5 Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya

motivation letter bahasa inggris

Motivation letter ternyata tak hanya digunakan untuk mendaftar beasiswa. Eh, kamu sudah tahu apa itu motivation letter? Surat ini berbeda dengan cover letter. Lihat perbedaan dan cara membuatnya melalui artikel ini!

--

Ketika ingin melamar kerja, biasanya seorang kandidat akan sibuk untuk mempersiapkan cover letter. Tapi, jika hendak mengikuti seleksi beasiswa dan organisasi, salah satu surat yang harus kamu buat adalah motivation letter.

Motivation letter berbeda dengan cover letter. Namun, kedua surat tersebut sangat menentukan lolos tidaknya seseorang dalam proses seleksi. Melalui kedua dokumen tadi, kamu bisa menulis personal statement sesuai dengan bidang yang kamu lamar.

Supaya peluang diterima-mu semakin besar, mari pahami dulu apa itu motivation letter, serta pelajari bagaimana struktur dan cara membuatnya.

Tenang, artikel ini sudah dilengkapi juga dengan contoh motivation letter bahasa Inggris yang baik dan benar, kok. Simak sampai habis ya!

 

Apa Itu Motivation Letter?

Motivation letter adalah surat yang bertujuan untuk menjelaskan motivasi/alasan, ketertarikan, tujuan, dan rencana yang akan dilakukan ke depannya ketika seseorang melamar sebuah program.

Dalam membuat motivation letter, kamu juga dapat 'mempromosikan' diri dengan cara menuliskan berbagai pengalaman atau latar belakang pendidikan yang relevan. 

 

Motivation Letter Digunakan Untuk Apa?

Motivation letter biasanya dibuat sebagai syarat apply beasiswa di universitas internasional untuk semua jenjang.

Sebagian besar masyarakat memandang bahwa motivation letter erat kaitannya dengan scholarship di kampus luar negeri. Padahal, motivation letter digunakan juga untuk beberapa program di bawah ini:

  • Sebagai syarat melamar program pendidikan (beasiswa atau non beasiswa) untuk tingkat sarjana, pascasarjana, dan doktoral baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  • Dokumen pendukung untuk apply di NGO (non-profit organization) baik sebagai pegawai atau volunteer.
  • Cocok untuk menambah value saat mendaftar internship di instansi tertentu.

Oh ya, motivation letter tak jarang disebut juga dengan personal essay, letter of intent, atau application letter, guys.

 

Wait, sebelum menulis motivation letter, coba kenali terlebih dahulu sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggris-mu. Hmm, kira-kira apa yang harus di-improve ya? Yuk, cari tahu melalui Placement Test GRATIS dari English Academy! Ikuti tesnya dan dapatkan sertifikatnya!

Placement Test English Academy

 

Apa Perbedaan Motivation Letter dan Cover Letter?

Motivation letter cenderung menjelaskan bagaimana cara seseorang untuk mencapai tujuan, sedangkan cover letter lebih menonjolkan tentang apa saja pengalaman, skill,  dan achievement yang sudah berhasil dicapai seseorang.

 

perbedaan motivation letter dan cover letter

 

Oleh karena itu, yang menarik dari motivation letter adalah poin mengenai future plan. Contoh, biasanya untuk beasiswa LPDP di luar negeri, calon mahasiswa harus memaparkan apa rencana mereka setelah lulus dan kembali pulang ke Indonesia.

 

Bagaimana Format Penulisan Motivation Letter?

Panjang motivation letter umumnya berkisar antara 500 sampai 1000 kata dengan jumlah satu sampai dua halaman. Namun, tak ada ketentuan khusus berapa jumlah maksimal kata dalam motivation letter.

Selain itu, tak jarang beberapa penyelenggara sudah menyediakan format khusus dalam penulisan motivation letter.

Jika tak ada rules tertentu, maka kamu bisa menulis motivation letter dengan format standar, yaitu font Times New Roman dengan ukuran 12, layout kertas A4, serta penulisan dalam 1.5 space.

 

Apa Saja Isi Motivation Letter?

Isi motivation letter terdiri dari informasi personal, experience, skill dan ability, minat dan ketertarikan terhadap program yang dituju, serta rencana masa depan yang relevan.

Berikut penjelasan detailnya:

1. Pemaparan singkat mengenai informasi pribadi, educational background, serta profesional experience.

2. Tuliskan pengalaman kerja secara detail dan social experience yang relate dengan program tujuanmu. Misal, kamu membuat motivation letter untuk beasiswa Chevening jurusan Public Policy, maka uraikan experience dan impact yang pernah kamu lakukan di bidang tersebut.

3. Jika kamu tertarik untuk apply beasiswa di luar negeri, ungkapkan alasan yang membuatmu yakin bahwa negara dan kampus pilihanmu bisa jadi tujuan belajar yang tepat.

Kalau melamar untuk magang atau organisasi, sampaikan juga apa hal yang membuatmu tertarik melamar ke instansi tersebut, salah satu contohnya mungkin perusahaan tersebut memiliki company goals yang sejalan denganmu, dan lain sebagainya.

4. Jelaskan skill dan ability yang dimiliki (yang relevan dengan tujuan kamu). Kamu juga dapat menjelaskan pencapaian terbesar apa yang pernah didapatkan dari keahlian tersebut.

5. Dalam pengajuan beasiswa, tuliskan juga mata kuliah atau konsentrasi yang ingin kamu dalami. Dengan begitu, kamu akan dinilai sebagai kandidat yang mendaftar beasiswa karena sungguh-sungguh, bukan hanya coba-coba semata.

6. Highlight apa yang jadi keunggulan dirimu, mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk jadi penerima beasiswa/jadi bagian dari sebuah instansi.

7. Terakhir, apabila melamar untuk beasiswa, kamu dapat meyakinkan pihak perekrut dengan menjelaskan rencana ke depannya jika sudah lolos beasiswa/universitas, serta apa yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti.

Kalau melamar untuk magang atau organisasi, maka sampaikan dengan jelas mengenai apa ide, gebrakan, atau kontribusi yang bisa kamu berikan ke depannya.

 

Struktur Motivation Letter Bahasa Inggris

Struktur motivation letter pada dasarnya terdiri dari 4 bagian, yaitu title + header, introduction, body, dan conclusion.

Keseluruhan isi motivation letter bisa ditulis dalam 5-7 paragraf dengan badan dipisahkan menjadi 3-4 paragraf. Ini hanya salah satu cara agar surat lebih mudah dibaca dan poin tulisan bisa tersampaikan dengan lebih maksimal

Namun, tentunya struktur ini tidaklah baku. Pasalnya, sudah banyak beasiswa luar negeri yang memiliki format tersendiri untuk penulisan motivation letter.

Sebagai contoh, pada beasiswa Turkiye Burslari (beasiswa pemerintah Turki), pihak panitia telah menyediakan beberapa pertanyaan yang akan diisi oleh kandidat, termasuk di dalamnya memuat pertanyaan tentang mini thesis untuk rencana studi jika lolos sampai tahap akhir.

Bagaimana kalau tidak ada formatnya? Here we go, inilah struktur motivation letter yang bisa kamu susun:

1. Header (Title and Detail Contact)

Pada bagian atas surat, tuangkan judul sesuai dengan tujuan suratmu. Contoh "Letter of Motivation for [beasiswa/instansi yang dituju]. 

Ingat, cantumkan juga detail kontakmu, contohnya:

 

Letter of Motivation for Ruang Hati Scholarship

February 12, 2021
Intan Aulia Husnunnisa
Kemang Raya, West Jakarta
112 2334 0897
intanlia@gmail.com

 

2. Salutation & Introduction (Salam & Pengantar/Paragraf Pembuka)

Mulailah dengan sapaan formal dan langsung ke pokok permasalahan dengan menyebutkan tujuan surat tersebut.

Tips! Buatlah paragraf pembuka yang menarik perekrut atau panitia untuk membaca motivation letter kamu sampa akhir. Coba tuliskan sesuatu yang paling menonjol dari dirimu dengan menyesuaikan kualifikasi yang diminta.

Lihat contoh di bawah ini:

Dear Joe,

My name is Azka Rais, and I would like to express my interest in applying for the Doctoral program in political science at Sanghiang University. I’ve always dreamed of becoming a politician and helping give back to my country, and I believe that a Ph.D. in politics from Sanghiang University would set me miles ahead to reaching my goal.

Ingat! Jika pihak penyelenggara memberikan pertanyaan spesifik, maka pastikan untuk menulis motivation letter yang jawabannya relevan dengan pertanyaan tersebut.

3. Body Letter (Inti Surat)

Nah, setelah paragraf pembuka, maka pada paragraf kedua bisa diisi dengan penjelasan lebih detail kenapa kamu tertarik dengan program tersebut.

Sampaikan tentang kompetensi, awards, dan hal lain yang akan jadi 'aset' berharga untuk instansi/kampus tujuanmu.

Kemudian, ceritakan mengapa program tersebut begitu penting, plus bagaimana kamu yakin bahwa program tersebut bisa membantu mencapai tujuan sebelumnya. Contoh:

I developed my passion for Online Marketing during my internship at Bisa Saja company. Working in a small startup allowed me to get surface-level experience in most digital marketing channels. Now, I would like to deep-dive and gain advanced know-how by attending the Sanghiang University program in Digital Marketing.


4. Conclusion/Close Strong/Closing Statement (Penutup)

Tunjukkan keinginanmu untuk belajar dan berkontribusi pada instansi yang dituju. Kamu bisa mengungkapkannya dengan kalimat seperti, “It would be an honor and the start of a long …”

Jangan lupa, akhiri semua yang telah kamu tulis dengan ucapan terima kasih, kemudian tekankan kembali bahwa kamu akan sangat menanti kabar baik selanjutnya dari pihak penyelenggara.

Di bawah ini merupakan contoh close strong jika kamu melamar menjadi volunteer di sebuah shelter hewan:

Thank you for taking the time to read through my motives for applying for your open Shelter Volunteer role. I relish the chance to discuss with you in person how my unconditional love for animals of all kinds makes me an ideal candidate. You can reach me at (123) 456-7890 or sasha.hani@gmail.com, and I look forward to hearing from you soon.

Motivation letter akan lebih baik jika diubuhi tanda tangan dan nama lengkap. Namun, beberapa program beasiswa tidak mewajibkan bagian ini.

 

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Menulis Motivation Letter

 

1. Lakukan Penelitian

Sebelum mulai menulis motivation letter, kamu harus mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan program, universitas pilihan, atau organisasi dan perusahaan tujuan.

Kamu bisa menemukan segala informasi yang berkaitan dengan program dan universitas pilihanmu dalam website universitas. Melakukan hal ini akan membantu kamu mengetahui siapa universitas pilihanmu secara lebih mendalam.

2. Perhatikan Apa yang Kampus Kamu Harapkan ada Pada Motivation Letter

Setiap universitas memiliki jawaban tertentu yang ingin mereka temukan dalam motivation letter kamu. Di acara Catatan Najwa, Maudy Ayunda menyatakan bahwa dua kampus pilihannya menginginkan jawaban yang berbeda dalam motivation letter.

Oops, spoiler alert! Kata Maudy, Harvard University lebih menginginkan Maudy untuk menjelaskan mengapa dirinya mau mengambil program pilihannya.

Sementara itu, Stanford University justru mencoba untuk mencari tahu apa yang menjadi hal terpenting dalam hidup Maudy. Hm, ternyata beda banget ya pertanyaannya?

3. Promosikan Dirimu

Sebelum menulis outline untuk motivation letter kamu, sisihkan waktu untuk melakukan refleksi diri, ya. Dengan melakukan refleksi diri, kamu akan menemukan siapa dirimu yang sesungguhnya. Jangan lupa untuk tetap jujur tentang dirimu sendiri, ya!

4. Buatlah Outline

Tahap selanjutnya adalah membuat outline untuk membantu kamu menyusun motivation letter yang rapi dan komprehensif. 

Pertama, pikirkan pernyataan yang ingin kamu ungkapkan dalam motivation letter. Kedua, kamu bisa menulisnya pada post it terlebih dahulu dalam bentuk poin-poin. Ketiga, kamu perlu menyeleksi poin mana yang benar-benar perlu untuk kamu ungkapan dalam motivation letter dan mengatur penempatannya.

Jangan bertele-tele ya! Semakin panjang motivation letter kamu bukan berarti semakin baik, loh. Keep it short and meaningful!

Baca Juga: Cara Presentasi Bahasa Inggris yang Keren untuk Curi Perhatian Audiens!

5. Proofread

Outline yang sudah dibuat tentu perlu kamu isi secara rapi dan terstruktur. Jika sudah, jangan buru-buru untuk submit. Lakukan proofread terlebih dahulu, pastikan tidak ada typo dan terhindar dari ejaan yang tak sesuai.

Make sure juga kalau setiap kalimat dan paragraf yang ditulis sudah koheren ya! 

6. Mintalah Umpan Balik dari Orang Sekitarmu

Setelah rampung menulis surat ini, mintalah feedback dari orang-orang terdekat. Atau, kamu juga bisa mencari umpan balik dari orang-orang yang ahli di bidangnya.

 As we know, saat ini banyak sekali komunitas atau lembaga yang memiliki jasa review untuk motivation letter.

 

Hal yang Harus Dihindari dalam Penulisan Motivation Letter Bahasa Inggris

Ketika menulis motivation letter, ada beberapa poin yang harus kamu hindari. Berikut daftarnya:

1. Do not lie

Percaya atau tidak, saat kita menulis sesuatu yang tidak sesuai fakta, pembaca dapat mengetahuinya, lo. Kamu tidak perlu menceritakan kisah palsu hanya untuk meningkatkan 'pencapaian' atau value dirimu. Untuk itu, jangan sampai berbohong ya!

2. Avoid grammar mistakes

Sam halnya seperti surat lamaran kerja, motivation letter adalah surat yang bersifat formal. Maka dari itu, ia memiliki rules yang lebih strict dalam ejaan atau grammar. Kamu bisa melakukan pengecekan pada seseorang yang mahir berbahasa Inggris.

Selain itu, pahami aturan dan cara menulis surat formal dalam artikel Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris (Formal Letter) dan Cara Membuatnya

3. Keep it formal (avoid slang words)

Untuk membuat motivation letter, kamu membutuhkan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris yang bersifat formal.

Kata-kata gaul bahasa Inggris seperti yang ada di daftar 180 Slang Bahasa Inggris (Slang Words) yang Bikin Ngobrol Makin Asik! nggak boleh kamu gunakan dalam penulisan motivation letter ya!

 

5 Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris dan Artinya (

5 Examples of Motivation Letter)

Berikut ini beberapa contoh template motivation letter bahasa Inggris dan artinya:

1. Contoh Motivation Letter untuk Internship (Magang) dalam Bahasa Inggris

January 14, 2023
Devi Lianovanda
22 Buahbatu Street
(123) 567-890
devi.lia@gmail.com

 

Dear Mr. Samsudin,

I'm writing to you regarding the marketing role that opened up recently. I came across the job description on ZipRecruiter, and was delighted to find that my academic accomplishments meet all of the necessary requirements. I am seeking a challenging but rewarding internship, which is why I was drawn to this exciting opportunity.

As a junior marketing student at the University of Georgia. I have acquired skills in advertising, PR, product development, and market research. Currently, I hold a 3.8 GPA and have been on the Dean's List every semester. While in the college of business I have strategically focused my coursework in the following areas:

  • Marketing Analytics
  • Marketing Management
  • Survey Research
  • Strategic Internet Marketing
  • Integrated Marketing Communications

Using my knowledge of the above. designed a marketing campaign for a local pet grooming business that yielded the highest return on investment based on a budget. The campaign was so well received that I was awarded third place in UGA's business plan competition.

I would be delighted to have an opportunity to personally interview with you. Please accept the enclosed resume and feel free to contact me at your earest convenience. I appreciate your time and consideration.

 

Sincerely
Devi Lianovanda

Artinya

14 Januari 2023
Devi Lianovanda
Jalan Buahbatu No, 22
(123) 567-890
devi.lia@gmail.com

 

Bapak Samsudin yang Terhormat,

Saya menulis surat untuk lowongan Marketing yang sedang dibuka baru-baru ini. Saya menemukan deskripsi pekerjaan di ZipRecruiter, dan senang mengetahui bahwa pencapaian akademis saya memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Saya mencari tempat magang yang menantang tetapi bermanfaat, itulah sebabnya saya tertarik pada kesempatan yang menarik ini.

Sebagai mahasiswa Junior Marketing di University of Georgia, saya telah memperoleh keterampilan dalam periklanan, PR, pengembangan produk, dan riset pasar. Saat ini, saya memegang IPK 3,8 dan telah berada di daftar dekan setiap semester. Sementara di perguruan tinggi bisnis saya secara strategis memfokuskan kursus saya di bidang-bidang berikut:

  • Analisis Pemasaran
  • Manajemen Pemasaran
  • Penelitian survei
  • Pemasaran Internet Strategis
  • Komunikasi Pemasaran Terpadu

Melalui pengetahuan saya di atas, saya berhasil merancang kampanye pemasaran untuk bisnis perawatan hewan peliharaan lokal yang menghasilkan laba atas investasi tertinggi berdasarkan anggaran. Kampanye ini diterima dengan sangat baik sehingga saya dianugerahi posisi ketiga dalam kompetisi rencana bisnis UGA.

Saya akan senang jika memiliki kesempatan untuk diwawancara oleh Anda secara personal. Harap terima resume terlampir dan jangan ragu untuk menghubungi saya kapan pun Anda mau. Saya menghargai waktu dan pertimbangan Anda.

 

Dengan sungguh-sungguh,
Devi Lianovanda

 

2. Contoh Motivation Letter untuk Pendaftaran Beasiswa Master dalam Bahasa Inggris

Fahri Naninu
9876 Santa St.
Kemang, Jayakarta

The Scholarship Committee
123 Learning Rd. Suite 4A
Cijambe, Bandung

To whom it may concern:

My name is Fahri Naninu and I am a third year student at Mulia Raya State University. I am currently pursuing a five-year Bachelor of Architecture Degree. My plan is to follow up with a one-year master’s degree after I graduate.

In high school, I worked extensively with my local Habitat for Humanity branch to help build homes for low income families. I learned about the construction process from the ground up, and I discovered the importance of function in architectural design. The homes we built during my four years as a volunteer were never extravagant. They served their purpose and became a beacon of hope for their owners.

My education has been focused on this mindset: function over form, stability over showmanship. I have enrolled in several classes that crossover to the Architectural Engineering major. My goal is to have a comprehensive view of how design meets structure. I have worked on three extra-credit residential design projects under the supervision of my architecture professors (Dr. Joe and Dr. Jeffry). This helped speed up my research and education.

My goal is to become an architect to create accessible, affordable housing opportunities in underprivileged communities. Living in a college town, I have seen countless rental properties available. Yet there are few homes for sale that are affordable enough for college students and first-time buyers. This is the case in many towns throughout Indonesia, especially areas with a low standard of living.

I want to create neighborhoods that include affordable starter homes. This would enable low and middle-class families to build equity, avoid excessive debt, and create financial stability for their futures.

This summer, I will intern with LMNOP Architects. Upon completion of my master’s degree, I hope to continue there as I further develop my skills. After working under acclaimed residential architects Suzan Craft and Peter Wood, I would like to open my own architectural firm focused on developing inexpensive, high-quality housing. I also would like to work with Habitat for Humanity again, this time as an architect instead of a general laborer. I believe firmly in their mission to build “a world where everyone has a decent place to live.” I appreciate your consideration. With your help, I can continue my schooling in architecture and design to bring accessible homes to those in need.

Sincerely,
Fahri Naninu

Artinya

Fahri Naninu
9876 Santa St.
Kemang, Jayakarta

Panitia Beasiswa
123 Belajar Rd. Suite 4A
Cijambe, Bandung

Untuk perhatian:

Nama saya Fahri Naninu dan saya mahasiswa tahun ketiga di Universitas Negeri Mulia Raya. Saat ini saya sedang mengejar gelar Sarjana Arsitektur lima tahun. Rencana saya adalah untuk menindaklanjuti dengan gelar master satu tahun setelah saya lulus.

Di sekolah menengah, saya bekerja secara ekstensif dengan cabang Habitat for Humanity setempat untuk membantu membangun rumah bagi keluarga berpenghasilan rendah. Saya belajar tentang proses konstruksi dari bawah ke atas, dan saya menemukan pentingnya fungsi dalam desain arsitektur. Rumah yang kami bangun selama empat tahun sebagai sukarelawan tidak pernah mewah. Mereka melayani tujuan mereka dan menjadi mercusuar harapan bagi pemiliknya.

Pendidikan saya telah difokuskan pada pola pikir ini: Fungsi di atas bentuk, stabilitas di atas kecakapan memainkan pertunjukan. Saya telah mendaftar di beberapa kelas yang berpindah fokus ke jurusan Teknik Arsitektur. Tujuan saya adalah untuk memiliki pandangan yang komprehensif tentang bagaimana desain memenuhi struktur. Saya telah mengerjakan tiga proyek desain perumahan ekstra kredit di bawah pengawasan profesor arsitektur saya (Dr. Joe dan Dr. Jeffry). Ini membantu mempercepat penelitian dan pendidikan saya.

Tujuan saya adalah menjadi seorang arsitek untuk menciptakan peluang perumahan yang terjangkau di komunitas yang kurang mampu. Tinggal di kota perguruan tinggi, saya telah melihat banyak properti sewaan yang tersedia. Namun ada beberapa rumah dijual yang cukup terjangkau untuk mahasiswa dan pembeli pertama kali. Ini adalah kasus di banyak kota di seluruh Indonesia, terutama daerah dengan standar hidup yang rendah.

Saya ingin menciptakan lingkungan yang mencakup rumah pemula yang terjangkau. Hal ini akan memungkinkan keluarga kelas bawah dan menengah untuk membangun ekuitas, menghindari utang yang berlebihan, dan menciptakan stabilitas keuangan untuk masa depan mereka.

Musim panas ini, saya akan magang dengan LMNOP Architects. Setelah menyelesaikan gelar master saya, saya berharap untuk melanjutkan di sana karena saya lebih mengembangkan keterampilan saya. Setelah bekerja di bawah arsitek perumahan terkenal Suzan Craft dan Peter Wood, saya ingin membuka firma arsitektur saya sendiri yang berfokus pada pengembangan perumahan murah dan berkualitas tinggi. Saya juga ingin bekerja dengan Habitat for Humanity lagi, kali ini sebagai arsitek, bukan sebagai buruh umum. Saya sangat percaya pada misi mereka untuk membangun “sebuah dunia di mana setiap orang memiliki tempat tinggal yang layak.” Saya menghargai pertimbangan Anda. Dengan bantuan Anda, saya dapat melanjutkan sekolah saya di bidang arsitektur dan desain untuk menghadirkan rumah yang dapat diakses oleh mereka yang membutuhkan.

Dengan sungguh-sungguh,
Fahri Naninu

 

3. Contoh Motivation Letter untuk Beasiswa Doktoral dalam Bahasa Inggris 

Intan Aulia
intan.aul@gmail.com
416-821-9879
New York, USA

Maria Winter, Ph.D.
maria.winter@harvard.edu
Department of Political Science at Harvard University
Cambridge, MA 02138, USA 10-15-2018

To whom it may concern,

I am writing to express my interest in the doctoral program in the Department of Political Science at Harvard University, as it has always been my age-long ambition to become a political advisor to the President of the United States of America.

Thanks to the swift progress of my Bachelors and Masters degrees, it is glaring that studying and doing research are endeavors would like to engage in even more. While studying for my BSc in Behavioural Psychology at Yale University, I developed a strong interest in the interaction between individuals and their environment and I found this very intriguing and interesting, specifically its influence in World politics today After my Bachelors, I pursued a Master's degree in Political Communications also at Yale University, which I completed in January 2018.

Believe that there is no better place to continue my academic career in Politics as it relates to Behavioral Psychology than the Political Science department of Harvard University. consider it a very rich experience to get the opportunity to meet students from all over the world and learn about their culture and values Hence, courses like Democracy and Citizenship, Public Policy Analysis and Management of Religious Diversity would give me more insight into how politics is affected in the world today by many other factors aside Behavioral Psychology Considering the pedigree as well as the content of the Master's degree in Political Science at Yale University, combined with the knowledge have garnered from my previous studies, I am confident that this Ph.D brings me a step closer to my goal of becoming a political Advisor to the President of the United States.

I believe that I am a very diligent and highly motivated student while studying for my Bachelors and my Masters. I did not fall any exam or fail to turn in any due assignment am certain to push through with the dedication have always worked with. To accomplish my goals, gain more knowledge and insight into political science developed a very deep interest in politics from my experience in working with the Dr. Harry at Ministry of Politics a political party in South Asia. 

Studying Political Science of Harvard University is an opportunity would love to dedicate my self too wholeheartedly and hope that during my stay in Boston Massachusetts, I be able to contribute to the community in the best way that can. Considering my academic performance so far and my desire to enrich mane and others knowledge in political science, I am convinced that I will be a valuable person, and I hope to be given this chance because I am confident that to capable of meeting and even exceeding your expectations.

Thank you for considering my application. I relish the chance to discuss with you in person regarding the political science.

Sincerely,
Intan Aulia

Artinya

Intan Aulia
intan.aul@gmail.com
416-821-9879
New York, AS

Maria Winter, Ph.D.
maria.winter@harvard.edu
Departemen Ilmu Politik di Universitas Harvard
Cambridge, MA 02138, AS 15-10-2018

 

Untuk perhatian,

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya pada program doktoral di Departemen Ilmu Politik di Universitas Harvard, karena ambisi lama saya adalah menjadi penasihat politik Presiden Amerika Serikat.

Berkat kemajuan pesat gelar Sarjana dan Magister saya, sangat mencolok bahwa belajar dan melakukan penelitian adalah upaya yang ingin saya lakukan lebih banyak lagi. Saat belajar untuk BSc saya dalam Psikologi Perilaku di Universitas Yale, saya mengembangkan minat yang kuat dalam interaksi antara individu dan lingkungan, dan saya lihat ini sangatlah menarik, khususnya untuk pengaruh dalam politik dunia saat ini. Setelah Sarjana saya, saya mengejar gelar Master dalam Komunikasi Politik juga di Universitas Yale, yang saya selesaikan pada Januari 2018.

Percayalah bahwa tidak ada tempat yang lebih baik untuk melanjutkan karir akademik saya di bidang Politik yang berkaitan dengan Psikologi Perilaku selain departemen Ilmu Politik Universitas Harvard. Ini adalah sebuah pengalaman yang sangat kaya untuk mendapatkan kesempatan untuk bertemu siswa dari seluruh dunia dan belajar tentang budaya dan nilai-nilai mereka.

Oleh karena itu, kursus seperti Demokrasi dan Kewarganegaraan, Analisis Kebijakan Publik dan Manajemen Keanekaragaman Agama akan memberi saya lebih banyak wawasan tentang bagaimana politik di dunia saat ini dipengaruhi oleh banyak faktor lain selain Psikologi Perilaku. Mempertimbangkan silsilah serta isi dari gelar Magister Ilmu Politik di Universitas Yale, dikombinasikan dengan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari studi saya sebelumnya, saya yakin bahwa Ph.D ini membawa saya selangkah lebih dekat ke tujuan saya menjadi Penasihat politik Presiden Amerika Serikat.

Saya percaya bahwa saya adalah siswa yang sangat rajin dan bermotivasi tinggi saat belajar untuk Sarjana dan Magister saya. Saya tidak gagal dalam ujian apa pun atau gagal menyerahkan tugas karena apa pun, saya pasti akan menyelesaikannya dengan dedikasi yang selalu saya kerjakan. Untuk mencapai cita-cita saya, menambah pengetahuan dan wawasan ilmu politik, saya mengembangkan minat yang sangat mendalam pada politik dengan pengalaman saya bekerja bersama Dr. Harry di Kementerian Politik sebuah partai politik di Asia Selatan.

Mempelajari Ilmu Politik Universitas Harvard adalah kesempatan yang ingin sekali saya dedikasikan dengan sepenuh hati dan berharap selama saya tinggal di Boston Massachusetts, saya dapat berkontribusi kepada masyarakat dengan cara terbaik yang dapat dilakukan. Mempertimbangkan prestasi akademis saya selama ini dan keinginan saya untuk memperkaya pengetahuan surai dan orang lain dalam ilmu politik, saya yakin bahwa saya akan menjadi orang yang berharga, dan saya berharap diberi kesempatan ini karena saya yakin bahwa saya dapat bertemu dan bahkan melebihi harapan Anda.

Terima kasih telah mempertimbangkan aplikasi saya. Saya senang mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan Anda secara pribadi mengenai ilmu politik.

Sungguh-sungguh,
Intan Aulia

 

4. Contoh Motivation Letter untuk Organisasi dalam Bahasa Inggris

Marisya Lan
55118 Main Rheinallee 24 Germany
Phone: (449-6131) 999116
e-mail: medicus@sklepios.de

The Secretary Admissions Office
January 19th, 2004
Banting University Medical School
2000 Inu Drive Carttoons, (Province) SL3 7NV
Canada


Dear Madam or Sir,

I am a 4th year medical student at Maire University in Germany. I would like to apply for an elective period (one month) at Banting University Medical School, preferably in the paediatrics department. The clinical subjects that I studied during the last three semesters were the physical examination of patients, emergency medicine, general pathology, clinical chemistry, pharmacology, microbiology, public hygiene, industrial medicine, forensic science, and internal medicine.

Paediatrics is, however, my preferred branch because it includes nearly all major medical fields, and, besides, I enjoy working with children. I have already gained more than average expenence in this area, having worked in the University's paediatrics department as a part-time auxiliary nurse since November 2002. I have already completed elective periods in gynaecology and obstetrics at another Mainz hospital (Hildegard's Hospital), where I attended and assisted at several births As I am seriously considering specializing in paediatrics after 1 qualify as an M.D.

I am keenly interested in acquiring more theoretical knowledge and practical skills in this area, especially in the taking of medical histories and nursing care. I would hope to being given the opportunity to lern a great deal from clinical staff at Banting University Medical School.

Being present at rounds and when various medical procedures are great. In addition, I would hope to be able to take pan in appropriate programmes of further education, should these be on offer it might be appropriate to mention that I am reasonably familiar with laboratory work.

Experimental work is required for thesis which is under way at the institute of human genetics. It is my hope learn more about medical education and health care systems in other countries and to experience other methods of hospital organisation and provision of medical care. Canada is my first choice as a foreign country for my clerkship, both because fellow students have spoken very highly of medical education there, and because I visited Canada in summer 1996 and fell in love with the country am very eager to return, if possible this summer.

Attached a curriculum vitae and a reference from the Dean of the Maine University Medical School. Please contact me if you require any further details or documents (eg certificates for courses I passed). I hope to hear from you in the near future.


Yours fully,
Marisya Lan

Artinya

Marisya Lan
55118 Main Rheinallee 24 Jerman
Telepon: (449-6131) 999116
email: medicus@sklepios.de

Kantor Penerimaan Sekretaris
19 Januari 2004
Fakultas Kedokteran Universitas Banting
2000 Inu Drive Carttoons, (Provinsi) SL3 7NV
Kanada


Nyonya atau Tuan yang terhormat,

Saya seorang mahasiswa kedokteran tahun ke-4 di Universitas Maire di Jerman. Saya ingin mendaftar untuk periode elektif (satu bulan) di Fakultas Kedokteran Universitas Banting, lebih disukai di departemen pediatri. Mata kuliah klinis yang saya pelajari selama tiga semester terakhir adalah fisika, pemeriksaan pasien, pengobatan darurat, patologi umum, kimia klinik, farmakologi, mikrobiologi, kesehatan masyarakat, kedokteran industri, ilmu forensik, dan penyakit dalam.

Namun, pediatri adalah cabang pilihan saya karena mencakup hampir semua bidang medis utama, dan selain itu, saya senang bekerja dengan anak-anak. Saya telah memperoleh lebih dari rata-rata pengeluaran di bidang ini, setelah bekerja di departemen pediatri Universitas sebagai perawat tambahan paruh waktu sejak November 2002. Saya telah menyelesaikan periode elektif dalam ginekologi dan kebidanan di rumah sakit Mainz lain (Rumah Sakit Hildegard), di mana Saya menghadiri dan membantu beberapa kelahiran Karena saya serius mempertimbangkan untuk mengkhususkan diri dalam pediatri setelah 1 memenuhi syarat sebagai M.D.

Saya sangat tertarik untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis di bidang ini, terutama dalam pengambilan sejarah medis dan asuhan keperawatan. Saya berharap diberi kesempatan untuk belajar banyak dari staf klinis di Fakultas Kedokteran Universitas Banting.

Hadir di putaran dan ketika berbagai prosedur medis sangat bagus. Selain itu, saya berharap dapat mengikuti program pendidikan lanjutan yang sesuai, jika ini ditawarkan, mungkin tepat untuk menyebutkan bahwa saya cukup akrab dengan pekerjaan laboratorium.

Pekerjaan eksperimental diperlukan untuk tesis yang sedang berlangsung di institut genetika manusia. Ini adalah harapan saya belajar lebih banyak tentang pendidikan kedokteran dan sistem perawatan kesehatan di negara lain dan mengalami metode lain dari organisasi rumah sakit dan penyediaan perawatan medis. Kanada adalah pilihan pertama saya sebagai negara asing untuk kepaniteraan saya, baik karena sesama siswa telah berbicara sangat tinggi pendidikan kedokteran di sana, dan karena saya mengunjungi Kanada pada musim panas 1996 dan jatuh cinta dengan negara itu, saya sangat ingin kembali, jika memungkinkan musim panas ini.

Terlampir daftar riwayat hidup dan referensi dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Maine. Silakan hubungi saya jika Anda memerlukan perincian atau dokumen lebih lanjut (mis. sertifikat untuk kursus yang saya lewati). Saya berharap untuk mendengar dari Anda dalam waktu dekat.


Milikmu sepenuhnya,
Marisya Lan

 

5. Contoh Motivation Letter untuk Relawan dalam Bahasa Inggris

Christina Angel
Model Town
Malibu Point
California 10880

Shane Watson
Manager at Human Welfare

Dear Madam/Sir,

I'm writing this motivation letter as the medium of explaining my strong will to participate in your organization. I have always been a huge fanatic of noble work from the organization. I'm here stating my strong will to join the organization as the volunteer hand of the organization. Further, I have a decent amount of experience as a volunteer to participate in several occasions to serve my part.

I once served in the severe climate change challenges occasions across the various part of California. Further. In a similar manner. I have contributed to human welfare across various places of the country. At last. I'm concluding my letter as the humble request to be part of the organization. So, I believe my strong will of serving will be taken care by the noble vision of the organization.

Thank you for your willingness to read this letter, I really hope to get further good news from you.

Warm regards,
Christina Angel

Artinya

Christina Angel
Kota Model
Titik Malibu
Kalifornia 10880

Shane Watson
Manager di Kesejahteraan Manusia

Nyonya/Tuan yang terhormat,

Saya menulis surat motivasi ini sebagai media untuk menjelaskan keinginan kuat saya untuk berpartisipasi dalam organisasi Anda. Saya selalu menjadi penggemar berat pekerjaan mulia dari organisasi. Saya di sini menyatakan keinginan kuat saya untuk bergabung dengan organisasi sebagai tangan sukarela organisasi. Selanjutnya, saya memiliki pengalaman yang layak sebagai sukarelawan untuk berpartisipasi dalam beberapa kesempatan untuk melayani bagian saya.

Saya pernah bertugas di acara tantangan perubahan iklim yang parah di berbagai bagian California. Lebih jauh. Dengan cara yang sama. Saya telah berkontribusi pada kesejahteraan manusia di berbagai tempat di negara ini. Akhirnya, saya menyimpulkan surat saya sebagai permintaan rendah hati untuk menjadi bagian dari organisasi. Jadi, saya percaya keinginan kuat saya untuk melayani akan dijaga oleh visi mulia organisasi.

Terima kasih atas kesediaan Anda untuk membaca surat ini, saya sangat berharap untuk mendapatkan kabar baik selanjutnya dari Anda.

Salam hangat,
Christina Angel

 

Well done! Secara umum, itulah contoh motivation letter bahasa Inggris serta cara-cara membuatnya.

Namun, kalau kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri, akan jauh lebih baik untuk belajar membuat motivation letter langsung bersama para expert

Tentu tujuannya supaya kamu berhasil menulis surat yang outstanding dan mampu menjadi yang terbaik dari kandidat atau pendaftar lainnya.

Bingung belajarnya di mana? Ya di English Academy aja! Di sini, pengajarnya sudah tersertifikasi internasional, plus materi yang diajarkan sudah berstandard global, lho! Coba dulu Kelas Gratis-nya, yuk. Klik gambar di bawah sekarang!

 

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

 

Referensi:

Giurca, A., 2021. Write a Successful Motivation Letter for Your Master's. [online] Study Portals. Available at: https://www.mastersportal.com/articles/406/write-a-successful-motivation-letter-for-your-masters [Accessed 25 June 2021].

Isjwara, R., 2021. Motivation Letters: All You Need to Know about Writing It. [online] EHEF Indonesia. Available at: https://ehef.id/post/motivation-letters-all-you-need-know-about-writing-it/en [Accessed 25 June 2021].

Yousaf, M., 2021. [9+ Pro Tips] Write an Impressive Motivation Letter In 2020/2021. [online] Scholarship Fellow. Available at: http://scholarshipfellow.com/motivation-letter-template-scholarship-motivation-letter-template-university [Accessed 25 June 2021].

 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 19 November 2022.

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Hai! Aku Intan Aulia Husnunnisa, aku masih belajar nulis di Ruangguru. Terima kasih sudah baca tulisanku ya!