Penulisan Alamat dalam Bahasa Inggris yang Benar, Bagaimana Formatnya?

penulisan alamat bahasa inggris

Artikel ini menjelaskan pentingnya memahami format umum penulisan alamat dalam bahasa Inggris, memahami perbedaan street, road, dan berbagai kosakata jalan lainnya.

 

Setelah mengetahui cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, kamu juga perlu memahami bagaimana format penulisan alamat dalam bahasa Inggris.

Pasalnya, tanggal dan alamat merupakan dua hal yang sering ditulis secara bersamaan dalam sebuah dokumen. Contohnya seperti dalam cover letter alias surat lamaran kerja bahasa Inggris, personal letter, formal letter, dan invitation letter (surat undangan bahasa Inggris).

But actually, penulisan alamat yang baik dan benar juga berlaku untuk kepentingan lainnya, what’s thatYap, pengiriman paket atau barang melalui ekspedisi.

Then, kamu mungkin sudah pernah belajar bagaimana cara menuliskan alamat yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia. Nah, bagaimana penulisan alamat dalam bahasa Inggris? Yuk, lihat caranya di artikel ini!

 

Alamat dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggrisnya alamat adalah adress.  Adress ditulis guna memberikan informasi yang penting untuk menemukan gedung atau sebuah tempat khusus yang berkaitan dengan seseorang atau sebuah organisasi.

Kenapa alamat harus ditulis secara lengkap? Karena, pada adress tercakup poin-poin yang bersifat lengkap dan spesifik. Alamat yang lengkap dapat memudahkan orang lain untuk menemukan lokasi atau letak tempat tinggalmu.

Dapat disebut sebagai alamat lengkap jika terdiri dari nama jalan, nama lorong, nama gang (jika letaknya di dalam gang), nama komplek atau nama lingkungan, RT berapa, RW berapa, nomor gedung, nama organisasi (untuk organisasi), nama kelurahan, nama kecamatan, nama kota atau kabupaten, nama provinsi, kode pos, dan referensi geografis.

Apa yang terjadi jika alamat ditulis tidak lengkap? Tentu lokasi tujuan akan sulit ditemukan dan kemungkinan orang lain bisa tersesat. Maka dari itu, sangat disarankan agar kamu juga memahami bagaimana Cara Asking and Giving Direction dalam Bahasa Inggris.

 

Penulisan Alamat dalam Bahasa Inggris di Indonesia

Ketika hendak mengirimkan sebuah dokumen atau barang pada orang lain melalui ekspedisi, ada dua alamat yang perlu ditulis, yaitu alamatmu sebagai pengirim (sender), dan alamat penerima (receiver).

Bagaimana cara menulis alamat dengan bahasa Inggris? Secara umum, begini cara mengisi adress apabila kamu sedang berada di Indonesia dan akan mengirim dokumen untuk tujuan nasional:

  1. Nama orang: Full name of the sender or recipient
  2. Alamat lengkap: Full address  of sender or recipient
  3. Nama jalan: Street name
  4. Nomor rumah: House number
  5. Kelurahan: Sub-district
  6. Kecamatan: District
  7. Kota/Kabupaten: City/Regency
  8. Provinsi atau negara bagian: State or province
  9. Kode pos: Postal code or ZIP code
  10. Negara: Country

Alamat di atas bisa kamu sesuaikan lagi jika memang lokasi yang dituju terletak di dalam gang, sebuah lingkungan, RT, RW, atau komplek tertentu.

 

Bagaimana Penulisan Alamat Surat Pribadi?

Berikut cara menulis alamat dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan olah warga Amerika:

Alamat Pengirim

  • Baris pertama adalah nama pengirim (sender)
  • Baris kedua, bisa tuliskan nama organisasi atau perusahaan (jika dari perusahaan)
  • Baris ketiga, tulis nomor gedung dan nama jalan.
  • Baris terakhir, tuliskan nama kota, nama wilayah dan kode pos.

 

Alamat Penerima

  • Tulis nama penerima di barisan pertama.
  • Di barisan kedua, tulis nomor gedung dan nama jalan.
  • Baris terakhir, masukkan nama kota, wilayah serta kode pos.

 

Contoh Alamat dalam Bahasa Inggris yang Paling Simple

Suzy Miller
3241 Landing Lange, APT 5
Louisville, KY 40018-1234

 

Sekilas info. Buat kamu yang ingin menambah  pengetahuan tentang bahasa Inggris mulai dari grammar, vocabulary, academic English dan lain sebagainya , kamu bisa mendapatkannya langsung dari guru native speaker di kelas English Academy. Kamu belum join? Kalau masih ragu, coba kelas gratisnya dulu, yuk!

CTA English Academy

 

Cara Menulis Alamat dalam Bahasa Inggris untuk Kepentingan Bisnis

Meskipun memiliki cara penulisan yang mirip, terdapat beberapa hal yang bisa kamu tulis saat mengirimkan surat, dokumen atau paket untuk kepentingan bisnis. Berikut adalah cara penulisan alamat dalam bahasa Inggris untuk kepentingan bisnis:

1. Untuk baris pertama, beberapa orang menulis kata “Attention.” atau “ATTN.” sebelum nama penerima, tetapi ini bersifat optional. Kamu juga bisa mencantumkan gelar penerima sebelum nama. Seperti misalnya MBA, CEO, atau VP. Lalu, bubuhkan tanda koma setelah nama belakang mereka, diikuti dengan penunjukkan.

2. Pada baris kedua, tulis nama dari bisnis atau perusahaan yang dituju.

3. Kemudian pada baris selanjutnya kamu harus menuliskan nomor gedung dan nama jalan.

4. Baris terakhir, tulislah nama kota, wilayah dan kode pos.

Berikut contohnya:

ATTN: Dennis Rock, VP
Global World Co.
90013 Broadway Blvd.
Nashville, TN 37011-5678

 

Cara Menulis Alamat Bahasa Inggris untuk Tujuan Militer

Selain untuk kepentingan pribadi dan kebutuhan bisnis, kamu juga perlu memperhatikan format penulisan alamat jika hendak mengirim sesuatu untuk seorang militer. Berikut adalah cara menulis alamat bahasa Inggris untuk militer:

1. Tulislah nama penerima terlebih dahulu.

2. Selanjutnya tulis nomor gedung dan nama jalan.

3. Jika pada jenis surat-surat lain kamu menuliskan nama kota, maka  khusus untuk surat tujuan militer kamu harus menuliskan DPO (Diplomatic Post Office) yaitu lokasi diplomat, FPO (Fleet Post Office) untuk lokasi angkatan laut dan kapal, APO (Air/Army Post Office) untuk lokasi angkatan udara atau angkatan darat.

Meskipun penulisan kode pos sama seperti menulis alamat yang lain, tapi untuk kebutuhan alamat militer kamu akan menuliskan tambahan empat kode angka yang untuk kepentingan pengiriman.

Berikut contohnya:

CPT Miranda Anderson
6543 N 14th Street
DPO, AA 33608-3389

 

Penulisan Bahasa Inggris Alamat untuk Tujuan Internasional

Yap, tiga penulisan alamat sebelumnya berlaku apabila kamu berada di Amerika. Kalau posisimu saat ini ada di Indonesia atau sedang di negara lain dan ingin mengirimkan surat, dokumen atau paket lintas negara, maka berikut adalah cara penulisannya:

1. Tulis nama penerima di barisan pertama

2. Pada barisan kedua, tulis nomor gedung dan nama jalan. Kalau memungkinkan, kamu bisa menulis nama rumah. Hal ini lebih umum jika penerima bertempat tinggal di daerah pedesaan, yang nama alamatnya diganti dengan nama estate. Kalau nama estate digunakan, maka tulislah nomor gedung dan/atau nama jalan di barisan selanjutnya.

3. Pada baris selanjutnya, tulislah nama kota.

4. Baris berikutnya kamu harus menulis nama daerah atau county yang disingkat menjadi Co. Untuk kota-kota besar biasanya tidak memerlukan nama daerah seperti ini. Tapi kalau penerima bertempat tinggal di pedesaan, maka penulisan nama daerah diperlukan.

5. Selanjutnya tulislah kode pos.

6. Baris terakhir, tuliskan nama negara.

Berikut contohnya:

Jason Hernandez
Notting Estate
431 Notting Lane
Nottingham
NG1 1AJ
England

 

Ketentuan Penulisan Alamat dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin menulis alamat dalam bahasa Inggris, yaitu:

1. Sebisa mungkin hindari singkatan dalam penulisan alamat untuk menghindari kesalahan informasi. Lalu, apakah jalan boleh disingkat? Untuk surat formal, usahakan tidak disingkat. Namun, jika suratnya informal, jalan bisa disingkat menjadi Jln., atau dalam bahasa Inggris yaitu street yang disingkat menjadi St.

2. Nama perusahaan, brand, lembaga, dan tempat dalam bahasa Inggris tidak perlu ditulis dengan huruf miring.

3. Gunakan huruf kapital untuk huruf pertama pada setiap kata yang signifikan dalam alamat, seperti nama jalan, nama kota, dan negara. Contoh: “Merdeka Stree “, “Jakarta Selatan”, “Indonesia”.

4. Tanda koma bisa dipakai untuk memisahkan informasi alamat yang berbeda. Contoh: “Salamodin Street, Jakarta Selatan, Indonesia”.

Kamu bisa membaca artikel Punctuation (Tanda Baca Bahasa Inggris) Beserta Arti dan Contohnya untuk memahami bagaimana cara penggunaan tanda baca yang lebih tepat.

 

Istilah-istilah Jalan dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat berbagai kosakata yang berkaitan dengan penulisan alamat dan juga jalan seperti street, road, avenue, boulevard, lane, drive, dan parkway. Apa perbedaannya?

Secara umum, road berarti jalan yang menghubungkan dua titik, sedangkan street adalah jalan umum yang biasanya memiliki gedung-gedung di sisinya. Sementara itu, avenue sama dengan street, tetapi bentuk jalannya tegak lurus.

Lalu, boulevard adalah jalan raya yang memiliki median di tengahnya, dan lane merupakan jalan raya yang lebih kecil. Kemudian, drive adalah jalan pribadi yang aksesnya terhubung dari jalan umum ke bangunan, sedangkan parkway adalah jalan raya lanskap yang luas.

Nah, karena kamu sudah tahu perbedaannya, selain street yang disingkat menjadi St., sekarang kamu juga harus mengetahui singkatan-singkatan lain yang diperlukan ketika menulis alamat dalam bahasa Inggris:

  • ST untuk Street
  • BLVD untuk Boulevard
  • PKWY untuk Parkway
  • LN untuk Lane
  • DR untuk Drive
  • RD untuk Road
  • N untuk North (Utara), E untuk East (Timur), S untuk South (Selatan), W untuk West (barat) dan seterusnya
  • APT untuk Apartment
  • STE untuk Suite

 

Kosakata Bahasa Inggrisnya Jalanan Lainnya

Kosakata Streets

  • Alley: Gang atau jalan sempit di antara bangunan.
  • Avenue: Jalanan yang lebar dengan bangunan tinggi di antara kedua sisinya di dalam kota.
  • Boulevard: Jalanan yang lebar di kota biasanya ditumbuhi pepohonan, rerumputan dan bunga-bunga di kedua sisinya.
  • Cul-de-sac (dead end): Jalan buntu.
  • Crescent: Sebuah jalan berbentuk bulan sabit.
  • Drive/Driveway: Jalan pribadi pendek untuk akses ke rumah atau garasi.
  • Walkway: Jalan untuk berjalan bersama.

 

Kosakata Highways

  • Beltway: Jalan lingkar, yang mengelilingi kota.
  • Causeway: Jalan terangkat yang melintasi tanah basah atau lahan basah.
  • Artery (arterial road): Jalan berkapasitas tinggi.
  • Dual carriageway/Divided highway: Jalan dengan jalur median yang memisahkan dua atau lebih jalur lalu lintas yang bergerak berlawanan arah.
  • Single carriageway/Undivided highway:  Jalan dengan satu jalur lalu lintas.
  • Motorway/Freeway: Jalan raya yang dirancang untuk lalu lintas yang bergerak cepat.
  • Expressway: Jalan raya dengan akses terbatas, yang dirancang untuk lalu lintas yang bergerak cepat, dan melewati kota.
  • Service road: Jalan samping yang sejajar dengan jalan utama.
  • Parkway: Jalan lebar dengan pepohonan dan rerumputan di kedua sisi dan di tengahnya.
  • Turnpike/toll road: jalan lebar yang dikenakan biaya (atau tol) untuk digunakan.

 

Kosakata Trails

  • Back road: Jalan kecil, biasanya ditemukan di daerah pedesaan.
  • Byway: Jalan kecil, seringkali tidak rata, yang tidak banyak digunakan.
  • Dirt road: Jalan tak beraspal yang terbuat dari tanah.
  • Gravel road: Jalan tak beraspal yang terbuat dari kerikil.
  • Kosakata Parts of Road
  • Carriageway: Bagian jalan yang digunakan oleh kendaraan.
  • Lane: Bagian dari jalur lalu lintas, yang ditandai dengan garis-garis yang dicat. Bagian jalan yang dirancang untuk perjalanan sepeda disebut jalur sepeda.
  • Pavement: Bagian dari jalan diperuntukkan bagi pejalan kaki.
  • Crossroads/Intersection: tempat di mana dua atau lebih jalan bertemu satu sama lain.
  • Median strip/also central reservation: area beraspal yang memisahkan dua atau lebih jalur lalu lintas.

Well, itulah cara penulisan alamat dalam bahasa Inggris yang perlu disesuaikan dengan masing-masing tujuannya. Dengan pengetahuan ini, kamu sudah bisa mengirim dokumen, surat atau paket dengan aman.

Yuk, baca artikel keren lainnya di blog English Academy! Mau belajar tenses? Ayo! Pengen baca berbagai cerita menarik? Banyak!

Tapi, kalau pengen bisa bahasa Inggris dalam 3 bulan, join kelas English Academy ya! Soalnya ada guru lokal dan internasional yang bakal ngajarin kita di kelas English Academy pake kurikulum internasional Cambridge secara interaktif. Jadi, belajarnya juga makin asyik. Konsultasi Gratis dulu, yuk!

[IDN] CTA Blog EA Konsultasi Gratis English Academy 2023

Editor:
Intan Aulia Husnunnisa

Referensi:

Herrity, Jennifer. 2020. How To Write an Address: A Complete Guide (online) https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-write-an-address [accessed on 13 March 2023]

Stevenson, Jamie. 2016. What’s the difference between a road, a street and an avenue? (online) https://www.here.com/learn/blog/whats-the-difference-between-a-road-a-street-and-an-avenue [accessed on 13 March 2023]

Mirriam-Webster. ND. Why Do We Park in the Driveway and Drive on the Parkway? (online) https://www.merriam-webster.com/words-at-play/drive-parkway-park-driveway-history [accessed on 13 March 2023]

Vocabulary Page. ND. Road Vocabulary. (online) https://www.vocabularypage.com/2016/01/road-vocabulary.html [accessed on 13 March 2023]

Muhammad Azka Rais