10 Tips Meningkatkan Kemampuan Pronunciation dalam Bahasa Inggris

pronunciation bahasa inggris

Minder ngomong bahasa Inggris karena pronunciation-mu kurang bagus? Yuk, simak tips-tips dari English Academy biar pelafalan English-mu semakin keren!

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para beginner adalah pelafalan bahasa Inggris alias pronunciation yang kurang baik.

Hmm, mungkin kamu adalah salah satu orang yang masih merasa kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris karena takut salah dan dikoreksi orang lain gara-gara pronunciation-nya keliru.

Terlebih, ada beberapa kosakata bahasa Indonesia yang penulisannya sama persis dengan bahasa Inggris, tapi makna dan pengucapannya tentu saja berbeda. 

Misalnya seperti kata “air” di bahasa Indonesia yang berarti cairan, dan kata “air” di bahasa Inggris yang artinya udara. Penulisannya sama, tapi makna dan cara melafalkannya beda jauh, kan? 

So, ayo kenali lebih jauh tentang pronunciation bahasa Inggris dan tips untuk meningkatkannya melalui artikel berikut ini!

 

Mengenal Pronunciation dalam Bahasa Inggris

Pronunciation adalah aksi atau hasil dari bunyi ucapan, termasuk artikulasi, penekanan, intonasi, dan biasanya berhubungan dengan kebenaran standar bahasa Inggris itu sendiri.

Terkadang, pronunciation juga berhubungan dengan berbagai macam aksen bahasa Inggris. Misalnya pengucapan “water” di aksen Amerika dengan aksen UK berbeda.

Tapi, sebetulnya kamu nggak wajib untuk mengikuti aksen tertentu. Karena yang penting adalah pengucapanmu jelas agar pesan yang  diucapkan bisa tersampaikan dengan baik kepada lawan bicaramu.

Sebetulnya kamu nggak perlu malu kalau salah dalam mengucapkan beberapa kata bahasa Inggris, karena wajar aja hal itu dilakukan oleh pembelajar bahasa asing.

Tapi memang, pada akhirnya kamu harus bisa mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan baik dan benar supaya proses komunikasi bisa jadi lebih efektif.

 

Sebentar, ada kabar baik, nih! Bingung kemampuan bahasa Inggris-mu saat ini ada di level mana? Coba cek lewat Placement Test Gratis dan bersertifikat dari English Academy, yuk! Nanti kamu bisa Konsultasi Gratis juga buat tau aspek English apa yang masih harus ditingkatkan. Klik gambar di bawah ya!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Tips Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Bahasa Inggris

Kamu bisa melatih kemampuan pronunciation-mu dengan melakukan tips-tips berikut:

 

tips meningkatkan pronunciation bahasa inggris

 

1. Tongue twisters exercises

Bagi pelajar bahasa Inggris pemula, tongue twisters pasti akan terasa rumit karena mengharuskan seseorang untuk mengucapkan kata-kata yang terdengar mirip.

Tapi hal ini akan membantu kamu untuk melafalkan bunyi huruf tertentu. Ada beragam tongue twisters yang bisa kamu baca-baca untuk melatih kemampuan pronunciation-mu.

Baca Juga: 25 Tongue Twister Fun Untuk Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

 2. Consonant and vowel exercise

Bunyi huruf vokal dan konsonan pada bahasa Inggris tentunya berbeda dengan pada bahasa Indonesia. Akan terasa sulit dalam awal-awal masa pembelajaran bahasa Inggris, karena kamu sudah terbiasa dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia.

Tapi dengan latihan bunyi-bunyi huruf dalam bahasa Inggris, otot lidahmu lama-lama akan terbiasa.

Baca Juga: Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Kenali Cara Spelling & Tipsnya, Yuk!

 

3. Commonly mispronounced exercise

Tahu nggak, kalau kesalahan pengucapan bahkan bisa dilakukan oleh seorang native speaker juga! Ada kasusnya menuliskan atau menyebutkan kata anyway dengan menambahkan bunyi huruf –s di akhirnya.

Atau ada juga yang sulit membedakan bunyi dari pengucapan kata accept dengan except. Latihan kata-kata yang sering salah diucapkan bisa membantumu untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan pronunciation.  Contohnya bisa kamu lihat di artikel 61 Kata Bahasa Inggris yang Sering Salah Ucap (Common Mispronounced Words)

4. Homograph exercise

Homograf adalah kata-kata yang penulisannya sama tapi memiliki makna yang berbeda dan terkadang memiliki pengucapan yang berbeda juga.

Misalnya seperti kata “bow” memiliki makna menunduk kepada kerajaan jika pengucapannya diberi tekanan pada bunyi “ow”, dan kamu bisa menggunakan kata “bow” yang berarti busur dalam memanah jika tekanannya berbunyi “oh”.

Nah, homograf ini adalah salah satu dari kelompok kata homonim (kata yang memiliki bunyi atau tulisan yang sama tapi berbeda makna). Selain homograf, terdapat kelompok kata yang disebut sebagai homofon.

Berbeda dengan homograf, homofon adalah kelompok kata yang bunyi katanya sama, tapi berbeda makna. Misalnya seperti kata “two”, “to” dan “too”. Masing-masing kata tersebut memiliki tulisan dan makna yang berbeda, tetapi pengucapannya tetap sama.

5. Similar words pronunciation exercise

Dalam bahasa Inggris terdapat banyak sekali homofon, kelompok kata yang memiliki bunyi yang sama atau serupa, tapi berbeda makna. Hal ini tentunya dapat membuat pelajar bahasa Inggris yang pemula kesulitan membedakan kata-kata yang ingin disampaikannya.

Misalnya seperti kata “there” yang pengucapannya mirip dengan kata “their” dan “they’re”. Dengan latihan yang cukup, kamu akan semakin terbiasa dengan kelompok kata homofon.

6. Read out loud and record

Jika kamu membaca dengan lantang dan merekamnya, coba untuk dengar rekamanmu dan membandingkan pengucapan kata-kata bahasa Inggris dengan yang diucapkan oleh native speaker.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui pengucapan mana yang sudah mirip dengan native speaker, dan pengucapan mana yang masih berbeda. Bahkan dengan latihan ini, kamu juga bisa memperdalam pengetahuan tentang grammar.

7. Watch movies and TV shows in English

Film dan acara televisi dalam bahasa Inggris akan memberikanmu berbagai macam contoh orang yang berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu bisa melatih kemampuan pronunciation-mu dengan menyimak dan meniru cara orang-orang di televisi berbicara.

Tapi yang perlu kamu ingat, karena acara televisi dan film beragam, kamu bisa jadi menemukan orang yang berbicara menggunakan aksen New York, aksen selatan, aksen UK, aksen Australia dan lain-lain.

Kamu bisa mencoba untuk menyesuaikan pengucapanmu sesuai dengan acara televisi yang kamu tonton, sehingga nantinya kamu punya beragam aksen bahasa Inggris yang bisa kamu ucapkan.

8. Sing songs in English

Musik adalah bahasa universal. Jadi selain latihan-latihan di atas, dengan musik kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Karena dalam lagu-lagu, akan terdapat kata-kata yang berima, kata-kata yang pronunciation-nya mirip tapi berbeda, dan lain-lain. Dengan mendengarkan lagu, kamu bisa meningkatkan kemampuan pronunciation-mu.

9. Practice with native

Kamu bisa mencari native speaker di internet yang dapat membantumu mengasah kemampuan pronunctiation. Mintalah kenalanmu untuk melakukan shadow speaking, atau membuat mereka membacakan atau mengucapkan sesuatu, kemudian kamu mengulang kata-kata yang diucapkannya.

Kamu juga bisa menanyakan terkait pengucapan kata bahasa Inggris yang bisa jadi belum kamu ketahui, dan kamu juga bisa menanyakan tentang progress-mu berlatih pronunciation.

10. Speak slowly

Last but not least, berbicaralah perlahan-lahan. Tentu sebagai pelajar bahasa Inggris kamu ingin bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Namun sebagai pemula kamu bisa jadi masih belum terbiasa dan mengalami kesulitan.

Oleh karena itu, mulailah dengan perlahan. Perdalam pengetahuanmu melalui latihan-latihan yang sudah kamu ketahui sebelumnya. Lambat laun, kamu akan terbiasa mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan pada akhirnya kemampuan berbicaramu akan lancar.

 

Nah itulah hal-hal yang dapat membantumu meningkatkan kemampuan English pronunciation. Yang paling penting adalah kamu banyak latihan serta mulai dengan perlahan.

Kalau kamu membuat kesalahan, kamu tidak perlu merasa malu, karena sebagai pembelajar, membuat kesalahan adalah sesuatu yang normal.

Ketika sudah membuat kesalahan, kamu cukup mencari tahu jawaban yang benar, salah satu caranya dengan bertanya langsung kepada native speaker di English Academy. Di sana, kamu bisa belajar secara interaktif bersama guru internasional yang sudah tersertifikasi. Coba dulu Kelas Gratis-nya, yuk!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

Referensi:

Wilhelmi, Jack. 2022. Preply. (online at) https://preply.com/en/blog/english-pronunciation-practice/ [accessed 30 January 2023]

Dictionary.com. ND. (online at) https://www.dictionary.com/browse/pronunciation [accessed 30 January 2023]

EnglishClub. ND. (online at) https://www.englishclub.com/pronunciation/ [accessed 30 January 2023]

 

Muhammad Azka Rais