Tips Mengerjakan IELTS Listening Section

IELTS Listening Section

 

Artikel ini membahas tentang tips dalam mengerjakan IELTS listening section. Apa aja sih tipsnya? Yuk langsung aja disimak artikel ini sampai habis, ya!

Sebelum mulai mengerjakan real test IELTS, pastinya kamu sudah sering latihan dong, yaa. Biasanya, selain latihan dengan mengerjakan soal-soal IELTS, kamu bisa juga tuh berlatih secara nonformal.

Hahh, maksudnya gimana?

Misal, untuk listening section kamu bisa mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau menonton film berbahasa Inggris, atau untuk reading section kamu bisa membaca artikel, berita, maupun jurnal dalam bahasa Inggris.

Nah tapi, gimana supaya ketika tes, latihan yang selama ini kamu jalankan berhasil, alias kamu bisa dapat band yang sesuai dengan target kamu?  Kebetulan banget, di sini kamu akan di-spill tips ketika mengerjakan IELTS, tapi yang listening section terlebih dulu, ya. 

Ada apa aja sih?

Baca Juga: IELTS: Pengertian, Jenis, & Keterampilan yang Diujikan

1. Know Yourself

Sebelum kamu membaca berbagai tips yang sudah tertera di bawah, kamu harus tahu dulu nih tips yang paling mendasar, yaitu kenali diri kamu sendiri. Maksudnya, kamu harus tahu, bagian-bagian mana dalam listening IELTS yang sudah kamu kuasai, dan bagian-bagian mana yang masih perlu kamu tingkatkan. 

Caranya bagaimana?

Caranya, kamu bisa coba latihan satu atau dua practice buat mengukur hasil dari skor yang kamu dapatkan. Kemudian, kamu periksa deh jawaban-jawaban yang salah. Setelah itu, kamu cari tahu, kenapa dan bagaimana kamu bisa salah menjawab soal itu. 

Kuncinya adalah, apapun kelemahan yang kamu miliki, jangan kamu remehkan, ya. Misal, bisa jadi jawaban kamu yang salah karena ejaan kamu yang kurang tepat, atau karena kamu tidak mengikuti instruksi yang diberikan soal. Nah, hal-hal seperti inilah yang justru perlu kamu kasih perhatian lebih, supaya ke depan kamu gak salah lagi ketika mengerjakan soal. 

 

2. Boost your Grammar and Vocabulary

Meskipun terlihat klise, tapi kamu harus ingat, bahwa IELTS merupakan tes bahasa Inggris. Dalam tes bahasa Inggris, pasti akan ada selalu ada yang namanya grammar dan vocabulary, terlepas apapun tesnya. 

Dalam konteks listening test, grammar diperlukan untuk membantu kamu dalam menentukan jawaban dari soal yang diberikan. Misalnya, apakah kata tersebut perlu ditambahkan ‘s’ atau tidak, atau apakah kata tersebut perlu dibubuhkan artikel seperti ‘the’ dan ‘an’. 

Selain itu, percakapan dalam listening IELTS belum tentu bersifat straight to the point. Bisa jadi, kamu diminta untuk menuliskan sinonim atau kata-kata yang masih berkaitan (kolokasi) sebagai jawaban. 

 

3. Biasakan untuk Mendengarkan Variasi Aksen

Hampir di seluruh section IELTS listening test, kamu akan menemukan monolog atau dialog yang diucapkan dengan berbagai macam aksen. Terkadang kamu akan mendengar pembicaraan bahasa Inggris dengan aksen India, Jepang, Afrika, bahkan Arab. 

Sebenarnya, variasi aksen ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa bahasa Inggris memang bahasa Internasional yang sangat universal. Maka dari itu, kamu juga harus membiasakan untuk mendengarkan aksen dari berbagai negara atau bangsa yang sedang menggunakan bahasa Inggris.

Jadi, untuk meningkatkan kemampuan tersebut, selain mendengarkan BBC, kamu juga bisa mendengarkan stasiun radio regional atau menonton acara TV dari berbagai negara berbahasa Inggris. 

Baca Juga: Tips Menghadapi IELTS Reading Test

 

4. Tetap Jaga Konsentrasimu

Satu kata kunci, fokus. Memang terkadang agak sulit ya. Tapi, kalau kamu tetap fokus dan berkonsentrasi selama tes berlangsung (khususnya ketika audio untuk listening sedang diputar), peluang kamu untuk dapat band tinggi menjadi lebih besar, lho!

Cara agar konsentrasi tetap terjaga gimana? Kamu cukup sering-sering latihan mengerjakan soal-soal listening IELTS. Tapi ketika kamu lagi latihan, posisikan seolah-olah kamu lagi tes. Nah, dari situ akan ketawan prakiraan band score ketika kamu real test nanti. 

 

5. Ikuti Instruksi dengan Cermat

Membaca instruksi memang terlihat simpel, tapi penting lho guys! Biasanya, instruksi ini menyangkut batasan kata. Ingat aja, kalau instruksinya ‘No more than three words’ berarti kamu hanya boleh menulis maksimal tiga kata. Kalau lebih dari itu, jawaban kamu auto salah. 

Oiya, kamu bisa menganalisis instruksi yang tertera di soal 30 detik sebelum audio dimulai. Kamu bisa menggaris bawahi kata kunci dalam instruksi tersebut supaya terlihat highlight-nya. 

 

6. Biasakan Mengenal Berbagai Jenis Pertanyaan

Kalau kamu belum tahu dalam listening IELTS ada jenis pertanyaan apa aja, kamu boleh simak artikel ini dulu ya:

Baca Juga: 4 Keterampilan Berbahasa Inggris dalam IELTS

Nah, kalau kamu sudah familiar dengan berbagai jenis pertanyaan yang diujikan dalam listening test IELTS, kamu akan sangat terbantu dan akan memudahkan kamu ketika mengerjakan soal-soal tersebut. 

 

7. You Only Listen Once (YOLO!)

Di awal ketika kamu baru berkenalan dengan listening IELTS, biasanya kamu ataupun instruktur memperbolehkan kamu untuk mendengarkan audio rekaman dua sampai tiga kali (bahkan lebih). Tapi, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk hanya mendengarkan rekaman tersebut satu kali.  

Sebab, dalam real test, audio rekaman hanya diputar sekali. Tentu saja, kamu akan lebih siap jika sejak latihan kamu sudah terbiasa mendengarkan  audio rekaman hanya satu kali saja. 

 

8. Check it Twice

Last but not least, tips yang bisa kamu lakukan ketika melaksanakan IELTS listening test adalah, cek kembali jawaban yang sudah kamu tulis! Lagi-lagi, hal ini terlihat sepele, tapi kalau kamu ke-skip satu atau dua soal yang sebenarnya kamu yakin sama jawabannya tapi salah, wahh, sayang banget! Karena hal itu bisa berpengaruh ke band score kamu, lho!

Kesalahan kecil tapi fatal karena bisa ngurangin band score kamu contohnya kayak gini nih:

IELTS Listening Section Tips

Well, this is not the end of the test, but this is the best tips that I can give to you. Semoga kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dari usaha maksimal yang sudah kamu keluarkan untuk mengerjakan tes ini, ya!

Oiya, sekarang English Academy udah ada kelas khusus IELTS, lho! Buat kamu yang butuh pacar preparation IELTS lebih matang, boleh banget untuk langsung join di kelas ini, ya! Kamu bakal ditemani instruktur yang sudah expert dalam per-IELTS-an yang bisa bikin band score IELTS kamu naik. So, see you in the class! 

English Academy IELTS

 

Referensi:

IELTS Advantage. 2018. How to Get a Band 8 in IELTS Listening. [online] Available at: https://www.ieltsadvantage.com/ielts-listening-2/  [Accessed 24 October 2023].

IELTS IDP. 8 Ways to Improve your IELTS Listening Score. [online] Available at: https://ielts.idp.com/canada/prepare/article-8-ways-to-improve-your-ielts-listening-score [Accessed 25 October 2023].

IELTS Ninja. 2021. 8 Amazing Listening Tips for IELTS that will Get You a Band 9: Here’s The Secret!. [online] Available at: https://ieltsninja.com/content/ielts-listening-tips-for-band-9/#:~:text=Practice%20with%20Timed%20Tests,your%20initial%20score%20is%20decent. [Accessed 25 October 2021].

IELTS Podcast. How to Score Band 9 in IELTS Listening. [online] Available at: https://www.ieltspodcast.com/listening/band-9-in-ielts-listening/  [Accessed 25 October 2023].

Laras Sekar Seruni

Content Writer and Content Performance at English Academy. Writing is my cup of tea. I hope you enjoy and may learn a new thing! ^^