Numbers: Angka dalam Bahasa Inggris

numbers angka dalam bahasa inggris

Selain mempelajari vocabulary dan grammar, angka dalam bahasa Inggris penting untuk kamu pahami juga, lho! Simak penjelasannya di bawah ini!

– –

Ketika mempelajari bahasa Inggris, ada banyak hal yang harus kamu pahami. Beberapa hal itu merupakan materi mendasar yang membangun kemampuan bahasa Inggris kamu, yaitu grammar dan vocabulary. Tapi banyak dari kita kadang lupa sama satu materi yang nggak kalah penting, yaitu angka dalam bahasa Inggris atau numbers.

We already know that grammar and vocabulary are important in practicing English, tapi tahu nggak sih pentingnya numbers itu apa? Selain digunakan sebagai pengenalan bahasa Inggris untuk matematika, kalau kamu coba ingat-ingat kembali, angka-angka itu merupakan hal yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, lho. Secara nggak sadar, kalau kamu nggak memahami konsep numbers, nanti kamu akan kesulitan menjalani aktivitas harian.

Contoh dari aktivitas keseharian yang menggunakan numbers adalah menentukan waktu. Baik itu berupa tanggal atau jam. Misalnya aja kamu lagi di luar negeri atau sedang kuliah online. Terus kampusmu memberitahu tanggal beserta waktu ujian. Kalau kamu nggak paham, bisa-bisa bahaya.

Di aktivitas lain, misalnya kamu diundang oleh temanmu untuk menghadiri pesta lamaran. Tapi karena kamu nggak ngerti cara angka yang ada di alamat rumah temanmu, bisa-bisa nyasar. Atau misalnya kamu dikasih nomor telepon oleh seseorang yang penting, tapi karena nggak tahu angka dalam bahasa Inggris, kamu bingung nomor teleponnya seperti apa. Atau di waktu lain kalau kamu belanja, kamu bingung sama harga dalam bahasa Inggris bisa-bisa kacau deh.

Oleh karena itu, penting buat kamu memahami angka dalam bahasa Inggris serta pengaplikasiannya. Tapi nggak usah khawatir. This time, we will learn about numbers in English.

 

Numbers

 

numbers angka dalam bahasa inggris

 

Cara membaca angka dalam bahasa Inggris terdapat dua macam. Yaitu cardinal dan ordinal. Kalau kamu ditanya tentang jumlah, pukul berapa, nomor dan sebagainya, kamu bisa menjawabnya secara cardinal.

Tetapi kalau yang ditanyakan merupakan urutan, seperti pada tanggal, atau antrian, kamu bisa menggunakan ordinal. Ordinal ini berasal dari kata order yaitu berurutan dan bisa dipakai dalam penulisan tanggal bahasa Inggris. Berikut adalah contoh numbers in cardinal and in ordinal:

 

Number Cardinal Ordinal
1 One First
2 Two Second
3 Three Third
4 Four Fourth
5 Five Fifth
6 Six Sixth
7 Seven Seventh
8 Eight Eighth
9 Nine Ninth
10 Ten Tenth
11 Eleven Eleventh
12 Twelve Twelfth
13 Thirteen Thirteenth
14 Fourteen Fourteenth
15 Fifteen Fifteenth
16 Sixteen Sixteenth
17 Seventeen Seventeenth
18 Eighteen Eighteenth
19 Nineteen Nineteenth
20 Twenty Twentieth
21 Twenty one Twenty-first
22 Twenty two Twenty-second
23 Twenty three Twenty-third
24 Twenty four Twenty-fourth
25 Twenty five Twenty-fifth
26 Twenty six Twenty-sixth
27 Twenty seven Twenty-seventh
28 Twenty eight Twenty-eighth
29 Twenty nine Twenty-ninth
30 Thirty Thirtieth
100 One hundred Hundredth
200 Two hundred Two hundredth
500 Five hundred Five hundredth
900 Nine hundred Nine hundredth
999 Nine hundred and ninety nine Nine hundred ninety-ninth
1000 One thousand Thousandth
10000 Ten thousand Ten thousandth
100000 One hundred thousand One hundred thousandth
1000000 One million One millionth

 

Selain belajar mengenai angka dalam bahasa Inggris, penting juga lho untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu sudah sejauh mana. Hal ini supaya kamu bisa mengembangkan kemampuanmu. Caranya bisa dengan ikut placement test dari English Academy ini. Gratis dan dapat sertifikat, lho! Klik gambar di bawah ini, ya!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Decimals

Decimals adalah angka dengan desimal atau bukan merupakan angka bulat. Penandanya ada tanda koma di dalam angka-angka yang dituliskan. Cara menyebutkannya adalah dengan membacakan angka-angka yang tertulis secara terpisah.

 

EA - Angka bahasa Inggris-04

 

  • 0,5 : zero point five
  • 0,25 : zero point two five
  • 0,714 : zero point seven one four
  • 0,05 : zero point zero five
  • 2,15 : two point one five

Baca Juga: Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Kenali Cara Spelling & Tipsnya, Yuk!

 

Fractions

Selain bilangan bulat dan angka desimal, kamu juga akan menemukan pecahan atau fractions. Untuk membaca pecahan dalam bahasa Inggris, kamu memulainya dengan menyebutkan pembilangnya atau angka angka di atas dalam cardinal, dan penyebut atau angka di bawah dalam ordinal. Pembilang dan penyebut ini jika dalam bahasa Inggris adalah numerator dan denominator. Oh iya, penting kamu pahami, jika bilangan denominator adalah angka dua, maka kamu menyebutnya ‘half’ bukan ‘second’. Lalu kalau numerator di atas angka satu, maka kamu menyebut denominator dengan cardinal yang bersifat jamak atau plural. Perhatikan contoh berikut:

 

numbers angka dalam bahasa inggris

 

  • 1/2 : half atau one half
  • 1/3 : one third
  • 1/4 : one fourth
  • 3/2 : three halves
  • 3/4 : three fourth atau three quarters
  • 5/6 : five sixth

 

Years

Berbeda dengan angka-angka sebelumnya, untuk menyebutkan years atau tahun dalam bahasa Inggris terdapat penyesuaian. Umumnya, tahun disebutkan seperti angka ordinal seperti biasa. Tetapi bisa juga dibagi menjadi dua bagian. Atau bahkan menyebutkan belasan dalam bahasa Inggris, lalu menambahkan hundred. Simak contoh-contoh berikut ini:

 

numbers angka dalam bahasa inggris

 

  • 2005 : two thousand and five
  • 2022 : two thousand twenty two
  • 1945 : nineteen fourty five
  • 1007 : one thousand and seven
  • 1900 : nineteen hundred
  • 300 BC : three hundred before christ

Baca Juga: 151 Istilah Matematika dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Currency

Penyebutan angka juga penting ketika kamu berhadapan dengan uang atau currency. Misalnya kamu ingin berbelanja di supermarket atau pasar tradisional, maka pengetahuanmu tentang currency akan sangat diandalkan. Berikut cara membaca currency in English:

 

numbers angka dalam bahasa inggris

 

  • 50$ : fifty dollars
  • 35€ : thirty five euros
  • $57.25 : fifty seven dollars and twenty five cents
  • €15.46 : fifteen euros and forty six cents
  • ₤20.50 : twenty pounds and fifty cents atau twenty fifty
  • 120₤ : one hundred and twenty pounds

 

Measurements

Mungkin kamu sering menemukan pengukuran atau measurments dalam procedure text. Tapi pengukuran dalam bahasa Inggris nggak cuma di situ aja lho. Kamu juga akan menemukan pengukuran ketika menyebutkan jarak, kedalaman, kecepatan, jumlah volume, berat, suhu dan lain-lain. Jadi penting nih untuk tahu gimana cara bacanya. Oh iya, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan huruf ‘s’ di setiap satuan. Kalau jamak, pakai huruf ‘s’, tetapi untuk tablespoon dan teaspoon tidak perlu. Yuk simak contoh-contohnya:

 

numbers angka dalam bahasa inggris

 

  • 100 m : one hundred meters
  • 30 km/h : thirty kilometers per hour
  • 45 ft : forty five feet
  • 5 L : five liters
  • 4 tbsp : four tablespoon
  • ½ tsp : half teaspoon
  • -19⁰C : nineteen degrees Celcius below zero atau minus nineteen degrees

Nah, itulah cara membaca atau menggunakan numbers in English. Angka-angka ini nantinya akan membantumu di kemudian hari. Dengan memahaminya, nggak cuma kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat, tapi kamu bisa mengaplikasikan bahasa Inggris ke aktivitas sehari-hari.

Oh iya, kalau kamu masih penasaran sama materi angka dalam bahasa Inggris, kamu bisa, lho bergabung dengan English Academy. Di dalamnya kamu bakal belajar bersama native speaker sehingga bisa dengan praktis melatih kemampuan bahasa Inggris kamu. Jadi, yuk gabung sekarang!

IDN CTA English Academy Mainsite

Referensi:

Assi, Karolina. 2022. Berlitz. (online at) https://www.berlitz.com/blog/english-numbers (accessed 18 August 2022)

Muhammad Azka Rais