5 Cara Menyiapkan Presentasi Bahasa Inggris

Rafsi Albar Mar 29, 2021 • 4 min read


menyiapkan presentasi bahasa inggrisArtikel ini akan menjelaskan cara menyiapkan presentasi Bahasa Inggris supaya lebih efektif.

--

Berbicara di depan publik, khususnya melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris merupakan kecakapan yang sangat penting untuk bertahan dan menjadi unggul. Baik bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan seperti kuliah maupun dalam dunia kerja, memiliki kemampuan presentasi akan sangat membantu. Memiliki keterampilan lebih khusus seperti ini akan menjadi keunggulan kompetitif tersendiri, khususnya dalam dunia profesional.

Tak jarang ditemui orang yang memiliki gagasan yang sangat bagus tetapi tidak dapat tersampaikan dan dipahami. Salah satu penyebabnya tentu adalah ketidakmampuan seseorang dalam menyampaikan gagasannya tersebut dengan cara yang efektif. Belum lagi jika harus melakukan presentasi dalam bahasa asing seperti bahasa inggris. Tentu beberapa orang akan menemui kesulitan ganda dalam melakukannya.

Melakukan presentasi pada kenyataannya bukan hanya soal menyampaikan semua isi kepala, tetapi ada cara-caranya tersendiri. Berbeda dengan percakapan biasa, sebuah presentasi haruslah menarik serta substantif. Berikut adalah langkah-langkah mudah menguasai presentasi bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan.

 

Siapkan materi sejak lama

Dalam melakukan presentasi, banyak orang yang menjadi gugup salah satunya karena kurangnya persiapan. Tidak dapat dielak lagi bahwa mempersiapkan bahan presentasi sejak lama akan sangat dapat membantu saat penyampaiannya. Persiapan materi di sini termasuk membuat bahan presentasi seperti powerpoint dan juga teks dari penjelasan kita.

Materi presentasi sebaiknya dipersiapkan sejak kita diberikan tugas atau memiliki intensi untuk melakukan presentasi tersebut. Ini tentu erat kaitannya dengan waktu yang nantinya akan kita miliki untuk melakukan pembenahan sesuai dengan evaluasi yang kita dapatkan setelah kita menyelesaikan bahan dan melakukan tinjau ulang. 

 

Buat hook sebagai awalan

Saat kita memulai presentasi, kita harus memanfaatkan perhatian awal dari audiens kita agar dapat membuat mereka tertarik untuk terus memberikan perhatian terhadap apa yang akan kita sampaikan. Teknik menarik perhatian yang baik disebut dengan hook. Dengan menggunakan hook, kita dapat mengajak audiens untuk ikut berpikir dan bahkan menjadi bagian dari presentasi itu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Opening Hook dalam Presentasi Bahasa Inggris

Ada berbagai macam hook yang bisa digunakan dalam melakukan presentasi. Sebagai contoh, kita bisa memulai dengan kutipan dari seorang tokoh terkenal atau pertanyaan retoris yang dapat dijawab dengan memperhatikan presentasi yang akan disampaikan. Bisa juga kita mulai suatu presentasi dengan cerita personal. Kita bebas memilih jenis hook yang akan dipakai, selama masih relevan dan tentunya daya tariknya tersendiri.

Beberapa contoh penyampaian hook yang bisa digunakan termasuk:

  • “Imagine being in a situation where…” untuk mengajak audiens berpikir dalam skenario tertentu.
  • “A wise man once said,...” untuk mengutip pernyataan sebagai pembuka diskusi.
  • “What do you think first when you hear the word,...” untuk mempertanyakan sesuatu yang akan menjadi pokok bahasan.

 

Perbanyak vocabulary yang tepat

Dalam seni berbicara, tentu saja penggunaan bahasa sangat berpengaruh terhadap impresi yang dibentuk. Oleh karenanya, akan sangat baik untuk dapat menggunakan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan suatu gagasan. Menggunakan diksi yang terdengar ‘pintar’ saja tentu tidak cukup untuk membuat audiens kita kagum dan paham dengan apa yang kita sampaikan. Kita perlu menggunakan kata-kata yang tepat pada konteks yang tepat pula.

Oleh karenanya, kita perlu banyak mencari referensi dalam menggunakan kata-kata di presentasi bahasa Inggris. Sebagai contoh, kita bisa membuka dictionary yang sekarang tersedia secara digital dan mencari penggunaan suatu kata dalam konteks tertentu. Seperti yang kita ketahui, suatu kata dapat berarti beda dalam konteks kalimat yang berbeda pula. Jangan berhenti hanya pada definisi suatu kata, carilah juga bentuk aplikasinya.

 

Dengar dan tonton banyak referensi

Selain menggunakan referensi untuk penggunaan vocabulary dalam berbagai konteks, kita juga dapat menambah wawasan dan kesiapan kita dengan mendengar dan menonton. Sebagai aktivitas yang memerlukan praktek langsung, rasanya hampir tidak mungkin untuk dapat handal dalam berpresentasi hanya melalui bacaan. Kita tentu akan lebih mudah membayangkan cara presentasi kita dengan melihat dan mendengar cara orang lain melakukannya.

TED Talks adalah salah satu referensi tontonan paling lazim bagi mereka yang sedang mempersiapkan sebuah presentasi. Namun, tidak ada salahnya juga untuk menambah referensi seperti melihat berbagai film dan serial barat untuk mempertajam kemampuan berbahasa secara umum. Mendengarkan podcast pun juga sangat bagus untuk menilai penyampaian melalui ragam intonasi dan diksi.

 

Berlatih, berlatih, dan berlatih

Tidak ada presentasi bahasa Inggris yang luar biasa tanpa pemaparan yang spektakuler. Ini adalah alasan kenapa kita harus selalu berusaha untuk tidak membuat kesalahan dalam melakukan presentasi yang sebenarnya. Satu-satunya cara terbaik untuk mencapai hal itu adalah dengan melakukan banyak latihan sebelum hari besarnya. Dengan melakukan latihan, kita akan membiasakan diri kita dengan materi yang kita bawakan dan cara pembawaannya pula.

Dalam melakukan latihan, selalu usahakan untuk mensimulasikan keadaan nyata. Ini dapat dimulai dengan memahami materi presentasi kita ketimbang menghafalnya. Dengan memahami apa yang dibawakan, kita tidak akan pernah takut jika terlupa bagian tertentu di tengah presentasi. Selain itu, kita juga bisa meminta orang lain untuk melihat presentasi kita dan memberikan komentar sebagai bahan evaluasi kita. Semua ini akan sangat bermanfaat bagi kita agar tidak lagi khawatir saat akan melakukan presentasi yang sebenarnya.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah paham bagaimana bisa menyiapkan presentasi yang bagus dan memukau dalam Bahasa Inggris? Hal yang paling penting adalah, kamu memahami dasar-dasar penggunaan Bahasa Inggris dan bagaimana bisa lancar berbicara Bahasa Inggris. Maka dari itu, yuk belajar bareng di English Academy bersama tutor profesional.

New call-to-action

Beri Komentar