65 Contoh Teka Teki Logika (Riddles) Bahasa Inggris dan Jawabannya

riddles-teka-teki -logika

Artikel ini akan membahas apa itu riddles, cara bermain teka-teki logika, dan contohnya.

Riddles merupakan teka-teki yang biasanya terdiri dari pertanyaan atau pernyataan  membingungkan yang memerlukan pemikiran kreatif untuk menemukan jawabannya. Riddles dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, meningkatkan daya ingat, dan memperkuat kemampuan logika.

Ayo lebih kenal dengan riddles melalui artikel ini!

Belajar bahasa Inggris biasanya terasa sedikit sulit, pasalnya banyak grammar dan kosakata yang berbeda dengan bahasa ibu kita, yaitu bahasa Indonesia.

Agar proses pembelajaran jadi lebih mudah, you can have fun while learning English! Misalnya melalui Scrabble, Hangman, dan berbagai metode lain seperti dalam artikel 7 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Selain itu, kamu juga bisa membuat proses belajar jadi lebih asyik melalui riddles atau teka-teki logika. Apa itu riddlesYuk, cari tahu bareng English Academy!

 

Apa yang Dimaksud dengan Riddle? 

Riddle adalah teka-teki logika berbentuk sekumpulan pertanyaan berupa puzzle untuk dipecahkan. Teka-teki dalam riddles dirancang untuk memacu otak dan menantang pemikiran seseorang. Contoh riddles, “Apa yang memiliki mata tapi tidak bisa melihat?” (jawaban: kentang), atau “Saya berada di dalam air, tetapi tidak basah. Apa saya?” (jawaban: bayangan).

 

Aturan Bermain Riddles

Cara bermain riddles sangat sederhana, kamu hanya perlu menanyakan sesuatu dengan memberi semacam petunjuk atau atau ciri-ciri akan suatu hal, lalu lawan bicaramu harus menebak apa jawaban dari pertanyaan khusus itu.

Terkadang, teka-teki bisa membuatmu tertawa karena bertemakan humor. But in some cases, seperti di novel detektif, teka-teki muncul untuk membuat pembacanya berpikir keras, ketakutan atau was-was, because those riddles have horror and thriller themes.

Biasanya teka-teki disampaikan dari mulut ke mulut. Oh ya, kamu juga bisa menciptakan sendiri teka-teki yang membuat lawan bicara atau pembaca berpikir secara kritis. Hal ini pun biasanya menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan.

 

Apa Tujuan dari Riddle? 

Biasanya riddles memiliki jawaban tidak langsung dan memerlukan beberapa pemikiran kreatif atau asosiasi konsep yang berbeda samapai teka-teki terpecahkan.

Riddles sering digunakan sebagai permainan atau tantangan untuk menguji kecerdasan dan kecepatan berpikir seseorang.

Selain mengibur dengan pertanyaan-pertanyaan sulit dengan ciri-ciri atau petunjuk yang lucu, riddles also serve other purposes.

Pernah nggak kamu mendapatkan teka-teki bertemakan horror atau thriller yang akhirnya diberi pertanyaan, “Siapa pelakunya?” Now, those kinds of riddles bakal ngebuat kamu atau lebih tepatnya menekan kamu untuk berpikir keras. Teka-teki semacam itu memiliki tujuan untuk lawan bicara atau pembacanya dapat berpikir kritis.

Karena pertanyaan yang ada dalam riddles itu mendalam, dan bertujuan agar kamu dapat mengembangkan kemampuan problem solving.

 

Guys, kenapa ya, kita sudah belajar bahasa Inggris sejak lama, tapi skill-nya masih stuck di situ-situ aja? Yap, artinya kita harus belajar bareng ahlinya di English Academy! Ayo lihat sejauh mana kemampuan bahasa Inggris-mu sekarang. Gratis dan bersertifikat!

[IDN] CTA Placement Test English Academy

 

Jenis-jenis Riddles

Sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa tema tentang riddles. Selain tema, riddles also have types.

1. Riddles Tipe Enigma

Yang pertama adalah tipe enigma dan yang kedua adalah tipe conondrum. Enigma adalah teka-teki yang menggunakan metode alegori (majas yang menjelaskan maksud tanpa secara harfiah) atau menggunakan metode metafor (kiasan atau kata-kata yang bukan arti sebenarnya).

Di bahasa Indonesia, teka-teki enigma bisa berupa seperti, “Mobil apa yang rodanya berputar, tapi nggak maju?” Jawabannya adalah mobil sedang mundur.

2.  Riddles Tipe Conondrum

Sedangkan teka-teki conondrum adalah teka-teki yang bertumpuan pada pun atau dalam bahasa Indonesianya permainan kata-kata. Biasanya jawaban dari teka-teki conondrum berupa kata yang bunyinya mirip dengan jawaban yang asli atau jawaban yang diplesetkan. Misalnya seperti, “Hewan apa yang ada di perayaan atau acara hiburan?” Jawabannya adalah lumba-lumba (lomba-lomba).

Nah, karena kamu sudah tahu pengertian riddles, tujuan, tema dan jenisnya, sekarang kamu bisa belajar dari kumpulan teka-teki logika dalam bahasa Inggris di bawah ini!

Baca Juga: Spoof Text: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

 

Contoh Riddles Bahasa Inggris dan Jawabannya (Riddles with Answer) 

Berikut ini puluhan contoh teka-teki logika dan jawabannya dalam bahasa Inggris:

Teka Teki dan Jawabannya dalam Bahasa Inggris

1. I have a tail and a head, but I don’t have a body. What am I?
(Aku punya ekor dan punya kepala. Tapi aku tidak punya badan. Apakah aku?)

Answer: Coin.
(Jawaban: Koin)

 

2. What kind of tree can you carry in your hand?
(Pohon apa yang bisa kamu bawa di tangan?)

Answer: Palm Tree.
(Jawaban: Pohon palem –palm adalah telapak tangan-)

 

3. What has to be broken before you can use it?
(Apa yang harus pecah dulu sebelum kamu menggunakannya?)

Answer: An egg.
(Jawaban: Sebuah telur.)

 

4. I’m tall when I’m young, and I’m short when I’m old. What am I?
(Aku tinggi ketika aku muda, dan aku pendek ketika aku tua. Apakah aku?)

Answer: A candle.
(Jawaban: Sebuah lilin.)

 

5. I shave every day, but my beard stays the same. What am I?
(Aku mencukur setiap hari, tapi jenggotku masih tetap sama. Apakah aku?)

Answer: A barber.
(Jawaban: Seorang tukang cukur.)

 

6. What question can you never answer yes to?
(Pertanyaan apa yang nggak bisa kamu jawab dengan ‘iya’?)

Answer: Are you asleep yet?
(Jawaban: Sudah tertidur belum?)

 

7. What goes up but never comes down?
(Apa yang bertambah tapi tidak pernah berkurang?)

Answer: Your age.
(Jawaban: Umurmu.)

 

8. Everybody uses it, except you. What is it?
(Semua orang menggunakannya, kecuali kamu. Apakah itu?)

Answer: Your name.
(Jawaban: Panggilan namamu.)

 

9. A man who was outside in the rain without an umbrella or hat didn’t get a single hair on his head wet. Why?(Seorang pria sedang berada di luar kehujanan tanpa payung atau topi, tapi satu helai rambutnya saja tidak ada yang basah. Kenapa?)

Answer: He was bald.
(Jawaban: Pria itu botak.)

 

10. You walk into a room that contains a match, a kerosene lamp, a candle and a fireplace. What would you light first?
(Kamu masuk ke dalam ruangan yang berisi korek, lampu minyak tanah dan perapian. Benda apa yang akan kamu nyalakan duluan?)

Answer: The match.
(Jawaban: Korek.)

 

11. What is always in front of you but can’t be seen?
(Apa yang selalu ada di depanmu tapi tidak terlihat?)

Answer: The future. It’s always ahead of us, but we can’t see it because it hasn’t happened yet.
(Jawaban: Masa depan. Masa depan selalu ada di depan kita tapi kita tidak bisa melihatnya karena belum terjadi.)

 

12. I have cities, but no houses. I have mountains, but no trees. I have water, but no fish. What am I?
(Aku memiliki kota-kota, tapi tidak rumah-rumah. Aku memiliki pegunungan, tapi tidak memiliki pepohonan. Aku memiliki air, tapi tidak memiliku ikan. Apakah aku?)

Answer: A map. Maps show cities, mountains, and bodies of water, but they don’t have houses, trees, or fish.
(Jawaban: Sebuah peta. Peta menunjukkan kota, pegunungan dan air (sungai atau laut), tapi tidak menunjukkan atau memiliki rumah-rumah, pepohonan atau ikan.)

 

13. What starts with an E, ends with an E, but only contains one letter?
(Kata apa yang dimulai dari huruf E, berakhir dengan huruf E, tapi hanya memiliki satu huruf di dalamnya?)

Answer: An envelope. The word envelope begins and ends with the letter “E,” but it only contains one letter inside it.
(Jawaban: Sebuah amplop (envelope). Dalam bahasa Inggris, letter memiliki dua arti, yaitu “huruf” dan “surat”. Kata letter yang dimaksud dalam teka teki ini adalah surat. Envelope atau amplop adalah kata bahasa Inggris yang dimulai dan diakhiri dengan huruf E, tapi hanya memiliki satu “surat” di dalamnya.)

 

14. I am not alive, but I grow; I don’t have lungs, but I need air; I don’t have a mouth, but water kills me. What am I?
(Aku tidak hidup, tapi aku bertumbuh. Aku tidak memiliki paru-paru tapi aku butuh udara. Aku tidak memiliki mulut, tapi air membunuhku. Apakah aku?)

Answer: Fire. Fire is not alive, but it grows; it doesn’t have lungs, but it needs air to continue burning; and it doesn’t have a mouth, but water can extinguish it.
(Jawaban: Api. Api tidak hidup, tapi bertumbuh. Api tidak punya paru-paru, tapi membutuhkan udara untuk tetap bisa menyala atau membakar. Api juga tidak memiliku mulut, tapi dengan air, api bisa padam.)

 

15. What can you catch but not throw?
(Apa yang bisa kamu tangkap tapi tidak bisa kamu lempar?)

Answer: A cold. You can catch a cold from someone else, but you can’t throw it to someone else.
(Jawaban: Flu. Dalam bahasa Inggris, terkena flu adalah “to catch a cold.Kamu bisa terkena flu dari seseorang atau catch (menangkap) a cold from someone else, tapi tidak bisa dilempar kepada orang lain.)

Baca Juga: 62 Kata Bahasa Inggris yang Sering Salah Ucap (Common Mispronounced Words)

 

16. I am taken from a mine and shut up in a wooden case, from which I am never released, and yet I am used by almost every person. What am I?
(Aku diambil dari penambangan dan tertutupi wadah kayu. Aku tidak pernah dilepaskan darinya, tapi aku digunakan hampir oleh setiap orang. Apakah aku?)

Answer: A pencil lead. Pencil lead is made from graphite, which is mined from the earth and then placed inside a wooden pencil, where it remains until it is used up.
(Jawaban: Ujung pensil. Ujung pensil terbuat dari grafit, yang ditambang dari tanah, lalu dimasukkan ke dalam pensil kayu.)

 

17. What has a heart that doesn’t beat?
(Apa yang memiliki jantung tapi tidak berdetak?)

Answer: An artichoke. Artichokes have a heart, but it doesn’t beat like a human heart.
(Jawaban: Sayur artichoke. Artichoke memiliki jantung, tapi tidak berdetak seperti jantung manusia.)

 

18. What can you break, even if you never pick it up or touch it?
(Apa yang bisa kamu rusak, tapi tidak bisa pernah kamu angkat atau sentuh?)

Answer: A promise. Promises can be broken without physically touching or picking them up.
(Jawaban: Sebuah janji. Dalam bahasa Inggris, “break a promise” memiliki arti mengingkari janji. Break bisa berarti macam-macam, seperti merusak dan mengingkari -dalam konteks janji-)

 

20. I am always hungry, I must always be fed. The finger I touch, will soon turn red. What am I?
(Aku selalu lapar, aku harus selalu diberi makan. Jari yang aku sentuh akan menjadi merah. Apakah aku?)

Answer: Fire. Fire is always hungry for fuel to keep burning, and if it touches something, it can make it turn red or even catch on fire.
(Jawaban: Api. Api selalu “lapar” dan membutuhkan bahan bakar untuk tetap bisa membakar. Dan jika menyentuh sesuatu, api akan membuatnya menjadi merah atau bahkan terbakar.)

 

21. I am full of holes, but I can hold water. What am I?
(Aku dipenuhi dengan lubang, tapi aku bisa menahan air. Apakah aku?)

Answer: A sponge. Sponges are full of small holes that can hold water and other liquids.
(Jawaban: Spons. Spons dipenuhi dengan lubang-lubang kecil yang bisa menahan air dan berbagai macam cairan lainnya.)

 

22. What has four legs in the morning, two legs in the afternoon, and three legs in the evening?
(Apa yang memiliki empat kaki di pagi hari, dua kaki di sore hari dan tiga kaki di malam hari?)

Answer: A human being. In the morning of their life (childhood), they crawl on all fours, in the afternoon of their life (adulthood) they walk on two legs, and in the evening of their life (old age) they use a cane to walk on three legs.
(Jawaban: Manusia. Konteks morning di teka tekni ini adalah masa kecil manusia, yang merangkak menggunakan kedua tangan dan kedua kaki (empat kaki), afternoon adalah masa dewasa, yang berjalan dengan dua kaki, dan evening adalah masa tua, yang menggunakan tongkat bantuan sehingga berjalan dengan tiga kaki.)

 

23. What has a neck but no head?
(Apa yang memiliki leher tapi tidak memiliki kepala?)

Answer: A bottle. Bottles have a long neck that can be used to pour or drink from, but they don’t have a head like a human or animal.
(Jawaban: Botol. Botol memiliki leher yang panjang yang digunakan untuk menuangkan sesuatu atau dijadikan alat untuk minum, tapi botol tidak memiliki kepala seperti manusia atau hewan.)

 

24. What is so fragile that saying its name breaks it?
(Apa yang sangat rapuh hingga menyebutkan namanya saja bisa memecahkannya?)

Answer: Silence. Speaking the word “silence” breaks the silence and makes noise.
(Jawaban: Kesunyian. Dalam bahasa Inggris, terdapat ungkapan break the silence yang artinya membuat bunyi atau memecahkan kesunyian. Menyebutkan kata “sunyi” saja sudah membuat bunyi atau memecahkan kesunyian.)

 

25. What goes through cities and fields, but never moves?
(Apa yang melalui kota dan lapangan, tapi tidak pernah bergerak?)

Answer: A road. Roads stay in one place, but they allow people and vehicles to move through different places and environments.
(Jawaban: Jalanan. Jalanan menetap di satu tempat, tapi jalanan membuat orang-orang mampu berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya.)

 

26. What has a face and two hands but no arms or legs?
(Apa yang memiliki wajah dan dua tangan, tapi tidak memiliki lengan atau kaki?)

Answer: A clock. Clocks have a face with numbers and two hands (hour and minute), but they don’t have arms or legs like a human or animal.
(Jawaban: Sebuah jam. Jam memiliki wajah yang berbentuk angka-angka dan dua tangan (untuk menunjukkan jam dan menit), tapi tidak memiliki lengan dan kaki seperti manusia atau hewan.)

 

27. The more you take, the more you leave behind. What am I?
(Semakin banyak yang kamu ambil, semakin banyak yang kamu tinggalkan. Apakah aku?)

Answer: Footsteps. The more you walk, the more footsteps you leave behind, but you also take steps away from the starting point.
(Jawaban: Langkah kaki. Kamu bisa mengambil langkah dan semakin banyak langkah yang kamu ambil, semakin banyak langkah kaki yang kamu tinggalkan.)

 

28. I am light as a feather, yet the strongest man can’t hold me for much more than a minute. What am I?
(Aku ringan seperti bulu, tapi seseorang yang paling kuat saja tidak bisa menahanku lebih dari satu menit. Apakah aku?)

Answer: Breath. Breath is weightless, but even the strongest person can’t hold their breath for very long.
(Jawaban: Napas. Napas adalah sesuatu yang tidak memiliki berat, tapi bahkan orang yang palingn kuat pun tidak bisa menahan napas dalam waktu yang sangat lama.)

 

29. The more you have of it, the less you see. What is it?
(Semakin banyak yang kamu miliki, semakin sedikit kamu bisa melihat. Apakah itu?)

Answer: Darkness. The more darkness there is, the harder it is to see anything.
(Jawaban: Kegelapan. Semakin banyak kegelapan di suatu tempat, semakin sulit kamu melihat.)

 

30. What starts with a P, ends with an E, and has a million letters in it?
(Apa yang dimulai dari P dan diakhiri dengan E, tapi memiliki jutaan huruf di dalamnya?)

Answer: Post office. The word “post office” starts with a P, ends with an E, and contains a lot of letters.
(Jawaban: Post office (Kantor pos). Seperti sebelumnya, letters memiliki dua makna, yaitu huruf dan surat. Di dalam kantor pos, terdapat banyak sekali huruf (surat))

Baca Juga: American English vs British English: 7 Perbedaan & Contohnya

 

31. I speak without a mouth and hear without ears. I have no body, but I come alive with wind. What am I?
(Aku berbicara tanpa mulut dan mendengar tanpa telinga. Aku tidak memiliki badan, tapi aku hidup dengan udara. Apakah aku?)

Answer: An echo. An echo doesn’t have a physical body, but it can be heard when sound waves bounce back and forth between surfaces.
(Jawaban: Gema. Gema tidak memiliki tubuh, tapi bisa didengarkan melalui gelombang suara yang memantul di antara dataran.)

 

32. What has a bottom at the top?
(Apa yang memiliki dasar di atas?)

Answer: A leg. The bottom of a leg is the foot, but when the leg is upside down, the bottom becomes the top.
(Jawaban: Kaki. Bagian bawah kaki adalah pergelangan kaki, tetapi saat kaki terbalik, bagian bawah menjadi bagian atas.)

 

33. I am not alive, but I can die. I don’t have wings, but I can fly. What am I?
(Aku tidak hidup, tapi aku bisa mati. Aku tidak punya sayap, tapi aku bisa terbang. Apakah aku?)

Answer: A balloon. A balloon is not alive, but it can be punctured or deflated, and when it is filled with helium or air, it can float or fly through the air.
(Jawaban: Balon. Balon tidak hidup, tapi dapat ditusuk atau dihempiskan, dan ketika diisi oleh gas helium atau udara, balon bisa mengapung atau terbang di udara.)

 

34. I am an odd number. Take away a letter and I become even. What number am I?
(Aku adalah bilangan ganjil. Jika diambil sebuah huruf dari angka tersebut, aku menjadi angka genap. Angka berapakah aku?)

Answer: Seven. When the letter “s” is removed from “seven,” it becomes “even.”
(Jawaban: Tujuh. “odd number” berarti angka ganjil, sedangkan “even number” adalah angka genap. Sedangkan dalam konteks ini, “even” tidak hanya berarti genap, tapi juga merupakan sebuah kata. Seven (tujuh) jika diambil huruf “s”, maka akan menjadi kata “even”.)

 

35. What has a mouth but can’t speak, runs but never walks, and has a bed but doesn’t sleep?
(Apa yang memiliki mulut tapi tidak bisa berbicara, berlari tapi tidak pernah berjalan, dan memiliki tempat tidur tapi tidak pernah tidur?)

Answer: A river. Rivers have a “mouth” where they flow into larger bodies of water, they “run” but don’t have legs, and they have a “bed” where they flow through the land.
(Jawaban: Sebuah sungai. Sungai memiliki mulut sungai (muara sungai). Runs dalam konteks ini berarti mengalir. Dan “tempat tidur” yang dimaksud adalah aliran sungai.)

 

36. What has keys but can’t open locks?
(Apa yang memiliki banyak kunci tapi tidak bisa membuka gembok?)

Answer: A keyboard. A keyboard has keys, but they don’t open locks like traditional keys do.
(Jawaban: (Keyboard) Papan ketik. Sebuah papan ketik memiliki banyak kunci (huruf dan tombol-tombol lainnya), tapi tidak bisa membuka gembok seperti kunci pada umumnya.)

 

37. I am not alive, but I can die. What am I?
(Aku tidak hidup, tapi aku bisa mati. Apakah aku?)

Answer: A battery. A battery stores energy but eventually runs out and “dies.”
(Jawaban: Sebuah baterai. Baterai memiliki energi, tapi pada akhirnya akan habis dan “mati”.)

 

38. What has a thumb and four fingers but isn’t alive?
(Apa yang memiliki jempol dan empat jari tapi tidak hidup?)

Answer: A glove. A glove is an inanimate object that has a thumb and four fingers.
(Jawaban: Sarung tangan. Sarung tangan adalah benda mati yang memiliki jempol dan empat jari.)

 

40. What has many keys but can’t open any locks?
(Apa yang memiliki banyak kunci tapi tidak bisa membuka gembok?)

Answer: A piano. A piano has many keys, but they don’t open locks like traditional keys do.
(Jawaban: Piano. Piano memiliki kunci nada, tapi tidak bisa membuka gembok seperti kunci pada umumnya.)

Kamu bisa lho ikutan kelas gratis dari English Academy. Langsung aja kil banner di bawah, ya!

CTA English Academy Free Trial

 

Contoh Teka-Teki Lucu Beserta Jawabannya (Funny Riddles)

41. Why was the math book sad?
(Kenapa buku matematika merasa sedih?)

Answer: Because it had too many problems.
(Jawaban: Karena memiliki banyak sekali masalah.)

Explanation: This is a play on words, as “problems” can mean both mathematical problems and emotional issues. So, the math book is sad because it has too many problems to solve, but the reader thinks it’s because it has too many emotional issues.
(Penjelasan: Ini adalah permainan kata dari “masalah”, yang bisa berarti sebagai persoalan matematika dan isu emosional. Jadi buku matematika merasa sedih karena memiliki banyak sekali masalah yang harus diselesaikan, tapi para pembaca berpikir karena buku matematika memiliki isu emosional._

 

42. Why did the tomato turn red?
(Kenapa tomat menjadi berwarna merah?)

Answer: Because it saw the salad dressing!
(Jawaban: Karena melihat salad berpakaian!)

Explanation: This riddle is funny because it’s a joke about tomatoes being “embarrassed” and “blushing” when they turn red. The punchline suggests that the tomato saw the salad dressing and got embarrassed and turned red.
(Penjelasan: Konteks dressing bisa berarti berpakaian atau balutan salad. Ini merupakan sebuah lelucon tentang tomat menjadi malu dan tersipu-sipu ketika menjadi berwarna merah. Leluconnya ada pada tomat melihat salad berpakaian dan menjadi malu lalu menjadi berwarna merah.)

 

43. What do you call a bear with no teeth?
(Beruang apa yang tidak memiliki gigi?)

Answer: A gummy bear.
(Jawaban: Agar-agar beruang.)

Explanation: This riddle is funny because it plays on the idea of gummy bears, which are a type of candy. A bear with no teeth would have to eat soft foods like gummy bears.
(Penjelasan: Agar-agar beruang atau gummy bears adalah salah satu jenis dari permen atau manisan.)

 

44. Why don’t scientists trust atoms?
(Kenapa para ilmuwan tidak mempercayai atom?)

Answer: Because they make up everything.
(Jawaban: Karena atom mengada-ada segalanya (membuat segalanya))

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Make up everything” can mean both “create everything” and “compose everything.”
(Penjelasan: make up everything bisa berarti mengada-ada atau membuat segalanya.)

 

45. Why do seagulls fly over the sea?
(Mengapa burung camar terbang di atas laut?)

Answer: Because if they flew over the bay, they’d be bagels!
(Jawaban: Karena jika mereka terbang di atas teluk, mereka menjadi bagels.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Bagels” sounds like “bay gulls,” so the joke is that if seagulls flew over the bay, they would be bagels instead of seagulls.
(Penjelasan: Burung camar berarti seagulls. Teka teki ini bermain kata, jika terbang di atas laut (sea) maka namanya seagulls. Dan jika terbang di atas teluk (bay) namanya akan menjadi bagels (memiliki bunyi serupa dengan *bay-gulls*))

 

46. What do you call a fish that wears a bowtie?
(Ikan apa yang menggunakan dasi kupu-kupu?)

Answer: So-fish-ticated.
(Jawaban: So-fish-ticated.)

Explanation: This riddle is funny because “sophisticated” sounds like “so fish-ticated.” The answer is a pun on the words “fish” and “sophisticated.”
(Penjelasan: Sophisticated tidak hanya bermakna rumit, tetapi juga berkaitan dengan orang yang berkelas dan memiliki gaya pakaian yang berkelas. Teka teki ini memainkan bunyi kata sophisticated yang menjadi so-fish-ticated.)

 

47. What do you get when you cross a snowman and a shark?
(Apa yang kamu dapatkan jika kamu berhadapan dengan manusia salju dan hiu?)

Answer: Frostbite!
(Jawaban: Radang dingin (frostbite))

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Frostbite” is a condition that can occur in cold weather, and “bite” is also something that a shark can do.
(Penjelasan: Frostbite atau radang dingin adalah suatu kondisi yang bisa terjadi di saat cuaca dingin, dan kata bite atau menggigit adalah sesuatu yang bisa dilakukan oleh hiu.)

 

48. Why couldn’t the bicycle stand up by itself?
(Kenapa sepeda tidak bisa berdiri sendiri?)

Answer: Because it was two-tired.
(Jawaban: Karena sepeda beroda dua (two-tired: too tired))

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Two-tired” sounds like “too tired,” and the joke is that the bicycle is too tired (has two tires) to stand up by itself.
(Penjelasan: too tired dengan two tired memiliki bunyi pengucapan yang sama. Sedangkan artinya berbeda. Too tired artinya lelah, sedangkan two tired artinya beroda dua.)

 

49. What do you get when you cross a snowman and a vampire?
(Apa yang terjadi padamu jika kamu menemui manusia salju dan vampir?)

Answer: Frostbite!
(Jawaban: Radang dingin (frostbite))

Explanation: This riddle is similar to number 45 and is funny for the same reason. “Frostbite” is a condition that can occur in cold weather, and the joke is that a snowman and a vampire are both cold creatures.
(Penjelasan: Teka teki ini mirip dengan nomor 45, leluconnya terletak di kata frostbite yang terjadi pada cuaca dingin dan manusia salju serta vampir adalah mahkluk yang dingin.)

 

50.  What did the grape say when it got stepped on?
(Apa yang diucapkan oleh anggur ketika terinjak?)

Answer: Nothing, it just let out a little wine.
(Jawaban: Tidak terjadi apa-apa, hanya mengeluarkan sedikit minuman anggur (wine).)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Wine” sounds like “whine,” which means to complain. The grape is “whining” because it got stepped on, but it’s also “letting out a little wine” because it’s being squished.
(Penjelasan: Wine (minuman anggur) memiliki bunyi pengucapan yang sama dengan whine (mengeluh).)

 

51. Why did the scarecrow win an award?
(Kenapa orang-orangan sawah memenangkan penghargaan?)

Answer: Because he was outstanding in his field.
(Jawaban: Karena dia hebat di bidangnya.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Outstanding in his field” means that the scarecrow is standing out in a field, but it can also mean that he’s exceptional or excellent at his job.(Penjelasan: Outstanding bisa berarti hebat dan bisa juga diucapkan dengan pengucapan out-standing yang berarti berdiri di luar. Sedangkan field bisa berarti bidang atau ladang atau lapangan.)

 

52. Why do cows wear bells?
(Mengapa sapi mengenakan bel?)

Answer: Because their horns don’t work.
(Jawaban: Karena tanduknya tidak bekerja.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a joke about cows and their horns. The joke is that the cows wear bells because they can’t use their horns to make noise.
(Penjelasan: Horns memiliki makna sebagai tanduk, tetapi juga bisa bermakna sebagai klakson. Horns milik sapi tidak bisa mengeluarkan bunyi, oleh karena itu mereka mengenakan bel.)

 

53. What do you call a fake noodle?
(Apa yang kamu sebut sebagai mi palsu?)

Answer: An impasta.
(Jawaban: Impasta.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Impasta” sounds like “imposter,” which means a person pretending to be someone else.
(Penjelasan: Pasta adalah suatu makanan yang bisa disebut juga sebagai mi, dan impasta memiliki bunyi yang mirip dengan imposter yang artinya penipu.)

 

54. What did the duck say when it bought lipstick?
(Apa yang dikatakan bebek ketika membeli lipstik?)

Answer: “Put it on my bill!”
(Jawaban: “Put it on my bill! (masukkan ke tagihanku!)”)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Put it on my bill” means to add the cost to the duck’s bill (beak), but it also sounds like something a person would say when asking for a bill at a restaurant.
(Penjelasan: Bill bisa berarti tagihan atau paruh bebek yang disebut juga sebagai beak. Kalimat put it on my bill juga adalah kalimat yang sering diucapkan seseorang ketika di restoran.)

 

55. Why did the cookie go to the doctor?
(Kenapa kue kering pergi ke dokter?)

Answer: Because it felt crummy.
(Jawaban: Karena kue kering merasa sakit.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Crummy” means feeling sick or unwell, but it can also mean having crumbs on you (like a cookie).
(Penjelasan: Kata crummy memiliki makna sedang merasa sakit atau juga bisa berarti remah-remah kue yang ada padamu.)

Baca Juga: 90 Kosakata Ruang Angkasa dalam Bahasa Inggris (Space) dan Artinya

 

56. What do you call a dog magician?
(Anjing apa yang bisa sulap?)

Answer: A Labracadabrador.
(Jawaban: Labracadabrador.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Labracadabrador” sounds like “abracadabra,” which is a word used by magicians.
(Penjelasan: Terdapat jenis anjing labrador, dan lelucon ini menggambungkan kata tersebut dengan kata “abracadabra” sebagai kata yang sering diucapkan oleh pesulap.)

 

57. Why don’t oysters share their pearls?
(Mengapa tiram tidak membagi mutiaranya?)

Answer: Because they’re shellfish.
(Jawaban: Karena mereka egois.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Shellfish” means selfish, but it also refers to a type of seafood.
(Penjelasan: Kata egois bahasa Inggrisnya adalah selfish dan memiliki bunyi yang mirip dengan shellfish.)

 

58. Why was the computer cold?
(Kenapa komputer dingin?)

Answer: Because it left its Windows open.
(Jawaban: Karena komputer membiarkan Windows terbuka.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Windows” refers to the operating system, but it can also mean an open window that lets in cold air.
(Penjelasan: Pada konteks ini, Windows tidak hanya bermakna sebagai jendela yang terbuka dan membuat udara dingin masuk, tetapi juga sebuah operating system.)

 

59. Why don’t ants get sick?
(Kenapa semut tidak sakit?)

Answer: Because they have tiny ant-bodies.
(Jawaban: Karena mereka memiliki ant-bodies.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Ant-bodies” sounds like “antibodies,” which are the proteins that fight off infections and illnesses.
(Penjelasan: ant-bodies memiliki bunyi yang sama dengan “antibodies” atau protein yang melawan infeksi dan penyakit.)

 

60. Why did the coffee file a police report?
(Kenapa kopi membuat laporan polisi?)

Answer: It got mugged.
(Jawaban: Karena ia dirampok (mugged).)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Mugged” means to be robbed, but it also means to be brewed in a coffee mug.
(Penjelasan: Mugged memiliki arti dirampok, tapi juga dalam konteks ini berarti diseduh di cangkir kopi.)

 

61. What do you get when you cross a snowman and a baker?
(Apa yang kamu dapatkan jika kamu bertemu dengan manusia salju dan tukang roti?)

Answer: Frosty the Dough-man.
(Jawaban: Frosty the Dough-man.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Dough” is a baking ingredient, and “Frosty the Snowman” is a popular Christmas character.
(Penjelasan: Dough berarti adonan dalam bahasa Inggris, dan Frosty the Snowman adalah karakter natal yang populer.)

 

62. Why did the picture go to jail?
(Kenapa foto masuk ke penjara?)

Answer: Because it was framed.
(Jawaban: Karena dibingkai (framed).)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Framed” means to be falsely accused of a crime, but it can also refer to putting a picture in a frame.
(Penjelasan: Kata framed tidak hanya berarti dibingkai, tetapi juga bermakna dituduh melakukan kejahatan secara tidak benar.)

 

63. What do you call a cow that can play a musical instrument?
(Apa yang kamu sebut sebagai sapi yang bisa memainkan instrumen musik?)

Answer: A moosician.
(Jawaban: Moosician (musisi).)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Moosician” sounds like “musician,” which means a person who plays a musical instrument.
(Penjelasan: moosician dibaca mirip dengan musician yang artinya orang yang memainkan alat musik.)

 

64. What do you call a bear with no ears?
(Apa yang disebut sebagai beruang tanpa telinga?)

Answer: B.
(Jawaban: B.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “B” is the first letter of “bear,” but it also sounds like the word “bare” (which means without clothing).
(Penjelasan: B adalah huruf pertama dari kata bear (beruang), tapi juga bunyi pengucapannya mirip dengan kata bare yang artinya tanpa pakaian.)

 

65. Why did the banana go to the doctor?
(Kenapa pisang pergi ke dokter?)

Answer: Because it wasn’t peeling well.
(Jawaban: Karena merasa sakit.)

Explanation: This riddle is funny because it’s a play on words. “Peeling” means to remove the skin of a fruit, but it can also mean to feel unwell or sick.
(Penjelasan: Peeling berarti melepaskan kulit dari buah, dan mirip dengan bunyi feeling yang berarti merasakan.)

Baca Juga: 35 Tongue Twister Fun untuk Melatih Pronunciation Bahasa Inggris

Nah itulah riddles atau contoh teka-teki logika dalam bahasa Inggris (riddles) yang bisa jadi metode untuk belajar secara fun. Ada banyak kata kunci yang tersembunyi di balik kosakata bahasa Inggris-nya, jadi kamu harus jeli ketika menemukan riddles, dan memiliki kamus kosakata yang luas.

Oh iya, kalau kamu masih ingin tahu lebih lanjut cara belajar bahasa Inggris melalui riddles, kamu bisa gabung dengan English Academy!

Di sana, kamu akan belajar dengan native speaker yang berpengalaman mengajar bahasa Inggris dengan kurikulum Internasional Cambridge. Kira-kira, kelas apa yang cocok untukmu? Yukkonsultasi gratis sekarang!

CTA English Academy Konsultasi Gratis

Referensi:

https://www.kampunginggris.id/pengetian-dan-contoh-riddle-dalam-bahasa-inggris [Accessed on 11 February 2023]

https://writingexplained.org/grammar-dictionary/riddle [Accessed on 11 February 2023]

https://parade.com/947956/parade/riddles/ [Accessed on 11 February 2023]

https://icebreakerideas.com/detective-riddles/ [Accessed on 11 February 2023]

Muhammad Azka Rais