127 Istilah-istilah Gaul Bahasa Jaksel untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris-mu

Istilah-istilah gaul bahasa Jaksel

Belajar bahasa Inggris dari istilah-istilah anak gaul Jakarta Selatan? Emang bisa? Bisa, dong! Yuk, tambah kosakata bahasa Inggris kamu melalui list istilah Jaksel di artikel ini!

--

Hai kamu. Iya kamu yang lagi baca ini. Tau nggak, sih? Katanya, anak Jakarta belum gaul kalau ngomong ngga pakai bahasa Jaksel. Hah? Jaksel apaan? Jaksel artinya Jakarta Selatan, xixi. Bahasa Jaksel belakangan ini muncul sebagai fenomena sosial yang biasa digunakan saat ngobrol bareng teman-teman. 

Istilah-istilah Jaksel ini termasuk bahasa kebanggaan selain bahasa daerah yang melekat pada warga dan anak tongkrongan Jakarta Selatan, khususnya para gen Z dan ABG Jaksel. Konon, tren anak Jaksel mulai hits pada tahun 2018. Nah, istilah ini bisa menjadi kata-kata pendukung untuk menceritakan atau menggambarkan situasi seseorang.

Eits, tapi jangan salah, guys. Meskipun berjudul bahasa gaul yang identik dengan Jaksel, ternyata istilah-istilah yang merupakan campuran antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ini sudah populer dan menyebar ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, lo. Anyway, kalau kamu sadar, di paragraf ini juga sudah ada contohnya, yaitu "guys." Guys artinya teman-teman ya.

Oke lanjut. So, yang tadinya hanya digunakan saat di tongkrongan, istilah-istilah Jaksel saat ini banyak juga digunakan untuk mengirim pesan singkat ataupun menulis sesuatu di media sosial.

Oh ya, sebagai catatan, multi-bahasa dalam istilah Jaksel ini akan lebih cocok untuk kamu gunakan pada percakapan sehari-hari dengan teman sebaya yang sudah cukup akrab ya, guys

Buat kamu yang belum tahu, berikut bahasa gaul anak Jaksel untuk menambah kosakata bahasa Inggris, lengkap dengan artinya, lo. Yuk, simak!

 

Bahasa Gaul Jaksel untuk Menggabungkan Kalimat

Biasanya, saat anak Jaksel berbicara, terdapat beberapa kata bahasa Inggris yang mereka sisipkan dalam kalimat untuk tujuan tertentu. Entah itu agar lebih terlihat keren, lebih mudah dipahami, lebih asik, dan lain sebagainya. Berikut daftarnya:

1. Literally: Secara harfiah, atau arti yang paling mendasar
2. Basically: Pada dasarnya
3. Which is: Yang mana, di mana
4. Like – Unlike: Seperti-tidak seperti
5. Somehow: Bagaimanapun
6. Perhaps later: Mungkin nanti
7. Figuratively: Secara kiasan
8. Normally: Normalnya, secara normal
9. You know: Kamu tahulah..
10. That is: Itu adalah
11. Ever: Pernah
12. Seldom: Jarang
13. Better: Lebih baik
14. Because why: Karena kenapa
15. Whereas: Sedangkan
16. Somehow: Entah bagaimana
17. End up: Akhiri
18. The point is: Pada intinya
19. While: Sementara
20. Not yet: Belum
21. Confuse: Membingungkan
22. Surely: Pastinya
23. Honestly: Sejujurnya
24. Attitude: Sikap
25. Probably: Mungkin
26. Whatever: Terserah
27. Normally: Biasanya, secara normal
28. Actually: Sebenarnya
29. Prefer: Lebih suka
30. Make sure: Yakinkan
31. Hence: Oleh sebab itu
32. Supposed: Diperkirakan
33. Confirm: Konfirmasi

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Ini 11 Tips Mudah dan Cepat!

Istilah-istilah Jaksel dalam Hubungan (Pasangan, Keluarga, Teman)

Beberapa orang berpendapat bahwa suatu obrolan tidak akan terlalu kaku jika dicampurkan dengan bahasa Inggris. Di bawah ini adalah penggunaan bahasa anak tongkrongan Jaksel yang biasa muncul dalam sebuah hubungan:

34. Gaslighting, kondisi di mana seseorang memanipulasi keadaan supaya mendapat posisi yang lebih tinggi. Biasanya, orang kayak gini sulit untuk minta maaf. Ingat ya, ini bukan istilah prosedur nyalain gas. Oh ya, anak Jaksel menggunakan kata ini umumnya saat cekcok dengan pasangan. Kalau kamu sering minta maaf padahal nggak salah, hati-hati ya! Bisa jadi kamu adalah korban dari gaslighting.

35. Guilt tripping, sebetulnya hampir sama dengan gaslighting. Bedanya, tujuan orang di sini bukan untuk mendapat posisi superior, tapi murni untuk membuat orang lain merasa bersalah atau bertanggung jawab.

36. Couple goals, istilah yang dilontarkan untuk pasangan-pasangan yang menjadi panutan banyak orang dan patut dicontoh.

37. Deep talk, percakapan antara dua orang atau lebih untuk membahas sesuatu secara lebih mendalam.

38. Trust issue, digunakan untuk orang-orang yang cenderung sulit mempercayai orang lain. Hal ini biasanya disebabkan adanya peristiwa buruk yang menimbulkan rasa kecewa di masa lalu.

39. Ghosting, istilah ini diambil dari kata ghost yang artinya hantu. Nah, kerennya, ghosting adalah julukan untuk orang yang suka tiba-tiba menghilang tanpa memberi kepastian.

40. Healthy relationship, hubungan asmara yang sehat dan jauh dari perbincangan negatif.

41. Bestie, kata slank dari best friend alias temen baik. Istilah bestie nggak akan kamu temukan di kamus bahasa Inggris, guys. Anak Jaksel biasanya akan memanggil bestie pada orang dengan pertemanan yang sudah sangat erat.

42. Bro mens, pertemanan yang erat di antara dua laki-laki. Kurang lebih sama dengan bestie, tetapi kalau bestie biasanya banyak digunakan oleh perempuan.

43. Toxic relationship, contraction dari healthy relationship. Artinya sebuah hubungan asmara yang nggak sehat dan cenderung saling merugikan satu sama lain.

44. Silent treatment, perilaku seseorang yang mengabaikan pasangan dalam waktu tertentu, tanpa ada penjelasan atau usaha untuk menyelesaikannya.

45. Emotional abuse, julukan untuk orang yang memanipulasi orang lain melalui tindakan atau perkataan yang bersifat ancaman. Hal ini tentunya akan membuat orang lain takut dan merasa terintimidasi.

46. Strict parents artinya orang tua yang terlalu menuntut anaknya untuk menurut dan tidak diberi kebebasan melakukan hal  yang disukai anak.

47. Clingy, sifat ini cenderung ditujukan pada orang yang bergantung terhadap orang lain. Biasanya terjadi dalam sebuah hubungan percintaan. Istilah ini biasa dikenal juga dengan cringe.

48. Love language adalah bahasa cinta. Seperti tindakan atau tanda cinta seseorang terhadap pasangannya.

49. Support system artinya lingkungan yang saling mendukung. Misal, support system kamu saat bekerja adalah keluargamu.

50. Word of affirmation, salah satu dari love language yang memberikan kata-kata positif berupa pujian atau apresiasi terhadap pasangan.

51. Split bill, simply artinya patungan untuk membayar sesuatu. Split bill ini bisa dilakukan dalam circle pertemanan ataupun dengan pasangan.

52. Sleep Call, biasanya ini adalah kondisi di mana pasangan menghabiskan waktu untuk "telponan" di malam hari sampai tidur.

Baca Juga: 180 Slang Bahasa Inggris (Slang Words) yang Bikin Ngobrol Makin Asik!

Kalau kamu ingin menambah kosakata bahasa Inggris dengan cara asik lainnya, yuk, ikutan Live Teaching bersama native speaker di English Academy! Kamu bisa pilih jadwal sesuai keinginan, lo. Klik gambar di bawah ya!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

Bahasa Gaul Jaksel Spesialis Dunia Kerja

Dalam dunia kerja, terdapat bahasa Inggris Jaksel yang sering menjadi bahan perbincangan, terutama mungkin di kalangan mbak-mbak atau mas-mas pekerja kantoran area SCBD. Kamu salah satunya bukan, nih? 

53. Overwork, terlalu banyak bekerja sehingga lupa untuk menikmati hidup. Saat waktu luang pun, seseorang akan mengisinya dengan bekerja.

54. Overwhelm, berlebihan. Seperti yang kita tahu segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, kan? Dalam hal ini, bisa jadi berlebihan di aspek pekerjaan, tugas kuliah, dan lain sebagainya yang membuat kamu sulit untuk mengatur waktu dan pola hidup.

55. Hectic, merupakan istilah yang menunjukkan bahwa kamu sibuk dan nggak mau diganggu.

56. Burnout, istilah ini biasanya akrab di telinga pegawai kantoran yang bekerja 24/7, sehingga menimbulkan stress.

57. Work life balance, kondisi yang diinginkan semua pegawai kerja, yaitu kehidupan dan pekerjaan yang seimbang.

58. Noted, biasanya digunakan untuk membalas chat saat atasan memberi tugas, hihi.

59. Brainstorming, istilah untuk orang-orang yang bekerja di dunia kreatif. Umumnya diartikan sebagai “mencari ide” untuk konten atau yang lainnya.

Baca Juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bepergian dan Artinya

Bahasa Gaul Jaksel yang Berkaitan dengan Kepribadian dan Perjalanan Hidup Seseorang

Duh, ini kayaknya mental health gue udah kena!” Pernah dengar kalimat kayak gitu nggak, guys? Saat ini, banyak istilah-istilah menyangkut kepribadian maupun mental yang sering digunakan gen Z dan generasi millenial. Kamu biasa menggunakan yang mana?

60. Anxious/anxiety, istilah ini merujuk pada keadaan cemas berlebihan yang dirasakan seseorang saat menghadapi situasi yang menimbulkan rasa khawatir.

61. Mental health, artinya kesehatan mental. Semenjak munculnya Covid-19 di Indonesia, banyak orang yang semakin aware terhadap mental health. Hal ini membuktikan bahwa kesehatan tak hanya sekedar fisik, tapi juga batin.

62. Self-love, mencintai diri sendiri. Banyak orang saat ini lebih mementingkan  pekerjaan dan orang lain, sehingga lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Tapi kalau di media sosial, banyak orang yang menganggap bahwa self-love adalah kondisi di mana kita hanya perlu menyayangi diri sendiri tanpa peduli saran dari orang lain. Hmm, ini nggak disaranin ya bestie

63. Quarter life crisis, pernah nggak merasa “Duh, hidupku mau dibawa ke mana ya?” Yap! itulah quarter life crisis. Masa ini biasanya menyerang usia 18-30 tahun yang harus menentukan arah dan tujuan hidup.

64. Panic attack, kondisi dimana tiba-tiba merasa panik dan sesak. Biasanya panic attack dapat terjadi kapanpun dan dimanapun.

65. Anhedonia, keadaan di mana kamu nggak bisa lagi merasa bahagia saat melakukan kegiatan yang kamu sukai. Hal ini biasanya akan memberikan rasa tertekan pada seseorang.

66. Bipolar, sebetulnya istilah ini merupakan salah satu mental health issue, yaitu gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara drastis. Mungkin kamu juga pernah mendengar istilah lainnya, yaitu mood swing.

67. Sandwich generation artinya generasi yang berada di antara generasi tua dan generasi muda. Biasanya, sandwich generation ini menjadi tulang punggung untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan generasi tua dan muda.

68. Insecure, merasa tidak percaya diri dan selalu merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Tentunya, istilah ini adalah lawan kata dari secure yang berarti “aman” dan tidak terganggu dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki orang lain.

69. Personal space, kondisi di mana seseorang sedang membatasi diri untuk berhubungan dengan orang lain.

 

Istilah-istilah Gaul Jaksel tentang Sifat dan Sikap Seseorang

Zaman sekarang, sifat atau sikap orang lain pun memiliki banyak sebutan di kalangan anak Jaksel, sehingga biasanya akan terdengar lebih keren dan “kekinian”.

 

Istilah bahasa gaul anak Jaksel, positive vibes, negative vibes

 

70. Social butterfly, yaitu bahasa gaul dari mudah bersosialisasi, mudah bergaul dengan orang lain dan lebih terbuka. Familiar juga dengan sebutan ekstrovert.

71. Socially awkward, nah ini lawan katanya, yaitu sulit bersosialisasi atau mungkin bisa dikenal dengan introvert.

72. Morning person, sebutan untuk orang-orang rajin yang sudah memulai aktivitas harian setelah bangun di jam 4 atau jam 5 pagi.

73. Negative vibes, sesuatu yang memberikan aura negatif terhadap orang lain.

74. Positive vibes, sesuatu yang memberikan aura positif pada orang lain.

75. Sexist, istilah ini muncul di kalangan para pengamat gender. Biasanya orang sexist memiliki pemikiran bahwa laki-laki lebih unggul dari perempuan, atau pun sebaliknya.

76. Toxic masculinity, istilah yang digunakan untuk melarang laki-laki melakukan sesuatu yang “nggak cowok banget”.

77. Toxic positivity, suatu kondisi toxic berkedok positif demi sebuah pembelaan.

78. Feminis, sekelompok orang yang menganggap para perempuan diperlakukan tidak adil dibanding para lelaki.

79. Inner child, masih kekanak-kanakan. Biasanya kondisi ini ditujukan untuk orang yang saat masa kecilnya tidak terlalu bahagia sehingga masih terbawa di usia dewasa.

80. Flexing, istilah ini banyak ditujukan untuk para selebgram, selebtwit, dan lain sebagainya. Flexing artinya riya atau suka pamer.

81. Gatekeeping, artinya pelit atau nggak mau berbagi informasi pada orang lain.

82. Verbally abuse, ditujukan untuk orang yang suka berkata kasar sampai menyebabkan mental seseorang down.

83. Eye catching, artinya enak dilihat.

84. Good looking, biasanya digunakan sebagai julukan orang-orang yang berparas tampan atau cantik.

85. Invasion of privacy, terlalu ganggu masalah pribadi orang.

86. Judgemental, artinya mengomentari segala hal tanpa tahu fakta aslinya, dan tanpa memikirkan perasaan orang lain.

87. Overthinking, artinya berpikir terlalu berlebihan, alias memikirkan sesuatu yang seharusnya nggak perlu sampai membuat susah tidur.

88. Oversharing, memang, sih, sekarang banyak orang yang terlalu menceritakan kehidupan mereka di sosial media. Namun, jangan sampai kamu berlebihan ya! Apalagi kalau sampai membagikan hal-hal yang bersifat privacy. So, sewajarnya saja.

89. Money oriented, istilah untuk orang yang berorientasi pada uang.

 

Istilah-istilah Jaksel Lainnya yang Sering Muncul di Sosial Media

 

Arti spill the tea

 

Kamu punya media sosial apa aja, nih? Twitter? TikTok? Atau Instagram? Kalau kamu aktif di ketiga sosmed tersebut, pasti nggak asing sama bahasa anak Jaksel dan artinya di bawah ini, deh. Biasanya, bahasa-bahasa gaul Jaksel juga digunakan para netizen untuk saling beradu opini atau memberi komentar di postingan para content creator. Berikut list-nya:

90. FOMO (fear of missing out), kondisi di mana seseorang takut banget dikatakan tidak update, tidak gaul, dan takut ketinggalan berita yang sedang trending. Biasanya fenomena ini kerap terjadi di kalangan anak ibukota.

91. Body shaming adalah kata-kata yang menghina fisik seseorang. Misal, saat bertemu dengan teman lama, kata pertama yang diucapkan adalah, “Ih, kamu gendut banget!” Nggak boleh kayak gitu ya, guys!

92. IMO (in my opinion), kata-kata ini dapat kamu gunakan saat ingin mengemukakan pendapat. Biasanya banyak digunakan di media sosial.

93. Too much information, artinya terlalu banyak informasi yang bertebaran tentang suatu hal.

94. CMIIW adalah singkatan dari correct me if I'm wrong, artinya kamu terbuka untuk menerima koreksi dari orang lain jika ada suatu hal yang keliru.

95. Valid artinya sah. Kamu pasti sering mendengar kata ini di sosial media, kan? Apalagi saat ada pendapat dari orang lain yang "kita banget," biasanya akan muncul respon, "Asli sih, valid banget."

96. Me time, menikmati waktu atau menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai sendirian.

97. Open minded, orang-orang yang punya pemikiran terbuka tentang ide, pendapat, atau informasi. Namun, jangan sampai hal-hal yang menyalahi aturan kamu anggap bagian dari open minded ya.

98. Detox sosmed, beristirahat sejenak dari hiruk pikuk kejamnya media sosial.

99. Healing, berarti proses penyembuhan dari luka, perasaan sedih, stress, atau mumet dari kesibukan sehari-hari.

100. Salty, istilah ini banyak muncul di Twitter. Artinya menunjukkan rasa kesal terhadap orang yang membahas sesuatu yang kamu nggak suka, intinya kayak bete.

101. Spill artinya mengajak atau meminta orang lain untuk membongkar suatu rahasia atau hal menarik yang bisa menjadi bahan perbincangan. Istilah ini diadaptasi dari slang bahasa Inggris “spill the tea”, alias, “kasih tau, dong!”

102. Staycation, bahasa gaul untuk berlibur di hotel atau tempat yang nggak jauh dari rumah karena bosan dan ingin mencari suasana baru.

103. Hidden gem, harta karun yang sering merujuk pada sebuah tempat, entah itu tempat makan enak, tempat liburan keren, dan tempat lain yang lokasinya tersembunyi dan belum banyak orang tahu.

104. Financial Freedom, istilah ini termasuk yang sering muncul juga di media sosial oleh para finance influencer. Intinya, financial freedom  adalah suatu kondisi di mana seseorang keuangannya sudah stabil, kayak nggak perlu banyak pertimbangan saat ingin membeli sesuatu.

Istilah Gaul Jaksel saat di Tongkrongan

105. Roaming, biasa istilah ini dilempar ke salah satu anggota teman yang nggak mengerti obrolan di tengah tongkrongan.

106. Fancy, alias mahal sekali. Istilah ini biasanya muncul dalam konteks gaya hidup.

107. Flirtatious behavior, hmm sederhananya ini berarti "genit", istilah ini ditujukan untuk mereka yang kerap kali menggoda seseorang dengan cara bersiul.

108. Lowkey, rahasia yang harus dijaga.

109. Circle adalah lingkaran pertemanan.

110. Denial adalah menyangkal. Orang-orang denial umumnya enggan mengakui bahwa apa yang ia lakukan itu salah.

111. At least atau bisa disingkat menjadi etlisAt least itu apa, sihAt least yaitu "setidaknya" atau "seenggaknya." Biasanya bahasa ini sering muncul saat anak gaul Jaksel sedang mengeluh tentang kehidupan mereka.

112. Anyway, artinya ngomong-ngomong. Kamu tahu nggak, apa bedanya anyway dan by the way? Kalau anyway digunakan untuk menjadi penghubung antara bahasan sebelumnya dengan pembahasan selanjutnya, tetapi masih saling berkaitan. Nah, kalau by the way digunakan untuk penghubung antara bahasan sebelumnya dengan pembahasan lain yang tidak saling berkaitan. Kamu bisa langsung lihat contohnya di paragraf penutup bagian bawah ya!

Kamus Gaul Jaksel versi Segala Tentang Diri Sendiri dalam bahasa Inggris

Di zaman sekarang, katanya semua hal itu nggak harus melulu tentang orang lain. Tapi, kita juga harus mulai sayang sama diri sendiri. Nah lo, ini nih bahasa gaul Jaksel yang sering muncul versi segala tentang diri sendiri:

113. Self-talkartinya berbicara pada diri sendiri. Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang dalam masa ingin memperbaiki diri atau introspeksi. Jadi, mereka harus berbicara dan mencoba bekerja sama dengan diri sendiri untuk sesuatu yang lebih baik di masa depan.

114. Self-rewardyaitu memberi penghargaan pada diri sendiri. Apakah kamu termasuk orang yang dikit-dikit membeli barang mahal untuk alasan self-rewardXixi. Ini adalah kondisi di mana seseorang ingin melakukan sesuatu entah itu membeli barang atau pergi ke suatu tempat untuk mengapresiasi diri atas kerja keras yang sudah dilakukan.

115. Self-confidence artinya percaya diri. Contoh kalau diterapkan dalam kalimat anak gaul Jaksel, "Kita nggak boleh gampang insecurewe have to prove our self-confidence." Intinya, jadi orang harus percaya diri dengan apa yang dimiliki saat ini.

Kamus Gaul Anak Jaksel Lainnya

Okey, sebetulnya bahasa-bahasa ini sering kamu temukan juga di berbagai sosial media, dan pasti sering banget kamu temukan. Ini dia:

116. Addicted to, atau kalau kamu sering buka TikTok, pasti nggak asing dengan sound "amadiketu" alias plesetan dari I am addicted to yang artinya adalah kecanduan.

117. Speak up, kamu pernah baca kan, netixen Indonesia biasanya kalau membuath thread atau menceritakan sebuah pendapat dari perbuatan menyimpang disebut dengan speak up, atinya bersuara. "Setelah sekian lama mendem, akhirnya gue berani speak up tentang kasuh penipuan ini." Begitu kira-kira yang sering muncul di sosmed.

118. Humble, artinya rendah hati. Biasanya kosakata ini dilemparkan pada mereka yang memiliki status sosial, pekerjaan, dan karier yang tinggi tapi tetap rendah hati. Humble biasa disebut juga dengan down to earth atau low profile.

119. No offense artinya "tanpa bermaksud menyinggung", umumnya istilah ini muncul saat orang ingin menngukapkan sesuatu tentang orang lain yang bersifat kurang baik.

120. Saltyhmm apakah arti dari istilah ini adalah mengandung rasa asin? Bukan dong, guys.  Istilah salty ini akan banyak kita temukan di sosial media Twitter. Seringnya, sih, muncul dari akun-akun menfess alias mention and confess.

Kalau dari kamus Merriam-Webster yang merupakan salah satu rekomendasi kamus dari artikel 15 Rekomendasi Kamus Bahasa Inggris, arti dari salty adalah "rasa kesal, rasa benci, jengkel, sebal, etc."

121. Obviously, artinya adalah "jelas sekali". Istilah ini bisa dipakai sebagai padanan dari kata "exactly" yang artinya tepat sekali.

122. Picky, siapa di sini yang terlalu pemilih dalam memutuskan sesuatu? Nah, itu namanya picky.

123. Abusive, kalau punya pasangan, pastikan dia nggak punya sikap abusive ya! Apa, sih, artinya abusiveAbusive artinya kasar.

124. Cut off artinya memotong?  Yapistilah ini biasanya digunakan untuk "memutus suatu hubungan", entah itu hubungan pertemanan, pershabatan, dan lain sebagainya.

125. Red flag artinya bendera merah? Hmm, nggak salah, tapi kurang tepat. Biasanya, istilah ini digunakan untuk seseorang yang baru terlihat sisi "kurang baik"-nya sehingga membuat orang-lain harus lebih waspada.

126. Boomer, istilah yang ditujukan bagi mereka yang nggak mengerti bercandaan di zaman sekarang.

127. Aesthetic, artinya ini kayak indah, ada sentuhan seni-nya gitu. Sekarang banyak kaum milenial dan gen Z yang mengutamakan unsur estetika dalam media sosial. Mulai dari bio IG aestheticinstastory estetik, dan masih banyak lagi.

 

--

Itulah kumpulan bahasa gaul anak Jaksel yang akan menambah kosakata Bahasa Inggris-mu. Eh eh, jangan lupa, gunakan istilah-istilah di atas pada orang yang tepat ya! Oh ya, kamu pernah dengar, lihat, atau mungkin pernah menggunakan bahasa gaul Jaksel yang lain nggak, nih? Yuk, coba tuliskan di kolom komentar! 

By the way, belajar bahasa Inggris tuh nggak cukup dari bahasa Jaksel aja, guys. Soalnya, bahasa Jaksel terkadang nggak sesuai dengan grammar dan penggunaannya sering dicampur dengan bahasa Indonesia.

Coba deh, kamu belajar juga di English Academy supaya lebih proper (sesuai). Ingin belajar TOEFL? Bisa! Mau konsultasi langsung dengan native speaker? Gampang! Atau kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris secara online hanya melalui HP dan laptop? Yak, English Academy jawabannya!

Yuk, cek terlebih dahulu kemampuan bahasa Inggris-mu melalui Placement Test dan tentukan kelasmu. Okay? Sampai jumpa di kelas English Academy!

Placement Test English Academy

 

Profile

Intan Aulia Husnunnisa

Seorang perempuan dengan sejuta mimpi yang saat ini sedang fokus mengembangkan minat menulis di Ruangguru.