8 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Leo Bisma Nov 3, 2021 • 19 min read


Surat lamaran kerja bahasa inggris

(Header)

Ingin memahami tentang apa itu surat lamaran kerja dan bagaimana cara menulis serta contohnya? Simak artikel berikut ya!

--

Dalam melamar pekerjaan diperusahaan, ada salah satu bagian penting yang selalu dibutuhkan, yakni surat lamaran kerja.  Surat ini tidak bisa dianggap sepele, karena banyak perusahaan menerima karyawan baru melalui kecocokan dari surat lamaran pekerjaan yang disampaikan.

Ketika membuat surat lamaran kerja, banyak hal-hal penting dan trik tertentu agar surat dapat menjelaskan kelebihanmu dengan baik dan membuatmu unggul dari kandidat lainnya. Surat lamaran kerja yang baik, meninggalkan kesan khusus kepada perekrut sehingga meningkatkan peluangmu untuk diterima.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja merupakan satu lembar dokumen yang memperkenalkan diri, mulai dari info dasar, riwayat pekerjaan, keterampilan profesional, minat pribadi, dan ketertarikan dari pelamar kepada perusahaan tempat melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja membantu perekrut untuk mengenal kamu selain melalui CV, untuk menyesuaikan keahlian kandidat dengan lowongan pekerjaan yang tersedia. Surat ini juga banyak ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya bila perusahaan yang dilamar berskala internasional atau memang mensyaratkan penggunaan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja memiliki istilah Cover Letter. Pernah mendengar hal tersebut, bukan? Sama halnya dengan surat lamaran kerja, cover letter berfungsi sebagai surat pengantar ketika melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja yang baik ditulis dengan efisien dan mampu menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memenuhi syarat dan sangat cocok untuk pekerjaan yang kamu lamar.

Baca juga: Cara Membuat Email Profesional dalam Bahasa Inggris

Isi Surat Lamaran Kerja atau Cover Letter

Seperti jenis dokumen lainnya, surat lamaran kerja juga memiliki struktur agar mudah dipahami dan mencapai tujuannya untuk memberikan nilai plus dalam lamaran. Ketika membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, pastikan surat kamu berisi:

  1. Informasi Kontak Penerima
    Informasi ini diletakkan pada urutan teratas dalam surat lamaran kerja. Bagian ini berfungsi agar surat lamaran tersebut jelas ditujukan kepada siapa. Dalam surat lamaran kerja, sudah pasti berisi informasi tentang seorang perekrut, atau yang mengatasnamakan dari perusahaan yang menyelenggarakan lowongan.
  2. Salam Pembuka
    Salam pembuka berfungsi untuk menunjukkan interaksi secara tidak langsung layaknya menyapa perekrut melalui surat. Walaupun terlihat sepele dan juga singkat, namun jangan sampai bagian ini terlewat, atau salah penyebutan.
    ya
  3. Paragraf Pembuka
    Lalu lanjut pada paragraf pembuka. Di bagian ini, kamu bisa menuliskan terkait maksud/tujuan utama dari surat. Bisa diisi dengan kalimat misalkan: “Bersamaan surat ini, saya bermaksud melamar pekerjaan".
  4. Isi Surat
    Pada isi surat, kamu bisa mulai memperkenalkan diri dan latar belakang, pengalaman bekerja atau studi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.
    Pastikan kamu menulis dengan singkat namun efisien, dan jangan sertakan pengalaman-pengalaman yang sekiranya tidak berpengaruh untuk membantumu mendapatkan pekerjaan.
    Ceritakan juga mengenai kelebihanmu dalam bekerja, karakter positif yang kamu miliki serta kelebihan dan kekurangan. Khusus bagian menceritakan kekurangan, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih diksi, dan jelaskan dengan situasi kamu mampu mengatasi kekurangan tersebut. 
  5. Paragraf Penutup
    Di paragraf ini, sampaikan kalimat yang menyatakan maksud dan tujuanmu untuk melamar, selain itu buat kesimpulan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi berdasarkan kemampuan atau pengalaman kamu.

  6. Salam Penutup

Bagian terakhir, sampaikan salam penutup untuk mengakhiri surat lamaran.  

Baca juga: 7 Tips Membuat CV dalam Bahasa Inggris yang Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Dalam menulis surat lamaran kerja, ada beberapa tips yang bisa membantumu untuk menulis dengan baik. Simak satu persatu dari tips berikut untuk diterapkan dalam suratmu ya!

Isi surat lamaran kerja

  1. Tulis identitas dan alamat kantor perekrut

    Baik melamar secara langsung datang ke kantor, atau melalui email, bagian ini cukup penting walau sering terlupakan. Di pojok atas sebelah kiri surat, tulis rincian:

    • Tanggal surat
    • Nama pertama dan terakhir dari perekrut
    • Alamat kantor perekrut 
    • Nomor telepon (Jika diketahui)

    Ketika menulis tersebut, pastikan informasi yang kamu tuliskan sesuai dari penulisan nama dan gelar, serta nama perusahaan. Kurang teliti dan tidak mengecek kembali bisa beresiko typo atau salah ketik pada bagian ini, yang menjadi kesalahan fatal dalam melamar pekerjaan.

  2. Tulis paragraf pembuka yang jelas, dan jelas maksud dan tujuannya

    Saat mulai menulis paragraf pertama, awali dengan kalimat yang informatif, dan juga perkenalan langsung tentang identitasmu, diikuti dengan detail berikut pada kalimat awal:

    • Posisi pekerjaan yang kamu lamar
    • Nama perusahaan tujuan 
    • Bagaimana kamu menemukan lowongan tersebut. (Sosial media / LinkedIn / atau media lainnya)
    • Tunjukkan antusiasme, jelaskan bahwa kamu siap untuk menjalankan proses perekrutan dan sesuai dengan kriteria kandidat yang diinginkan.

    Kamu juga bisa membuat kalimat pembuka yang menarik dengan diksi tertentu sehingga menimbulkan kesan suratmu tidak “kaku” atau terlalu formal layaknya cover letter pada umumnya. Satu hal yang penting, pastikan bahwa gaya komunikasi yang kamu gunakan dalam surat lamaran kerja, sesuai dengan budaya dan identitas dari perusahaan yang kamu lamar. 

    Bila perusahaan tersebut tergolong start-up dan memiliki budaya yang populer, menggunakan komunikasi yang kasual mungkin akan membantumu terlihat menarik. Dalam kasus lain, bila kamu melamar pada perusahaan yang konservatif, jaga agar gaya komunikasi tetap formal. 

  3. Tulis isi paragraf yang informatif dan relevan

    Selanjutnya, tulislah isi dari surat lamaranmu. Pada bagian ini, yang terpenting adalah bagaimana argumenmu dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah orang yang tepat. Jelaskan pengalamanmu, skill, dan pencapaian-pencapaian yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 

    Dalam satu atau dua paragraf, berikan poin-poin plus yang berusaha kamu tonjolkan dari dirimu sehingga perekrut dapat mudah melihat potensi diri kamu yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan. 

    Berikut contoh isi surat lamaran kerja berbahasa Inggris untuk pelamar yang memiliki pengalaman kerja:

    • Fokus pada pencapaian

    “I’ve been succeeded in consistently selling products that perform 20% higher than baseline. In 2020, I was awarded Best Employee for my efforts. With my skill set, I’d be a strong asset at Ruang Rindu, and significantly contribute to the team’s success.”

    • Fokus pada pengalaman

    “I have over seven years of experience working in the performance marketing space. In my current role at Gogo Driving, I was able to implement new email campaigns centered around reengaging churned clients.”

    Dari kedua contoh tersebut, bisa kita lihat bahwa isi surat lamaran kerja bahasa Inggris berisi 3 hal, yakni:

    • Pencapaian profesional, seperti penyelesaian target, total penjualan, keuntungan, kepuasan pelanggan, dan tujuan bisnis lainnya.
    • Penghargaan dari rekan kerja, seperti pujian dan penghargaan yang diberikan oleh manajemen perusahaan pada kinerja yang baik.
    • Penghargaan profesional, seperti penghargaan yang diberikan berdasarkan kinerja seperti Employee of The Month dsb.

    Baca juga: 5 Pertanyaan Interview Kerja Bahasa Inggris yang Sering Ditanyakan

    Berikut contoh isi surat lamaran kerja berbahasa Inggris untuk pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja:

    Jika kamu tergolong masih lulusan baru, dan belum memiliki pengalaman kerja, menulis surat lamaran kerja mungkin sedikit sulit mengingat tidak banyak hal yang bisa kamu ceritakan. Tentu saja hal ini tidak masalah, perekrut biasanya akan memperhatikan hal ini:

    • Pencapaian akademik, misalkan IPK, gelar akademik seperti cum laude, atau riset dan penghargaan non-akademik yang kamu dapatkan selama kuliah
    • Kegiatan ekstrakurikuler. penilaian ini berdasarkan keaktifan kamu dalam bidang tertentu yang diluar studi. Banyak perusahaan mencari kandidat dengan kemampuan istimewa dan menguasai bidang tertentu yang spesifik.
    • Motivasi diri dan tujuan. Hal terakhir yang dinilai perusahaan dari menyeleksi fresh graduate ialah bagaimana tujuan jangka panjang serta jangka pendeknya, serta potensi yang dimiliki kandidat di masa depan.

    Satu hal yang terpenting, pastikan seluruh hal yang kamu tulis harus relevan dengan peran pekerjaan yang dilamar. Misalkan kamu aktif dalam UKM Olahraga, tidak perlu disebutkan dalam surat lamaran ketika kamu melamar untuk posisi akuntansi, kecuali kamu menjadi bendahara. 

    Perekrut juga akan menilai keseriusan dari lamaran berdasarkan surat lamaran kerja. Untuk itu, meluangkan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi surat lamaran kerja juga penting,  dan jangan lupa meminta masukan dari orang lain.

  4. Akhiri paragraf dengan penutup yang singkat dan “mengena”

    Saat menulis paragraf penutup di cover letter, tunjukkan kesan bahwa kamu sopan, percaya diri, dan menggambarkan kamu adalah kandidat terbaik yang dapat dipilih. Sangat penting untuk menulis paragraf penutup dengan kalimat yang menarik dan mendukung tujuanmu. Tipsnya antara lain:

    • Ucapkan terima kasih kepada rekruter karena telah memproses lamaran
    • Jelaskan secara singkat mengapa kamu kandidat terbaik untuk dipilih
    • Singgung kembali tentang antusiasme dirimu agar dipilih
    • Secara sopan, ungkapkan bahwa kamu menunggu perekrut untuk mengundang wawancara kerja / interview.

     Contoh paragraf penutup:

    “Thank you for spending the time to review my application. I deeply believe that my skills and qualifications make me an ideal candidate for the 5th grade science teacher position at Neuron Academy. I'm extremely motivated to join your school, and look forward to discussing my candidacy in an interview. 

    Sincerely, 

    Erlangga Wicaksana”

  5. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja

    Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, hal terpenting yang harus dilakukan, ialah periksa kembali suratmu. Baca kembali beberapa kali sampai kamu yakin tidak ada detail yang salah atau salah ketik.  
    Pastikan semua informasi sudah tertulis dengan benar, seperti posisi pekerjaan yang dilamar, nama perekrut dan perusahaan, serta alamat dan detail kontak kamu untuk dihubungi.

  6. Format penulisan Surat Lamaran Kerja / Cover Letter

    Surat lamaran kerja profesional berbahasa Inggris, umumnya sepanjang 250-400 kata, spasi satu, dan menggunakan halaman kertas berukuran A4. Perhatikan juga jenis font yang digunakan harus mudah dibaca, paling umum bisa memilih arial atau calibri, dengan ukuran font yang ideal yakni diantara 10,5 sampai 12.

    Format lainnya ialah perhatikan batas pinggir halaman atau margin harus pada ukuran 1” atau 0,5 di semua sisi. Selain itu, pastikan tulisan harus rata kiri atau rata kanan kiri agar tulisan terlihat rapi dan mudah dibaca. 

    Format ini mungkin bisa sedikit disesuaikan, tetapi disarankan untuk mengikuti format tersebut agar surat lamaran kerja mudah dibaca dan tidak dilewatkan oleh rekruter.

  7. Detail Informasi yang jangan disertakan

    Layaknya menjaga privasi, data-data pribadi juga sebaiknya kamu jaga untuk kenyamanan pribadi. Saat melamar pekerjaan, hindari memberikan informasi terlalu detail tentang diri sendiri karena dapat beresiko disalahgunakan atau kemungkinan mendapat perlakuan diskriminatif. Berikut beberapa hal yang tidak perlu ditulis dalam surat lamaran kerja:

    • Informasi personal, seperti latar belakang keluarga, agama, orientasi seksual
    • Informasi gaji, seperti slip gaji di pekerjaan sebelumnya. Jika dimintai ekspektasi gaji, berikan angka dalam rentang tertentu dan hindari menyebutkan nominal secara detail
    • Informasi yang di salin dari CV, Walau sering terjadi, namun hindari melakukan copy paste informasi yang bisa di lihat di CV kedalam surat lamaran kerja.
  8. Koreksi tulisan / Proofreading 
    Last but not least, periksa kembali surat lamaran kerja yang sudah selesai ditulis. Berikut trik untuk memeriksa tulisanmu dari kesalahan-kesalahan tersembunyi:
    • Baca kembali surat lamaran kerja dengan lantang
    • Ubah sementara tulisan menggunakan font lain, hal ini bisa merangsang kamu membaca sebuah tulisan baru dan membantu untuk menemukan detail kecil agar tidak ada yang terlewat.
    • Gunakan fitur cek grammatical error di internet maupun aplikasi di komputer. Ada banyak aplikasi atau web gratis yang bisa giunakan untuk pengecekan spelling dan idiom yang bagus.

Funfact melamar pekerjaan

Baca juga: 7 Langkah Membuat Esai Bahasa Inggris

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

A. Surat Lamaran Kerja Profesional Dengan Pengalaman

Jacob Handaya

Human Resources Manager 

Ruang Rindu Pte Ltd

321 Employment St. Singapore

30 February, 2020 

 

Dear Mr. Handaya, 

As a highly skilled project manager with 8 years of experience, I am writing to express my interest in the PM position at your company. My experience aligns well, as I have worked in project management for several years, and I know I would make a valuable addition to your team. 

After working for nearly a decade in project management, I have advanced knowledge in developing scopes, keeping projects moving, submitting deliverables on time, and ensuring a seamless experience for all parties involved. Besides that, while my previous position afforded me a well-rounded skIllset, time efficiency skills, I excel at: 

- Planning and executing project scopes, managing timelines, and deadlines. 
- Tracking and reporting on overall progress. 
- Manage daily operations of brand new programs and metric the objective. 
- Predict project revenue and ensure all goals are met. 

In addition to my experience and relationship-building experience, I have a solid educational foundation and a passion for furthering projects that build loyalty and, in turn, grow revenue for your organization. I very much appreciate the opportunity to contribute to your ongoing growth and continued success. 

Thank you for reviewing my attached application for additional details regarding my expertise and achievements. Don’t hesitate to reach out if you have any questions or need further clarification on my experience.' i would love to meet with you and discuss this position in detail. 

Thank you for your consideration. 

 

Sincerely.

Joni Iskandar

 

 

B. Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate / Tanpa Pengalaman

Shabrina Zatalini

Talent Acquisition

Shiny Beauty

234 Sudirman Business District Center

Jakarta Selatan, 12190

Dear Mrs. Zatalini,

I am writing this letter to respond to your vacancy published in LinkedIn. I would like to apply as a Geologist  and I am very interested in this job.

I am a fresh graduate of Bachelor of Science in Geology Engineering, Bantul State University.  I had many practical experiences and exposure during my study. I have acquainted myself with a range of skills that would allow me to blend with your corporation. My internship in a few mining corporations also provided me some experience on different geology engineering works.

From your vacancy, I can see that you are looking for candidates who have excellent skills that are relevant to geo-environmental engineering. I have a thorough knowledge of the processes of construction in ground exploration projects, drilling systems and also excellent Interpersonal and communication skills. 

Along with the cover letter, I attach herewith my resume for your full consideration I appreciate your time reviewing my application, and it will be a pleasure for me to attend an interview with you at your convenient nme 

Yours sincerely, 

Bryan Nurliansyah

 

Perbedaan yang bisa dilihat, hanya dari sisi penggunaan diksi dan gaya penulisan dalam surat lamaran kerja kamu. Seperti yang dibahas di atas, surat lamaran kerja atau cover letter bisa menggunakan gaya bahasa yang beda bergantung dengan perusahaan yang dituju untuk melamar pekerjaan. Berbeda dengan surat lamaran kerja dalam Bahasa Indonesia yang umumnya dengan bahasa yang formal.

Terus, gimana caranya kalau ingin mempelajari diksi-diksi atau idiom dalam bahasa Inggris agar surat lamaran kerja bisa terdengar keren? Bisa nih ikutan kelas di English Academy. Bersama tutor native speaker dan lokal terbaik, dijamin pengalaman belajar bahasa Inggris akan terasa menyenangkan, dan fleksibel untuk belajar dimana saja. Yuk cobain!

New call-to-action

Referensi

Eye Tracking Study, 2018, The Ladders. [Online] Link:  https://www.theladders.com/static/images/basicSite/pdfs/TheLadders-EyeTracking-StudyC2.pdf (Accesed October 28th 2021)

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar