20 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-01

 

Artikel ini membahas tentang 11 idiom bahasa Inggris paling lucu yang bisa bikin kamu nyengir. Jangan sampai aku senyum-senyum sendirian, ya!

--

Hey, hey, hey! Kali ini aku bakal bahas tentang idiom lagi, nih. Namun, yuk, kita ingat-ingat lagi, apa sih arti idiom ini? Yap! Idiom adalah sekelompok kata yang maknanya tidak bisa dijelaskan hanya dengan mengartikan kata-katanya satu per satu. Jadi, kamu harus memahami maknanya secara keseluruhan, guys.

Nah, sebelumnya kan aku sudah pernah membahas 10 idiom bahasa Inggris yang paling umum digunakan dalam dunia bisnis, nih. Namun, menurutmu 10 idiom tersebut memiliki arti yang terlalu serius nggak, sih? Secara, idiom-idiom tersebut memang umumnya digunakan dalam dunia bisnis. 

Kalu iya, sekarang aku akan mengajak kamu untuk mengenali beberapa idiom bahasa Inggris yang memiliki arti sarkas sekaligus lucu, deh. Oh ya, kamu dapat menggunakannya ketika mengobrol dengan teman atau sahabat dalam percakapan sehari-hari.

Untuk kamu yang penasaran apa saja sih English idiom yang lucu? Yuk, simak beberapa contoh idiom bahasa Inggris berikut ini biar bisa bikin percakapan makin keren!

 

1. Cool as a cucumber

Idiom cool as a cucumber digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang selalu bersikap tenang. Tentunya, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan. Hm.. Siapa di antara kamu yang suka mengerjakan tugas saat sudah mendekati deadline? Nah, untuk kamu yang bisa menyelesaikan tugas tersebut dengan baik saat sedang berada di bawah tekanan deadline, you are as cool as a cucumber! Contoh kalimat dengan idiom ini:

“Maudy is usually as cool as a cucumber when she appears on television.”

 

2. When pigs fly

Hah, masa babi bisa terbang? Ya keleus.. Nah, itu dia! Idiom when pigs fly memang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi yang sangat tidak mungkin terjadi. Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka ngaku-ngaku jadi pacarnya Lee Min Ho? Wah, itu sih sama aja kayak berharap melihat babi bisa terbang, nggak bakal kejadian. Hehe. Simak contoh penggunaan idiom ini dalam kalimat berikut:

When will I fly to America with a private jet? When pigs fly.”

 

3. Thick as thieves

Idiom ini bisa digunakan untuk mendeskripsikan dua orang yang sangat dekat dengan satu sama lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin pernah bertemu dengan dua orang yang sedang menjalin hubungan asmara yang nggak bisa hidup tanpa satu sama lain. Nah, kalau kata Tulus, mereka tuh kayak teman hidup gitu. By the way, aku jadi penasaran, siapa sih teman hidup kamu? Bagiku, ibu adalah teman hidup sejati. That is why we're as thick as thieves! Simak contoh di bawah ini:

We were as thick as thieves, we wouldn’t hide anything from each other.”

 

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-02

 

4. Cat got your tongue

Eh, si Lia kenapa tuh diem-diem aja? Ada yang salah nih kayaknya.” Nah, kalau dalam bahasa Inggris, idiom cat got your tongue bisa digunakan untuk mempertanyakan mengapa seseorang begitu diam. As you might have known, alasan seseorang begitu diam bisa menjadi sangat beragam. Oleh karena itu, idiom cat got your tongue digunakan untuk mempertanyakan alasannya. Bayangkan temanmu yang biasanya banyak berbicara tiba-tiba menjadi begitu diam. You will definitely question it, right? Yuk, lihat contoh di bawah ini!

Whats the matter Niki? Cat got your tongue?”

 

5. It's all Greek to me

Idiom its all Greek to me digunakan oleh seseorang yang mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu. Contohnya, ketika kamu mempelajari bahasa asing, kamu mungkin akan mengatakan “Hah? Ini lagi ngomongin apa, sih? Asli, aku nggak ngerti apa-apa.” Nah, kalau dalam bahasa Inggris, kamu bisa melontarkan idiom ini untuk memberitahu orang lain betapa sulitnya bahasa asing tersebut untuk dipahami. 

Can you make sense of the guide book? It’s all Greek to me.”

Baca juga: Harus Tahu: Inilah 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik!

 

6. Go bananas!

Simply put, idiom go bananas berarti menjadi tidak rasional atau gila. Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka terpaksa bekerja di hari libur? Nah, idiom go bananas bisa digunakan untuk mengungkapkan hal yang membuat kamu gila, seperti tumpukan pekerjaan. Selain itu, idiom ini juga bisa digunakan untuk mengekspresikan antusiasme yang luar biasa terhadap suatu hal. Contohnya, idiom go bananas bisa digunakan untuk mengekspresikan antusiasme sebelum menonton konser idola kamu.

Ill end up going bananas if I have to work in this office for one more day.”

atau

The girls are going to go bananas when we tell them about the trip.”

 

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-03

 

7. Hot potato

Dalam bahasa Inggris, idiom hot potato berarti isu kontroversial yang enggan untuk dibicarakan orang-orang. Waduh, mungkin karena sangking nggak nyamannya untuk membicarakan isu tersebut kali, ya? Ya namanya juga isu panas kan guys.. But I guess we all did it sometimes, avoiding big and uncomfortable conversations. Tetapi, tau nggak siapa yang pekerjaannya adalah membongkar hot potato setiap harinya? Pembawa berita~

“Juliari Batubara became the newest political hot potato due to his corruption case.

 

8. Beef up

Dalam bahasa Inggris, idiom beef up berarti membuat sesuatu menjadi lebih kuat atau lebih efektif. Nah, idiom yang satu ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan kekaguman terhadap suatu perubahan besar. Tentunya, perubahan yang aku maksud adalah perubahan yang progresif, dong! Contohnya, kamu bisa menggunakan idiom beef up untuk mengekspresikan kekagumanmu terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia pada masa pemerintahan Jokowi. Hehe.. Keren kan arti idiom yang satu ini? 

The government has beefed up its vaccination service.”

 

9. Wet blanket

Idiom wet blanket digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang dengan perkataan atau perbuatannya menganggu kebahagiaan orang lain. Hm.. siapa di antara kamu yang suka KPop? Nah, kadang-kadang tuh ada orang yang nggak suka KPop yang suka menjelek-jelekkan bahkan menjauhi kamu. Contohnya adalah dengan mengatakan: “Ih, ngapain sih suka sama plastik?” I know, its mean! Padahal, liking KPop music doesnt make us any less cool, right?

“Farah was tired of being called a wet blanket just because she doesn’t like western music.”

 

EA - 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir-04

 

10. Run round like a headless chicken

Sejujurnya, idiom yang satu ini memiliki arti yang lucu dan bisa dibilang sangat relatable dengan banyak dari kita. Eh, kenapa tuh? Soalnya, idiom run round like a headless chicken berarti sibuk melakukan banyak hal secara tidak efektif. Hayo, siapa di antara kamu yang suka ninggalin tugas untuk melakukan hal lain? Seperti jalan-jalan di mall gitu. Tapi, habis itu kamu malah stress karena dikejar deadline. Duh, siapa sih yang nggak pernah running around like a headless chicken? Hihi.

Give yourself enough time before the deadline so you dont have to be running around like a headless chicken.”

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Bahasa Inggris yang Sering Terjadi, Kamu Pernah Salah Juga Nggak?

 

11. Finger lickin' good

Idiom finger lickin good biasanya digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang sangat enak. Kalau menurutmu, makanan apa nih yang finger lickin good? Menurutku sih Indomie, no debat. Kasih tau aku makanan kesukaan kamu di kolom komentar, ya. 

The cake is finger lickin good.”

 

12. Barking up the wrong tree

Apa yang dimaksud dari idiom ini adalah melakukan sesuatu yang tidak akan memberikan hasil sesuai keinginanmu karena salah sasaran. Misal, si A melakukan kesalahan, eh tapi kamu malah marah-marah ke si B. 

Hmm, kamu pernah kayak gitu nggak, guys? Maka dari itu, sebelum melakukan sesuatu, jangan lupa untuk pikirkan secara matang ya! Contoh kalimatnya:

“She keeps complaining to her boyfriend about little stuff, it’s because she just got in an argument with her best friend. She’s clearly barking up to the wrong tree.”


13. Go the extra mile

Pernahkah kamu mendengar contoh kalimat menggunakan idiom populer berikut ini?

“Rita is always willing to go the extra mile to help a friend.”

Dalam hal ini, idiom di atas memiliki arti bahwa Rita selalu berusaha maksimal saat menolong temannya. Alias, Rita adalah orang yang sangat peduli terhadap temannya. Apakah kamu termasuk orang seperti Rita?


14. Birds of a feather flock together

Ini adalah idiom yang sering digunakan untuk menunjukkan suatu kegiatan yang dilakukan bersama-sama, atau menunjukkan kedekatan antara dua orang atau lebih. Contoh penggunaan idiom ini adalah sebagai berikut:

A: John and James seem to get along really well.“

B: Well, birds of a feather flock together. They both love reading comics.“

Artinya, John dan James ini tampak akur karena memiliki hobi yang sama. Idiom ini tentu saja berasal dari perilaku burung yang suka berkumpul untuk mencegah pemangsaan. Gitu, guys.


15. Poor workman who blames his tools

Apa nih maksudnya? Jadi, kalau kamu pernah menjadi seseorang atau memiliki teman yang saat melakukan suatu kesalahan tapi malah menyalahkan peralatan yang dipakai, maka idiom tersebut adalah ungkapan yang cocok. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

“I just cringe at the very sight of cheap painting tools mainly because the old saying that a poor workman always blames his tools is wrong!“

Padahal, nggak semua barang atau alat yang murah menghasilkan sesuatu yang kurang bagus. Pasalnya, jika kamu memiliki skill yang bagus, biasanya akan menghasilkan sesuatu yang bagus juga. Setuju?


16. Smart cookie

Bukan, maksud dari idiom ini artinya bukan kue pintar ya, guys. Lalu apa dong? Jadi, idiom ini dipergunakan untuk menunjukkan tipe orang yang tidak panikan alias pandai dalam menghadapi atau mengatasi situasi yang sulit.  Contoh penggunaan ungkapan idiom ini adalah:

“You can fight this! Cause you a smart cookie.“

 

17. Born with a silver spoon in your mouth

Hmm, idiom ini sepertinya cocok untuk Rafathar, guys. Kenapa? Soalnya, arti dari idiom ini adalah “terlahir dari keluarga kaya” alias orang kaya sejak lahir, hihi. Simak contoh di bawah ini:

“Rafathar never has to worry about money, he was born with a silver spoon in his mouth.

 

18. Blessing in disguise

Kamu pernah nggak, dengar kalimat, “Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya?” Pasti pernah, kan? Nah, jika kita sedang merasakan suatu hal yang kurang baik, kondisi seperti itu bisa diungkapkan dengan idiom yang satu ini. Idiom ini memberi pelajaran bahwa terkadang apa terlihat buruk, justru memiliki manfaat yang tak terduga. Contoh kalimatnya adalah:

“Being laid off was a blessing in disguise – within a month I got a much better job.“


19. Back to the drawing board

Kembali ke papan gambar? Ngapain, sih? Bukan gitu maksudnya, guys. Idiom ini dapat digunakan saat kamu mendapat sesuatu yang tidak bekerja sesuai keinginan, sehingga harus memulainya lagi dari awal. Salah satu contoh kalimatnya adalah:

“The new package we designed hasn't increased our sales as we'd hoped, so it's back to the drawing board.”


20. To Pig Out

Arti dari idiom ini adalah menggambarkan seseorang yang cukup “brutal” saat menyantap makanan. Hmm, mungkin seperti beberapa vlogger yang sering kita tonton di YouTube itu, lo. By the way, contoh penggunaannya dalam kalimat adalah sebagai berikut:

“Wow, do you see him? He is all pig out.“

 

Akhirnya, itulah 20 idiom bahasa Inggris paling lucu yang bisa bikin kamu nyengir. By the way, masih ada banyak idiom bahasa Inggris di luar sana yang mungkin belum kamu ketahui, lo. Padahal, berbicara dalam bahasa Inggris sambil menyisipkan idiom tertentu bisa menjadi sangat menyenangkan. Apalagi kalau idiomnya memiliki makna yang sarkas sekaligus lucu!

Nah, untuk kamu yang ingin menguasai idiom-idiom yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mending kamu bergabung dengan kelas English Academy sekarang, deh. Di sana, kamu bisa memperkaya wawasan kamu tentang berbagai idiom bahasa Inggris, mulai dari yang lucu sampai yang serius. So, what are you waiting for? Yuk, berikan kesempatan bagi guru-guru terbaik English Academy untuk menjadi teman belajar kamu!

 

New call-to-action

 

Referensi:

Voxy. 2012. 10 Funny English Idioms. [online] Available at: https://voxy.com/blog/2012/10/10-funniest-english-idioms/ [Accessed 29 October 2021].

My English Routine. 2019. 40 Bizarre Yet Funny English Idioms to Help You Sound Like a Native Speaker. [online] Available at: https://myenglishroutine.com/funny-english-idioms/ [Accessed 29 October 2021].

Kaan, H. and Bresler, A., 2019. 20 of the funniest idioms for people learning English. [online] Matador Network. Available at: https://matadornetwork.com/pulse/10-funniest-idioms-people-learning-english/ [Accessed 29 October 2021].

 

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.