teks. Tapi yang jadi masalah, teksnya bisa jadi panjang banget, sedangkan jawabannya bisa jadi hanya sepotong informasi aja. Caranya adalah catat kata kunci yang disebutkan di pertanyaannya. Misalnya yang ditanyakan adalah informasi tentang angka-angka atau informasi tentang 5W+1H, kamu perhatikan kata kunci tersebut, terus cari jawabannya di dalam teks.

 

Selain latihan mengerjakan soal reading comprehension test, kamu juga harus tahu terkait kemampuan bahasa Inggris lainnya, supaya kamu bisa menimbang kemampuan apa yang belum kamu kuasai. Caranya cukup ikuti placement test dari English Academy ini aja. Gratis sama dapat seritifkat, lho!

Placement Test English Academy

 

4. Get familiar with skimming and scanning.

Setelah melingkari kata kunci, lakukan teknik membaca skimming dan scanning. Apa sih membaca skimming dan scanning itu? Teknik membaca skimming adalah membaca dengan cepat untuk mendapatkan gambaran umum sebuah wacana atau teks. Sedangkan teknik membaca scanning adalah teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lain.

Nah, kamu bisa menggunakan kedua teknik ini tergantung dari situasi yang harus kamu kerjakan. Misalnya kamu harus mencari sinonim atau antonim dari suatu kata yang disebutkan di soal. Kamu bisa menggunakan teknik membaca scanning. Nggak perlu membaca keseluruhan teks. Cukup cari kata apa yang disebutkan di soal tersebut. Nah, kalau kamu ditanya tentang what is the purpose of the text, kamu bisa menggunakan teknik membaca skimming untuk mendapatkan gambaran umum terkait teks yang disediakan.

 

5. Practice a lot.

Terakhir dan nggak kalah penting, banyak-banyak latihan. Latihan ini tentunya nggak harus mengerjakan soal aja lho, tergantung dari kemampuan membaca apa yang ingin kamu kuasai. Misalnya kamu ingin memiliki vocabulary yang beragam, atau sinonim dan antonim, atau memahami teks. Kamu harus membaca banyak teks berbahasa Inggris. Misalnya artikel di internet, majalah, koran, atau bahkan cerita pendek dan novel bahasa Inggris.

Kalau kamu mau melatih kemampuan menjawab soal dalam waktu yang terbatas, kamu bisa berlatih mengerjakan soal. Kamu bisa menggunakan timer untuk bisa mengetahui berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk bisa menjawab suatu soal.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tips-tips mengerjakan soal reading comprehension test. Salah satu hal yang harus kamu pahami adalah memahami cara membaca teks bahasa Inggris dengan efektif. Yaitu nggak harus membaca teks yang ada pada soal secara keseluruhan. Cukup mencari apa yang ditanyakan di soalnya saja sesuai kata kuncinya, dan membaca dengan teknik skimming dan scanning. Nggak kalah penting, jangan lupa untuk sering-sering latihan. You know what they say, practice makes perfect.

Oh iya, kalau kamu masih ingin belajar lebih lanjut tentang bahasa Inggris, kamu bisa lho gabung dengan English Academy. Kamu bakal belajar menggunakan kurikulum cambridge dan diajarkan oleh Native Speaker yang berpengalaman. Jadi, yuk gabung sekarang juga!

English Academy

Referensi:

ESL Activity. ND. English Reading Tips. (online at)  https://www.eslactivity.org/english-reading-test-tips/ [accessed 04 October 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.