Cara Menulis Surat Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris (Thank You Letter) Setelah Interview

Thank you notes

Setelah selesai interview kerja, kamu dapat mengirim ucapan terima kasih pada rekruter, lo.  Baru tahu? Tenang, kamu tidak sendiri! Kira-kira tujuannya untuk apa, sih? Lalu, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini!

--

Hai, jobseeker! Sebelumnya, English Academy sudah memberikan tips mengenai Cara Menolak Tawaran Kerja dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk decline job offer dari sebuah company. Kalau di artikel ini, kamu akan menemukan salah satu cara agar peluang lolos setelah interview semakin besar. Apa, hayo? Yap! Memberikan ucapan terima kasih atau thank you notes pada recruiter.

Fyi, surat ucapan terima kasih setelah interview bisa disebut juga dengan thank you letter. Kalau kamu saat ini sedang berjuang mencari pekerjaan, yuk, pahami lebih lanjut terkait thank you letter di artikel ini. Mulai dari pengertian, tujuan, dan cara menulisnya dalam bahasa Inggris. Simak sampai selesai ya!

 

Apa Itu Thank You Letter?

Thank you letter adalah sebuah tulisan dari seseorang berisi ucapan terima kasih kepada orang lain atau pihak tertentu. Selain itu, thank you notes pun berfungsi sebagai media untuk menunjukkan keinginan seseorang menjalin hubungan yang lebih dekat. Dalam hal ini, kamu bisa membuat thank you letter guna mengekspresikan penghargaan pada rekruter yang telah memberikan waktu dan kesempatan untukmu selaku kandidat.

 

Thank You Notes Digunakan Untuk Apa?

Selain menulis thank you letter untuk recruiter, ini adalah beberapa situasi di mana kamu perlu mengirimkan surat ucapan terima kasih:

  • Setelah seseorang membantu mencarikan pekerjaan
  • Ketika seseorang memberikan kontak relasi
  • Saat mendapat pendanaan dari investor
  • Mengungkapkan rasa apresiasi secara umum
  • Menerima beasiswa dari suatu lembaga

Pada dasarnya, ketika menerima kebaikan dari pihak lain, seseorang harus mengucapkan terima kasih. Namun, kamu dapat mengirim ucapan secara resmi dalam bentuk surat untuk beberapa situasi tertentu seperti lima contoh di atas. Nah, dalam artikel ini, kita akan fokus dengan job interview thank you letter ya, guys.

 

Selain mengirimkan thank you letter, hal yang dapat membuatmu lebih mudah lolos seleksi kerja adalah memiliki skill bahasa Inggris. Di English Academy Professional Class, kamu dapat belajar komunikasi yang efektif, cara membangun relasi, dan leadership menggunakan bahasa Inggris. Yuk, tingkatkan kemampuanmu sekarang! Lakukan konsultasi secara gratis dengan klik gambar di bawah ini ya!

Belajar Bahasa Inggris untuk Capai Tujuan Bisnis

Menulis Job Interview Thank You Notes, Untuk Apa?

“Kenapa, sih, harus mengirim surat ucapan terima kasih sama interviewer atau HRD?”

Well, dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa alasan mengapa mengirimkan thank you letter setelah selesai wawancara adalah satu hal yang patut untuk kamu coba, di antaranya adalah:

1. Shows your genuine interest in the job

Thank you notes dapat membantu memperlihatkan pada recruiter bahwa kamu adalah kandidat yang sangat tertarik untuk bekerja di posisi tujuan. Jadi, bukan tidak mungkin jika peluangmu untuk lolos semakin besar.

2. Shows the organization your determination and willingness to be a good partner

Dalam dunia kerja, seorang pegawai umumnya akan bekerja secara individu mau pun tim. Melalui surat ucapan terima kasih, secara tidak langsung kamu telah meyakinkan rekruter agar bisa menjadi partner yang baik jika sudah bergabung di perusahaan nantinya.

3. Help you maintain contact with someone in your network

Salah satu benefit yang paling impactfull dalam pekerjaan adalah bertambahnya relasi atau networking. Dengan mengirim thank you notes, kamu dapat menjaga hubungan baik sebagai seorang kandidat dan rekruter. Siapa tahu kamu mendapat tawaran pekerjaan yang lebih menarik di masa depan.

4. Remind a hiring manager why you are a good fit for a position

Hayo, apakah kamu salah satu korban ghosting-an dari HRD? Hihi. Jangan sampai, deh. Supaya terhindar dari ghosting, salah satu caranya adalah dengan mengirim thank you notes

Atau, kamu juga bisa mengirim surat follow up hasil interview yang pernah dibahas dalam artikel Cara Follow Up Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris dan Contohnya. Kedua surat ini akan membantu manajer rekruter untuk mengingatkan kalau kamu adalah kandidat yang pas untuk mengisi sebuah posisi yang mereka cari.

5. Shows that you are professional and polite

Tak hanya tentang skill, biasanya rekruter akan menilai seberapa professional seorang kandidat saat mengikuti seleksi kerja. Selain itu, yang nggak kalah penting adalah soal attitude, apakah kamu bersikap sopan dan ramah? Jika iya, hal tersebut dapat menjadi nilai plus. Nah, salah satu cara untuk mengekspresikannya adalah menulis surat ucapan terima kasih pada HRD.



Tips Saat Akan Mengirim Surat Ucapan Terima Kasih

Mengutip dari The Balance Careers, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat akan mengirim thank you notes interview, yaitu:

1. Kirimkan secepat mungkin

Menunda adalah salah satu sikap yang dapat memperkecil peluangmu untuk lolos interview. Setelah selesai wawancara kerja, segera kirimkan surat ucapan terima kasih di hari yang sama.

2. Buat isi surat dengan jujur

Menuliskan sesuatu secara jujur adalah sebuah keharusan. Saat menulis ucapan terima kasih, kamu hanya disarankan untuk mengungkapkan hal-hal yang relevan dengan kondisi saat interview. Jadilah sosok yang beritegritas ya, guys.

3. Personalisasi surat yang ditulis

Sama seperti surat lamaran kerja yang tidak boleh bersifat satu untuk semua, thank you notes pun alangkah baiknya ditulis secara spesifik dan personalize. Misal, jika kamu melakukan wawancara kerja dengan tiga interviewer yang berbeda, maka kamu dapat membuat tiga surat ucapan terima kasih yang berbeda pula. Hmm, jangan hanya di-copas ya!

4. Review ulang sebelum dikirim

Sebelum dikirim, jangan lupa untuk proofreading surat yang telah dibuat. Apakah gaya bahasa yang digunakan sudah professional? Pastikan juga tidak ada typo dan grammar yang kamu gunakan sudah sesuai. Terlebih jika company yang kamu tuju memiliki persyaratan kandidat fluent in English, artinya kamu harus cek dengan detail sebelum surat tersebut diterima recruiter.

 

Thank You Letter Setelah Interview dalam Bahasa Inggris-03

 

Bagaimana Langkah dan Cara Menulis Thank You Notes dalam Bahasa Inggris

Mengutip dari Indeed, di bawah ini adalah 12 langkah yang dapat kamu ikuti saat akan menulis ucapan terima kasih pada recruiter:

 

Thank You Letter Setelah Interview dalam Bahasa Inggris-02

 

1. Pilih metode pengiriman

As we know, di era digital saat ini, biasanya seorang kandidat dapat dihubungi melalui berbagai media. Nah, kamu dapat memilih metode pengiriman sesuai saat terakhir kali kamu dihubungi oleh rekruter untuk wawancara. Entah itu melalui email, WhatsApp, etc.

2. Tentukan penerima surat

Tentukan kepada siapa kamu ingin mengirim thank you notes. Pastikan kamu hanya memberi surat ucapan terima kasih pada pihak bersangkutan yang memang sebelumnya telah menjalin komunikasi. Oh ya, jangan lupa tulis ucapan terima kasih secara terpisah untuk setiap individu!

3. Pastikan terbaca dengan baik

Meski singkat, kamu harus tetap menulis thank you letter dengan rapi ya, guys. Jangan sampai menggunakan font yang terlalu ramai. Terlebih jika kamu berniat untuk membuat surat dalam bentuk hard copy, pastikan  agar jenis dan ukuran huruf dapat terbaca dengan baik.

4. Gunakan bahasa yang professional

Ketahuilah bahwa ucapan terima kasih setelah interview adalah salah satu bentuk komunikasi professional. Maka dari itu, kamu wajib untuk menghindari vocabulary sehari-hari, kiasan, atau gaya bahasa yang sering digunakan dalam percakapan informal. Contoh: “Hello John, I enjoyed our conversation yesterday. I believe it will be helpful in our work on the construction project."

5. Tulis nama penerima dengan tepat

Sebagai seorang kandidat, alangkah lebih baik untuk menuliskan nama penerima diawali dengan sapaan. Kamu dapat menggunakan Dear, Mrs., Mr., atau Ms. yang diikuti dengan nama belakang, atau kamu dapat menuliskan nama lengkap penerima.

6. Ungkapkan tujuan surat

Setiap surat memiliki maksud dan tujuan tertentu. Agar lebih efisien, menuliskan tujuan surat di awal paragraf adalah sebuah pilihan yang bagus. Pasalnya, sebagian besar rekruter memiliki pekerjaan yang cukup padat sehingga akan lebih baik jika kamu tuliskan tujuan di awal surat. Contoh:

Through this letter, I just wanna express my gratitude for our discussion about the job description in the Social Media Manager position.” (Melalui surat ini, saya hanya ingin mengungkapkan rasa terima kasih banyak atas diskusi kami tentang deskripsi pekerjaan di posisi Social Media Manager.)

"Thank you very much for your help and support during my selection stage as a Product Manager. PT XYZ is a company I've always dreamed of." (Terima kasih banyak atas bantuan dan dukunganmu selama tahap seleksi saya sebagai Manajer Produk, yaitu PT. XYZ adalah sebuah perusahaan yang saya impikan sejak dulu.)

7. Ungkapkan secara spesifik apa yang menjadi fokus dari  wawancara

Setelah melakukan wawancara, pasti ada hal spesifik yang disampaikan oleh interviewer pada kandidat. Nah, kamu dapat bantu memastikan pada rekruter bahwa ada bagian dari dirimu yang relevan dengan tujuan perusahaan. Contohnya seperti ini: “I appreciate your insight about the strategy to increase the engagement rate in your social media company account. I believe that I have many skills in using social media tools to support company goals.”

8. Sorot kualifikasi yang dimiliki

Sebetulnya, poin ini tidak jauh berbeda dengan langkah pada poin sebelumnya. Namun, dalam hal ini, will be better jika kamu mengaitkan antara kualifikasi posisi yang company cari dengan skill yang kamu miliki. Sebagai contoh, apabila company menginginkan kandidat yang detail oriented, ini contoh kalimat yang bisa digunakan:

“I am grateful for the chance to interview with your company. With my dedication and attention to detail, I know I have the skills to succeed in graphic design.” (Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk wawancara dengan perusahaan Anda. Dengan dedikasi dan perhatian saya terhadap detail, saya tahu saya memiliki keterampilan untuk berhasil dalam desain grafis.)

9. Nyatakan kembali tujuanmu

Tujuan dari menulis surat ucapan terima kasih tentunya adalah mendapat kesempatan untuk lolos wawancara dan bergabung dengan perusahaan. So, jangan sampai lupa untuk menyatakan ulang apa goals yang sedang kamu kejar. Contoh ucapan yang baik adalah seperti ini:

“I’m thrilled at the opportunity of joining the largest education technology startup as the marketing engineer.”  (Saya senang mendapat kesempatan bergabung dengan startup teknologi pendidikan terbesar sebagai marketing engineer.)

10. Tanyakan tahap selanjutnya

Jika sebelumnya rekruter belum memberitahu step selanjutnya dalam proses seleksi, bertanya melalui surat ucapan terima kasih tidak ada salahnya, kok. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memang antusias untuk mengikuti setiap prosesnya. Contoh kalimat:

“When do you expect to hire a candidate for this position? Please let me know if there is anything else I can do to aid your decision.” (Kapan Anda mengharapkan untuk mempekerjakan kandidat untuk posisi ini? Tolong beri tahu saya jika ada hal lain yang bisa saya lakukan untuk membantu keputusan Anda.)

11. Menyimpulkan surat 

Yeay, jika sudah di langkah ini, artinya surat ucapan terima kasih-mu hampir selesai. Menyampaikan rasa terima kasih pada rekruter dan tegaskan bahwa surat tersebut dibuat dengan semestinya tanpa ada tujuan di luar pekerjaan.

12. Kirimkan pada tujuan

Jika kamu memebuat surat cetak, maka kirimkan secara rapi pada alamat yang sesuai. Namun, di era digital saat ini, mengirim ucapan terima kasih melalui email akan lebih disarankan ya, guys. Kalau memungkinkan, datang langsung ke tempat tujuan bisa jadi opsi yang tak kalah bagus.

 

Contoh Surat Ucapan Terima Kasih Setelah Interview dalam bahasa Inggris Melalui Email 

Subject: Thank You Notes from Intan Aulia Husnunnisa

Dear Mr. Handaya,

I would like to send my appreciation for the opportunity that had been given to me, and thank you for your time in the interview session yesterday. I enjoyed our conversation about the field marketing position and appreciated learning more about working with the brand marketing strategy team.

It sounds like a rewarding role, especially given the opportunities for collaboration and advancement. I think my master's degree in marketing combined with my marketing experience would make me an excellent candidate for the role.

That's all from me. I look forward to discussing this opportunity with you more. Please don't hesitate to contact me if you need additional information about my references.

Thank you,

Intan Aulia Husnunnisa
intanaulia@gmail.com
+6282 4444 5556

 

Artinya

Subjek: Surat Ucapan Terima Kasih dari  Intan Aulia Husnunnisa

Bapak Handaya yang terhormat,

Saya ingin menyampaikan penghargaan saya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, dan terima kasih atas waktu Anda dalam sesi wawancara kemarin. Saya menikmati percakapan kami tentang posisi pemasaran lapangan dan menghargai kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang bekerja dengan tim brand marketing strategy.

Kedengarannya seperti peran yang bermanfaat, terutama mengingat peluang untuk kolaborasi dan kemajuan. Saya pikir gelar master saya dalam pemasaran dikombinasikan dengan pengalaman pemasaran saya akan membuat saya menjadi kandidat yang sangat baik untuk peran tersebut.

Demikian surat ucapan dari saya. Saya berharap dapat mendiskusikan kesempatan ini dengan Anda lebih banyak lagi. Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi tambahan tentang referensi saya.

Terima kasih,

Intan Aulia Husnunnisa
intanaulia@gmail.com
+6282 4444 5556

 

Oke, itulah pembahasan tentang cara menulis thank you letter. Sekarang, setelah mengetahui bagaimana cara menulisnya, kamu dapat langsung praktik untuk berterima kasih kepada rekruter atas bantuan yang diberikan selama proses seleksi. Who knows? Nggak menutup kemungkinan kalau thank you letter ini bisa jadi salah satu jalan yang mengantarkanmu pada pekerjaan dan karier impian.

Jangan lupa untuk selalu berikan yang terbaik di setiap hal yang kamu lakukan ya, termasuk ketika mengikuti tahapan seleksi kerja. Supaya makin dilirik sama HRD, kamu bisa advance skill bahasa Inggris, lo. English Academy siap membantu! Bersama instruktur terbaik dan bersertifikat, kamu dapat level up bahasa Inggris untuk mencapai career goals yang diinginkan. Penasaran? Yuk, temukan detail programnya dengan klik gambar di bawah ini. Let’s make your learning plan and meet your business needs!





Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.