11 Kosa Kata Bahasa Inggris untuk Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui

Clara Pricilla Adiputra Nov 21, 2021 • 8 min read


EA -  1 Kosa Kata untuk Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui-01-1

Artikel ini akan membahas tentang 11 kosa kata bahasa Inggris untuk tes TOEIC.

--

Sebelumnya, Anda mungkin sudah pernah membaca artikel yang membahas tentang Tips Sukses Menguasai TOEIC Listening Section. Tetapi, satu hal yang perlu Anda ketahui, kosakata dalam tes TOEIC bisa menjadi tantangan terbesar Anda dalam upaya menguasainya. Sama sekali tidak mudah, pembuat tes TOEIC memang ingin menguji pemahaman Anda tentang berbagai kosakata bahasa Inggris yang bermanfaat di dunia kerja. 

Untungnya, artikel ini hadir untuk memperkenalkan Anda pada 11 kosa kata bahasa Inggris untuk tes TOEIC yang perlu Anda ketahui. You don’t want to enter the examination room without feeling prepared, right? Simak pemaparan di bawah ini sampai habis, ya!

 

1. Apprentice

Kosa kata apprentice digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang setuju untuk bekerja di bawah orang yang terampil atau skilled person dalam jangka waktu tertentu. Seringkali, mereka menerima bayaran rendah dan tidak mempermasalahkannya. Sebab tujuan utama mereka adalah belajar dari orang yang terampil itu. Sekarang, kenali contoh penggunaan kosakata apprentice dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk!

  • Most of the articles were written by apprentices.
  • He is an apprentice carpenter.

 

2. Contract

Kosa kata contract digunakan untuk mendeskripsikan suatu dokumen hukum yang berisikan pernyataan dan penjelasan tentang perjanjian formal antara dua orang atau kelompok yang berbeda. Hayo, siapa di antara Anda yang belum familiar dengan kosakata yang satu ini? Gapapa kok kalau belum, were all still learning. Mungkin, setelah melihat contoh penggunaan kosa kata contract dalam kalimat berbahasa Inggris Anda bisa semakin mengerti, loh!

  • The company could take legal action against you if you break the terms of the contract.
  • Don't sign any contract before examining its conditions carefully.

 

3. Deteriorating

Terlihat sulit untuk dipahami, kosa kata bahasa Inggris yang satu ini memiliki arti yang sangat sederhana. Kosakata deteriorating digunakan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau kondisi yang semakin memburuk. Untuk lebih memahami arti di balik kosakata deteriorating, simak contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini, ya!

  • He was taken into hospital last Monday when her condition suddenly deteriorated.
  • As the gallery’s financial outlook deteriorated, several curators resigned.

EA -  1 Kosa Kata untuk Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui-02

 

4. Fluctuation

Kosa kata fluctuation digunakan untuk mendeskripsikan perubahan atau proses perubahan. Catatannya, kosakata ini hanya digunakan untuk mendeskripsikan perubahan yang terjadi secara terus menerus antara satu hal dan yang lain. Gimana? Kebayang nggak contoh penggunaan kosa kata fluctuation dalam kalimat berbahasa Inggris? Kalau belum, simak contoh di bawah ini, yuk!

  • There are many problems that are likely to cause fluctuation in beef stocks.
  • Her mood swings could be caused by hormonal fluctuations.

 

5. Hazardous

Sama seperti kosa kata deteriorating yang terlihat sulit untuk dipahami, kosa kata bahasa Inggris yang satu ini memiliki arti yang sangat sederhana. Kosakata hazardous digunakan untuk mendeskripsikan suatu perjalanan atau pekerjaan yang berbahaya. Untuk lebih memahami arti di balik kosakata hazardous, simak contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini, ya!

  • Four sectors that should be covered are: food and agriculture, medical and healthcare, service robots, and hazardous environments.
  • Majority of studies reported significantly better results with active intervention against hazardous alcohol consumption.

Baca juga: Inilah 7 Tips Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

 

6. Inventory

Kosa kata inventory digunakan untuk mendeskripsikan daftar terperinci dari semua hal yang ada di suatu tempat. Contohnya adalah daftar terperinci dari semua hal yang ada di suatu toko. Sekarang, kenali contoh penggunaan kosakata inventory dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk!

  • Our store will be closed while we’re taking inventory (= counting and listing all the goods).
  • Businesses are increasing their spending on equipment and inventories.

EA -  1 Kosa Kata untuk Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui-07

 

7. Jeopardize

Kosa kata jeopardize digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang bisa menempatkan suatu rencana atau sistem dalam bahaya. Contohnya, melanggar kontrak bisa menempatkan karir seseorang dalam bahaya. Hayo, kebayang nggak contoh penggunaan kosakata jeopardize dalam kalimat berbahasa Inggris? Untuk Anda yang belum kebayang, simak contoh di bawah ini, ya!

  • He knew that failing his TOEIC could jeopardize his whole future.
  • In both cases, individual freedom could be jeopardized.

 

8. Leisure

Kosa kata leisure digunakan untuk mendeskripsikan saat dimana Anda tidak bekerja atau melakukan tugas lain. Contohnya, bekerja dari rumah mungkin bisa memberikan Anda lebih banyak waktu kosong untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Untuk lebih memahami arti di balik kosakata yang satu ini, simak contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini, yuk!

  • My father doesn't have much opportunity for leisure pursuits these days.
  • What do you love to do in your leisure time?

 

9. Obligation

Kosa kata obligation digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang harus atau wajib Anda lakukan. Contohnya, melakukan vaksinasi adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap karyawan yang mau kembali bekerja dari kantor. Sekarang, kenali contoh penggunaan kosakata obligation dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk!

  • Every parent has a legal obligation to (= the law says you must) ensure their child receives an education.
  • You have a legal obligation to inform the police about the accident.

EA -  1 Kosa Kata untuk Tes TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui-08

 

10. Probation

Kosa kata probation digunakan untuk mendeskripsikan jangka waktu di awal pekerjaan baru ketika Anda diawasi dan diuji untuk melihat apakah Anda cocok untuk pekerjaan itu. Indeed, performa kerja pada masa probation ini sangat menentukan keberlanjutan posisi Anda dalam perusahaan baru. Untuk lebih memahami arti di balik kosakata probation, simak contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini, ya!

  • She’s still on probation.
  • With a degree in criminology, he became a probation officer in Jakarta.

Baca juga: 11 Idiom Bahasa Inggris Paling Lucu yang Bisa Bikin Kamu Nyengir

 

11. Quotation

Kosa kata quotation berarti harga yang dikenakan oleh seseorang atau perusahaan untuk melakukan suatu pekerjaan. Contohnya, Anda akan dikenakan biaya dalam jumlah tertentu apabila Anda meminta seseorang untuk mendesain rumah Anda. Sekarang, simak contoh penggunaan kosakata quotation dalam kalimat berbahasa Inggris, yuk!

  • They have decided to go with the lowest quotation.
  • In each project, we will prepare a quotation itemising the content to be provided and the cost to the client.

Akhirnya, selesai sudah 11 kosa kata bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui untuk menguasai tes TOEIC. Pertanyaannya, apakah Anda sudah merasa puas dengan mengetahui 11 kosakata di atas? Saran saya adalah jangan mudah merasa cukup dengan apa yang telah Anda pelajari hari ini. Ingatlah bahwa untuk menjadi yang terbaik, Anda harus memiliki kemauan untuk terus mempelajari hal-hal baru.

Berbicara soal menjadi yang terbaik, Liga Ruangguru akan menyelenggarakan English Academy Champion. English Academy Champion adalah kompetisi uji kemampuan berbahasa Inggris antar sekolah. Di sana, setiap peserta akan bertanding secara individual dan grup sesuai dengan kategori yang dipilih. Jika orang terdekat Anda menyukai tantangan, Anda bisa mendorong mereka untuk mendaftarkan diri dan menjadi bagian perlombaan. Who knows? Mereka mungkin bisa menjadi pemenang total hadiah ratusan juta rupiah dan mengunjungi kampus ternama di Amerika Serikat!

Referensi:

Vocabulary. n.d. 600 Essential Words For The TOEIC. [online] Available at: https://www.vocabulary.com/lists/196080 [Accessed 19 November 2021].

Liga Ruangguru

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar