11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir

Clara Pricilla Adiputra Okt 31, 2021 • 10 min read


EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-01Artikel ini membahas tentang 11 idiom bahasa Inggris paling lucu yang bisa bikin kamu nyengir. Jangan sampai aku senyum-senyum sendirian, ya!

Hey, hey, hey! Jadi, sebelumnya kan aku sudah pernah membahas 10 idiom bahasa Inggris yang paling umum digunakan dalam dunia bisnis, nih. Tetapi, 10 idiom tersebut memiliki arti yang terlalu serius nggak, sih? Secara, idiom-idiom tersebut memang umumnya digunakan dalam dunia bisnis. 

Sekarang, aku mengajak kamu untuk mengenali idiom-idiom bahasa Inggris yang memiliki arti yang sarkas sekaligus lucu. Tentunya, idiom-idiom bahasa Inggris di bawah ini bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbincang dengan orang-orang terdekat kamu. Untuk kamu yang penasaran, you can now make yourself comfortable and read this article!

 

1. Cool as a cucumber

Idiom cool as a cucumber digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang selalu bersikap tenang. Tentunya, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan. Hm.. Siapa di antara kamu yang suka mengerjakan tugas saat sudah mendekati deadline? Nah, untuk kamu yang bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan baik saat sedang berada di bawah tekanan deadline, you are as cool as a cucumber!

“Maudy is usually as cool as a cucumber when she appears on television.”

 

2. When pigs fly

Hah, masa babi bisa terbang? Ya keleus.. Nah, itu dia! Idiom when pigs fly memang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi yang sangat tidak mungkin terjadi. Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka ngaku-ngaku jadi pacarnya Lee Min Ho? Wah, itu sih sama aja kayak berharap melihat babi bisa terbang, nggak bakal kejadian:”)

When will I fly to America with a private jet? When pigs fly.”

 

3. Thick as thieves

Idiom thick as thieves digunakan untuk mendeskripsikan dua orang yang sangat dekat dengan satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin pernah bertemu dengan dua orang yang sedang menjalin hubungan asmara yang nggak bisa hidup tanpa satu sama lain. Nah, kalau kata Tulus, mereka tuh kayak teman hidup gitu.. By the way, aku jadi penasaran, siapa sih teman hidup kamu? Bagiku, ibu adalah teman hidup sejati. That is why we're as thick as thieves!

We were as thick as thieves, we wouldn’t hide anything from each other.”

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-02

 

4. Cat got your tongue

Eh, si Lia kenapa tuh diem-diem aja? Ada yang salah nih kayaknya.” Nah, kalau dalam bahasa Inggris, idiom cat got your tongue bisa digunakan untuk mempertanyakan mengapa seseorang begitu diam. As you might have known, alasan seseorang begitu diam bisa menjadi sangat beragam. Oleh karena itu, idiom cat got your tongue digunakan untuk mempertanyakan alasannya. Bayangkan temanmu yang biasanya banyak berbicara tiba-tiba menjadi begitu diam. You will definitely question it, right?

Whats the matter Niki? Cat got your tongue?”

 

5. It's all Greek to me

Idiom its all Greek to me digunakan oleh seseorang yang mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu. Contohnya, ketika kamu mempelajari bahasa asing, kamu mungkin akan mengatakan “Hah? Ini lagi ngomongin apa, sih? Asli, aku nggak ngerti apa-apa.” Nah, kalau dalam bahasa Inggris, kamu bisa melontarkan idiom ini untuk memberitahu orang lain betapa sulitnya bahasa asing tersebut untuk dipahami. 

Can you make sense of the guide book? It’s all Greek to me.”

Baca juga: Harus Tahu: Inilah 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik!

 

6. Go bananas!

Simply put, idiom go bananas berarti menjadi tidak rasional atau gila. Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka terpaksa bekerja di hari libur? Nah, idiom go bananas bisa digunakan untuk mengungkapkan hal yang membuat kamu gila, seperti tumpukan pekerjaan. Selain itu, idiom ini juga bisa digunakan untuk mengekspresikan antusiasme yang luar biasa terhadap suatu hal. Contohnya, idiom go bananas bisa digunakan untuk mengekspresikan antusiasme sebelum menonton konser idola kamu.

Ill end up going bananas if I have to work in this office for one more day.”

atau

The girls are going to go bananas when we tell them about the trip.”

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-03

 

7. Hot potato

Dalam bahasa Inggris, idiom hot potato berarti isu kontroversial yang enggan untuk dibicarakan orang-orang. Waduh, mungkin karena sangking nggak nyamannya untuk membicarakan isu tersebut kali, ya? Ya namanya juga isu panas kan guys.. But I guess we all did it sometimes, avoiding big and uncomfortable conversations. Tetapi, tau nggak siapa yang pekerjaannya adalah membongkar hot potato setiap harinya? Pembawa berita~

“Juliari Batubara became the newest political hot potato due to his corruption case.

 

8. Beef up

Dalam bahasa Inggris, idiom beef up berarti membuat sesuatu menjadi lebih kuat atau lebih efektif. Nah, idiom yang satu ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan kekaguman terhadap suatu perubahan besar. Tentunya, perubahan yang aku maksud adalah perubahan yang progresif, dong! Contohnya, kamu bisa menggunakan idiom beef up untuk mengekspresikan kekagumanmu terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia pada masa pemerintahan Jokowi. Hehe.. Keren kan arti idiom yang satu ini? 

The government has beefed up its vaccination service.”

 

9. Wet blanket

Idiom wet blanket digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang dengan perkataan atau perbuatannya menganggu kebahagiaan orang lain. Hm.. siapa di antara kamu yang suka KPop? Nah, kadang-kadang tuh ada orang yang nggak suka KPop yang suka menjelek-jelekkan bahkan menjauhi kamu. Contohnya adalah dengan mengatakan: “Ih, ngapain sih suka sama plastik?” I know, its mean! Padahal, liking KPop music doesnt make us any less cool, right?

“Farah was tired of being called a wet blanket just because she doesn’t like western music.”

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-04

 

10. Run round like a headless chicken

Sejujurnya, idiom yang satu ini memiliki arti yang lucu dan bisa dibilang sangat relatable dengan banyak dari kita. Eh, kenapa tuh? Soalnya, idiom run round like a headless chicken berarti sibuk melakukan banyak hal secara tidak efektif. Hayo, siapa di antara kamu yang suka ninggalin tugas untuk melakukan hal lain? Seperti jalan-jalan di mall gitu. Tapi, habis itu kamu malah stress karena dikejar deadline. Duh, siapa sih yang nggak pernah running around like a headless chicken? Hihi..

Give yourself enough time before the deadline so you dont have to be running around like a headless chicken.”

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Sering Terjadi, Kamu Pernah Salah Juga Nggak?

 

11. Finger lickin' good

Idiom finger lickin good biasanya digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang sangat enak. Kalau menurutmu, makanan apa nih yang finger lickin good? Menurutku sih Indomie, no debat. Kasih tau aku makanan kesukaan kamu di kolom komentar, ya. 

The cake is finger lickin good.”

Akhirnya, itulah 10 idiom bahasa Inggris paling lucu yang bisa bikin kamu nyengir. By the way, masih ada banyak idiom bahasa Inggris di luar sana yang mungkin belum kamu ketahui, loh. Padahal, berbicara dalam bahasa Inggris sambil menyisipkan idiom tertentu bisa menjadi sangat menyenangkan. Apalagi kalau idiomnya memiliki makna yang sarkas sekaligus lucu!

Nah, untuk kamu yang ingin menguasai idiom-idiom yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mending kamu bergabung dengan kelas English Academy sekarang, deh. Di sana, kamu bisa memperkaya wawasan kamu tentang berbagai idiom bahasa Inggris, mulai dari yang lucu sampai yang serius. So, what are you waiting for? Yuk, berikan kesempatan bagi guru-guru terbaik English Academy untuk menjadi teman belajar kamu!

Referensi:

Voxy. 2012. 10 Funny English Idioms. [online] Available at: https://voxy.com/blog/2012/10/10-funniest-english-idioms/ [Accessed 29 October 2021].

My English Routine. 2019. 40 Bizarre Yet Funny English Idioms to Help You Sound Like a Native Speaker. [online] Available at: https://myenglishroutine.com/funny-english-idioms/ [Accessed 29 October 2021].

Kaan, H. and Bresler, A., 2019. 20 of the funniest idioms for people learning English. [online] Matador Network. Available at: https://matadornetwork.com/pulse/10-funniest-idioms-people-learning-english/ [Accessed 29 October 2021].

New call-to-action

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar