Personal Letter (Surat Pribadi Bahasa Inggris): Definisi, Fungsi, Struktur, dan Contohnya

Personal Letter

Terdapat berbagai macam latihan menulis bahasa Inggris yang dapat mengembangkan kemampuanmu, salah satunya adalah menulis personal letter. Yuk simak penjelasannya!

“Ah, ngapain nulis surat? Udah nggak zaman!”

Eits, kata siapa? Meskipun kita sudah hidup di era digital, aktivitas surat menyurat masih tetap eksis, lho.

Hanya saja, media yang digunakan untuk surat menyurat kini sudah lebih canggih, contohnya melalui e-mail alias surat elektronik.

Nah, dalam bahasa Inggris, menulis surat bisa jadi salah satu metode untuk berlatih writingguys.

Sebelumnya, English Academy sudah membahas tentang cara menulis surat resmi bahasa Inggris (formal letter). Sekarang, kita move up untuk belajar cara nulis surat pribadi atau personal letter, yuk!

 

Apa itu Teks Personal Letter?

Surat pribadi atau personal letter adalah surat tidak resmi yang berisi informasi personal seperti ungkapan perasaan, pengalaman, cerita, atau kabar tentangmu.

Umumnya, orang yang dikirimi surat pribadi adalah teman, sahabat, kerabat, anggota keluarga, atau si dia yang memang dekat denganmu secara emosional.

Well to be precise, personal letter is a type of letter that concerns personal matter and is sent from one individual to another.

Jadi, orang yang kamu kirimi personal letter nggak harus “teman”, kok. Bisa saja seseorang yang baru kamu kenal dari dunia maya.

Tapi untuk bisa ngirim personal letter itu, you need to understand what are the purposes of a personal letter dan struktur penulisannya. Cek di bawah ya!

 

Apa Fungsi Personal Letter dalam Bahasa Inggris?

Secara umum, surat pribadi berfungsi untuk memperkuat hubungan (relationship) antara si pengirim dan penerima pesan. Pasalnya, personal letter memungkinkan kamu untuk mengungkapkan sesuatu secara intim dan mendalam.

Untuk detailnya, berikut beberapa tujuan dari personal letter:

1. To inform

Karena tipe surat ini adalah personal letter yang membahas hal-hal informal, maka kamu bisa membuat sebuah surat pribadi untuk memberi tahu.

Memberi tahu apa? Apapun yang kamu ingin sampaikan.

Misalnya, kamu baru saja berkenalan dengan seseorang dari internet. Kamu ingin memberi tahu kepadanya bahwa kamu sedang liburan panjang dan kalau ada waktu luang, kamu ingin bertemu dengannya.

2. To keep in touch

Mungkin kamu sudah punya teman dari luar negeri, lalu karena nggak bisa ketemu atau jarang video call karena masing-masing sedang sibuk, you can always write them a personal letter.

Sesederhana menanyakan kabar mereka, sedang sibuk apa mereka, dan lain-lain. Nggak cuma kamu latihan praktik kemampuan bahasa Inggris, kamu juga jadi bisa terus mempererat hubungan pertemanan.

Mau nulis personal letter tapi nggak bisa bahasa Inggris? Tenang, semua bisa bahasa Inggris dalam 3 bulan!
Gimana caranya? Konsultasi gratis, yuk!

IDN CTA English Academy Mainsite

3. To share

Salah satu tujuan untuk menulis surat pribadi adalah membagikan kabar. Katakan kamu punya teman di luar negeri, karena saking dekatnya, kamu sudah sangat mengenalnya dan ingin saling bertukar kabar dan informasi.

Lalu misalnya kamu baru saja menikah, punya anak, atau misalnya baru lulus kuliah, you can always share the great news to them.

Jadi teman kamu di sana bisa ikut merayakan kabar bahagia yang baru kamu alami.

Atau mungkin kamu baru saja mendapat kabar buruk, misalnya kamu dengan salah seorang aggota keluargamu berteman baik dengan seseorang di luar negeri. Lalu anggota keluargamu itu meninggal.

Karena kamu memiliki hubungan yang cukup erat dengannya, it would be the nice thing if you inform them that one of your relative just died. They would appreciate what you’re doing dan juga turut berkabung.

4. To persuade

Selain tujuan-tujuan di atas, kamu juga bisa membuat surat pribadi bertujuan untuk membujuk orang lain. Misalnya teman kamu di luar negeri sedang liburan atau ia sedang ingin mengunjungi salah satu negara di Asia Tenggara untuk penelitiannya.

You can share them a letter to persuade them to come to Indonesia. Misalnya kamu juga menyebutkan hal-hal tempat-tempat yang harus mereka kunjungi, atau makanan tradisional yang harus mereka santap.

Baca Juga: 15 Contoh Surat Undangan Bahasa Inggris (Invitation Letter)

 

Jenis Personal Letter

Ada beberapa jenis personal letter dalam bahasa Inggris, yang bisa kamu gunakan sesuai dengan tujuan penulisan suratmu. Cek jenis-jenisnya di bawah ini, ya!

1. Family Letter (Surat Keluarga)

Jika kamu dan anggota keluarga ingin saling berbagi kabar dan cerita melalui surat, maka jenis surat yang dapat kamu tulis adalah family letter. Biasanya mereka yang menulis surat ini sedang berada jauh dari rumah, gengs. Hm, hati-hati homesick!

2. Pen Friend Letter (Surat Sahabat Pena)

Kamu punya sahabat pena nggak? Itu lho, sahabat yang berasal dari negara atau budaya berbeda. Kamu dapat menyebut seseorang sebagai sahabat pena-mu ketika berkomunikasi dengannya melalui pertukaran surat.

3. Fan Mail (Surat Penggemar)

Seperti namanya, fan mail ditulis untuk mengungkapkan dukungan, apresiasi, dan kekaguman kita pada tokoh terkenal, selebriti, artis, atau bahkan influencer. Idola kamu siapa, nih?

4. Celebration Letter (Surat Liburan/Pesta)

Celebration letter dikirim selama musim liburan atau perayaan khusus seperti Natal dan tahun baru, lebaran, atau ulang tahun.

Melalui celebration letter, kamu bisa memberi ucapan selamat, harapan kebahagiaan, dan mungkin juga cerita tentang liburan atau perayaan yang sedang berlangsung.

5. Farewell Letter (Surat Perpisahan)

Kalau hendak meninggalkan tempat atau orang yang kamu sayangi, jangan lupa tulis farewell letter ya! Surat perpisahan ini  biasanya berisi ungkapan terima kasih, cerita kenangan indah, serta harapan untuk bertemu lagi dengan orang-orang tersayang di masa depan.

6. Congratulation Letter

Congratulation letter digunakan untuk memberikan ucapan selamat kepada seseorang atas pencapaian, seperti kelulusan, promosi, pernikahan, atau prestasi lainnya.

Kamu dapat mengisi surat ini dengan kata-kata pujian, pengakuan atas usaha yang telah dilakukan oleh si penerima surat, dan harapanmu tentang kesuksesan mereka di masa depan.

7. Thank You Letter

Kamu merasa kalau berterima kasih melalui greetings card tidak cukup? Maka cobalah untuk menulis thank you letter. Pada surat ini, sampaikanlah rasa terima kasihmu dengan tulus ya!

8. Love Letter

Hayo, kamu pernah dikirimin surat cinta sama si doi nggak? HihiNah, love letter biasanya cukup populer di kalangan anak muda untuk menyampaikan rasa ketertarikan mereka terhadap lawan jenis.

Tapi, cinta kan nggak hanya untuk pasangan ya, gengs. Kamu juga bisa mengekspresikan rasa sayang dan cinta pada orang tuamu melalui love letter. Coba, yuk!

Baca Juga: Macam-macam Love Language dan Contoh Words of Affirmation Bahasa Inggris

 

Struktur Personal Letter

Setelah menentukan jenis personal letter yang akan dibuat, tentu kamu harus mengetahui struktur penulisannya, dong.

Ingat, struktur dari personal letter adalah address & date, salutation, introduction, body, conclusion, and signature.

Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat personal letter:

1. Address & Date 

Tulis alamat rumah, seperti jalan, wilayah dan kota, serta kode pos dan negara asalmu. Hal ini bertujuan agar penerima dapat membalas surat yang kamu tulis.

Below that, kamu bisa menuliskan tanggal surat itu dibuat. Bisa dengan format penulisan tanggal pada umumnya, yaitu tanggal-bulan-tahun. Berikut contohnya:

Cihampelas Street no. 32, Bandung, Indonesia

40131

5 August 2023

2. Salutation

Salam pembuka dapat kamu tulis di awal surat pribadimu. Because it’s an informal type of letter, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Hi”, “Dear,” “Hello”, dan salam pembuka informal lainnya. Contoh:

“Dear Jonathan”

“Hi Nathalie”

3. Introduction

Setelah salam pembuka, kamu bisa memulai pesan yang ingin disampaikan dengan menuliskan pengantar subjek yang ingin kamu bahas. Karena tidak ada aturan khusus seperti business letter, you can go as long or as short as you want. Berikut contoh pengantar yang bisa kamu tulis.

I’m just writing to let you know that I’ll be moving to Newcastle next month.

4. Body

Lanjut, pada bagian body di personal letter, tulislah informasi inti yang ingin kamu sampaikan. Sesuaikan isi suratmu dengan topik yang sudah kamu tentukan di awal. Selain itu, kamu juga dapat menulisnya dengan singkat atau panjang dan terpisah-pisah oleh beberapa paragraf. Contoh isi personal letter:

As you already know, it’s my dream to study abroad. After applying for the universities and scholarships, finally I can say that I’ll be achieving my dreams. I’m gonna study Creative Writing in Durham University.

It’s a long and hard road for me. I’ve been taking online classes on how to make a good portfolio, I’ve been asking here and there about scholarships informations. And all of them are worth it!

I’ve been dreaming about living in England. To see the beautiful cities in it! I can’t wait to see you too. I know you’re living in London, but, right after I put my feet in Newcastle Airport, I’m gonna book a train to London. Worry not, my course wil be starting October.

5. Conclusion

Kalau sudah, tutup suratmu dengan kesimpulan. Contoh, kalau kamu mengundang di penerima surat untuk datang ke pesta pernikahanmu, pada bagian kesimpulan, cobalah untuk bertanya, apakah mereka bisa datang?

Atau, misalnya kamu memberi kabar bahwa akan datang ke kota si penerima surat, maka di bagian kesimpulan, cobalah untuk meminta mereka membawamu mengelilingi kota. Lihat contoh di bawah ini:

Next month, I’ll just go there and you can take me around the city.”

6. Signature

Terakhir, setelah kamu menyampaikan pesanmu, kamu bisa menuliskan tanda tanganmu sebagai pengenal bahwa dirimu yang sudah mengirim personal letter. Lalu tulis nama lengkapmu di bawahnya agar orang yang menerima tahu kamu telah menuliskannya sebuah surat pribadi. Berikut contohnya:

Keep in touch,

Andrea Liani.

Catat, struktur di atas tidak bersifat mutlak ya! Kamu bisa menyesuaikannya dengan isi, penerima surat, maupun style menulismu sendiri.

Baca Juga: Penulisan Alamat dalam Bahasa Inggris yang Benar, Bagaimana Formatnya?

 

Ciri-Ciri Surat Pribadi (Personal Letter)

Berikut ini ciri-ciri personal letter yang membedakan dengan surat resmi bahasa Inggris:

1. Surat pribadi tidak menggunakan kop surat

2. Nomor surat tidak diperlukan dalam personal letter

3. Memiliki salam pembuka dan salam penutup yang bervariasi

4. Umumnya personal letter menggunakan bahasa informal dengan sudut pandang orang pertama untuk penulis, dan sudut pandang orang kedua untuk penerima

5. Tidak terlalu terikat pada format surat

 

Ciri Kebahasaan Personal Letter

Penulisan personal letter tentunya memiliki ciri kebahasaan yang berbeda dengan penulisan formal letter ataupun surat lainnya. Kira-kira apa aja nih ciri kebahasaan dalam personal letter?

Bahasa Akrab

Gunakan kata-kata atau frasa yang lebih akrab seperti “aku,” “kamu,” atau “saya” untuk menciptakan nuansa santai.

Ekspresif dan Emosional

Cerminan emosi dan perasaan penulis dapat terlihat melalui penggunaan kata-kata yang ekspresif dan kalimat yang menggambarkan perasaan.

Unsur Keintiman

Tambahkan unsur keintiman dengan menggunakan panggilan sayang atau merujuk pada pengalaman pribadi yang hanya dimengerti oleh pengirim dan penerima surat.

Keterbukaan Terhadap Kesalahan Tata Bahasa

Meskipun tetap menjaga kejelasan, personal letter dapat lebih mengizinkan kesalahan tata bahasa atau ejaan yang tidak formal.

Fleksibilitas Struktur

Lebih fleksibel dalam struktur kalimat dan paragraf, memberikan kesan kebebasan dalam menyampaikan pesan.

 

Contoh Personal Letter untuk Teman

Agar semakin paham, kamu bisa mempelajari contoh-contoh personal letter beserta terjemahan di bawah ini. Dengan memahaminya satu per satu, kamu dapat mengembangkan pengetahuanmu terkait cara menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris.

1. Move to new house

Dear John,

I’m just writing to let you know that I’ve moved house.

As you know, I went for an interview for a job here in London. Well, they gave me the position! It would have been impractical to travel down from Manchester every day, so we’ve found a house here, in a nice part of London called Greenwich.

Our new house isn’t ideal. London prices are crazy, and we were only able to afford a one-bedroom flat. But on the bright side, it’s on the ground floor, it’s got nice big windows, and a lovely view out onto the garden.

If you ever fancy a trip to London, you’re more than welcome to come and stay. It would be great to see you. From where we live, it’s only a quick ride on the underground into the city center, so we could do some sightseeing together.

Keep in touch!

All the best

Mike

Terjemahan

Kepada John,

Aku hanya menulis untuk memberitahumu kalau aku sudah pindah rumah.

Seperti yang kamu tahu, aku melakukan wawancara pekerjaan di sini, di London. Yah, mereka memberiku posisi! Akan tidak praktis untuk melakukan perjalanan kerja dari Manchester setiap hari, jadi kami menemukan sebuah rumah di sini, di bagian London yang bagus bernama Greenwich.

Rumah baru kami tidak ideal. Harga London gila mahalnya, dan kami hanya mampu membeli apartemen dengan satu kamar tidur. Tapi sisi baiknya, rumah kami di lantai dasar, ada jendela besar yang bagus, dan pemandangan indah ke taman.

Kalau kamu mau ke London, Kamu boleh untuk datang dan tinggal. Akan sangat menyenangkan untuk melihatmu. Dari tempat kami tinggal, hanya lewat kereta bawah tanah ke pusat kota, jadi kita bisa sambil melihat-lihat kota bersama.

Tetap berhubungan, ya!

Berharap yang terbaik

Mike

 

2. Ask to go camping

Dear John and Ann,

Thanks a lot for a great weekend. We really enjoyed ourselves.

Bill and I were talking about the holidays. We thought it might be nice to go camping in Scotland for a couple of weeks. Ar you interested? Let me know if you are, and we can talk about dates.

See you soon, I hope. Thanks again.

Love,

Alice

Terjemahan

Kepada John dan Ann,

Terima kasih banyak untuk akhir pekan yang menyenangkan. Kami benar-benar menikmatinya.

Bill dan aku sedang membicarakan tentang liburan. Kami pikir mungkin menyenangkan untuk pergi berkemah di Skotlandia selama beberapa minggu. Apakah kamu tertarik? Beri tahu aku kalau kamu tertarik ya, dan kita bisa membicarakan kapan tanggalnya.

Sampai jumpa, aku harap. Terima kasih lagi.

Dengan cinta,

Alice

 

3. Visiting Lahore

Dear Mona,

How are you? I want to tell you about my visit to Lahore. I traveled to Lahore with my family in my summer holiday. First, let me tell you about my flight; it was a comfortable flight.

We reached Allama Iqbal Airport of Lahore at 10.30 in the morning. We stayed in Park Hotel near Ravi River. The first day was wonderful as we went to many interesting places. For example, Shahi Qila/Lahore Fort, Shees Mahal, Race Course Park, Tomb of Jahangir, Museum. The next day, we went for shopping and I bought many dresses. My family liked the cold wather. We stayed there for five days.

So as you can see, I really enjoyed my visit to Lahore and I think I would like to get there again. How was your simmer camp? Write to me about it. Waiting for your letter and regards to your family.

Your friend,

Jackson.

Terjemahan

Kepada Mona,

Apa kabar? Aku ingin bercerita tentang kunjunganku ke Lahore. Aku bepergian ke Lahore dengan keluargaku selama liburan musim panas. Pertama, izinkan aku memberitahumu tentang penerbanganku; itu adalah penerbangan yang nyaman.

Kami sampai di Bandara Allama Iqbal di Lahore pada pukul 10.30 pagi. Kami tinggal di Park Hotel dekat Sungai Ravi. Hari pertama sangat menyenangkan karena kami pergi ke banyak tempat menarik. Contohnya adalah Shahi Qila/Lahore Fort, Shees Mahal, Race Course Park, Makam Jahangir, dan Museum. Keesokan harinya, kami pergi berbelanja dan saya membeli banyak gaun. Keluarga saya menyukai cuaca dingin. Kami tinggal di sana selama lima hari.

Jadi seperti yang kamu tahu, aku sangat menikmati kunjunganku ke Lahore dan aku pikir aku ingin ke sana lagi. Bagaimana perkemahan musim panasmu? Tuliskan kepadaku tentang hal itu. Aku tunggu suratmu dan salam untuk keluargamu, ya..

Temanmu,

Jackson

Baca Juga : 50 Istilah Bahasa Gaul di Sosmed yang Lagi Viral, Bikin Kamu Makin Up to Date!

Demikian penjelasan, contoh, serta terjemahan mengenai surat pribadi bahasa Inggris (personal letter).

See? Nggak hanya mengasah keterampilan menulis bahasa Inggris, melalui personal letter, kamu juga dapat mempererat hubungan dengan teman atau keluargamu!

Nah, kalau ingin skill menulisanya semakin jago, kamu harus latihan menulis hal lain yang tingkatannya lebih advance!

Tapi, kamu akan butuh guru untuk mengoreksi tulisanmu, guysNah, gurunya bisa kamu temuin di kelas English Academy. Ada guru lokal dan internasional yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi!

Mau? Yuk, cek dulu kelas mana yang cocok untukmu lewat Placement Test gratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Referensi:

Nordquist, Richard. 2020. (Online at) https://www.thoughtco.com/personal-letter-composition-1691499 [accessed 04 July 2022]

Tutorbin. 2022. (Online at) https://tutorbin.com/blog/personal-letter-format-best-10-ways [accessed 04 July 2022]

Saylordotorg. ND. (Online at) https://saylordotorg.github.io/text_handbook-for-writers/s18-04-writing-personal-letters.html [accessed 04 July 2022]

Examples. ND. (Online at) https://www.examples.com/education/how-to-write-a-personal-letter-with-examples.html [accessed 04 July 2022]

 

Muhammad Azka Rais