7 Proverbs Paling Umum dalam Bahasa Inggris dan Artinya

EA - 7 Proverbs Paling Umum dalam Bahasa Inggris dan Artinya-01

Artikel ini akan membahas tentang 7 proverbs paling umum dalam bahasa Inggris dan artinya.

--

Sedikit beralih dari tenses, kali ini kita akan membahas proverbs. Dalam bahasa Indonesia, proverbs berarti peribahasa atau kelompok kata dengan susunan yang tetap dan mengandung prinsip hidup, nasihat, atau perumpamaan.  Berbeda dengan idiom yang memiliki bahasa lebih luas dan sangat jauh dengan makna aslinya, biasanya proverbs dapat dipahami langsung dalam satu kalimat.  

Nah, semua pembaca setia blog English Academy pasti sudah pernah mempelajari peribahasa Indonesia saat duduk di bangku sekolah, bukan? Sekarang, aku mengajak kamu untuk meningkatkan pengetahuanmu dengan mempelajari arti dari tujuh proverbs dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan. Disertai dengan contoh yang sederhana, kamu dijamin bisa memahami arti dari setiap proverbs dengan cepat. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak pemaparan di bawah ini sampai habis!

1. "Absence makes the heart grow fonder."

ProverbAbsence makes the heart grow fonder” bercerita tentang bagaimana berada jauh dari seseorang dalam periode waktu tertentu bisa membuat kita lebih menghargai momen dimana kita bisa melihat seseorang itu lagi. Contohnya, berada jauh dari pasangan dalam periode waktu tertentu bisa membuat kamu semakin menghargai setiap momen dimana kamu bisa melihat pasanganmu secara langsung. Seperti kata Tulus dalam lagunya yang berjudul “Ruang Sendiri”: “Percayalah rindu itu baik untuk kita.” Dalam hal ini, Tulus mencoba untuk mengatakan bahwa ruang sendiri dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar rasa yang kita miliki untuk seseorang.

Contoh Kalimat

When Im on tour, I think about my wife a lot. But its a good thing that we are apart. Absence makes the heart grow fonder, right?”

 

2. "Beauty is in the eye of the beholder."

Ih, menurut gue si Amel nggak ada cantik-cantiknya, deh. Kok lo mau sih sama dia?”, “Ya elah, cantik tuh relatif kali. Menurut gue dia cantik banget!” Hayo, siapa yang sudah tidak asing lagi dengan ucapan “Cantik itu relatif”? Nah, proverb dalam bahasa Inggris yang satu ini mempunyai arti yang sama dengan ucapan yang sering kamu dengar itu. Tepatnya, “Beauty is in the eye of the beholder” mencoba untuk mengatakan bahwa apa yang terlihat cantik itu berbeda untuk setiap orang. Artinya, apa yang kamu lihat buruk bisa jadi sangat cantik di mata orang lain.

Contoh Kalimat

I dont think that she looks good in that red dress. But her boyfriend has been staring at her as if he fell in love all over again. Beauty really is in the eye of the beholder.”

 

3. "Fortune favors the bold."

“Bagaimana jika aku gagal?”, sebuah ucapan yang sering kali dilontarkan oleh mereka yang merasa takut untuk mengambil resiko dalam perjalanan menuju kesuksesan. Lihatlah ilustrasi di bawah ini, menyeberangi dua bukit yang terjal bisa menjadi menyeramkan. Tetapi, melawan ketakutan itu bisa mempertemukan kamu dengan pelajaran dan kesempatan yang berarti. Sama halnya dengan yang tertulis pada proverb yang satu ini, keberuntungan atau kesuksesan berpihak pada mereka yang berani mengambil resiko

Contoh Kalimat

Taking the offer would be very risky. But the reward could be great. You know what they say, fortune favors the bold.”

 

EA - 7 Proverbs Paling Umum dalam Bahasa Inggris dan Artinya-07

 

Wait, wait! Kamu tahu nggak, untuk memperkaya pengetahuan dalam bahasa Inggris, kamu bisa coba ikutan Live Teaching gratis dari English Academy! Nanti, kamu bakal belajar bareng Master Teacher secara interaktif hanya melalui laptop atau smartphone kesayangan. Free! Pilih jadwal sekarang, yuk!

Belajar Bahasa Inggris dengan Tutor GRATIS di English Academy

 

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan dalam Dunia Bisnis

4. "The grass is always greener on the other side."

Dalam bahasa Indonesia, proverbThe grass is always greener on the other side” berarti “Rumput sebelah selalu lebih hijau.” Hm, pasti kamu sudah pernah mendengar proverb yang satu ini, kan? Nah, proverb yang satu ini sebenarnya menceritakan tentang bagaimana manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Tepatnya, kita selalu menginginkan sesuatu yang tidak kita miliki. Contohnya, seseorang dengan rambut keriting menginginkan rambut lurus dan sebaliknya. 

Contoh Percakapan

Chloe: Im jealous of your big house.”

Karina: Yeah, but having a big house cant give you thatgo to personsince every single person in the family is too busy making money. Like they said, the grass is always greener on the other side.”

 

5. "Birds of a feather flock together."

Gue tuh seneng banget main sama si Farah soalnya kita berdua sama-sama suka BTS!” Yup, proverbBirds of a feather flock togethertuh bisa banget digambarkan dengan kalimat tersebut. Tepatnya, proverb yang satu ini mencoba untuk mengatakan bahwa orang-orang yang menyukai hal yang sama cenderung menghabiskan waktu bersama. By the way, aku jadi penasaran, apa sih satu hal yang menyatukan kamu dengan orang-orang terdekatmu? Bagikan ceritamu di kolom komentar, ya!

Contoh Kalimat

Right after I found out that shes a huge fan of NCT, we started to hang out together. Birds of a feather really do flock together.”

Baca juga: Harus Tahu: Inilah Cara Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris

 

6. "Don't judge a book by its cover."

Wah, aku sih yakin banget kalau kalian semua sudah tidak asing lagi dengan proverb dalam bahasa Inggris yang satu ini. Meskipun gitu, beberapa dari kita mengartikannya secara harfiah, dengan tidak menilai buku berdasarkan kavernya, harus membaca isi buku tersebut membahas atau menjelaskan tentang sesuatu.

Nah, yang benar itu, mengajak kita untuk tidak menilai seseorang atau sesuatu dari penampilannya saja. Contohnya, seseorang dengan penampilan paling sederhana tidak diduga-duga bisa membeli jam tangan dengan harga paling mahal. Dont judge a book by its cover, indeed

Contoh Kalimat

In Plaza Indonesia, you cant judge a book by its cover because some of the richest people shop in jeans and T-shirts.”

EA - 7 Proverbs Paling Umum dalam Bahasa Inggris dan Artinya-09

 

7. "A picture is worth thousand words."

Eits, pecinta fotografi mana suaranya, nih? By the way, aku tuh nyariin para pecinta fotografi karena aku yakin banget kalau mereka mengetahui arti dari proverb yang satu ini. Just in case you didnt notice, people don't take pictures for no reason. Artinya, ada cerita atau pesan yang ingin disampaikan oleh setiap pengambil gambar. Contohnya, potret seorang anak yang mengais tempat sampah demi sesuap nasi merupakan gambaran dari masalah kelaparan yang gawat solusi. 

Contoh Kalimat

The newspaper report carried more pictures than texts. A picture is really worth a thousand words.”

Akhirnya, itulah tujuh proverbs paling umum dalam bahasa Inggris dan artinya. What do you think? Ketujuhnya memberikan pelajarannya tersendiri, bukan? By the way, masih banyak loh proverbs dalam bahasa Inggris di luar sana yang memiliki pelajaran yang tak kalah pentingnya dengan apa yang baru saja kamu baca. Jadi, jangan lupa untuk melakukan eksplorasi secara lebih jauh, ya. Remember, the more, the better!

Nah, salah satu cara eksplor yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar bahasa Inggris langsung bersama native speaker (pengajar internasional) di English Academy. Psst, di English Academy, kamu juga berkesempatan untuk mendapat sesi one on one langsung dengan tutor jika ada materi yang kurang dipahami. Tunggu apalagi? Yuk, tentukan kelasmu dengan mengikuti Placement Test terlebih dahulu, gratis!

 

New call-to-action

 

Referensi: 

engVid. 2021. 50 Common Proverbs in English. [online] Available at: https://www.engvid.com/english-resource/50-common-proverbs-sayings/ [Accessed 14 December 2021].

THE IDIOMS. 2021. A PICTURE IS WORTH A THOUSAND WORDS SOURCE: WWW.THEIDIOMS.COM. [online] Available at: https://www.theidioms.com/a-picture-is-worth-a-thousand-words/ [Accessed 15 December 2021].

Oyster English. 2021. Idiom: Don’t judge a book by its cover (meaning & examples). [online] Available at: https://www.oysterenglish.com/idiom-dont-judge-a-book-by-its-cover.html [Accessed 14 December 2021].

 

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.