33 Istilah-istilah Dunia Kerja dalam bahasa Inggris dan Artinya

Istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris

Kamu seorang pegawai atau fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja? Jika iya, kamu harus menguasai istilah-istilah di dalam dunia kerja untuk mempermudah proses komunikasi dengan rekan kerja. Yuk, cari tahu istilah-istilahnya di artikel ini!

--

 

Seperti yang kita ketahui, di tengah era globalisasi saat ini bahasa Inggris menjadi salah satu syarat penting yang perlu dipenuhi seseorang untuk mencapai karier dan pekerjaan yang cemerlang.

Keahlian dalam berbahasa Inggris akan membuat proses komunikasi antar pegawai atau rekan kerja menjadi lebih mudah dan efektif, terlebih jika kamu bekerja di perusahaan asing atau di multinational company. Pasalnya, tentu kamu akan lebih sering keep in touch dengan orang-orang yang berasal dari luar negeri.

Nah, guna kelancaran dalam penguasaan bahasa, kamu perlu memahami vocabulary dan istilah-istilah di dunia kerja dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.

Melalui artikel ini, English Academy akan memberikan informasi terkait istilah-istilah dalam dunia kerja versi bahasa Inggris lengkap dengan artinya! Mari, simak selengkapnya di bawah ini!

 

1. Minutes of Meeting 

Minutes of meeting (MoM) adalah catatan yang berisi rangkuman selama rapat berlangsung. Nah, biasanya butir-butir yang dibicarakan dalam suatu rapat akan diminta oleh para partisipan sebagai pengingat terhadap hal apa saja yang harus dilakukan sebagai evaluasi atas kinerja sebelumnya.

2. Conference Call 

Conference call dikenal juga dengan nama concall. Conference call adalah kondisi di mana seseorang dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang berbeda atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Orang-orang yang bergabung dalam conference call dapat berbicara, bertukar informasi, dan mendengarkan pembicaraan antara satu dengan yang lain.

3. To be Discuss dan To Be Confirm 

To be discuss atau TBD adalah istilah yang biasa digunakan seseorang untuk membalas kiriman email terkait rancangan pekerjaan dari rekan kerja. Artinya, rancangan pekerjaan atau plan yang kamu kirim perlu didiskusikan kembali dengan pihak-pihak terkait sehingga plan tersebut belum bisa dieksekusi.

Sementara itu, to be confirm atau TBC adalah kondisi di mana ada suatu rancangan atau informasi yang masih harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan. Sebetulnya,  istilah ini tak hanya berlaku dalam dunia kerja, alias sudah meluas ke industri atau bidang lainnya.

4. Overtime

Kamu pernah bekerja melebihi waktu yang sudah ditentukan oleh kantor? Jika pernah, maka kamu sudah tidak asing dengan istilah overtime. Overtime dikneal juga dengan istilah lembur. Hati-hati, OT di sini bukan overthinking kayak bahasa gaul Jaksel ya. Nah, istilah ini cocok digunakan oleh pegawai atau karyawan yang bekerja melebihi jam kerja normal. Biasanya, karyawan bekerja secara overtime untuk mengejar deadline yang diminta oleh atasan.

Eits, jangan lupa! Kalau kamu bekerja overtime, artinya kamu memiliki hak untuk submit upah lembur. Jangan sampai kamu lembur tapi tidak dibayar ya!

5. Standard Operational Procedure 

Standard Operational Procedures (SOP) adalah standard yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai panduan karyawan dalam bekerja. Biasanya, SOP dibuat oleh manager dengan tujuan karyawan dapat bekerja secara teratur dan terukur. 

Selain itu, SOP juga digunakan sebagai acuan kedisiplinan karyawan terhadap peraturan dan praktik operasional yang dilakukan di tempat kerja. Hayo, kira-kira kamu selalu bekerja sesuai dengan SOP nggak, nih

 

Sebelum lanjut ke istilah-istilah dunia kerja lainnya, kamu juga bisa memperkaya kosakata melalui kelas English Academy by Ruangguru, loYuk, join Live Teaching GRATIS bersama Master Teacher! Psstt, jadwalnya bisa pilih sendiri, lo.

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

6. Scope of Work

Scope of work adalah intruksi yang berisi persetujuan kerja sama dan perjanjian antara suatu company dengan influencer. Nah, untuk melakukan pekerjaannya, influencer harus memerhatikan setiap detail scope of work agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan pihak perusahaan.

7. Workflow

Workflow adalah alur kerja yang digunakan oleh seorang pegawai saat menyelesaikan task. Jadi, workflow ini menggambarkan urutan tugas atau pekerjaan berulang yang membentuk sebuah proses bisnis.

Misal, ketika kamu bekerja sebagai content writer, maka tugasmu adalah menulis. Workflow yang dapat kamu gunakan adalah riset, drafting, finishing, lalu publish. Maka dari itu, workflow ini biasanya berkaitan erat dengan SOP perusahaan.

8. Key Performance Indicator 

KPI adalah kependekan dari key performance indicator. KPI adalah berbagai alat ukur atau indikator untuk menilai seorang karyawan dari kinerja atau performance yang dihasilkan. Biasanya, KPI merupakan parameter yang digunakan oleh perusahaan untuk melihat apakah seorang karyawan dapat bekerja sesuai dengan standard perusahaan atau tidak.

Baca Juga: Cara Meminta Maaf ke Atasan dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

9. Pitching

Secara umum, pitching adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan seseorang untuk meyakinkan orang lain. Dalam dunia pekerjaan atau dalam dunia bisnis, biasanya proses pitching dilakukan oleh mereka yang berkarier dalam bidang sales dan marketing. Tujuan dari pitching itu sendiri bervariasi, bisa untuk mendapatkan pendanaan, berkolaborasi dengan perusahaan besar, dan lain sebagainya.

Intinya, pitching adalah proses dimana seseorang meyakinkan satu orang atau organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

10. ASAP

Istilah lain yang sering digunakan dalam dunia kerja adalah ASAP. ASAP juga bisa kita kenali sebagai singkatan dari as soon as possible. Sebetulnya, istilah ini tidak hanya ada dalam dunia kerja. Namun, biasanya ketika seorang pegawai kantoran berkata "To be confirm" ya, maka akan diikuti dengan ASAP, alias secepatnya.

11. Annual Leave

Annual leave disebut juga dengan cuti tahunan. Dulu, istilah dalam dunia kerja yang satu ini digunakan di dunia militer, lo. Namun, seiring bekembangnya informasi dan teknologi, saat ini annual leave tentu tidak asing di telinga para pegawai kantoran. FYI, setiap perusahaan biasanya memiliki aturan annual leave yang berbeda-beda.

12. Work From Home

Wah, pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Bahkan, mungkin work from home menjadi salah satu sistem kerja yang sedang kamu lakukan saat ini. Yup! Istilah ini memiliki arti bahwa seorang pegawai atau karyawan melakukan tugas dan pekerjaannya dari rumah, alias tidak perlu datang ke kantor karena keadaan tertentu.

13. Remote Working

Sedikit berbeda dengan work from home, remote working merupakan salah satu istilah dalam dunia kerja yang sudah cukup terkenal sejak lama. Remote working adalah kondisi kerja jarak jauh di mana pegawai bebas untuk bekerja dari mana saja, selama ia bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline dan target yang telah disepakati. 

Saat ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem remote working. Pekerjaan ini bisa selesai dari rumah, dari hotel, dari kafe, dari pantai, dan masih banyak lagi. Sistem kerja tersebut dianggap lebih fleksibel dan tidak membuat seseorang terikat untuk pergi ke kantor.

14. Turnover

Turnover adalah istilah dalam dunia kerja untuk menunjukkan bagaimana dinamika pegawai pada suatu perusahaan. Jadi, banyaknya pegawai yang keluar masuk dalam suatu perusahaan disebut dengan jumlah turnover. Nah, biasanya jika suatu perusahaan memiliki pegawai yang sering berganti dalam waktu yang singkat, berarti menandakan bahwa turnover rate perusahaan tersebut tinggi.

15. Headquarter

Headquarter dikenal juga dengan istilah kantor pusat. Nah, istilah ini umumnya digunakan untuk company yang memiliki cabang atau gedung operasional lebih dari satu. Biasanya segala urusan administrasi dan inventaris akan tersimpan secara rapi di kantor HQ.

16. Follow up

Bentar, aku follow up dulu ke orangnya ya.

Siapa yang pernah kirim teks kayak gitu ke atasan atau rekan kerja di kantor? Hehe. Follow up adalah suatu tindakan ketika kamu ingin menanyakan atau memberi informasi lanjutan tentang suatu pekerjaan dari/kepada orang lain.

Misal, pada pekan lalu kamu meminta divisi creative untuk  membuat desain dengan deadline hari Rabu, tetapi faktanya di hari Kamis kamu belum menerima desain tersebut. Nah, maka kamu perlu melakukan follow up untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut dapat segera diselesaikan. 

Proses follow up dapat dilakukan secara online melalui email atau chat, maupun secara offline. Oh yafollow up juga sering dilakukan oleh kandidat yang sedang melakukan seleksi kerja di suatu perusahaan. Cara follow up-nya bisa kamu lihat di artikel Cara Follow Up Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

17. Cut off

Cut off adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu kondisi di mana kamu sudah tidak bisa memasukkan data-data untuk keperluan tertentu. Misal, cut off presensi untuk periode gaji di bulan ini adalah tanggal 25, maka kamu hanya memiliki waktu untuk memenuhi semua data presensi hingga tanggal 25.

18. Conversion

Secara umum, convertion adalah perubahan atau konversi. Istilah ini sangat umum dipakai dalam dunia kerja atau dunia bisnis. Convertion memiliki arti suatu proses untuk “mengubah” pengunjung menjadi pembeli, bahkan menjadi pelanggan melalui pembelian produk. 

19. Niche

Kalau mau ngonten, harus tau dulu niche-nya apa!” Kamu pernah dengar kalimat seperti itu, nggak? Sederhananya, niche adalah semacam spesialisasi dari suatu produk, baik itu produk digital atau non digital. 

Contohnya kamu ingin menjadi content creator, agar kamu dapat lebih mudah diingat oleh audiens, sebaiknya kamu tentukan niche apa yang akan diambil. Entah itu sebagai food content creator, education, tutorial masak, dan lain sebagainya.

20. Merit Increment

Hmm, siapa sih yang nggak mau naik gaji? Yap, merit increment adalah kenaikan gaji. Kenaikan gaji ini biasanya ditujukan untuk employee yang sudah memiliki masa kerja tertentu (tergantung dengan standard karyawan) dengan status permanent.

Baca Juga: Cara Membuat Janji Temu (Making Appointment) dalam Bahasa Inggris

21. Town Hall

Nggak, untuk istilah ini artinya bukan aula kota ya. Town hall adalah salah satu jenis meeting yang sengaja diadakan pihak perusahaan untuk menyampaikan update. Saat town hall, karyawan bisa mendapatkan update kondisi perusahaan, update keadaan bisnis, dan lain sebagainya.

Anyway, town hall ini juga biasanya dilakukan untuk menyelaraskan kembali visi misi perusahaan dengan seluruh pegawai. Istilah lain dari town hall adalah all staff meeting atau all hands meeting. Town hall sering dilakukan oleh company dengan skala yang sangat besar.

22. Onboarding

Onboarding adalah istilah yang digunakan untuk proses penyesuaian karyawan baru terhadap semua hal yang berkaitan dengan perusahaan. Mulai dari culture, visi misi perusahaan, hingga saling mengenal dengan rekan-rekan kerja di perusahaan tersebut.

23. Offboarding

Nah, istilah ini merupakan kebalikan dari onboarding. Melalui kata off, pasti kamu sudah bisa menebak apa maksud dari istilah dalam dunia kerja yang satu ini. Betul! Off borading adalah istilah yang digunakan untuk karyawan saat secara resmi keluar dari perusahaan, entah itu karena resign, kontrak yang tidak diperpanjang, dan lain sebagainya.

24. Revenue

Revenue adalah istilah yang paling umum dalam dunia kerja dan dunia bisnis. Revenue bisa kita sebut juga sebagai pendapatan, yaitu dana masuk yang diperoleh oleh suatu bisnis atau suatu posisi pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. 

Biasanya revenue diperoleh dari hasil penjualan produk baik berupa barang atau jasa. Akan tetapi, tidak sedikit perusahaan memperoleh penghasilan dari sumber lain, misalnya bunga deposito dan investasi.

25. Profit

Waduh, emang beda sama revenue? Tentu, dong! Profit adalah istilah yang sudah tidak asing lagi untuk perusahaan atau para pelaku bisnis. Profit dalam dunia kerja berarti pendapatan yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi dengan modal. Jadi, kalau revenue itu masih bersifat “kotor” karena belum dikurangi dengan modal dan biaya-biaya lainnya.

26. Best in Class

Best in class merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu produk terbaik di kelasnya. Maksudnya adalah, ada suatu produk barang atau jasa dari bisnis atau perusahaan tertentu yang dianggap terbaik dibanding dengan pesaing yang memiliki produk serupa. Istilah ini biasanya mengacu pada level kualitas.

27. Brainstorm

Bentar-bentar, gue brainstorming dulu ya!

Untuk para karyawan atau pekerja yang bergelut di bidang kreatif pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Dalam bahasa Indonesia, istilah “brainstorm” dikenal sebagai “curah pendapat”, yaitu semacam proses kreatif untuk menyelesaikan masalah dengan mencari gagasan atau ide secara spontan dalam waktu yang singkat.

28. Funding

Suatu proses pengumpulan dana atau pendanaan dikenal dengan istilah funding. Dengan melihat kata asalnya yaitu, "fund" yang berarti simpanan, maka kita dapat mengartikan bahwa funding dalam dunia kerja adalah kegiatan pengumpulan  modal atau simpanan dari berbagai lembaga keuangan. Dengan menggunakan funding, perusahaan dapat memperluas produk dan juga jangkauan bisnis.

29. Brief Deck

Adapun untuk istilah satu ini sebetulnya pasti kamu sudah tidak asing, sih. Iya, brief deck biasanya berbentuk slides atau power point. Umumnya brief deck adalah slides yang dibutuhkan untuk memberi informasi singkat terkait suatu produk atau suatu rencana bisnis pada setiap divisi di perusahaan.

30. Timeline

Kamu tahu nggak? Di setiap perusahaan atau company, sebagian besar dari karyawannya melakukan pekerjaan dengan sangat rapi, karena dibuat dengan timeline yang terdiri dari plan A, B, hingga plan-plan pengganti lainnya. Jadi, dalam dunia kerja, timeline adalah perkiraan waktu atau perencanaan waktu yang dibutuhkan oleh pegawai dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

31. Objective and Key Results (OKR)

Istilah lain yang paling sering ditemui di tempat kerja adalah OKR, istilah ini merupakan kependekan dari Objective and Key Results. Selain Key Performance Indicator (KPI), metode ini dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan organisasi atau hasil kerja sesuai dengan tujuan awal.

OKR adalah kerangka kerja yang menetapkan sebuah tujuan, dan mengukut pencapaian tujuan tersebut melalui hasil utama sebagai tolak ukur. Istilah ini sangat populer dalam dunia startup.

32. Hybrid

Istilah dunia kerja ini pun booming saat masa COVID-19. Hybrid adalah sistem kombinasi antara pegawai bekerja dari kantor  dan juga bekerja dari rumah. Misal dari total lima hari kerja, pegawai harus on site yaitu bekerja di kantor selama dua hari, lalu tiga hari selanjutnya pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah.

33. Flexible Working Arrangement

Setelah di atas ada istilah remote working, work from home, dan juga hybrid, maka flexible working arrangement adalah istilah yang mencakup pada tiga istilah sebelumnya. Sesuai dengan namanya, yaitu fleksibel. Dalam hal ini, seorang pegawai bisa mengatur jam kerjanya sendiri, pun dapat menyelesaikan jobdesc dari berbagai tempat entah itu dari kantor, dari rumah, dari cafe, and so on.

 

Wah! Sudah ada 31 kosakata atau istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang kamu ketahui dari artikel ini, it was good! Kira-kira, istilah mana nih yang menurutmu sangat sering digunakan oleh para karyawan atau pegawai kantor? Tulis di kolom komentar ya!

Jangan lupa, jika kamu ingin memiliki karier yang bagus, maka harus diiringi dengan usaha yang keras. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari istilah-istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris. Siapa tahu, istilah-istilah yang sudah kamu pelajari hari ini akan membawamu pada jenjang karier yang lebih cemerlang lagi di luar sana.

Nah, kalau skill bahasa Inggris kamu ingin semakin melesat, maka bisa belajar di kelas English Academy jenjang Explorer. Nggak usah khawatir, di kelas nanti, proses belajarmu bisa dari rumah atau dari kantor. Soalnya, kelas ini bersifat online interaktif bersama pengajar lokal dan internasional menggunakan kurikulum Cambridge. Keren banget, kan? Yuk, cek kelasnya dengan cara klik gambar di bawah!

English Academy



Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.