15 Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris) Paling Umum dan Artinya

proverb peribahasa bahasa inggris

“Practice makes perfect”

Frasa di atas merupakan proverb yang cocok diterapkan bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Wait, kamu sudah tahu apa itu proverb atau peribahasa? Kalau belum, mari belajar pepatah bahasa Inggris melalui artikel ini!

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

Kalimat di atas merupakan salah satu contoh proverb atau peribahasa yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Proverb adalah sebuah noun dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa latin, yaitu proverbiumYuk, cari tahu lebih jauh mengenai proverb dalam bahasa Inggris, plus lihat contoh-contohnya melalui artikel ini!

 

Apa yang Dimaksud Proverb?

Proverb adalah peribahasa atau pepatah, yaitu sebuah kalimat pendek yang sering dikutip seseorang untuk menyampaikan maksud atau tujuan tertentu.

Dalam bahasa Indonesia, proverb berarti kelompok kata dengan susunan yang tetap dan mengandung prinsip hidup, nasihat, atau perumpamaan.

 

Apa Tujuan Proverb? 

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, proverb adalah peribahasa yang bertujuan untuk memberi nasihat atau memberi tahu seseorang mengenai kehidupan.

Proverb digunakan untuk mengungkapkan kebenaran yang muncul berdasarkan logika dan pengalaman seseorang. Maka dari itu, umumnya proverb berbentuk frasa yang mengandung wawasan luas. 

Baca Juga: Phrase (Frasa): Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya

 

Apa Perbedaan Peribahasa (Proverb) dengan Idiom?

Berbeda dengan idiom yang memiliki bahasa lebih luas dan sangat jauh dengan makna aslinya, biasanya proverbs dapat dipahami langsung dalam satu kalimat. Selain itu, baca pembahasan perbedaan antara peribahasa dan idiom di bawah ini:

 

Idiom (Idiom/Ungkapan) Proverb (Peribahasa/Pepatah)
Idiom adalah frasa yang memiliki makna tersendiri, tetapi tidak bisa dipahami dalam bahasa yang awam. Proverb adalah kalimat populer yang digunakan untuk memberi nasihat kepada orang lain.
Sebuah idiom memiliki makna non-literal yang digunakan dalam membaca, menulis, dan berbicara. Sebuah peribahasa memiliki makna literal yang berlaku dalam berbagai tahapan kehidupan.
Idiom banyak digunakan dalam puisi atau karya sastra lainnya. Peribahasa lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Idiom digunakan untuk mengungkapkan ide atau pikiran. Proverb digunakan untuk memberi saran kepada orang lain.

15 Proverbs (Pepatah Bahasa Inggris) yang Paling Umum dan Artinya

Berikut ini 21 contoh peribahasa bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan dalam percakapan sehari-hari:

1. “Absence makes the heart grow fonder.”

ProverbAbsence makes the heart grow fonder” bercerita tentang bagaimana berada jauh dari seseorang dalam periode waktu tertentu bisa membuat kita lebih menghargai momen dimana kita bisa melihat seseorang itu lagi.

Contohnya, berada jauh dari pasangan dalam periode waktu tertentu bisa membuat kamu semakin menghargai setiap momen dimana kamu bisa melihat pasanganmu secara langsung. Seperti kata Tulus dalam lagunya yang berjudul “Ruang Sendiri”: “Percayalah rindu itu baik untuk kita.”

Dalam hal ini, Tulus mencoba untuk mengatakan bahwa ruang sendiri dibutuhkan untuk mengetahui seberapa besar rasa yang kita miliki untuk seseorang. Contoh kalimat:

When Im on tour, I think about my wife a lot. But its a good thing that we are apart. Absence makes the heart grow fonder, right?”

 

2. “Beauty is in the eye of the beholder.”

Ih, menurut gue si Amel nggak ada cantik-cantiknya, deh. Kok lo mau sih sama dia?”, “Ya elah, cantik tuh relatif kali. Menurut gue dia cantik banget!” Hayo, siapa yang sudah tidak asing lagi dengan ucapan “Cantik itu relatif”?

Nah, proverb dalam bahasa Inggris yang satu ini mempunyai arti yang sama dengan ucapan yang sering kamu dengar itu.

Tepatnya, “Beauty is in the eye of the beholder” mencoba untuk mengatakan bahwa apa yang terlihat cantik itu berbeda untuk setiap orang. Artinya, apa yang kamu lihat buruk bisa jadi sangat cantik di mata orang lain. Contoh kalimat:

I dont think that she looks good in that red dress. But her boyfriend has been staring at her as if he fell in love all over again. Beauty really is in the eye of the beholder.”

Baca Juga: Majas (Figure of Speech) Bahasa Inggris, Bikin Kalimat Anti Boring!

 

3. “Fortune favors the bold.”

“Bagaimana jika aku gagal?”, sebuah ucapan yang sering kali dilontarkan oleh mereka yang merasa takut untuk mengambil resiko dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Lihatlah ilustrasi di bawah ini, menyeberangi dua bukit yang terjal bisa menjadi menyeramkan. Tetapi, melawan ketakutan itu bisa mempertemukan kamu dengan pelajaran dan kesempatan yang berarti.

Sama halnya dengan yang tertulis pada proverb yang satu ini, keberuntungan atau kesuksesan berpihak pada mereka yang berani mengambil resiko. Contoh kalimat:

Taking the offer would be very risky. But the reward could be great. You know what they say, fortune favors the bold.

 

fortune favors the blood peribahasa bahasa inggris

 

Wait, wait! Kamu tahu nggak, untuk memperkaya pengetahuan dalam bahasa Inggris, kamu bisa coba ikutan Live Teaching gratis dari English Academy! Nanti, kamu bakal belajar bareng Master Teacher secara interaktif hanya melalui laptop atau smartphone kesayangan. Free! Pilih jadwal sekarang, yuk!

IDN CTA Blog Trial Class Academic English EA 2022

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris yang Paling Umum Digunakan dalam Dunia Bisnis

 

4. “The grass is always greener on the other side.”

Dalam bahasa Indonesia, proverbThe grass is always greener on the other side” berarti “Rumput sebelah selalu lebih hijau.” Hm, pasti kamu sudah pernah mendengar proverb yang satu ini, kan?

Nah, proverb yang satu ini sebenarnya menceritakan tentang bagaimana manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya.

Tepatnya, kita selalu menginginkan sesuatu yang tidak kita miliki. Contohnya, seseorang dengan rambut keriting menginginkan rambut lurus dan sebaliknya.  Contoh percakapan:

Chloe: Im jealous of your big house.”
Karina: Yeah, but having a big house cant give you thatgo to personsince every single person in the family is too busy making money. Like they said, the grass is always greener on the other side.”

 

5. “Birds of a feather flock together.”

Gue tuh seneng banget main sama si Farah soalnya kita berdua sama-sama suka BTS!” Yup, proverbBirds of a feather flock togethertuh bisa banget digambarkan dengan kalimat tersebut.

Tepatnya, proverb yang satu ini mencoba untuk mengatakan bahwa orang-orang yang menyukai hal yang sama cenderung menghabiskan waktu bersama. Contoh kalimat:

Right after I found out that shes a huge fan of NCT, we started to hang out together. Birds of a feather really do flock together.”

Baca juga: Harus Tahu: Inilah Cara Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris

 

6. “Don’t judge a book by its cover.”

Ini merupakan salah satu proverb yang sangat populer dalam bahasa Inggris. Meskipun begitu, beberapa dari kita mengartikannya secara harfiah, dengan tidak menilai buku berdasarkan kavernya, harus membaca isi buku tersebut membahas atau menjelaskan tentang sesuatu.

Nah, yang benar itu, mengajak kita untuk tidak menilai seseorang atau sesuatu dari penampilannya saja. Contohnya, seseorang dengan penampilan paling sederhana tidak diduga-duga bisa membeli jam tangan dengan harga paling mahal. Dont judge a book by its cover, indeed. Contoh kalimat:

In Plaza Indonesia, you cant judge a book by its cover because some of the richest people shop in jeans and T-shirts.”

 

don't judge a book by its cover proverb bahasa inggris

 

7. “A picture is worth thousand words.”

Eits, pecinta fotografi mana suaranya, nih? Just in case you didnt notice, people dont take pictures for no reason. Artinya, ada cerita atau pesan yang ingin disampaikan oleh setiap pengambil gambar.

Contohnya, potret seorang anak yang mengais tempat sampah demi sesuap nasi merupakan gambaran dari masalah kelaparan yang gawat solusi. Contoh kalimat:

The newspaper report carried more pictures than texts. A picture is really worth a thousand words.”

 

8. “Rome wasn’t built in a day.”

Kalau kamu sering diminta untuk menyelesaikan sebuah project penting hanya dalam waktu satu sampai dua hari, proverb ini bisa jadi pepatah yang cocok untuk disampaikan pada atasan tercinta.

Pepatah rome wan’t built in a day memiliki arti bahwa sebuah pekerjaan penting membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan. Contoh kalimat:

“Boss, you can’t expect my team to finish such a complex project in a week. Rome wasn’t built in a day.

 

9. “It’s better to be safe than sorry.”

Dalam bahasa Indonesia, proverb ini memiliki arti “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Artinya, better agar kita lebih berhati-hati daripada menyesal di kemudian hari.  Contoh kalimat:

“Rina is committed not to cheat on her boyfriend, because she thinks it’s better to be safe than sorry.”

 

10. “Never put off until tomorrow what you can do today.”

Apakah kamu termasuk orang yang suka menunda pekerjaan? Wah, jangan sampai ya! Sesuai arti dari proverb never put off until tomorrow what you can do today, yaitu ‘jangan pernah menunda apa yang bisa kamu lakukan hari ini.’

Kamu bisa menggunakan peribahasa ini saat merasa malas agar pekerjaanmu tidak menumpuk. Contoh percakapan:

Fahri: “I’m done with most of my assignment, but I’ll pick the remaining part on Monday.”
Jeffry: “Why don’t you complete it now? You’ll be more relieved and in a better state of mind. You shouldn’t put off until tomorrow what you can do today.”

 

11. “No gain without pain.”

Pernah nggak, kamu melakukan sesuatu hal yang membuatmu merasa tertekan karena harus mengejar sebuah goals?

Misal, kamu harus mati-matian berolahraga karena ingin menunrunkan berat badan. Nah, itulah contoh dari no gain without pain.

Arti no gain without pain adalah, tidak ada tujuan yang akan tercapai tanpa ada sebuah kerja keras. Contoh kalimatnya:

I have to lift weights four times a week to build my muscle, but I realized that no gain without pain.”

 

12. “The show must go on.”

Pepatah ini cocok untuk digunakan dalam sebuah event. Arti dari the show must go on adalah, sebuah penampilan atau acara harus tetap berlangsung meskipun banyak masalah yang menghambat. Contoh kalimat:

“The chairman died yesterday but the show must go on.”

 

13. “You can’t always get what you want.”

Yap, hidup ini pedih, guys. Kita harus menyadari bahwa kita tak bisa mendapatkan semua hal yang kita inginkan. Artinya, terkadang kita akan merasa kecewa karena tidak mendapatkan hal-hal sesuai dengan yang diharapkan. Contoh kalimat:

Kay: “I want a Macbook air on my birthday.”
Yonas: “Sorry, I have not enough money. You must learn that you can’t always get what you want, Kay.”

 

14. “Actions speak louder than words.”

Frasa ini sangat dikenal sebagai peribahasa dalam dunia percintaan. Bagaimana tidak, seorang pasangan biasanya ingin mendapatkan lebih banyak bukti daripada janji. Benar nggak, guys?

Soalnya, actions speak louder than words, artinya sebuah tindakan dapat menunjukkan lebih dari apa yang dikatakan oleh seseorang. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Randy will marry Intan this year to proof his love, Randy knows that actions speak louder than words.”

 

15. “Good things come to those who wait.”

Kalau kamu termasuk orang yang terburu-buru atau mudah menyerah, sepertinya contoh peribahasa bahasa Inggris yang satu ini bisa jadi andalanmu untuk digunakan sebagai prinsip hidup.

Ingat, hal baik akan datang pada orang-orang yang sabar. So, jangan putus asa, gengs. Contoh kalimat:

“My father asked me to not be hasty with my decisions, he said the good things come to those who wait.”

 

Akhirnya, itulah 15 contoh proverbs (pepatah) atau peribahasa bahasa Inggris paling umum dalam bahasa Inggris dan artinya. Selain contohnya, kamu sekarang sudah tahu apa perbedaan proverb dengan idiom, kan?

By the way, masih banyak loh proverbs dalam bahasa Inggris di luar sana yang memiliki pelajaran yang tak kalah pentingnya dengan apa yang baru saja kamu baca. Jadi, jangan lupa untuk melakukan eksplorasi secara lebih jauh, ya. Remember, the more, the better!

Nah, salah satu cara eksplor yang bisa kamu lakukan adalah dengan belajar bahasa Inggris langsung bersama native speaker (pengajar internasional) di English Academy.

Psst, di English Academy, kamu juga berkesempatan untuk mendapat sesi one on one langsung dengan tutor jika ada materi yang kurang dipahami. Tunggu apalagi? Yuk, tentukan kelasmu dengan mengikuti Placement Test terlebih dahulu, gratis!

 

IDN CTA Blog Trial Class Academic English EA 2022

 

Referensi: 

engVid. 2021. 50 Common Proverbs in English. [online] Available at: https://www.engvid.com/english-resource/50-common-proverbs-sayings/ [Accessed 14 December 2021].

THE IDIOMS. 2021. A PICTURE IS WORTH A THOUSAND WORDS SOURCE: WWW.THEIDIOMS.COM. [online] Available at: https://www.theidioms.com/a-picture-is-worth-a-thousand-words/ [Accessed 15 December 2021].

Oyster English. 2021. Idiom: Don’t judge a book by its cover (meaning & examples). [online] Available at: https://www.oysterenglish.com/idiom-dont-judge-a-book-by-its-cover.html [Accessed 14 December 2021].

Wings. 2022. 100 Common Proverbs with Meaning and Examples. [online] Available at: https://leverageedu.com/blog/common-proverbs/ [Accessed 07 November 2022].

 

Artikel ini ditulis pertama kali oleh Clara Pricilla Adiputra, lalu diperbarui oleh Intan Aulia Husnunnisa pada tanggal 07 November 2022.

 

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!