Macam-macam Love Language dan Contoh Words of Affirmation Bahasa Inggris

love language words of affirmation

Sean: “I’m proud to have you, you are the most beautiful woman in the world, I love you so much.”
Jess: “Hmm, thank you, Sean.”

Jawaban Jess singkat banget, apa mungkin Jess nggak sayang sama Sean? Eits, belum tentu! Bisa jadi love language Jess beda dengan Sean. Kamu pernah dengar istilah 5 love language, kan? Kalau belum, coba baca penjelasan dari English Academy, deh!

– –

Kalau kita lihat, di artikel 135 Istilah-istilah Gaul Bahasa Jaksel untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris-mu terdapat salah satu istilah yang cukup populer dalam sebuah hubungan, namanya love language. Kamu pasti sudah familiar, dong?

Actually, love language tidak diartikan seperti love yang artinya cinta, like yang memiliki makna suka, dan sebagainya.

Jadi, apa itu love language? Apa aja sih lima macam love language? Terus, bagaimana supaya kita tau, sebenarnya seseorang punya love language yang kayak gimana, sihNah, coba simak bocorannya di artikel ini ya!

 

Apa yang Dimaksud Love Language?

Apa itu love language? Bahasa cinta atau love language adalah cara seseorang menyatakan dan menerima cinta. Love language digagas pertama kali oleh seorang penulis sekaligus pendeta bernama Gary Chapman melalui bukunya berjudul “The 5 Love Languages” yang terbit pertama kali pada tahun 1992.

Kenapa, sih, Gary bikin gagasan soal bahasa cinta? Soalnya, love language bisa jadi cara untuk menunjukkan pada orang-orang yang kita sayang agar mereka tetap merasa dicintai dan dihargai.

Jadi, nggak ada alasan buat kamu atau si doi berpaling atau nyakitin satu sama lain, gengs.

 

5 Macam Love Languages (The Five Love Languages)

Ada 5 macam language of love, yaitu physical touch (sentuhan fisik), act of service (tindakan pelayanan), quality time (menghabiskan waktu bersama), receiving gifts (menerima hadiah), dan words of affirmation (kata-kata afirmasi).

Kira-kira, mana, nih yang paling relate sama kamu atau pasanganmu? Coba cek, skuy!

1. Physical Touch (sentuhan fisik)

Macam-macam love language pertama adalah physical touch. Kamu hobi pegang tangan si doi? Atau.. kalau lagi ketemu, harus nempel melulu? Nah.. fix, sih, ini love language yang cocok buat kamu.

Soalnya, orang yang punya love language physical touch akan merasa sangat dicintai saat pasangannya melakukan hal-hal yang berkaitan sama sentuhan fisik. Contoh lainnya kayak ngelus rambut dan pegang pipi.

Pasangan dengan tipe ini biasanya akan selalu mementingkan untuk berdekatan secara fisik. Jadi.. apa itu LDR? Say no to LDR, bye max!

2. Act of Service (tindakan pelayanan)

Macam-macam love language tipe act of service berlaku bagi mereka yang senang melakukan hal-hal kecil untuk melayani pasangan.

Umumnya, orang dengan tipe ini akan menghargai hal-hal kecil yang kamu lakukan. Nggak usah jauh-jauh, contohnya kayak bukain botol minum, pasangin helm, atau kupasin cangkang kepiting buat kita makan.

Kalau kata orang-orang di TikTok, sih, “Gapapa sederhana, yang penting ada effortnya.” Nah, tuh. Nggak usah banyak alasan kalau mau nyenengin pasangan, guys!

Oiya, bahasa cinta ini sangat menjunjung tinggi istilah, “Buktiin, jangan cuma ngomong!” Xixi

 

Penting buat kamu untuk mengetahui sejauh mana pengetahuanmu di bahasa Inggris. Pastikan kamu sudah coba Placement Test dari English Academy. Gratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

3. Quality Time (waktu yang berkualitas)

Salah satu tips untuk mendapat hubungan yang harmonis adalah selalu menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Tentu saja, ini berlaku bagi mereka yang memiliki macam-macam love language jenis quality time.

Tapi, kayaknya ini nggak relate buat kaum-kaum sibuk yang bales chat pasangan bisa sehari dua hari kemudian, hiks.

Harusnya kita paham, kalau seseorang dengan bahasa cinta ini akan merasa dihargai ketika mendapat perhatian penuh dari orang yang ia sayang.

Maksudnya, saat menghabiskan waktu, mereka ingin kamu untuk fokus tanpa melakukan hal lain yang menimbulkan distraksi.

Contoh, saat kamu dinner dengan pasangan, cobalah untuk meletakkan handphone-mu, lakukan eye contact saat mengobrol dan jadilah pendengar yang baik. Bukan malah… ah sudahlah.

4. Receiving Gifts (menerima hadiah)

“Rasanya seneng deh waktu si dia tiba-tiba kasih hadiah, padahal aku lagi nggak ulang tahun. Harganya nggak mahal, tapi aku jadi tambah sayang,” ungkap Rachel.

Kalau dari cerita Rachel, sih, berarti dia punya macam-maca love language untuk receiving gifts. Kamu tahu nggak? Orang yang senang menerima hadiah sebagai bahasa cinta sebenarnya nggak selalu mengharapkan hadiah yang besar atau mahal, loh. Soalnya, yang akan mereka lihat adalah effort dari sang pemberi hadiah.

Jadi, jangan beralasan “nggak ada duit” ya, gengs. Kamu bisa kasih hal-hal kecil yang berkesan, kok. Tapi kalau memang nggak ada duitnya, jangan dipaksain buat ngutang juga, hehehe

5. Words of Affirmation (kata-kata afirmasi)

Nah, words of affirmation ini merupakan salah satu dari 5 macam love language yang cocok dengan mereka yang senang mengungkapkan kasih sayang lewat kata-kata.

Dalam hal ini, words of affirmation yang dimaksud bisa berupa pujian, kata-kata motivasi, quotes yang bisa memberikan semangat, teks-teks lucu dan menghibur, bahkan catatan atau pesan cinta yang dikemas melalui kartu ucapan atau greeting card.

Contoh, kamu punya bestie yang akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan pertama pasca lulus kuliah setelah jobless selama dua tahun. Kamu bisa tuh, kasih words of affirmation seperti ini:

“Congratulations on your success in getting your first job after graduating from college! What a great result, after two years of looking for work. I am very proud of you my best friend, and I have no doubt that you will be successful in your new job!”

Baca Juga: 211 Kata-kata Motivasi dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Lalu, apa hubungan love language dengan bahasa Inggris? Hey, look! Lima jenis love language kan populer pertama kali dalam bahasa Inggris. Artinya, akan ada banyak sekali vocabulary yang bisa kamu pelajari melalui contoh-contoh love language, khususnya pada words of affirmation.

 

Fakta Menarik Tentang Love Language

Seseorang bisa jadi memiliki lebih dari 1 jenis love language, gengs. Catet, bukan hal yang mustahil kalau nanti kamu nemuin orang yang “ngeborong” semua jenis bahasa cinta. Duh, kapan ya bisa punya pasangan yang kayak gitu? Xixi.

Tapi ingat, meskipun memiliki lebih dari 1 macam love language, secara umum persentasenya pasti akan berbeda-beda. Artinya, bakal ada bahasa cinta yang lebih dominan.

Selain itu, love language untuk mengekspresikan kasih sayang dan mengharapkan kasih sayang dari orang lain pun belum tentu sama, guys.

Misal, dalam hubungan Amel dan Indro, si Amel lebih suka saat Indro berusaha untuk memberikan waktu yang berkualitas dengan mengerjakan hal-hal yang asik dan memorable. Sementara itu, Amelnya sendiri justru lebih sering menyatakan rasa sayang pada Indro dengan cara memberikan hadiah.

Terus, gimana cara ngatasinnya? Nanti ribut, dong? Nggak, yang penting jaga komunikasi biar bisa saling mengerti, guys.

 

Love Language Test 

Sebelum ribut sama si doi gara-gara dianggap nggak peka, better cari tau dulu deh, apa, sih, jenis love language kalian?

Caranya? Easy, ada yang namanya love language test buat cek jenis bahasa cinta yang dimiliki seseorang. Berikut contoh love language test Indonesia:

1. Apa yang membuatmu merasa diperhatikan oleh pasangan? Apakah saat dia memberikan pujian, mengajak ketemu, memberi hadiah, memasak makanan untukmu, atau mengenggam tanganmu dengan erat?

2. Saat bersantai dengan pasangan, apa hal yang ingin kamu lakukan? Nonton film, ngobrol-ngobrol, jalan-jalan, atau melakukan kegiatan lainnya?

3. Apa yang sering kamu lakukan untuk membahagiakan pasanganmu? Apakah menunjukkan support penuh, mengajak berbicara, membantu mengerjakan sesuatu, memberikan hadiah, atau melakukan tindakan romantis seperti merencanakan liburan bersama?

4. Bagaimana cara kamu mengungkapkan cinta pada pasangan? Lebih suka dengan say “I Love You,” membelikan barang impiannya, menghabiskan waktu bersama, melakukan sesuatu untuk dia, atau memberikan sentuhan fisik?

5. Apa yang paling kamu harapkan dari pasangan kamu? Kamu ingin pasanganmu mengucapkan kata-kata positif tentangmu, membelai rambutmu, mengajakmu untuk menonton konser, membantumu menyelesaikan tugas, atau menawarkan untuk checkout sesuatu dari marketplace?

Lima pertanyaan love language test di atas dapat membantumu untuk menemukan bahasa cinta. Yuk, segera coba!

 

Tips untuk Mengekpresikan Love Language Words of Affirmation

Sesuai judulnya, artikel ini akan lebih banyak membahas tentang contoh bahasa cinta dari words of affirmation. Tujuannya supaya kamu lebih banyak belajar kosakata dan juga pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris.

Nah, sebelum masuk ke contoh, lihat dulu tips for using words of affirmation as a love language di bawah ini!

 

love language words of affirmation

1. Be authentic

Sejatinya, dalam menyampaikan perasaan harus datang dari hati. If you making it up, hanya basa-basi tanpa benar-benar menyatakan isi hati, lawan bicaramu pasti tau, lo. Akhirnya, tujuanmu untuk menyenangkan orang tersayang malah gagal, deh.

2. Be empathetic

Words of affirmation sebetulnya bukan sekadar menyampaikan ungkapan kasih sayang. Tapi juga memberi tahu bahwa pasangan atau lawan bicara bahwa kamu memahami apa yang sedang mereka alami.

Misalnya, mereka tengah mengalami masalah yang sulit. Bayangkan bagaimana berada di posisi mereka, lalu utarakan apa yang dirasa ketika memikirkan hal tersebut. Misalnya seperti, “It must be so hard for you. I’m sorry to hear that. If I were in your shoes, I would’ve been struggling like you are now.

3. Show appreciation

Menyatakan perasaan kasih sayang nggak cuma dalam kata-kata, “I love you,” guys. Ada banyak cara lain yang bisa kamu gunakan, salah satunya dengan memberikan apresiasi.

Misalnya mereka memasak makanan, kita dapat berkata, “It smells good. I bet it’s delicious.” Atau mereka telah bekerja keras, “I love seeing you working hard.

4. Say, “I love you” a lot

Mungkin ucapan, “I love you” terdengar klise. Tapi jika pasanganmu menyukai words of affirmation, ucapan ini tidak akan membosankan untuknya. Jadi, seringlah mengucapkan “I love you” kepada pasanganmu.

5. Mail your partner a letter

Some people say, they can speak clearer in a letter. Apakah kamu termasuk seorang yang seperti itu? Jika iya, mungkin kamu lebih nyaman ketika menyampaikan sesuatu secara tertulis.

Mungkin dengan begitu, kamu bisa mengungkapkan sesuatu dengan lebih “terbuka” sehingga pasangan bisa semakin terkesan.

6. Post a note

Menyatakan love language nggak harus selalu berupa hal yang besar untuk menjadikannya bermakna. Terkadang, hal-hal sederhana seperti menulis pesan singkat di sticky notes dan menempelkannya di meja, kulkas, atau botol minum untuk pasanganmu bisa menyenangkan hatinya.

This little things is not only cute, but also thoughtful. Pernah kayak gitu, nggak?

7. Compliment your partner in front of people

Nggak hanya di depan pasanganmu aja, tetapi di depan orang lain juga kamu bisa memujinya. Hal ini bisa menunjukkan kepada pasanganmu bahwa ia penting meskipun sedang berada di tengah publik.

8. Point out their strengths

Terkadang pasanganmu sedang tidak baik-baik saja dan merasa insecure dengan dirinya. Entah itu ia merasa tidak kompeten dalam pekerjaannya, tidak merasa pintar, dan lain-lain.

Ketika sedang demikian, salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan kasih sayang adalah dengan menunjukkan bahwa ia tidak harus merasa insecure, karena mereka memiliki kelebihan yang sudah kamu sadari.

9. Be supportive

When your partner is feeling down, adalah sesuatu yang baik kalau kamu memberi support kepadanya. Tentu kamu nggak perlu memberi solusi atas permasalahan yang sedang dia hadapi.

Cukup dengan menyimak curhatannya, beri afirmasi bahwa apapun yang dirasakannya valid. Contohnya seperti, “I’m sorry to hear that. You must be upset to have to deal with it.

Baca Juga : Ucapan Selamat Malam dan 220 Ucapan Selamat Lainnya dalam Bahasa Inggris

 

Hal yang Harus Dihindari Ketika Menggunakan Words of Affirmation

Selain tips-tips di atas, kamu juga perlu menghindari beberapa hal ini ketika menggunakan words of affirmation:

 

love language words of affirmation

Dalam words of affirmation, kamu harus mengetahui batasan. Kalau nggak, kamu bisa saja melukai perasaan pasanganmu dengan kata-kata, kritik yang berlebihan, atau bercanda di luar batas.

Kemudian, jangan gunakan hal ini untuk memanipulasi pasanganmu. Misalnya pasanganmu membuat kesalahan, dan sebagai hukuman kamu nggak memberikan apresiasi, dukungan, atau kata-kata afirmasi lainnya yang sering kamu sampaikan. Hal ini akan membuat perkataanmu nggak serius, dan perasaanmu nggak tulus.

Ingat, ketika menyampaikan words of affirmation as a love language, kamu harus bersungguh-sungguh untuk menyampaikannya dari lubuk hati, okay?

 

20 Contoh Love Language Words of Affirmation dalam Bahasa Inggris

Kalau kamu punya love language words of affirmation, coba untuk sesekali berikan kata-kata baik pada orang orang tersayangmu. Begini contohnya:

Contoh Words of Affirmation untuk Orang Tua

Kalau kamu malu untuk menyampaikannya, bisa tulis saja di kartu ucapan atau di sticky notes seperti tips yang sudah kita bahas di atas. Ini contoh kata-katanya:

  • I am grateful for all the sacrifices you made to provide for our family.
  • I appreciate the love, guidance and support you have given me through my life.
  • You have always been my role models and I have learnt so much from you.
  • Your presence in my life has been a constant source of love, strength and inspiration.
  • I admire your hard work and dedication to our family.

 

Contoh Kata-kata Cinta untuk Pasangan

Memberikan ucapan-ucapan baik dan tulus pada pasangan dapat membuat hubunganmu semakin terawat, lo. Kalau bingung ingin menyampaikan kata-kata seperti apa, coba lihat contoh berikut ini:

  • I am so grateful for the love we share and the life we’ve built together.
  • You make me feel safe, secure and loved.
  • You are my rock, my companion and my best friend.
  • Together, we can achieve anything we set our minds to.
  • I cherish the love and connection we share.

 

Contoh Ungkapan Kasih Sayang untuk Sahabat

Jangan hanya jadi sekadar teman curhat, kamu juga perlu sesekali mengungkapkan rasa sayangmu pada dia yang dianggap sebagai sahabat. Contohnya seperti ini:

  • I value the trust and honesty in our friendship.
  • You are my confidant, supporter and friend, I couldn’t ask for more.
  • I am so lucky to have you in my life, you are a true friend.
  • You bring light to my life and make everything more fun.
  • You make me a better person, thank you for being in my life.

 

Contoh Ekspresi Words of Affirmation untuk Saudara (Kakak/Adik)

Selain orang tua, kakak atau adik umumnya merupakan support system yang datang dari keluarga. Sudah pernah coba untuk ucapkan rasa sayang atau terima kasih pada mereka belum?

  • I am thankful for the laughter and joy we bring to each other’s lives.
  • I cherish the bond we share, and the memories we have created together.
  • Even though we may have our differences, I know that I can always count on you to have my back.
  • Thank you for being a constant presence in my life.
  • I appreciate the bond that we share as siblings.

Baca Juga : 215 Kata-kata Motivasi dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Well done! Ingat, sebuah relationship dapat bertahan lama kalau orang-orang di dalamnya bisa saling menghargai satu sama lain. Oleh karena itu, cobalah untuk memahami bahasa cinta (love language) dari orang-orang yang kamu sayang dan menyayangimu.

Oh ya, seperti hubungan, skill bahasa Inggris juga harus dirawat dan ditingkatkan! Sudah 2023, nggak mungkin dong, stuck di situ-situ aja.

Yuk, ajak orang-orang terdekatmu untuk belajar bahasa Inggris bareng di English Academy. Soalnya, di English Academy nggak cuma belajar soal teori, tapi akan ada praktik di setaip pertemuannya.

Belajarnya juga bareng guru lokal dan internasional pakai kutikulum internasional Cambridge. Kalau belum yakin, bisa coba konsultasi gratis dulu, kok. Klik gambar di bawah, sekarang!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

Referensi:

Gordon, Sherri. 2021. (online at) https://www.verywellmind.com/words-of-affirmation-4783539 [accessed 18 July 2022]

Nguyen, Juli. 2020. (online at) https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-use-words-of-affirmation [accessed 18 July 2022]

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!