25 Tongue Twister Fun Untuk Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

tongue twister english

Pernah dengar tongue twisters? Kira-kira ada berapa banyak yang bisa kamu ucapkan dengan lancar? Yuk coba baca di artikel ini!

--

Banyak di antara kita pernah mengalami salah pengucapan ketika berbicara. Baik itu ketika berbicara santai dalam melakukan percakapan sehari-hari dengan teman dan keluarga, atau juga ketika berbicara di depan umum. Dalam bahasa Inggris, ini disebut dengan tongue twister.

Contoh tongue twister adalah, “Aku mau angkang jemurang,” padahal mungkin kita berniat untuk berkata, “Aku mau angkat jemuran.”

Nah, salah satu penyebab kesalahan pengucapan ini adalah lidah yang terselip. Menariknya, kita sudah mengetahui bahasa ibu kita, bagaimana cara pengucapan yang baik dan benar, tapi sewaktu-waktu masih bisa membuat kesalahan pengucapan. Kamu sering gini juga nggak?

As we know, tongue twister juga kerap terjadi dalam bahasa Inggris. Jadi, apa itu tongue twister, lalu bagaimana cara melatihnya supaya pronunciation bahasa Inggris kita bisa lebih baik lagi? Simak artikel ini, yuk!

 

Apa Itu Tongue Twister?

Tongue twister adalah serangkaian kata dengan  yang memiliki cara pengucapan serupa dan biasa digunakan untuk melatih pronunciation.

Dalam hal ini, meskipun pelafalannya mirip, tapi maknanya  bisa jadi sangat berbeda. Misalnya seperti kata-kata berikut, “although” (meskipun), “through” (melalui), “thorough” (teliti) dan “thought” (pikiran).

Contoh tongue twister dalam bahasa Indonesia seperti, “Ular melingkar di pagar” atau “satu sate tujuh tusuk” yang harus diucapkan dengan cepat.

Nah, tongue twister dapat melatih otot lidah kita agar terbiasa mengucapkan kata-kata yang sulit sehingga dapat berbicara dengan jelas.

Terdapat berbagai macam tongue twisters dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan alat untuk latihan pelafalanmu. Menariknya, tongue twisters tidak hanya digunakan untuk memperlancar obrolan kasual saja, loh.

Tapi tongue twisters juga digunakan sebagai alat latihan oleh para profesional yang hendak berbicara di depan umum. Misalnya orang yang ingin berpidato, guru atau dosen yang akan mengajar di kelas, aktor dan aktris, serta yang lainnya.

 

By the way, latihan tongue twister english akan lebih asik kalau dilakukan secara berkelompok dengan teman-teman di kelas. Apalagi kalau dipandu langsung sama guru internasional native speaker seperti di English Academy by Ruangguru! Yuk, cobain Kelas Gratis-nya!

IDN CTA Trial Class General English Blog EA 2022

 

Manfaat Tongue Twisters dalam Bahasa Inggris

Sebelum mencoba berbagai macam tongue twisters dalam bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu memahami manfaat tongue twisters terlebih dahulu, yakni sebagai berikut:

1. To clarify the pronunciation of words

Karena banyak sekali kata-kata dalam bahasa Inggris yang bentuknya mirip, tapi pengucapannya berbeda, tounge twisters bisa membuatmu membedakan serta memperjelas pengucapan dari kata-kata bahasa Inggris.

2. To exercise the muscles which you use to speak

Walaupun sudah mengetahui perbedaan pengucapan kata-kata bahasa Inggris, nggak jarang kalau lidah kamu belum terbiasa dalam mengucapkannya.

Bisa jadi lidahmu masih terselip dan membuat kesalahan pengucapan. Jadi, tongue twisters bisa membuat otot lidahmu terlatih dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris.

3. To show the words and sounds you have trouble pronouncing

Belajar bahasa Inggris tentunya kamu juga mempelajari kata-kata dan pengucapan yang berbeda dari bahasa Indonesia. Abjad dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia bisa jadi sama. Namun pengucapannya mayoritas berbeda.

Karena kita sudah terbiasa dengan bahasa ibu kita, kita dapat menemukan kesulitan pengucapan kata-kata bahasa Inggris, dan bisa jadi kita tidak tahu bagian kata atau huruf yang sulit diucapkan itu.

Dengan memainkan tounge twisters, kamu bisa mengetahui kata-kata atau huruf apa saja yang sulit untuk diucapkan, sehingga kamu bisa melatihnya agar dapat mengucapkan kata-kata tersebut dengan lancar.

Baca Juga:  Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Kenali Cara Spelling & Tipsnya, Yuk!

4. To warm up your speaking skills

Sebagaimana yang kamu ketahui sebelumnya, tongue twisters tidak hanya diperuntukkan memperlancar pengucapan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari saja. Tetapi juga digunakan sebagai latihan untuk orang-orang yang hendak berbicara di depan umum.

Tongue twisters bisa menjadi kegiatan pemanasan sebelum orang-orang menggunakan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka.

 

Contoh Tongue Twister English untuk Berlatih Pronunciation

Untuk melatih supaya lidahmu tidak terselip saat mengatakan sebuah kalimat dengan pronunciation yang mirip, coba praktikkan pelafalan beberapa kaliamt di bawah ini secara berulang dengan tempo yang cepat:

1. Peter Piper picked a peck of pickled peppers.
(Peter Piper memetik secuil acar paprika.)

2. She sells seashells by the seashore.
(Dia menjual kulit kerang di tepi pantai.)

3. I scream, you scream, we all scream for ice cream.
(Aku berteriak, kamu berteriak, kita semua berteriak meminta es krim.)

4. I saw Susie sitting in a shoeshine shop.
(Saya melihat Susie duduk di toko semir sepatu.)

5. Seventy-seven benevolent elephants.
(Tujuh puluh tujuh gajah yang baik hati.)

6. Betty bought some butter, but the butter was bitter, so Betty bought some better butter to make the bitter butter better.
(Betty membeli mentega, tetapi mentega itu pahit, jadi Betty membeli mentega yang lebih baik untuk membuat mentega pahit menjadi lebih enak.)

7. I saw a kitten eating chicken in the kitchen.
(Saya melihat seekor anak kucing sedang makan ayam di dapur.)

8. Eddie edited it.
(Eddie mengeditnya.)

9. Four fine fresh fish for you.
(Empat ikan segar yang bagus untukmu.)

10. If a dog chews shoes, whose shoes does he choose?
(Jika seekor anjing mengunyah sepatu, sepatu siapa yang dia pilih?)

11.  Susie works in a shoeshine shop. Where she shines she sits, and where she sits she shines.
(Susie bekerja di toko semir sepatu. Di mana dia bersinar dia duduk, dan di mana dia duduk dia bersinar.)

12.  A happy hippo hopped and hiccupped.
(Seekor kuda nil yang gembira melompat dan cegukan.)

13. A snake sneaks to seek a snack.
(Seekor ular menyelinap untuk mencari makanan ringan.)

14. Nine nice night nurses nursing nicely.
(Sembilan perawat malam yang baik menyusui dengan baik.)

15. Give papa a cup of proper coffee in a copper coffee cup.
(Berikan papa secangkir kopi yang tepat dalam cangkir kopi tembaga.)

16. I looked right at Larry’s rally and left in a hurry.
(Saya melihat tepat ke reli Larry dan pergi dengan tergesa-gesa.)

17. He threw three free throws.
(Dia melakukan tiga lemparan bebas.)

18. Fred fed Ted bread and Ted fed Fred bread.
(Fred memberi makan roti Ted dan Ted memberi makan roti Fred.)

19. Six sticky skeletons.
(Enam kerangka lengket.)

20. A big black bear sat on a big black rug.
(Seekor beruang hitam besar duduk di atas permadani hitam besar.)

21. So, this is the sushi chef.
(Jadi, ini adalah koki sushi.)

22. We surely shall see the sun shine soon.
(Kita pasti akan melihat matahari bersinar segera.)

23. Yellow butter, purple jelly, red jam, black bread, spread it thick, say it quick!
(Mentega kuning, agar-agar ungu, selai merah, roti hitam, olesi kental, katakan cepat!)

24. Luke’s duck likes lakes.
(Bebek Luke menyukai danau.)

25. A really leery Larry rolls readily to the road.
(Larry yang sangat curiga segera meluncur ke jalan.)

 

Nah, itu dia 25 tongue twisters untuk latihan pengucapan bahasa Inggris. Selain membaca ini, kamu juga bisa mencari bagaimana penyebutan kalimat-kalimat tersebut oleh native speaker yang ada di internet.

Atau kamu juga bisa bergabung dengan English Academy! Kamu akan diajarkan oleh seorang native speaker yang berpengalaman dan kamu bisa bertanya lebih jauh terkait tentang tongue twisters sehingga bisa menyempurnakan kemampuan berbicara bahasa Inggris-mu. Jadi, yuk gabung sekarang juga! 

English Academy

 

Reference:

Nunnery, Lizzie Gray. 2018. The Benefits of Tongue Twisters. Teach Them Diligently. (online at) https://teachthemdiligently.net/blog/tongue-twisters/ [accessed 24 January 2023]

Alex. ND. 50 Tongue Twisters to improve pronunciation in English. engVid. (online at) https://www.engvid.com/english-resource/50-tongue-twisters-improve-pronunciation/ [accessed 24 January 2023]

Lăpușneanu, Diana. 2019. 100 Tongue Twisters to Perfect Pronunciation in English. mondly. (online at) https://www.mondly.com/blog/71-best-tongue-twisters-to-perfect-your-english-pronunciation/ [accessed 24 January 2023]

Turner, Camille. 2022. 24 Tongue Twisters in English for Practice That’s Fun and Challenging. FluentU. (online at) https://www.fluentu.com/blog/english/tongue-twisters-in-english/ [accessed 24 January 2023]

 

Profile

Muhammad Azka Rais

Penulis yang tertarik pada topik pendidikan, parenting, sains, dan kesehatan mental. Suka banget nulis fiksi, masak, nonton film, TV series dan anime. Suka juga main game sama cari-cari info tentang kehidupan alien, peradaban kuno, sama hantu.