Ini, Nih, Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya!

Fauzia Astuti Des 11, 2021 • 9 min read


EA - Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya-01

Berikut adalah contoh pertanyaan berbahasa Inggris yang sering keluar dalam wawancara kerja, serta cara menjawabnya.

Ting!

Lagi seru-serunya scrolling sosial media, tiba-tiba satu notifikasi e-mail masuk. Rogu pun mengernyitkan dahi dan membuka aplikasi e-mail. Matanya membola kaget ketika mendapat sebuah e-mail bertuliskan:

Thank you for your interest in the Digital Marketing position at our company! We would like to invite you to an interview session with details as below.”

(Terima kasih atas ketertarikan Anda akan posisi Digital Marketing di kantor kami. Selanjutnya, kami ingin mengundang Anda pada sesi wawancara dengan detail berikut.).

Sebagai fresh graduate yang baru akan diwisuda bulan depan, Rogu memang lagi sibuk melamar pekerjaan yang cocok dengan skill dan minatnya. Kalau kamu ada di posisi Rogu, pasti rasanya senang bercampur panik, kan? Apalagi kalau kamu melamar di perusahaan multinasional yang mewajibkan kemampuan berbahasa Inggris.

Tenang, tenang, yuk tarik napas dalam dulu. English Academy punya beberapa contoh pertanyaan interview Bahasa Inggris dan jawabannya, nih! Kita latihan bareng, yuk!

 

1. Memperkenalkan Diri

Biasanya, sesi wawancara akan diawali dengan pertanyaan seperti: “Can you tell me about yourself?” 

Pertanyaan itu memang terdengar sederhana, tapi ternyata cara jawabnya nggak boleh sembarangan, loh. Kamu nggak perlu jawab dengan hal-hal dasar seperti jumlah keluarga atau tinggal di mana, cukup dengan pengalaman dan hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Seperti:

I’ve been on an internship as a social media officer for 5 months. My duties included writing blog posts, publishing digital content on social media, and ensuring the campaign goes well. I have always been interested in social media and new trends, so that’s why I chose to follow this career path.

(Saya pernah menjalani magang sebagai social media office selama 5 bulan. Tugas saya seperti menulis blog, mem-posting konten digital di sosial media, dan memastikan kampanye berjalan mulus. Saya sangat tertarik dengan sosial media dan tren-tren baru, itulah mengapa saya memilih karir ini).

 

2. Alasan Melamar Pekerjaan

Why do you want to join this company?

Iseng? Karena gajinya besar? Eits, kamu nggak bisa loh asal jawab begitu. Pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu, ya. Apakah karena visi misi perusahaan yang sesuai? Atau karena kamu mencari sosok mentor yang kamu idolakan? Apapun alasan kamu, sampaikan dengan jelas! Jangan lupa untuk melakukan riset tentang deskripsi pekerjaan yang sedang kamu lamar, seperti tugas harian, cross division communication, dan kultur perusahaan.

Kamu bisa menjawabnya dengan cara ini:

  • “I feel my skills are particularly well-suited to this position because I’m detailed personal and communicative. I like to write a to-do list every morning and like to communicate with new people.”
    (Saya rasa kemampuan saya sangat cocok di posisi ini karena saya orang yang detail dan komunikatif. Saya suka menulis to-do list setiap pagi dan berkomunikasi dengan orang baru).
  • “I see this opportunity as a way to contribute to a fast-moving company and I feel I can do with my skill and knowledge.”
    (Saya melihat kesempatan ini sebagai kontribusi untuk perusahaan yang dinamis. Dan saya yakin, saya bisa beradaptasi dengan kemampuan dan pengalaman saya)

3. Menyebutkan Kualitas Diri

Setelah selesai memperkenalkan diri, interviewer pasti ingin mengetahui apa sih hal positif dari diri kamu yang nantinya bisa berguna buat pekerjaan ini. Harus diingat, penting banget buat kamu kasih jawaban yang didukung dengan alasan yang bagus.

Selain pertanyaan “What are your strengths?” (apa kekuatan Anda?), beberapa pertanyaan lain juga sering dipakai seperti:

  • Why do you think we should hire you?
    (Apa alasan kami harus merekrut Anda?)
  • Why do you think you’re the best person for this job?
    (Apa yang membuat Anda berpikir jika Anda-lah orang yang paling tepat?)
  • What makes you a good fit for our company?
    (Mengapa Anda berpikir sangat cocok untuk pekerjaan ini)

Nah, untuk menjawabnya, kamu bisa banget pakai contoh kayak di bawah ini.

I’m a punctual person. I always arrive early and complete my work on time. My previous job had a lot of deadlines and I made sure that I was organized all my jobs.

(Saya ini orang yang tepat waktu. Saya selalu datang lebih awal dan menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu. Pekerjaan saya sebelumnya memiliki banyak deadline, jadi saya memastikan semua pekerjaan terorganisasi dengan baik)

Atau, bisa juga menjawab seperti ini.

If I see something that needs doing, I don’t wait for instruction, I do it. I believe that to get anywhere in life, you need this quality.

(Ketika saya melihat sesuatu harus diambil tindakan segera, saya tidak menunggu instruksi, tapi langsung dilakukan. Saya yakin, kualitas ini dibutuhkan di mana pun kamu berada)

EA - Pertanyaan Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris dan Cara Menjawabnya-02

 

Baca juga: 5 Cara Menyiapkan Presentasi Bahasa Inggris

 

4. Kekurangan Dirimu

Setelah hal positif, tentunya perusahaan mau tahu juga apa kekurangan kamu. Ingat, ya, nggak ada manusia yang sempurna, jadi jangan jawab “saya tidak punya kelemahan”.

Tipsnya, kamu harus menjadikan kelemahan itu terlihat sebagai kualitas positif. Caranya? Tentu dengan menunjukkan gimana sih kamu memperbaiki atau menanggulangi sisi itu.

Coba perhatikan contoh ini:

Interviewer: What are your weaknesses?

(Apa kekuranganmu?)

You: Sometimes, I am a little bit slower in completing my tasks compared to others. It is because I really want to get things right. I will double or sometimes triple-check documents and files to make sure everything is accurate.

(Terkadang, saya lebih lamban dari yang lain ketika menyelesaikan pekerjaan. Alasannya karena saya ingin hasil yang baik. Saya akan memeriksa dokumen dua sampai tiga kali untuk memastikan semuanya telah dikerjakan dengan benar.)

 

5. Cara Menghadapi Stres

Wah, ternyata pertanyaan interview kerja yang bisa ditanyakan tim HR unik juga lho! Tentu tim perusahaan ingin kandidat karyawan yang mempunyai penguasaan diri dan manajemen stres yang kuat! Sehingga, bila dihadapkan dengan situasi yang baru dan menantang, kamu dapat mengatasinya dengan baik.

Kamu bisa menjawabnya dengan cara ini, nih.

Interviewer: How do you handle stress?

(Bagaimana cara kamu menghadapi stres?)

You: Usually, I watch a movie and sing along to my favorite song, feeling the emotion through the lyrics. This way I feel better, so I can work back.  

(Biasanya, saya menonton film dan bernyanyi lagu favorit, dan menyelami emosi lewat lirik. Saya bisa merasa lebih baik dan bekerja kembali.)

 

6. Pandangan Lima Tahun Ke Depan

Pertanyaan “Where do you see yourself 5 years from now?” sangat umum ditanyakan, baik untuk fresh graduate ataupun yang sudah punya pengalaman. Tujuannya, tentu saja perusahaan ingin melihat gimana sih prospek kamu ke depannya. Kamu boleh menjawabnya dengan ambisi kamu, tapi tetap harus membatasi diri dan jangan sampai dianggap sebagai “ancaman”.

Jawaban yang bisa kamu pakai, antara lain:

“By then I will have improved my skills and become more independent in what I do so that I can achieve a higher position.”

(Pada saat itu, saya akan meningkatkan skill dan menjadi lebih mandiri sehingga saya bisa meraih posisi yang lebih tinggi)

 

7. Mengajukan Pertanyaan

“Do you have any questions?”

Hayoo, pasti kamu bingung kan kalau dikasih pertanyaan kayak gini. Ini kan wawancara, kok malah kita yang diminta bertanya?

Pertanyaan ini bukan sekadar basa-basi loh, guys. Interviewer juga bisa menilai kecakapan dan antusiasme kamu akan pekerjaan tersebut dari pertanyaan yang kamu ajukan. Coba ajukan pertanyaan yang berhubungan dengan alur kerja dan sejenisnya. Seperti:

  • Can you tell me any examples of projects that I would be working on?
    (Bisakah Anda memberitahu saya contoh proyek yang akan saya kerjakan nanti?)
  • How does the overtime system here?
    (Bagaimana sistem lembur di sini?)
  • Does the company offer in-house training to staff?
    (Apakah perusahaan juga memberikan pelatihan kepada staf?)

Gimana? Deg-degannya udah lumayan berkurang, kan? Seperti Rogu, kayaknya kamu tinggal latihan di depan cermin deh biar persiapannya semakin matang. Kalau kamu masih kurang percaya diri sama skill Bahasa Inggris kamu, yuk, coba English Academy by Ruangguru yang menggunakan kurikulum Cambridge dan diajar oleh native speaker berpengalaman. Gabung sekarang!

New call-to-action

Referensi:

 

Napitupulu, Sherly. 25 Pertanyaan Interview Kerja yang Paling Sering Diajukan. https://glints.com/id/lowongan/pertanyaan-wawancara-kerja/#.YbMWA71Bw2w (diakses 10 Des. 2021)

Alan & Muzdalifah Muhlan. Jawaban Hebat untuk 8 Pertanyaan Wawancara Kerja Bahasa Inggris Paling Umum. https://www.fluentu.com/blog/english-indo/pertanyaan-wawancara-kerja-bahasa-inggris/ (diakses 8 Des. 2021)

 

Profile

Fauzia Astuti

Beri Komentar