7 Langkah Membuat Esai Bahasa Inggris

Fridericiana Marie Pasasa Mar 4, 2021 • 5 min read


7 langkah jitu membuat esai

Artikel ini menjelaskan 7 langkah membuat esai berbahasa inggris dengan lancar dan efektif.

--

Ketika kamu berminat untuk aktif di sekolah maupun universitas, banyak sekali aktivitas yang menjadikan esai sebagai syarat pendaftaran. Dengan era globalisasi, saat ini banyak sekali institusi yang mewajibkan peserta membuat esai berbahasa Inggris sebagai bahasa universal. Tahukah kamu, bahwa kosakata bahasa Inggris ada lebih dari 1 juta kosakata? Sebagai perbandingan, bahasa Indonesia mempunyai 127.000 kosakata! Wah, luas sekali ya squad!

Pembuatan esai berbahasa Inggris sendiri pun beragam tujuannya. Mulai dari seleksi beasiswa, organisasi, hingga konferensi internasional. Kamu mungkin akan menghadapi situasi di mana kamu kesulitan menemukan topik yang sesuai atau cara menstruktur esai hingga menjadi sebuah cerita. Apa kamu pernah membayangkan, bagaimana, ya, cara membuat esai yang menarik dan stand out dari ratusan hingga ribuan peserta? Belum lagi penggunaan kosa kata bahasa Inggris menjadi salah satu aspek yang wajib untuk kamu kuasai!

Dalam proses pembuatan esai butuh usaha ekstra agar hasilnya maksimal. Ada banyak faktor yang menjadi kriteria esai yang menarik, seperti struktur esai, gaya bahasa penulisan, dan konten esai.  Jadi, jangan mundur langkah dulu ya! Berikut adalah 7 langkah jitu yang harus kamu pertimbangkan saat membuat esai bahasa Inggris yang menarik!

 

1. Understand Your Goal

Sebelum menulis esai berbahasa Inggris, coba analisis aktivitas yang ingin kamu daftarkan seperti visi misi, latar belakang organisasi, pendiri, kriteria yang dibutuhkan, aktivitas, dan latar belakang alumni. Wah, banyak juga ya! Ternyata, hal ini sangat penting dilakukan untuk memahami apakah aktivitas tersebut sesuai dengan tujuan kamu. Memahami minat diri dan tujuan kamu untuk menjadi bagian dari institut/organisasi sangatlah penting agar kamu bisa betul-betul menuangkan semangat kamu di dalamnya.

Selain itu, memahami tujuan kamu sendiri juga menunjukkan keseriusan kamu untuk berpartisipasi. Bila ternyata kamu merasa tidak sesuai dengan kegiatan aktivitas tersebut, seperti alokasi waktu dan kegiatannya, kamu bisa mundur dari pendaftaran dan mencari kegiatan lain yang lebih sesuai. Rajin-rajin cek blog Ruangguru ya untuk mengetahui informasi beasiswa!

2. Be Confidence

Confidence is key! Sikap percaya diri harus selalu kamu kuasai termasuk ketika menulis esai. Bila kamu kesulitan menulis esai berbahasa Inggris, kamu selalu dapat menulis kerangka esai dengan bahasa Indonesia dan fokus pada isi dari esai terlebih dahulu. Selalu percaya dengan kemampuan yang kamu miliki dan hindari rasa takut ya. Intinya, kamu gak akan tahu sampai kamu coba, dan dengan mencoba kamu akan belajar. Fokus pada tujuanmu dan jangan biarkan orang lain membuatmu mundur. Sikap percaya dirimu akan terpancarkan dengan tulisan esai kamu. 


3. Structure the framework

Setelah melakukan analisis, saatnya untuk mulai membuat kerangka tulisan berupa pendahuluan, isi, dan penutup. Lalu, kamu dapat memulai dengan menuliskan gagasan utama di setiap paragraf dan mengembangkan gagasan utama tersebut menjadi suatu paragraf yang utuh. Pada bagian ini, tuliskan semua poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan dalam esai. Hal ini penting untuk menjaga esai tersebut mempunyai alur yang jelas dan menarik, memudahkan kamu mengulangi bahasan topik yang sama, dan menghasilkan konten esai yang efektif. 

 

4. Tell a Story

Salah satu yang dapat membedakan kamu dan pembuat esai lain adalah kemampuanmu untuk menyulap kerangka esai tersebut menjadi sebuah cerita yang menggugah emosi dengan alur tulisan yang mengalir. Kamu bisa menggunakan aplikasi writing assistance seperti Grammarly, Slick Write and SentenceCheckup untuk membantu kamu memeriksa ejaan dalam struktur bahasa inggris dan mengoreksi kekeliruan dalam menulis. Untuk memperluas kosa kata dalam esai, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Thesaurus dan Wiktionary.

Baca juga: 5 Pertanyaan Interview Kerja dalam Bahasa Inggris yang Sering Ditanyakan

Sisipkan bentuk genre yang ingin kamu bawakan dalam esai dan pastikan kalimat antarparagraf itu memiliki transisi dengan pendekatan kreatif. Topik esai untuk mendaftar beasiswa, organisasi, dan konferensi sebagian besar tentang mengangkat topik seputar dirimu, sehingga tidak membutuhkan atau membutuhkan hanya sedikit sumber eksternal. Fokus pada cerita yang ingin kamu sampaikan ya!

 

5. Mention Relevant Motivation and Experience

Tuangkan motivasimu dalam esai tersebut secara spesifik. Bila kamu ingin mendaftar sebuah organisasi akademik, why do you want to enroll in this organization compared to others? What's unique about the program?

Hindari penggunaan motivasi yang general dan tidak menonjol, seperti melatih communication skills maupun menambah relasi. Hal tersebut sudah pasti akan kamu asah bila mengikuti sebuah organisasi. Kamu juga dapat menceritakan mimpi yang ingin kamu raih, skillset yang ingin kamu kembangkan, hingga kontribusi yang ingin kamu berikan untuk organisasi tersebut. Pstt...hal ini bisa jadi poin tambahan loh!

Selain itu, pengalaman yang relevan dengan aktivitas yang ingin kamu ikuti akan menjadi poin tambahan karena membuktikan kemampuan kamu sebelumnya. Hindari penyingkatan kata maupun singkatan saat menyebutkan pengalamanmu. Kamu juga harus menuliskan kuantifikasi pengaruh bila ingin membicarakan pengalaman. Tetapi, pengalaman yang kurang berkaitan tidak menambah nilai dari esai tersebut. Jangan khawatir bila kamu belum mempunyai pengalaman yang terkait, kami dapat menunjukkannya dengan motivasi dan tujuan yang spesifik. 

 

6. Give a Strong Conclusion

Kesimpulan yang tajam juga menjadi salah satu aspek penting dalam membuat esai bahasa Inggris. Jangan biarkan esai kamu menggantung ya! Esai yang menarik harus dilengkapi dengan penutup berupa kesimpulan dari keseluruhan esai.  Bagian kesimpulan bukan menambahkan topik baru ya, tetapi merangkum isi esai. Kamu juga dapat menambahkan statement tentang harapan kamu dari esai tersebut.

 

7. Recheck Your Sentences

Last-but certainly-not the least, recheck your esai! Saatnya kamu mengecek kembali kalimat esai dan kerangkanya. Pastikan pilihan kata yang kamu tulis dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks esai, ya! 

Nah, itulah 7 langkah jitu membuat esai bahasa Inggris. Tips yang dapat kamu aplikasikan adalah meminta teman-teman dekatmu untuk memberikan feedback untuk esaimu. Hal ini dapat membantu kamu menilai dan merevisi konten esai dari perspektif yang berbeda. Menulis esai perlu pondasi yang kuat dan banyak berlatih. 

Semoga artikel ini bisa membantu kamu membuat esai terbaikmu! Kamu punya tips lain? Yuk, ikutan sharing di kolom komentar. Good luck! Kamu pasti bisa! Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu dengan kursus interaktif dari English Academy by Ruangguru! 

New call-to-action

Profile

Fridericiana Marie Pasasa

Beri Komentar