Personal Letter (Surat Pribadi): Definisi, Tujuan, Beserta Contoh

personal letter surat pribadi

Terdapat berbagai macam latihan menulis bahasa Inggris yang dapat mengembangkan kemampuanmu, salah satunya adalah menulis personal letter. Yuk simak penjelasannya!

- -

Untuk dapat menguasai kemampuan berbahasa Inggris, yang pastinya kamu harus sering belajar dan sering mempraktikkannya. Ada banyak sumber belajar bahasa Inggris yang bisa kamu temukan di sekitarmu, baik itu berupa buku berbahasa Inggris, lagu, film dan lain sebagainya. Setelah mempelajarinya, nggak lupa kamu juga harus sering mempraktikkan apa yang baru saja kamu pelajari.

For example talking with strangers using apps. Jaman sekarang ini kamu udah bisa akses ke ujung dunia dengan internet. Tapi tentu aja nggak semua dari kita bisa langsung dengan mudah atau berani berbicara bahasa Inggris kepada orang asing. Nah, buat kita-kita yang kayak gini, ada lho cara lain, yaitu nulis personal letter.

 

Definisi Personal Letter

Pada dasarnya, sebuah surat pribadi atau a personal letter is a letter that you send to your friend. Tapi kamu juga bisa mengirimkannya ke orang lain, yang misalnya baru kamu kenal di internet. Well to be precise, personal letter is a type of letter that concerns personal matter and is sent from one individual to another. Jadi orang yang kamu kirim personal letter nggak harus jadi “temen” juga. Bisa aja orang yang baru kamu kenal yang ingin kamu ajak ngobrol.

Tapi untuk bisa ngirim personal letter itu, you need to understand what are the purposes of a personal letter dan format penulisannya.

 

Tujuan Personal Letter

Sebelum kamu mulai nulis personal letter, yang harus kamu ketahui pertama kali adalah tujuannya. Berikut ini adalah the purposes of personal letter:

 

1. To inform

Karena tipe surat ini adalah personal letter yang membahas hal-hal informal, maka kamu bisa membuat sebuah surat pribadi untuk memberi tahu. Memberi tahu apa? Apapun yang kamu ingin sampaikan. Misalnya, kamu baru saja berkenalan dengan seseorang dari internet. Kamu ingin memberi tahu kepadanya bahwa kamu sedang liburan panjang dan kalau ada waktu luang, kamu ingin bertemu dengannya..

 

2. To keep in touch

Mungkin kamu sudah punya teman dari luar negeri, lalu karena nggak bisa ketemu atau jarang video call karena masing-masing sedang sibuk, you can always write them a personal letter. Sesederhana menanyakan kabar mereka, sedang sibuk apa mereka, dan lain-lain. Nggak cuma kamu latihan praktik kemampuan bahasa Inggris, kamu juga jadi bisa terus mengeratkan hubungan pertemanan.

 

3. To share

Salah satu tujuan untuk menulis surat pribadi adalah mambagikan kabar. Katakan kamu punya teman di luar negeri, karena saking dekatnya, kamu sudah sangat mengenalnya dan ingin saling bertukar kabar dan informasi. Lalu misalnya kamu baru saja menikah, punya anak, atau misalnya baru lulus kuliah, you can always share the great news to them. Jadi teman kamu di sana bisa ikut merayakan atas kabar bahagia yang baru kamu alami.

Atau mungkin misalnya kamu baru saja mendapat kabar buruk, misalnya kamu dengan salah seorang aggota keluargamu berteman baik dengan seseorang di luar negeri. Lalu anggota keluargamu itu meninggal. Karena kamu memiliki hubungan yang cukup erat dengannya, it would be the nice thing if you inform them that one of your realitve just died. They would appreciate what you’re doing dan juga turut berkabung.

 

4. To persuade

Selain tujuan-tujuan di atas, kamu juga bisa membuat surat pribadi bertujuan untuk membujuk orang lain. Misalnya teman kamu di luar negeri sedang liburan atau ia sedang ingin mengunjungi salah satu negara di Asia Tenggara untuk penelitiannya. You can share them a letter to persuade them to come to Indonesia. Misalnya kamu juga menyebutkan hal-hal tempat-tempat yang harus mereka kunjungi, atau makanan tradisional yang harus mereka santap.

 

Format Penulisan Personal Letter

Setelah kamu menentukan tujuan utnuk menulis personal letter, kamu harus mengetahui format penulisannya. Berikut adalah penjelasan mengenai format personal letter:

 

1. Address & Date 

Tulis alamat rumah, seperti jalan, wilayah dan kota, serta kode pos dan negara asalmu. Hal ini bertujuan agar penerima dapat membalas surat yang kamu tulis. Below that, kamu bsia menuliskan tanggal surat itu dibuat. Bisa dengan format penulisan tanggal pada umumnya, yaitu tanggal-bulan-tahun. Berikut contohnya:

Cihampelas Street no. 32, Bandung, Indonesia

40131

5 August 2023

 

2. Salutation

Salam pembuka dapat kamu tulis di awal surat pribadimu. Because it’s an informal type of letter, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “Hi”, “Dear,” “Hello”, “Salutations”, dan salam pembuka informal lainnya. Contoh:

Dear Jonathan

 

3. Introduction

Setelah salam pembuka, kamu bisa memulai pesan yang ingin kamu sampaikan dengan menuliskan pengantar subjek yang ingin kamu bahas. Tentu aja karena personal letter tidak seperti business letter, you can go as long or as short as you want. Berikut contoh pengantar yang bisa kamu tulis.

I’m just writing to let you know that I’ll be moving to Newcastle next month.” 

 

4. Body

Setelah menulis pengantar, kamu bisa menyampaikan informasi inti yang ingin kamu sampaikan kepada temanmu. Sesuaikan isi suratmu dengan topik yang sudah kamu tentukan di awal. Selain itu, kamu juga dapat menulisnya dengan singkat atau panjang dan terpisah-pisah oleh beberapa paragraf.

“As you already know, it’s my dream to study abroad. After applying for the universities and scholarships, finally I can say that I’ll be achieving my dreams. I’m gonna study Creative Writing in Durham University. It’s a long and hard road for me. I’ve been taking online classes on how to make a good portfolio, I’ve been asking here and there about scholarships informations. And all of them are worth it!

I’ve been dreaming about living in England. To see the beautiful cities in it! I can’t wait to see you too. I know you’re living in London, but, right after I put my feet in Newcastle Airport, I’m gonna book a train to London. Worry not, my course wil be starting October.”

 

5. Conclusion

Kesimpulan dapat kamu tulis setelah menyampaikan isi pesan. Misalnya kamu mengundang orang yang kamu kirim surat pribadi ke pesta pernikahanmu, pastikan di bagian kesimpulan kamu tanyakan apakah mereka bisa datang. Atau misalnya kamu mengabari bahwa kamu akan datang ke kota mereka, dan di bagian kesimpulan kamu dapat meminta mereka untuk membawamu mengelilingi kota. Lihat contoh di bawah ini:

“Next month, I’ll just go there and you can take me around the city.”

 

6. Signature

Terakhir, setelah kamu menyampaikan pesanmu, kamu bisa menuliskan tanda tanganmu sebagai pengenal bahwa dirimu yang sudah mengirim personal letter. Lalu tulis nama lengkapmu di bawahnya agar orang yang menerima tahu kamu telah menuliskannya sebuah surat pribadi. Berikut contohnya:

Keep in touch,

Andrea Liani.”

Selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga perlu tahu sudah sejauh mana kemampuan bahasa Inggrus kamu. Caranya adalah dengan mengikuti placement test gratis dari English Academy. Dapat sertifikat juga, lho!

New call-to-action

 

Contoh Personal Letter

Agar semakin paham, kamu bisa mempelajari contoh-contoh personal letter beserta terjemahan di bawah ini. Dengan memahaminya satu per satu, kamu dapat mengembangkan pengetahuanmu terkait cara menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris.

 

1. Move to new house

 

Dear John,

I’m just writing to let you know that I’ve moved house.

As you know, I went for an interview for a job here in London. Well, they gave me the position! It would have been impractical to travel down from Manchester every day, so we’ve found a house here, in a nice part of London called Greenwich.

Our new house isn’t ideal. London prices are crazy, and we were only able to afford a one-bedroom flat. But on the bright side, it’s on the ground floor, it’s got nice big windows, and a lovely view out onto the garden.

If you ever fancy a trip to London, you’re more than welcome to come and stay. It would be great to see you. From where we live, it’s only a quick ride on the underground into the city center, so we could do some sightseeing together.

Keep in touch!

All the best

Mike

 

Terjemahan

Kepada John,

Aku hanya menulis untuk memberitahumu kalau aku sudah pindah rumah.

Seperti yang kamu tahu, aku melakukan wawancara pekerjaan di sini, di London. Yah, mereka memberiku posisi! Akan tidak praktis untuk melakukan perjalanan kerja dari Manchester setiap hari, jadi kami menemukan sebuah rumah di sini, di bagian London yang bagus bernama Greenwich.

Rumah baru kami tidak ideal. Harga London gila mahalnya, dan kami hanya mampu membeli apartemen dengan satu kamar tidur. Tapi sisi baiknya, rumah kami di lantai dasar, ada jendela besar yang bagus, dan pemandangan indah ke taman.

Kalau kamu mau ke London, Kamu boleh untuk datang dan tinggal. Akan sangat menyenangkan untuk melihatmu. Dari tempat kami tinggal, hanya lewat kereta bawah tanah ke pusat kota, jadi kita bisa sambil melihat-lihat kota bersama.

Tetap berhubungan, ya!

Berharap yang terbaik

Mike



2. Ask to go camping

 

Dear John and Ann,

Thanks a lot for a great weekend. We really enjoyed ourselves.

Bill and I were talking about the holidays. We thought it might be nice to go camping in Scotland for a couple of weeks. Ar you interested? Let me know if you are, and we can talk about dates.

See you soon, I hope. Thanks again.

Love,

Alice.

 

Terjemahan

Kepada John dan Ann,

Terima kasih banyak untuk akhir pekan yang menyenangkan. Kami benar-benar menikmatinya.

Bill dan aku sedang membicarakan tentang liburan. Kami pikir mungkin menyenangkan untuk pergi berkemah di Skotlandia selama beberapa minggu. Apakah kamu tertarik? Beri tahu aku kalau kamu tertarik ya, dan kita bisa membicarakan kapan tanggalnya.

Sampai jumpa, aku harap. Terima kasih lagi.

Dengan cinta,

Alice

 

3. Visiting Lahore

 

Dear Mona,

How are you? I want to tell you about my visit to Lahore. I traveled to Lahore with my family in my summer holiday. First, let me tell you about my flight; it was a comfortable flight.

We reached Allama Iqbal Airport of Lahore at 10.30 in the morning. We stayed in Park Hotel near Ravi River. The first day was wonderful as we went to many interesting places. For example, Shahi Qila/Lahore Fort, Shees Mahal, Race Course Park, Tomb of Jahangir, Museum. The next day, we went for shopping and I bought many dresses. My family liked the cold wather. We stayed there for five days.

So as you can see, I really enjoyed my visit to Lahore and I think I would like to get there again. How was your simmer camp? Write to me about it. Waiting for your letter and regards to your family.

Your friend,

Jackson.

 

Terjemahan

 

Kepada Mona,

Apa kabar? Aku ingin bercerita tentang kunjunganku ke Lahore. Aku bepergian ke Lahore dengan keluargaku selama liburan musim panas saya. Pertama, izinkan aku memberitahumu tentang penerbanganku; itu adalah penerbangan yang nyaman.

Kami sampai di Bandara Allama Iqbal di Lahore pada pukul 10.30 pagi. Kami tinggal di Park Hotel dekat Sungai Ravi. Hari pertama sangat menyenangkan karena kami pergi ke banyak tempat menarik. Contohnya adalah Shahi Qila/Lahore Fort, Shees Mahal, Race Course Park, Makam Jahangir, dan Museum. Keesokan harinya, kami pergi berbelanja dan saya membeli banyak gaun. Keluarga saya menyukai cuaca dingin. Kami tinggal di sana selama lima hari.

Jadi seperti yang kamu tahu, aku sangat menikmati kunjunganku ke Lahore dan aku pikir aku ingin ke sana lagi. Bagaimana perkemahan musim panasmu? Tuliskan kepadaku tentang hal itu. Aku tunggu suratmu dan salam untuk keluargamu, ya..

Temanmu,

Jackson

 

Demikian penjelasan dan contoh serta terjemahan mengenai personal letter. Dengan menulis personal letter nggak cuma kamu bakal menambah wawasanmu dalam bahasa Inggris, tapi juga kamu bisa mengeratkan ikatan pertemananmu dengan temanmu di luar negeri.

Kalau kamu masih penasaran dengan tipe-tipe surat bahasa Inggris lainnya, kamu bisa gabung sama English Academy. Nggak cuma bakal diajar bahasa Inggris sama Master Teacher seorang native speaker, kamu juga bakal belajar dengan kurikulum Cambridge. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gabung sekarang juga!

New call-to-action

Referensi:

Nordquist, Richard. 2020. (Online at) https://www.thoughtco.com/personal-letter-composition-1691499 [accessed 04 July 2022]

Tutorbin. 2022. (Online at) https://tutorbin.com/blog/personal-letter-format-best-10-ways [accessed 04 July 2022]

Saylordotorg. ND. (Online at) https://saylordotorg.github.io/text_handbook-for-writers/s18-04-writing-personal-letters.html [accessed 04 July 2022]

Examples. ND. (Online at) https://www.examples.com/education/how-to-write-a-personal-letter-with-examples.html [accessed 04 July 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.