Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Kenali Cara Spelling & Tipsnya, Yuk!

Cara mengeja abjad bahasa Inggris

Huruf W pada abjad dalam bahasa Inggris tidak dibaca dengan “We” seperti dalam bahasa Indonesia. Nah, tandanya, alphabet bahasa Inggris memiliki ejaan tersendiri. Yuk, belajar spelling alfabet bahasa Inggris di artikel ini!

--

Guys, sadar nggak, sih? Di English Academy, kita sudah membahas berbagai materi bahasa Inggris mulai dari yang basic seperti grammar, cara translate bahasa Inggris, etc., hingga yang advance seperti contoh soal IELTS. Eits, tapi kayaknya kita belum bahas materi paling dasar yang satu ini. Yap, abjad bahasa Inggris alias alphabet.

Padahal, penguasaan dalam membaca abjad bahasa Inggris (spelling) akan membantu kita melatih pronunciation yang baik. So, speaking skill pun akan semakin terasah.

Tenang, artikel ini akan mengupas tuntas seputar alphabet dalam bahasa Inggris. Nggak hanya cara melafalkannya, English Academy bakal kasih tau kamu sejarah seputar alphabet. Yuk, kita simak bareng-bareng!

 

Apa yang Dimaksud Alphabet?

Dilansir dari Britannica, alphabet adalah seperangkat grafik atau karakter yang digunakan untuk mewakili struktur fonem suatu bahasa. Fonem itu sendiri artinya satuan bunyi terkecil yang mampu menunjukkan kontras makna.

Dalam hal ini, ada dua jenis fonem, yaitu vokal dan konsonan. Nah, di sebagian besar bahasa, alfabet disusun dalam karakter dengan urutan tertentu, misal A, B, C, dan lain sebagainya.

Kamu tahu nggak? Alphabet juga dijadikan sebagai nama induk dari perusahaan Google dan sejumlah perusahaan besar lainnya. Sesuai dengan namanya, website dari perusahaan ini pun terdiri dari susunan abjad latin, yaitu ABC dan XYZ. Keren ya? Hihi.

 

Dari mana Alfabet berasal?

Kira-kira kenapa ya, huruf dikatakan sebagai alphabet? Jadi, alfabet atau abjad memiliki cerita sejarah yang cukup panjang, guys. Alfabet dibentuk berdasarkan simbol-simbol yang digunakan pada masa Yunani Kuno yang sejarahnya berawal pada kisaran 2.500 tahun yang lalu. Nah, huruf pertama dari alphabet ini berupa gambar sederhana dari kepala banteng.

Dulu, bangsa Yunani Kuno menyebutnya sebagai Alpha (Alfa) atau Aleph yang mewakili bunyi huruf 'A'. Lalu ada ada huruf Yunani Kuno bernama Beta, yang mewakili bunyi 'B'.

Jadi kalau kamu bertanya, siapa yang menciptakan huruf? Yap, awal mulanya adalah Bangsa Yunani. Mereka menggunakan sistem alfabet ini ke dalam struktur huruf yang lebih teratur menggunakan simbol-simbol lain.

Setelah itu, akhirnya terciptalah deretan A-Z yang dinamakan sebagai alfabet. Oh ya, untuk “Alfa” itu sendiri artinya adalah “awal”, guys. Awalnya, abjad latin ini hanya terdiri dari 24 huruf saja. Namun, pada abad pertengahan Bangsa Romawi menyempurnakan alphabet hingga berjumlah 26 huruf. Selain itu, mereka juga mengembangkan sistem alfabet yang memiliki pola membaca dari arah kiri ke kanan.

 

Untuk expert dalam berbahasa Inggris tentu nggak cukup dengan hanya belajar abjad bahasa Inggris. Yuk, asah kemampuan kamu bersama English Academy. Dengan kelas berkompetensi internasional interaktif, kamu bisa belajar langsung bersama pengajar internasional, lo. Cobain Kelas Gratis-nya, yuk!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

Apakah Alfabet sama dengan Abjad?

Hayo, apakah kamu salah satu orang yang mengira kalau alfabet dan abjad itu sama? Duh, sayangnya kamu keliru, nih. Jadi, alphabet dan abjad adalah dua hal yang berbeda. Kalau alfabet biasanya terdiri dari simbol yang memiliki huruf vokal, sedangkan abjad hanya terdiri dari huruf konsonan saja.

Tapi, nggak hanya di Indonesia, secara internasional, memang banyak orang yang salah pengertian tentang hal ini. Hal tersebut dinamakan sebagai fenomena kekeliruan yang diterima sebagai kebenaran oleh masyarakat umum.

Maka dari itu, dalam hal ini kita akan anggap kalau alfabet sama dengan abjad bahasa Inggris ya, guys!

Baca Juga: Numbers: Angka dalam bahasa Inggris

 

Huruf Alfabet Apa Saja?

Sama seperti bahasa Indonesia, banyaknya huruf dalam alphabet bahasa Inggris yaitu ada 26. Tapi, tentu yang berbeda adalah cara melafalkannya.

Seperti yang sudah kita bahasa di atas, huruf pertama alphabet adalah A, dan huruf terakhir alphabet adalah Z. Namun, perlu kamu ketahui kalau nggak semua negara punya urutan alphabet yang sama yak.

Contoh, meskipun sama-sama berakar dari aksara latin, tapi banyak negara yang memiliki huruf abjadnya tersendiri, dan tentu jumlahnya tidak 26. Contohnya seperti Swedia dengan tambahan huruf  å, ä, dan ö. Selain itu, Swedia tidak menggunakan huruf Q. Ah! Ada juga Aksara Kiril yang merupakan alfabet Rusia.

Tebak, ada berapa jumlah abjadnya? Alfabet Rusia terdiri dari 33 huruf! Tak ketinggalan Bahasa Jerman yang memiliki ekstra abjad ä, ö, ü dan ß. Begitupun Korea, Jepang, India, Arab, dan berbagai negara lain dengan aksaranya tersendiri yang memiliki spelling dan penulisan cukup rumit.

 

Tips Membaca Alphabet atau Abjad Bahasa Inggris

Salah satu cara spelling atau mengeja alfabet bahasa Inggris adalah dengan memperhatikan IPA (International Phonetic Alphabet). IPA merupakan sistem alfabet yang diterima dan dipakai secara luas untuk rekam fonetik suara bahasa oral (lisan).

 

Alfabet bahasa inggris

 

Dengan kata lain, IPA digunakan untuk memberitahumu bagaimana pengucapan sebuah huruf atau kata. Contohnya, ada simbol “:” (colon) yang artinya sebuah huruf vokal harus dilafalkan dengan panjang.

For your information, dalam bahasa Inggris, salah pelafalan kata bisa mengubah makna. Pasalnya, banyak sekali kosakata yang secara tulisan bentuknya sama, tetapi secara konteks, vocab tersebut dapat berubah makna dan juga pengucapannya.

Nah, salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan rajin membaca kamus bahasa Inggris. Biasanya, kamus bahasa Inggris banyak dilengkapi dengan cara spelling atau pengucapan setiap vocabulary. Kamu bisa cek rekomendasi kamus bahasa Inggris terbaik yang bisa digunakan pada artikel 15 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris

 

Cara Spelling atau Mengeja Abjad Bahasa Inggris (Alphabet)

Sekarang, yuk perhatikan cara pengucapan abjad bahasa Inggris melalui tabel di bawah ini!

 

Alphabet

Cara Pengucapan

A

ei [eɪ]

B

bi [biː]

C

si [siː]

D

di [diː]

E

i [iː]

F

ef [ɛf]

G

ji [dʒiː]

H

eic [eɪtʃ]

I

ai [aɪ]

J

jei [dʒeɪ]

K

kei [keɪ]

L

el [ɛl]

M

em [ɛm]

N

en [ɛn]

O

ou [oʊ]

P

pi [piː]

Q

kiu [kjuː]

R

ar [ɑr]

S

es [ɛs]

T

ti [tiː]

U

yu [juː]

V

vi [viː]

W

dabel yu [ˈdʌbəl juː]

X

eks [ɛks]

Y

wai [waɪ]

Z

zed [zɛd] in British English, zi [ziː] in American English

 

Notes!

Pengucapan di atas berlaku mutlak ketika posisinya memang untuk spelling atau ejaan huruf satu per satu. Artinya, terdapat perbedaan pada pengucapannya ketika ia sudah tersusun dalam sebuah kata.

Contohnya adalah huruf H dengan pengucapan “eich”, bunyinya akan menjadi “ha” seperti dalam bahasa Indonesia ketika digunakan dalam kata seperti house, hamster, dan lain-lain.

Tapi, bisa juga mati atau tidak terdengar seperti dalam kata hour, honest. Contoh lainnya, huruf U dibaca “yu”. Namun ketika menjadi kata, bunyinya menjadi “a”. Misalnya dalam kata up, ugly, until.

Contoh lain adalah huruf K dengan pelafalan “kei”, ketika ia dibentuk jadi kata “knee” atau “know”, maka huruf K di bagian depan akan hilang. Tapi berbeda dengan “key” yang harus tetap dilafalkan dengan jelas di bagian huruf "K".

Yap, ini cukup rumit untuk membedakannya. Namun, semakin sering kamu belajar dan mempraktikkan bahasa Inggris, maka akan semakin mudah, kok.

 

Apa Itu Ejaan Nato atau Alfabet Fonetik NATO?

Kalau sering menonton film tentang pesawat, polisi, anggota militer, atau genre lain yang berkaitan dengan action, pasti kamu tidak asing dengan alfabet fonetik nato. Yap, ini merupakan ejaan yang biasa digunakan oleh pilot atau pasukan keamanan ketika berkomunikasi melalui radio atau telepon.

Soalnya, berkomunikasi melalui telepon atau radio kadang tidak sejernih jika dibandingkan dengan berdialog secara langsung. Bisa jadi terhalang oleh sinyal yang kurang baik, ada distraksi dari suara sekitar, dan lain-lain.

Nah, di sini alfabet fonetik berfungsi untuk memastikan bahwa huruf dapat dipahami dengan clear. Misal, tak jarang huruf N tertukar dengan M karena bunyi pelafalannya yang hampir sama. Untuk memperjelas, maka bisa menggunakan ejaan alfabet fonetik NATO.

Oh ya, ejaan ini lebih dikenal secara formal sebagai Alfabet Ejaan Radiotelefoni Internasional, atau familiar juga dengan sebutan ejaan ICAO. Berikut ini ejaan yang umum digunakan dalam alfabet fonetik NATO:

 

Alphabet

Cara Pengucapan NATO

A

Alfa

B

Bravo

C

Charlie

D

Delta

E

Echo

F

Foxtrot

G

Golf

H

Hotel

I

India

J

Juliett

K

Kilo

L

Lima

M

Mike

N

November

O

Oscar

P

Papa

Q

Quebec

R

Romeo

S

Sierra

T

Tango

U

Uniform

V

Victor

W

Whiskey

X

X-ray

Y

Yankee

Z

Zulu/Zero



Contoh Kosakata Menggunakan Abjad Bahasa Inggris

Sekarang, yuk, lihat beberapa contoh kosakata dalam bahasa Inggris dari A sampai Z secara berurutan. Jangan lupa, kamu juga dapat melatihnya cara pengucapan kata dan juga spelling setiap vocab agar semakin menguasai materi ini.

 

contoh alfabet bahasa inggris

 

Well, setelah mempelajari bagaimana cara mengucapkan abjad bahasa Inggris, kamu dapat melatihnya dengan membaca berbagai kosakata yang familiar dan sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebetulan, di English Academy banyak artikel yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk memperkaya vocabulary sekaligus melatih pelafalan sebuah kata. Contohnya seperti nama-nama benda bahasa Inggris, mengenal nama buah-buahan  dalam bahasa Inggris, nama-nama hari bahasa Inggris, etc

Kalau sudah, coba cek juga sejauh mana, sih, kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki? Di English Academy, terdapat fitur Placement Test gratis yang dapat digunakan untuk mencari tahu kemampuan bahasa Inggris-mu, lo. Selain free, tes ini bersertifikat, serta kamu akan mendapat kesempatan untuk dihubungi oleh Personal Consultant English Academy. Yuk, coba sekarang!

Placement Test English Academy

 

Reference:

Britannica. Alphabet. Online. Available at https://www.britannica.com/topic/alphabet-writing. Accessed 08 August 2022. 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.