Love language: Words of Affirmation dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

love language words of affirmation

Terdapat berbagai cara untuk mengungkapkan love language melalui words of affirmation, lho. Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini.

- -

Akhir-akhir ini kamu sering mendengar frasa love language atau dalam bahasa Indonesia, bahasa cinta. Love language sebenarnya bukan seperti love itu cinta, like artinya suka, dan sebagainya. Tapi love language adalah cara mengungkapkan perasaan kasih sayang baik kepada pasangan, keluarga, atau sahabat. Love language sendiri terbagi menjadi lima, yaitu physical touch, act of service, quality time, giving gifts, dan words of affirmation.

Yang menarik, kalau kamu bisa lho meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu melalui words of affirmation. Soalnya, untuk bisa menguasai bahasa Inggris, kamu harus terus mengaplikasikannya. Baik itu dari nonton film, menyimak podcast, menulis teks atau melakukan percakapan. Nah, words of affirmation, bisa kamu gunakan ketika berbicara dalam bahasa Inggris. 

Tapi, kamu mesti tahu, kalau dalam mengungkapkan bahasa cinta melalui words of affirmation ini ada tips dan beberapa hal yang harus kamu hindari, lho. Kira-kira apa aja ya?

 

Tips For Using Words of Affirmation

 

Berikut adalah tips for using words of affirmation as a love language yang bisa ngebantu kamu:

love language words of affirmation

 

1. Be authentic

Sejatinya, dalam menyampaikan perasaan harus datang dari hati. If you making it up, hanya basa-basi saja, tanpa benar-benar menyatakan isi hati kamu, lawan bicara kamu akan tahu. Akhirnya, tujuan awal kamu untuk menyatakan perasaan lewat kata-kata gagal.

 

2. Be empathetic

Words of affirmation sebetulnya bukan sekadar menyampaikan ungkapan kasih sayang saja. Tapi juga termasuk memberi tahu bahwa pasangan atau lawan bicara bahwa kamu memahami apa yang sedang mereka alami. Misalnya, mereka tengah mengalami masalah yang sulit. Bayangkan bagaimana berada di posisi mereka, lalu utarakan apa yang dirasa ketika memikirkan hal tersebut. Misalnya seperti, “It must be so hard for you. I’m sorry to hear that. If I were in your shoes, I would’ve been struggling like you are now.

 

3. Show appreciation

Menyatakan perasaan kasih sayang nggak cuma dalam kata-kata, “I love you” aja lho. Ada banyak cara mengatakannya, terlebih atas apa yang pasangan atau orang lain lakukan, dengan memberikan apresiasi. Misalnya mereka memasak makanan, kita dapat berkata, “It smells good. I bet it’s delicious.” Atau mereka telah bekerja keras, “I love seeing you working hard.

 

4. Say, “I love you” a lot

Mungkin ucapan, “I love you” terdengar klise. Tapi jika pasanganmu menyukai words of affirmation, ucapan ini tidak akan membosankan untuknya. Jadi, seringlah mengucapkan “I love you” kepada pasanganmu.

 

5. Mail your partner a letter

Some people say, they can speak clearer in a letter. Apakah kamu termasuk seorang yang sama? Mungkin kamu lebih nyaman ketika menulis karena kata-kata tertulis bisa lebih menyentuh dibandingkan bahasa lisan. Kamu bisa lho nulis surat untuk pasanganmu juga untuk menyatakan perasaanmu. Mungkin dengan begitu, pasanganmu bisa lebih tersentuh.

Penting buat kamu untuk mengetahui sejauh mana pengetahuanmu di bahasa Inggris. Untuk itu, kamu bisa lho ikut placement test dari English Academy. Gratis dan dapat sertifikat!

New call-to-action

 

6. Post a note

Menyatakan love language nggak harus selalu berupa hal yang besar untuk menjadikannya bermakna. Terkadang, hal-hal sederhana seperti menulis pesan singkat di sticky notes dan menempelkannya di meja, kulkas, atau botol minum untuk pasanganmu bisa menyenangkan hatinya. This little things is not only cute, but also thoughtful.

 

7. Compliment your partner in front of people

Nggak hanya di depan pasanganmu aja, tetapi di depan orang lain juga kamu bisa memujinya. Hal ini bisa menunjukkan kepada pasanganmu bahwa ia penting meskipun sedang berada di publik.

 

8. Point out their strengths

Terkadang pasanganmu sedang tidak baik-baik saja dan merasa insecure dengan dirinya. Entah itu ia merasa tidak kompeten dalam pekerjaannya, tidak merasa pintar, dan lain-lain. Ketika sedang demikian, salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan kasih sayang adalah dengan menunjukkan bahwa ia tidak harus merasa insecure, karena mereka memiliki kelebihan yang sudah kamu sadari.

 

9. Be supportive

When your partner is feeling down, adalah sesuatu yang baik kalau kamu memberi support kepadanya. Tentu kamu nggak perlu memberi solusi atas permasalahan yang sedang dia hadapi. Cukup dengan menyimak curhatannya, beri afirmasi bahwa apapun yang dirasakannya valid. Contohnya seperti, “I’m sorry to hear that. You must be upset to have to deal with it.

 

What to Avoid When Using Words of Affirmation

Selain tips-tips di atas, kamu juga perlu menghindari beberapa hal ini ketika menggunakan words of affirmation

love language words of affirmation

Nah, sebenarnya dalam menyebutkan kalimat afirmasi kita tidak perlu membutuhkan quotes dari orang terkenal. Karena itu akan membuat kita tidak mengatakannya dari hati. Melainkan melalui kata-kata yang dibuat oleh orang lain. Selain itu, kamu harus mengetahui batasan. Kalau nggak, kamu bisa saja melukai perasaan pasanganmu dengan kata-kata, kritik yang berlebihan, atau bercanda di luar batas.

Kemudian, mengetahui bahwa kamu menyukai memberi words of affirmation, jangan gunakan hal ini untuk memanipulasi pasanganmu. Misalnya pasanganmu membuat kesalahan, dan sebagai hukuman kamu nggak memberikan apresiasi, dukungan, atau kata-kata afirmasi lainnya yang sering kamu sampaikan. Hal ini akan membuat perkataanmu nggak serius, dan perasaanmu nggak tulus.

Yang pasti, ketika menyampaikan words of affirmation as a love language, kamu harus bersungguh-sungguh, menyampaikannya dari lubuk hatimu, dan tidak melupakan cara-cara penyampaian yang sederhana.

Kalau kamu masih penasaran sama cara menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan, kamu bisa lho gabung sama English Academy. Kamu bisa latihan ngobrol langsung dalam bahasa Inggris dengan Master Teacher yang merupakan seorang native speaker. Nggak cuma itu, kamu bakal belajar dengan kurikulum Cambridge. Ayo gabung sekarang juga!

New call-to-action

Referensi:

Gordon, Sherri. 2021. (online at) https://www.verywellmind.com/words-of-affirmation-4783539 [accessed 18 July 2022]

Nguyen, Juli. 2020. (online at) https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-use-words-of-affirmation [accessed 18 July 2022]

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.