50 Istilah Bahasa Gaul di Sosmed yang Lagi Viral, Bikin Kamu Makin Up to Date!

Bahasa Gaul Inggris

Bahasa gaul Inggris bakal bikin kamu makin keren dan berasa native, loh! Penasaran apa aja contoh-contohnya? Simak di artikel ini, ya!

Main media sosial emang nggak ada habisnya, ya! Setiap hari pasti ada aja bahasa gaul di sosmed baru yang bermunculan. Seperti bahasa gaul Jaksel, singkatan bahasa Inggris gaul, hingga istilah-istilah bahasa Inggris di dunia kerja. Biasanya, istilah ini muncul dilatari dengan suatu kejadian atau drama di media sosial.

Misalnya, akhir-akhir ini, istilah ‘sus’ sering banget kita jumpai di Twitter yang ternyata kepanjangan dari ‘suspicious’. Nah, term ini merujuk pada hal-hal yang dianggap terlalu mencurigakan. Selain itu juga masih banyak banget istilah-istilah bahasa gaul Inggris lainnya yang juga perlu diketahui biar kamu nggak dibilang kudet alias kurang update. Apa aja sih, contohnya?

Eits, sebelum ke contohnya, coba deh kamu perhatikan dulu pengertian bahasa gaul di bawah ini.

 

Pengertian Bahasa Gaul

Bahasa gaul, atau slang dalam bahasa Inggris, merujuk pada penggunaan kata-kata atau frasa yang tidak resmi, khas, dan tidak baku dalam percakapan sehari-hari. Bahasa gaul sering kali muncul dalam kelompok-kelompok sosial atau budaya tertentu dan dapat berubah seiring waktu.

Ciri khas bahasa gaul melibatkan penyederhanaan kata, penggunaan singkatan, atau pembentukan kata baru untuk menyampaikan makna dengan cara yang santai, tidak formal, dan seringkali lebih ekspresif. Bahasa gaul dapat menjadi bentuk ekspresi identitas kelompok atau generasi.

Contoh bahasa gaul termasuk singkatan seperti “LOL” (Laugh Out Loud), frasa seperti “chill out” (tenang), atau kata-kata seperti “lit” (hebat). Meskipun bahasa gaul umumnya digunakan dalam situasi informal, pemahaman terhadapnya bisa membantu seseorang berkomunikasi dengan lebih efektif dalam konteks yang lebih santai atau teman-teman sebaya.

Singkatnya nih, bahasa gaul adalah cara komunikasi informal yang mencerminkan budaya dan kepribadian kelompok atau generasi tertentu. Kalau kamu tertarik dengan bahasa gaul ini, yuk perhatikan contoh-contoh bahasa gaul dalam bahasa Inggris di bawah, ya!

Baca Juga : 30 Contoh Iklan Bahasa Inggris, Bikin Jualanmu Tambah Laris!

 

Bahasa Gaul di Sosmed (Media Sosial) dalam Bahasa Inggris

Manifesting
Kata ini berasal dari manifest yang berarti ‘mewujudkan’. Kata ini populer setelah beberapa waktu viral di beberapa platform media sosial seperti TikTok, Twitter, dan Instagram.

LoA (Law of Attraction)
Sederhananya, Law of Attraction adalah hukum ketertarikan atau tarik menarik. Dalam teori ini, apa yang kita pikirkan atau fokuskan, akan mempengaruhi apa yang terjadi di kehidupan kita. Entah itu positif maupun negatif.

NT (Nice Try)

Nice try atau ‘usaha bagus’ ditujukan bagi konten yang berisi tentang perjuangan seseorang yang gagal. Tapi, belakangan kata ini sering digunakan untuk bercanda mengejek seseorang yang gagal mendekati doi yang sudah diperjuangkan.

Cringe
Secara harfiah, cringe diartikan sebagai ‘jijik’. Dalam kata gaul, cringe digunakan untuk mengungkapkan ekspresi jijik saat melihat hal yang memalukan.

Angst (Anxiety)
Angst berasal dari kata anxiety yang berarti ‘perasaan cemas’. Di bahasa Inggris gaul, ini diasosiasikan untuk menjelaskan genre atau alur cerita yang menguras emosi.

Sus (Suspicious)
Suspicious dalam bahasa Indonesia artinya ‘mencurigakan’. Kata ini juga digunakan di Twitter untuk menunjukkan sesuatu yang mencurigakan.

Thread
Biasanya, kata thread digunakan untuk menunjukkan tweet berantai atau cuitan seseorang yang menceritakan sesuatu secara runtut sehingga tidak cukup dijadikan satu tweet.

Acc (Account)
Orang-orang di media sosial seringkali menyebut kata account atau ‘akun’ dengan menggunakan singkatan acc saja.

Dump
Secara harfiah, dump berarti ‘tempat sampah’. Biasanya, istilah ini digunakan untuk menunjukkan foto-foto random yang ingin diunggah. Misalnya, photo dump, berarti postingan yang isinya kolase foto yang menampilkan banyak gambar.

Viral
Sepertinya semua orang sudah tahu istilah yang satu ini. Viral berarti konten atau informasi yang ramai menyebar di internet dengan cepat.

Share & Shareable
Shareable berarti sebuah konten itu layak untuk dibagikan ke pengguna atau platform media sosial.

Repost
Arti repost adalah postingan di media sosial yang disebarkan atau diunggah ulang oleh pengguna lainnya.

Trending
Trending mengacu pada sebuah kejadian atau objek yang tiba-tiba populer dalam waktu sekejap dan menguasai platform media sosial. Misalnya kisah perselingkuhan artis yang tiba-tiba menjadi topik pembicaraan di setiap platform media sosial dan menempati posisi tertentu dalam urutan trending topic.

Nah, supaya kamu bisa memahami trending topic di Indonesia maupun luar negeri, kamu harus mendalami berbagai hal tentang bahasa Inggris. Kamu juga bisa belajar dari tutor berpengalaman dan menggunakan kurikulum international Cambridge, hanya di English Academy!

Free Trial English Academy

Hashtag
Hashtag dilambangkan dengan simbol ‘#’ di depan kata yang dipilih. Contohnya adalah ‘#selfreminder’. Hal tersebut dilakukan untuk menyematkan topik tertentu agar lebih mudah dicari. Jadi, untuk melihat topik pembicaraan serupa, pengguna sosial media tinggal klik pada hashtag tersebut.

Tag
Arti tag sebenarnya sama dengan mention, yaitu menandai atau menyebut seseorang di media sosial.

Throwback
Throwback atau kilas balik biasanya digunakan untuk konten nostalgia yang diunggah kembali.

Campaign
Campaign berkaitan dengan aktivitas pemasaran. Bisa tentang produk, movement, atau event tertentu.

Glamping
Setelah muncul kata staycation, kini disusul dengan istilah glamping yang merujuk pada aktivitas berkemah secara mewah layaknya menginap di hotel.

Ava (Avatar)
Ava atau kependekan dari avatar digunakan untuk menunjukkan foto profil pengguna di media sosial.

Bare Minimum
Kata ini kerap kali muncul setelah ada kejadian perselingkuhan atau drama percintaan di media sosial. Bare minimum digunakan untuk menggambarkan standar paling rendah yang seharusnya dimiliki seseorang. Dengan kata lain adalah standar paling wajar.

Effort
Nah, bare minimum biasanya diikuti dengan effort. Artinya adalah usaha dan kata ini juga diasosiasikan dengan hubungan percintaan.

Base
Base berarti sebuah akun yang isinya didedikasikan untuk membahas topik tertentu. Misalnya beauty base yang isinya membahas seputar kecantikan dan perawatan diri.

Buzzer
Buzzer dalam bahasa Inggris berarti pendengung. Istilah ini ditujukan pada orang-orang yang melakukan kampanye, promosi, atau meramaikan topik tertentu di media sosial.

Cancel Culture
Istilah ini ditujukan pada seseorang yang dianggap mengecewakan publik. Misalnya seorang public figure yang melakukan kesalahan yang mengecewakan banyak orang. Akhirnya orang-orang di media sosial melakukan cancel culture atau tidak ingin lagi memberikan simpati apapun padanya.

Crush
Crush merujuk pada seseorang yang disukai atau yang sedang dekat dalam konteks percintaan.

Comfy
Seperti artinya, comfy digunakan untuk menunjukkan sebuah keadaan yang nyaman.

Convokiller
Singkatan dari conversation killer, yang artinya adalah pembunuh percakapan. Istilah ini ditujukan pada orang yang mengakhiri suatu percakapan.

Doxxing
Doxxing merujuk pada sebuah praktik di internet untuk menyebarkan informasi atau data pribadi seseorang. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan orang tersebut.

Flop
Kata ini seringkali digunakan di Twitter untuk menunjukkan kegagalan.

Glow Up
Istilah glow up dipakai untuk menunjukkan perubahan seseorang dari masa ke masa. Biasanya dari keadaan biasa saja ke luar biasa dan berkaitan dengan penampilan fisik.

Nder
Nder merupakan kependekan dari sender yang berarti pengirim. Biasanya sering digunakan di Twitter ketika berkomentar di tweet seseorang tapi tidak mengenal si pemilik tweet.

Misogyny
Perdebatan tentang gender di media sosial memang tidak ada habisnya. Dalam perdebatan yang mengusung tema ini, biasanya akan diikuti dengan munculnya istilah misogyny. Arti misogyny adalah kebencian atau sikap tidak suka pada wanita.

Pick Me
Secara bahasa, pick me berarti ‘jemput aku’. Dalam bahasa gaul chatting, pick me digunakan untuk menyindir orang yang suka mencari perhatian dengan merasa dirinya paling beda dengan orang lain.

Baca Juga : 200 Slang Bahasa Inggris (Slang Words) yang Bikin Ngobrol Makin Asik!

 

Bahasa Gaul Chatting dalam Bahasa Inggris

Nah, kalau tadi adalah beberapa bahasa gaul yang lagi viral di sosmed, di bawah ini ada beberapa bahasa gaul yang sering digunakan saat sedang chatting. Yuk, intip contoh-contohnya!

LOL (Laugh Out Loud) : Tertawa terbahak-bahak.
Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu lucu atau menggelikan. Contoh: “That joke you told was hilarious! LOL!”

BRB (Be Right Back) : Akan segera kembali.
Maksud dari kata ini adalah kita memberi tahu orang lain bahwa kita akan meninggalkan percakapan sejenak dan akan kembali. Contoh: “Gotta grab a snack, BRB!”

GTG (Got To Go) : Harus pergi.
Kata ini digunakan saat kita menyatakan bahwa kita harus meninggalkan percakapan atau situasi. Contoh: “Looks like I’m running late, GTG!”

IDK (I Don’t Know): Saya tidak tahu.
Kata ini bisa kamu gunakan ketika kamu gak memiliki informasi atau jawaban terhadap pertanyaan yang ditanyakan oleh orang lain. Contoh: “IDK where I put my keys.”

TTYL (Talk To You Later): Bicara denganmu nanti.
Singkatan ini mengindikasikan bahwa kita akan berbicara lagi dengan orang tersebut di lain waktu. Contoh: “I have to go now, TTYL!”

ICYMI (In Case You Missed It): Kalau kamu ketinggalan.
Maksud dari singkatan ini adalah memberitahu orang lain bahwa kita memberikan informasi yang mungkin mereka lewatkan. Contoh: “ICYMI, the meeting has been rescheduled to tomorrow.”

SMH (Shaking My Head): Menggelengkan kepala.
Maksudnya gini, SMH biasanya digunakan untuk mengekspresikan ketidaksetujuan, kekecewaan, atau tidak percaya terhadap sesuatu. Contoh: “I can’t believe he said that, SMH.”

BTW (By The Way):Ngomong-ngomong.
Kalau yang ini, mungkin udah sering kamu dengar, ya. Kata ini digunakan untuk menyisipkan informasi tambahan atau non-urgent dalam percakapan. Contoh: “BTW, did you hear about the new movie coming out?”

OMG (Oh My God) : Oh Tuhan.
Yang ini juga mungkin kamu udah familiar, ya. Ini adalah kata yang sering dipakai untuk ungkapan kaget atau terkejut. Contoh: “OMG, I can’t believe you did that!”

FYI (For Your Information) : Untuk informasimu.
Sesuai arti di atas, kata FYI digunakan untuk memberikan informasi tambahan pada seseorang. Contoh: “FYI, the office will be closed on Friday for maintenance.”

AFK (Away From Keyboard): Jauh dari keyboard.
Biasanya kalau kita lagi seru chattingan sama seseorang, terus kita mau pergi dulu sebentar kayak ke toilet, nah kita bisa pake istilah ini. Contoh: “I’ll be AFK for a few minutes, be right back.”

IMO/IMHO (In My Opinion/In My Honest Opinion): Menurut pendapatku/menurut pendapatku yang jujur.
Ketika kamu ditanya tentang pendapat pribadimu oleh orang lain mengenai sesuatu, kamu bisa menggunakan istilah ini. Contoh: “IMO, the new design looks much better.”

NSFW (Not Safe For Work): Tidak aman untuk dilihat di tempat kerja.
Maksudnya gini guys, istilah ini dipakai untuk memberitahu saat suatu konten mungkin mengandung materi yang tidak pantas untuk dilihat di lingkungan kerja.Contoh: “I found a funny video, but it’s NSFW, so watch it later.”

TL;DR (Too Long; Didn’t Read): Terlalu panjang, tidak dibaca.
Nah, singkatan ini bisa dipakai kalau kamu mau merangkum informasi panjang atau tulisan yang terlalu banyak supaya bisa dibaca dengan singkat. Contoh: “I wrote a lengthy email, but here’s the TL;DR version at the end.”

ICYWW (In Case You Were Wondering): Kalau kamu penasaran.
Hm, kalau istilah yang ini, bisa kamu pakai waktu kamu menyampaikan informasi tambahan untuk memuaskan rasa ingin tahu orang lain. Contoh: “Just got a promotion at work, ICYWW.”

BFF (Best Friends Forever): Sahabat selamanya.
Siapa nih yang sering chattingan sama sahabatnya? Singkatan ini bisa kamu pakai untuk menyebut teman yang sangat dekat dan diyakini akan tetap akrab selamanya. Contoh: “You’ve been my BFF since kindergarten.”

YOLO (You Only Live Once): Hidup ini cuma sekali.
Wah, kalau ungkapan ini seringnya dipakai untuk menggambarkan sikap hidup dengan semangat dan berani mencoba hal-hal baru. Contoh: “Thinking of going on a spontaneous trip. YOLO!”

Baca Juga : Contoh Expression of Greeting dan Tips Mengungkapkannya


Nah, kita jadi tahu deh istilah-istilah bahasa Inggris yang kerap digunakan di media sosial. Jadi, secara sadar nggak sadar pengetahuan kita tentang kosakata bahasa Inggris semakin banyak. Untuk memperkaya pengetahuan tentang materi bahasa Inggris, kamu juga bisa ikutan kursus di English Academy, lho. Kamu juga bisa mencoba fitur placement test secara gratis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Adya Rosyada Yonas