Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris: Definisi, Struktur, dan Contoh

Teks prosedur dalam bahasa Inggris

Bagaimana teks prosedur dalam bahasa Inggris? Apakah ada hal yang membuatnya berbeda dari teks prosedur di dalam bahasa Indonesia? Yuk simak penjelasan mengenai pengertian teks, struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri teks prosedur beserta contohnya di artikel ini!

Teks prosedur mungkin sudah bukan jadi hal yang asing buat kita, ya. Kita sering menemukannya. Begitu pula dengan teks prosedur dalam bahasa Inggris. Ketika sekolah mungkin kita pernah diberi tugas untuk membuatnya. Tidak hanya di sekolah, kita juga sering melihatnya di berbagai macam keadaan. Sesederhana di bungkus mie instan. Tentu saja penjelasannya secara singkat. Selain ditujukan untuk kita, petunjuk menggunakan atau membuat sesuatu juga dibuat untuk orang yang berbicara bahasa Inggris.

Barang-barang lokal atau produk makanan lokal banyak menyediakan teks cara mengoperasikan atau membuat dalam bahasa Inggris. Tapi bisa jadi beberapa produk lokal tidak, dan kita mengetahui bahwa ada orang luar negeri yang berbahasa Inggris kesulitan menggunakannya, dan mencari tahu di Internet. Kita bisa saja memberikan jawaban dengan memberinya instruksi pembuatan makanan atau penggunaan barang lokal. Tapi bagaimana caranya kita bisa membuat instruksi? Nah, langkah pertama adalah untuk memahami dahulu apa itu teks prosedur dalam bahasa Inggris. Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Definisi Teks Prosedur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prosedur adalah tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Pengertian teks prosedur adalah jenis teks nonfiksi yang menginformasikan tentang bagaimana cara melakukan, membuat sesuatu, menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan secara bertahap. Hal yang dijelaskan bermacam-macam. Salah satu hal yang paling umum adalah teks prosedur cara membuat suatu makanan dan minuman. Namun kita juga bisa menemukan teks prosedur dalam bahasa Inggris yang membahas tentang cara mengoperasikan Hp, komputer, merakit meja atau rak, dan lain-lain.

Pada dasarnya tujuan dari teks prosedur adalah untuk menjelaskan bagaimana membuat, melakukan atau mengoperasikan sesuatu dengan langkah demi langkah atau instruksi yang jelas dan berurutan. Prosedur teks dalam bahasa Inggris biasanya memiliki judul teks yang diawali dengan “How to..”, “How to operate..”, dan “How to make”.

Perlu diketahui banyak orang kebingungan antara teks prosedur dengan teks eksplanasi, karena memiliki kemiripan. Namun, keduanya berbeda. Teks eksplanasi menjelaskan tentang bagaimana sesuatu dapat terjadi atau sesuatu dapat bekerja. Sedangkan teks prosedur membahas tentang bagaimana membuat, mengoperasikan atau menggunakan sesuatu. 

Terdapat juga beberapa jenis umum prosedur teks dalam bahasa Inggris, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Directions atau Petunjuk arah – Ini jenis teks prosedur yang membahas petunjuk arah. Di dalamnya terdapat nama jalan, nama lokasi, dan tentu saja menggunakan bahasa yang formal. Ditambah dengan adanya denah juga arah mata angin, akan dapat membuat para pembaca mudah memahami petunjuk yang diberikan.
  2. Instructions atau instruksi – Biasanya teks ini memberikan instruksi terhadap pertanyaan umum, seperti “How to cut your own hair”, “How to take care of a cat” dan sebagainya. Biasanya dalam jenis teks ini terdapat bahasa sederhana yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pembaca tentang langkah-langkah melakukan sesuatu. Juga tersedia diagram apabila penjelasannya terdapat proses yang rumit.
  3. Recipes atau resep – Jenis prosedur ini biasanya merupakan resep makanan atau minuman adalah salah satu teks prosedur yang paling umum. Kita sering menemukannya di buku resep makanan, atau di internet. Di teks ini akan tersedia petunjuk yang detail, seperti alat dan bahan apa saja yang kita butuhkan, hingga cara memasak secara berurutan dan metode khusus yang disampaikan agar hasil masakan sesuai dengan ekspektasi pembaca.
  4. Rules for games atau Peraturan permainan – Teks jenis prosedur ini akan ditemukan di produk khusus, yaitu produk mainan. Pembuat permainan ini akan menulis peraturan yang disesuaikan dengan kemampuan memahami pembaca. Karena ada saja beberapa permainan yang cukup rumit untuk dipahami oleh beberapa orang.
  5. Manuals atau buku manual – Jika kita sudah membeli gadget, membeli lemari rakitan sendiri, kita akan mendapatkan buku yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana kita mengoperasikan produk-produk tersebut. Penjelasan yang ada dalam teks ini akan spesifik, guna kita yang sudah membeli produknya tidak salah dalam menggunakan atau salah dalam mengoperasikan.
  6. Agendas – Sedikit berbeda dari teks prosedur pada umumnya, agenda akan menyebutkan tahap dalam melakukan kegiatan yang akan kita lakukan, kapan kita melaksanakan atau melakukan kegiatan, di mana pelaksanaan aktivitas atau kegiatan, juga siapa pihak yang bertanggung jawab. Biasanya akan kita temui di surat kegiatan yang dibuat oleh sekolah, atau ketika sedang menghadiri sebuah acara.

Baca Juga: Cara Membuat Janji Temu (Making Appointment) dalam Bahasa Inggris

Untuk memahami teks prosedur dalam bahasa Inggris, yuk pelajari struktur, kaidah kebahasaan, ciri-ciri, dan contohnya!

 

Struktur Teks Prosedur

  • Aim/Goal atau Tujuan

Di dalam teks prosedur bahasa Inggris, terdapat bagian aim/goal yang berarti tujuan pelaksanaan dari apa yang akan disampaikan dalam teks. Biasanya, tujuan yang ada pada teks merupakan judul dari teks tersebut. Misalnya:

“How to Cook Nasi Goreng”

  • Ingredients/Materials atau Alat/Bahan

Setelah tujuan, akan ada bagian ingredients/materials yang berarti alat/bahan yang akan diperlukan dalam membuat sesuatu yang ada dalam teks prosedur dalam bahasa Inggris tersebut. Misalnya seperti:

Ingredients:

  • 1 plate of rice
  • 1 egg
  • A pinch of salt and pepper
  • 1 tablespoon of oil, sweet soy sauce and sambal (optional)
  • 1 sausage
  • Steps/Methods atau Langkah-langkah

Bagian steps/methods adalah bagian yang berisi langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat sesuatu sesuai teks prosedur. Pada bagian ini, langkah-langkahnya akan ditulis secara spesifik dan berurutan. Agar membantu pembaca dapat mengikuti instruksi dengan baik. Contohnya:

First, heat up the pan with vegetable oil. After the pan is hot enough, not too hot, crack the egg, and scramble it…

Sebelum melanjutkan, penasaran nggak dengan kemampuan bahasa Inggris kamu? Mau coba tes tapi takut bayarnya mahal? Nggak perlu khawatir. Klik di sini aja, udah gratis, dapat sertifikat pula.

 

New call-to-action

 

Kaidah kebahasaan Teks Prosedur

Berikut adalah kaidah kebahasaan yang umum digunakan dalam teks prosedur dalam bahasa Inggris:

1. Menggunakan simple present tense

Teks ini menggunakan simple present tense untuk menggambarkan keadaan di saat yang bersamaan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Contoh dari simple present pada teks prosedur adalah sebagai berikut:

If you are a class XII student who wants to register for PTN (State Universities) via the SNMPTN (National Selection for State Universities) and SBMPTN (Joint Selection for State Universities), you must have an account for the Higher Education Entrance Test Institute (LTMPT). Students who have graduated from high school or equivalent from abroad must have an LTMPT account, if they want to continue their education to PTN in Indonesia.

  1. First, open the portal.ltmpt.ac.id page.
  2. Second, click the "Register Here" menu and select the "Student" menu.
  3. Then, enter NISN (National Student Identification Number), NPSN (National School Identification Number), and date of birth.
  4. Enter your email and password.
  5. Then click "Register" and an account activation notification will appear.
  6. The officer will re-verify by sending an email so you can activate and verify the registered email.
  7. The next step is to open the email inbox, activate and verify the LTMPT account.
  8. After having an active LTMPT account, login to https://portal.ltmpt.ac.id/ using the registered email and password.

Translasi:

Jika kamu adalah pelajar kelas XII yang ingin mendaftarkan diri ke PTN (Perguruan Tinggi Negeri) lewat jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), kamu harus memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pelajar yang telah lulus SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki akun LTMPT, jika melanjutkan pendidikan ke PTN di Indonesia.

  1. Pertama, buka laman portal.ltmpt.ac.id. 
  2. Kedua, klik menu "Daftar di Sini" dan pilih menu "Siswa". 
  3. Lalu, masukkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan tanggal lahir. 
  4. Masukkan email dan password. 
  5. Kemudian klik "Daftar" dan akan muncul notifikasi aktivasi akun. 
  6. Petugas akan melakukan verifikasi ulang dengan mengirimkan email agar bisa mengaktivasi dan memverifikasi pada email yang didaftarkan. 
  7. Langkah selanjutnya, buka inbox email, lakukan aktivasi dan verifikasi akun LTMPT. 
  8. Setelah memiliki akun LTMPT yang aktif, login-lah ke https://portal.ltmpt.ac.id/ dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.

Baca Juga: Simple Present Tense: Pengertian, Kegunaan, Rumus, dan Contoh Kalimat

 

2. Menggunakan imperative sentence atau kalimat perintah

Karena mayoritas isi teks ini merupakan instruksi, maka akan ditemukan imperative sentence yang dalam kalimatnya diawali oleh verb atau kata kerja. Lihat contoh teks prosedur berikut ini:

Here's how to play the angklung:

  1. Hold the angklung with your left hand. Hold it by holding the knot where the two vertical and horizontal angklung poles meet (which is in the middle), so that the angklung is held right in the middle.
  2. Position the angklung that is held upright and parallel to the body. The distance of the angklung from the body should be far enough (the elbow of the left hand is almost straight) so that the angklung can be shaken properly and maximally.
  3. Hold the end of the base tube of the angklung horizontally with your right hand and shake it slightly, keeping the angklung position upright, not tilted so that the sound of the angklung is flat and loud.
  4. Play angklung while standing for better results.

Translasi:

Begini cara memainkan angklung:

  1. Pegang angklung dengan tangan kiri. Pegang dengan genggaman tangan  dan telapak tangan menghadap ke atas, di simpul pertemuan dua tiang angklung vertikal dan horizontal, sehingga angklung dipegang tepat di tengah-tengah.
  2. Posisikan angklung yang dipegang tegak dan sejajar dengan tubuh.  Jarak angklung dari tubuh cukup jauh (siku tangan kiri hampir lurus) agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal.
  3. Pegang ujung tabung dasar angklung (hori ontal) dengan tangan kanan dan getarkan dengan getaran ke kiri dan ke kanan, dengan posisi angklung tetap tegak (horizontal), tidak miring agar suara angklung rata dan nyaring.
  4. Mainkan angklung sambil berdiri agar hasil permainan lebih baik.

 

3. Menggunakan connectives atau kata penghubung

Langkah-langkah atau instruksi yang ada pada teks prosedur dalam bahasa Inggris disusun secara berurutan, sehingga dari langkah satu ke langkah selanjutnya menggunakan connectives atau kata hubung, yakni sebagai berikut:

Steps to Turn Off the Computer Correctly.

We must turn off the computer properly so that it is not easily damaged. Here are the steps we have to do:

  1. First, click the “START” menu in the lower left corner of the screen.
  2. Then click "shutdown".
  3. Then select "OK".
  4. Wait until the computer turns off.
  5. After that press the button on the monitor and turn off the stabilizer after the computer shuts down.
  6. Finally, unplug the cable from the power supply to cut off the current.

Have a great time turning off the computer properly!

Translasi:

Langkah-langkah Mematikan Komputer dengan Benar.

Kita harus mematikan komputer secara benar sehingga tidak mudah rusak. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan:

  1. Pertama, klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar.
  2. Lalu klik “shutdown”.
  3. Lalu Pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga komputer mati.
  5. Setelah itu tekan tombol pada monitor dan matikan stabilizer setelah komputer mati.
  6. Terakhir cabut kabel dari terminal listrik untuk memutuskan arus.

Selamat mematikan komputer secara benar!

 

4. Menggunakan adverb of manner atau kata keterangan cara

Terakhir, selain menggunakan kata hubung dan kalimat perintah, di dalam teks prosedur akan ada adverb of manner atau kata keterangan cara untuk memperjelas instruksi agar dapat memberikan hasil yang diharapkan oleh orang yang mengikuti beberapa langkah saja. Misalnya: 

How to make fried rice:

Material:

  • 2 plates of rice
  • 3 cloves of garlic, finely chopped
  • 5 cloves of shallot, finely chopped
  • MSG
  • Salt to taste
  • 1 egg
  • Shrimp
  • 20 cayenne peppers (you can add more if you want it to be spicy)
  • 1 spring onion
  • Cooking oil
  • Crispy fried shallots

How to make:

  1. Grind the garlic, shallots, cayenne pepper, and salt smoothly.
  2. Heat the cooking oil. After that, stir-fry chicken eggs and shrimp have been prepared. Then, add the ground spices that have been ground earlier and stir-fry until you can smell the delicious aroma.
  3. Add the rice and stir with the ground spices. Slice the scallions evenly and add them to the rice.
  4. Stir again briefly. After everything is almost cooked, add MSG to taste.
  5. Remove and serve on a plate while warm with fried shallots.

Translasi:

Cara Membuat Nasi Goreng:

Bahan:

  • 2 piring nasi
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 siung bawang merah, cincang halus
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 butir telur ayam
  • Udang
  • 20 cabai (kamu bisa menambahkan jumlahnya jika ingin rasanya lebih pedas)
  • 1 batang daun bawang
  • Minyak goreng
  • bawang merah goreng

Cara membuat:

  1. Blender bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam sampai halus.
  2. Panaskan minyak goreng. Setelah itu, tumis telur ayam dan udang yang telah disiapkan. Lalu, masukkan bumbu halus yang telah dihaluskan tadi dan tumis hingga tercium aroma yang sedap.
  3. Tambahkan nasi dan aduk bersama bumbu halus. Iris daun bawang secara merata lalu tambahkan ke dalam nasi.
  4. Aduk kembali sebentar saja. Setelah semuanya hampir matang, taburkan penyedap rasa sesuai selera.
  5. Angkat dan sajikan di atas piring selagi hangat dengan bawang merah goreng.

 

Ciri-ciri Teks Prosedur

Teks Prosedur memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki tujuan teks sebagai judul
  2. Secara umum langkah-langkahnya atau metode berbentuk poin atau diberi nomor untuk menunjukkan instruksi yang berurutan
  3. Instruksi disusun secara sistematis, dan detail. Selain perintah, terkadang ada larangan dan syarat sebagai tambahan instruksi.
  4. Informasi yang disajikan bersifat objektif.

 

Contoh Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Agar kita dapat lebih memahami materi ini yuk kita bedah bersama-sama contoh teks prosedur dalam bahasa Inggris di bawah ini:

 

contoh teks prosedur

 

Contoh Kaidah Kebahasaan

Dari teks tersebut terdapat contoh kaidah kebahasaan sebagai berikut:

1. Simple Present Tense

  • You can add various ingredients to the egg mix such as onion, mushroom, vegetable, smoked beef, cheese, etc., to create different taste. (Anda bisa memberikan berbagai macam bahan ke dalam adonan telur seperti bawang bombay, jamur, sayuran, daging asap, keju dan lain-lain untuk membuat berbagai macam cita rasa.)
  • You can substitute vegetable oil with other oil or butter. (Anda bisa mengganti minyak sayur dengan minyak lainnya atau mentega.)

2. Connectives

  • Pour the egg on the pan and wait until the egg half cooked. (Tuang telur ke dalam wajan dan tunggu sampai telurnya setengah matang.)

3. Imperatives

  • Beat the egg until mixed perfectly using a whisk or fork (Kocok telur sampai tercampur rata menggunakan pengocok atau garpu.)
  • Fold the egg into half round and flip it. (Lipat telur hingga membentuk setengah lingkar dan balikkan.)

4. Adverb of Manner

  • Serve omelet immediately. (Sajikan omelet secepatnya.)
  • Beat the egg until mixed perfectly using a whisk or fork. (Kocok telur sampai tercampur rata menggunakan pengocok atau garpu.)

Bagaimana? Sudah mengerti penjelasan mengenai teks prosedur dalam bahasa Inggris? Kini kamu sudah bisa membuat sebuah teks prosedur berdasarkan materi yang sudah kamu pahami. Kalau kamu masih ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa bergabung dengan English Academy. Nggak cuma materinya lengkap, kalau ada hal yang masih kamu kurang pahami, kamu bisa diskusi dengan guru native speaker, lho. Yuk, gabung sekarang juga!

 

New call-to-action

 

Referensi:

Literacy Ideas. ND. How to write excellent Procedural Texts. (Online at) https://literacyideas.com/procedural-texts/ [accessed 11 April 2022]

Self Learning. 2020. 25 Examples of Procedure Text on How to. (Online at) https://www.getenglishnow.org/2020/09/25-examples-of-procedure-text-on-how-to.html [accessed 11 April 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.