IELTS Scoring System dan Band Scores pada IELTS

IELTS Scoring System

Apa yang dimaksud dengan IELTS scoring system? Apakah sama dengan band scores pada IELTS?

Bagi kamu yang sudah mempelajari tentang IELTS, mungkin tidak asing dengan istilah band scores. Sebenarnya, band scores bisa dibilang sama dengan skor atau nilai pada IELTS. 

Lalu, apakah IELTS scoring system sama dengan band scores pada IELTS?

 

IELTS Scoring System

Sebenarnya, band scores pada IELTS memang mengacu pada scoring system atau sistem penilaian yang digunakan oleh IELTS. Jadi memang kedua hal ini berkaitan satu sama lain.

Nah, dalam IELTS, band scores menggunakan skala 0-9. Empat bagian tes (listening, reading, writing, dan speaking) yang diujikan dalam IELTS memiliki nilai masing-masing. Kemudian, keempat nilai tersebut akan dibagi rata-rata, sehingga keluar deh overall score IELTS kamu. 

Selain itu, dalam IELTS juga ada yang disebut CEFR atau The Common European Framework of References of Languages. CEFR ini mengacu pada overall band score yang kamu miliki dan dapat mengidentifikasi tingkatan bahasa Inggris yang kamu kuasai. 

Nilai CEFR kamu dapat ditemukan di sertifikat IELTS, ya. Biasanya, CEFR ini digunakan oleh mayoritas universitas di luar negeri. Terus, cara mengklasifikasikan CEFR kayak gimana sih?

CEFR IELTS

 

Setelah kamu tahu klasifikasi dari masing-masing CEFR, sekarang kamu cari tahu juga yuk arti atau deskripsi dari masing-masing band IELTS! 

 

Deskripsi Band IELTS

Berikut deskripsi band atau skor IELTS yang perlu kamu ketahui.

IELTS band scoresIELTS Band Score 4-7IELTS band score descriptionIELTS Band Score

Selain deskripsi band, kamu juga perlu tahu lho, kira-kira batasan atau kriteria apa sih yang diperlukan untuk mencapai band tertentu dalam tes IELTS?

Pada keterampilan listening dan reading, band ditentukan oleh jumlah jawaban benar pada soal yang diberikan. Sementara, untuk keterampilan writing dan speaking, terdapat beberapa kriteria tertentu yang dinilai secara objektif oleh examiner.

Berikut merupakan rincian band dan kriteria penilaian dari setiap keterampilan yang diujikan IELTS.

 

Listening Band Score

Listening IELTS band scores

 

Reading Band Score

Reading IELTS band scores

 

Writing Band Score

Pada keterampilan writing, kriteria yang dinilai oleh examiner atau penguji antara lain: 

  • Task achievement (for Task 1) and task response (for Task 2)
  • Coherence and cohesion
  • Lexical resource
  • Grammatical range and accuracy.

Keempat kriteria tersebut memiliki beberapa komponen yang harus dipenuhi agar mencapai band score tertentu. 

 

Speaking Band Score

Mirip seperti writing test, speaking test juga memiliki beberapa kriteria dalam penilaian, yaitu:

  • Fluency and coherence
  • Lexical resource
  • Grammatical range and accuracy
  • Pronunciation.

Baca Juga: 4 Keterampilan Berbahasa Inggris  dalam IELTS

Gimana, kamu udah makin kebayang yaa tentang sistem penilaian pada IELTS? Semoga setelah ini kamu makin semangat mengejar target skor yang kamu butuhkan.

Tapi, kalau kamu masih butuh persiapan lebih dalam, boleh lho ikutan program IELTS yang disediakan oleh English Academy! Di program ini kamu akan diampu oleh pengajar berpengalaman dan memiliki kredibilitas tinggi dalam IELTS. Yuk, daftar sekarang!

 

IELTS English Academy

Sumber referensi:

Band Descriptors [daring]. Tautan: https://tw.ieltsasia.org/en/BritishCouncil-Band-Descriptors (Diakses: 12 Oktober 2023)

Speaking Band Descriptors [daring]. Tautan: https://s3.eu-west-2.amazonaws.com/ielts-web-static/production/speaking-band-descriptors.pdf (Diakses: 12 Oktober 2023)

Saatnya Upgrade Pengetahuan Kamu Tentang IELTS Band Score [daring]. Tautan: https://lister.co.id/blog/saatnya-upgrade-pengetahuan-kamu-tentang-ielts-band-score/ (Diakses: 12 Oktober 2023)

Writing Band Descriptors [daring]. Tautan: https://s3.eu-west-2.amazonaws.com/ielts-web-static/production/Guides/IELTS-Writing-Band-Descriptors-May-2023.pdf (Diakses: 12 Oktober 2023)

Laras Sekar Seruni

Content Writer and Content Performance at English Academy. Writing is my cup of tea. I hope you enjoy and may learn a new thing! ^^