10 Kosakata Advanced dalam Bahasa Inggris untuk Tes IELTS

Clara Pricilla Adiputra Jul 6, 2021 • 6 min read


kosakata advanced untuk persiapan tes ielts

Artikel ini akan membahas 10 kosakata advanced dalam Bahasa Inggris untuk Tes IELTS. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

--

Hey, kamu tau nggak sih apa tantangan terbesar dalam mengikuti tes IELTS? Yup, kalau jawabanmu adalah kosakata dalam tes IELTS yang seringkali terlihat seperti “bahasa alien”, maka kamu benar! 

Eh, kenapa dijuluki sebagai bahasa alien, sih? Nah, ini karena penulis tes IELTS senang menantang pemahamanmu tentang berbagai kosakata advanced dalam bahasa Inggris! Ih, kok nyebelin ya pembuat tesnya, hanya memperkecil kesempatanku untuk memperoleh nilai tinggi aja, nih.

Eits, jangan panik! Artikel ini hadir untuk memperkenalkan kamu pada 10 kosakata advanced dalam bahasa Inggris hingga contoh penggunaannya. Kamu ingin membuat penulis tes IELTS geleng-geleng kepala karena pemahaman mendalam kamu tentang kosakata advanced dalam bahasa Inggris? Simak artikel di bawah ini, ya! 

 

1. Ambivalent (adjective)

Kosakata ambivalent digunakan untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana kamu merasa tidak yakin dengan apa yang kamu rasakan. Selanjutnya, kosakata ambivalent juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu keadaan dimana  kamu memiliki dua perasaan yang berlawanan pada saat yang bersamaan. Sekarang, kenali, yuk contoh penggunaan kosakata ambivalent dalam kalimat berbahasa Inggris:

  • I felt very ambivalent about leaving my grandmother alone.
  • She has fairly ambivalent feelings towards her boyfriend.

 

2. Bizzarre (adjective)

Kosakata bizarre digunakan untuk mendeskripsikan suatu kondisi atau perilaku yang sangat aneh dan tidak biasa kamu lihat. Eh, bentar, maksudnya itu kayak ketika ngeliat doi secara tiba-tiba ngambek, ya? Hm, bisa sih! Tapi, jangan lupa untuk menyimak contoh penggunaan kosakata bizzare dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • I feel stressed out when I have to deal with a bizarre situation.
  • I can feel my mother's bizarre behaviour today.

 

3. Calumny (noun)

Kosakata calumny digunakan untuk mendeskripsikan suatu tindakan yang melibatkan membuat pernyataan salah untuk merusak reputasi seseorang. Contohnya adalah pengusaha kaya dalam drama Korea yang menjaga reputasinya sendiri dengan mencoreng reputasi orang lain itu, loh. Cie, masih penasaran ya dengan contoh penggunaan kosakata calumny dalam kalimat berbahasa Inggris? Mending simak contoh di bawah ini: 

  • She was subjected to the most cruel calumny, but she never sued.
  • He is doing anything he can to fight the vicious calumny that comes from his manager.

 

4. Demeanour (noun)

Kosakata demeanour secara sederhana digunakan untuk mendeskripsikan cara pandang dan berperilaku seseorang. Tetapi, ternyata, menempatkan kosakata demeanour dalam kalimat berbahasa Inggris itu tidak sesederhana memahami definisinya, loh. Makanya, yuk, simak contoh penggunaan kosakata demeanour dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • There was nothing in her demeanour that suggested he was scared.
  • My father has the demeanour of a man who is unsatisfied with his life.

 

5. Exemplary (adjective)

Kosakata exemplary digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang sangat baik dalam bidangnya dan dijadikan panutan oleh orang lain. Contohnya adalah ketika kamu menjadikan Maudy Ayunda sebagai panutanmu dalam bidang pendidikan karena prestasinya yang cemerlang. Ingin menjadi seperti Maudy yang akrab dengan berbagai advanced vocabulary dalam bahasa Inggris? Mending kamu cermati dahulu contoh penggunaan kosakata exemplary dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini: 

  • Her exemplary diligence was soon noticed. 
  • His work ethic was exemplary, especially considering the circumstances. 

Baca juga: Hindari 10 Kesalahan Grammar ini dalam Penulisan Bahasa Inggris

 

6. Feasible (adjective)

Kosakata feasible digunakan untuk mendeskripsikan suatu hal yang mungkin untuk dibuat, diselesaikan, dan dicapai. Hm, kamu pasti punya kan mimpi yang awalnya terasa tidak mungkin untuk digapai? Misalnya seperti memperoleh nilai tinggi dalam tes IELTS, gitu? Nah, supaya mimpimu terasa semakin feasible, perhatikan contoh penggunaan kosakata feasible dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini:

  • With the extra hours of studying, getting into Harvard now seems feasible.
  • It is feasible to travel during this pandemic, but is it safe?

 

7. Gratuitous (adjective)

Kosakata gratuitous digunakan untuk mendeskripsikan suatu perkataan atau perbuatan yang dilakukan tanpa adanya alasan yang baik dan jelas. Nah, kosakata gratuitous ini awalnya pasti terlihat sulit untuk dibaca dan dipahami oleh sebagian besar orang. Tapi, jangan khawatir, di bawah ini adalah contoh penggunaan kosakata gratuitous dalam kalimat berbahasa Inggris:

  • Some performance art does contain gratuitous violence at a certain degree. 
  • A lot of viewers complained that there was too much gratuitous violence in the music video.

 

8. Impeccable (adjective)

Kosakata impeccable digunakan untuk mendeskripsikan suatu karya yang tidak memiliki kesalahan dan tidak memungkinkan untuk dikritisi. Eh, ternyata kosakata ini cukup mudah untuk dibaca dan dipahami, ya? Nah, selanjutnya, kamu hanya perlu menguasai cara menggunakan kosakata ini dalam kalimat berbahasa Inggris. Yuk, simak contohnya:

  • She has an impeccable taste in fashion. 
  • The Lion King show last year in Singapore was impeccable.

 

9. Jubilant (adjective)

Kosakata jubilant digunakan untuk mendeskripsikan perasaan yang sangat bahagia karena kesuksesan. Nah, percayalah kamu akan merasakan ini ketika memperoleh skor tinggi pada tes IELTS kamu! Sebelumnya, kamu perlu tau dulu contoh penggunaan kosakata jubilant dalam kalimat berbahasa Inggris. Penasaran? Simak contoh di bawah ini:

  • The BTS fans were jubilant over their boyband’s victory on Grammys Awards. 
  • She was jubilant over the fact that she got accepted at one of the world's finest universities.

 

10. Notorious (adjective)

Kosakata notorious digunakan untuk mendeskripsikan orang atau kejadian yang terkenal karena sesuatu yang buruk. Hm, kayak Ted Bundy kali, ya? Ia terkenal karena sejumlah pembunuhan yang dilakukannya, loh. Kalau kamu pasti mau terkenal dengan pengetahuan bahasa Inggris kamu yang impeccable, kan? Makanya, cek contoh penggunaan kosakata notorious dalam kalimat berbahasa Inggris di bawah ini: 

  • Ted Bundy is one of America’s most notorious criminals.
  • The company is notorious for their corruption case.

Akhirnya, selesai sudah 10 kosakata advanced dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui untuk menguasai tes IELTS. Bagaimana? Apakah kamu sudah merasa puas dengan mengetahui 10 kosakata diatas? Eits, jangan gampang puas, dong! To be the greatest person in the room, you have to be the one who knows more. Tapi, belajar dari siapa, ya? Keluarga dan teman-temanku saja jarang berbicara denganku dalam bahasa Inggris. Duh, alasan itu udah gak jaman. Sekarang, ada kelas English Academy yang siap memperkenalkan kamu pada kosakata advanced dalam bahasa Inggris lainnya. Trust me, you don’t want to miss the opportunity!

New call-to-action

Sumber:

Cambridge Dictionary. 2021. Cambridge Dictionary | English Dictionary, Translations & Thesaurus. [online] Available at: https://dictionary.cambridge.org [Accessed 4 July 2021].

IELTS Material. 2021. Advanced Vocabulary Word List for IELTS. [online] Available at: https://ieltsmaterial.com/advanced-vocabulary-list-for-ielts [Accessed 4 July 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar