Mengenal Tipe-tipe Soal dalam Tes TOEFL ITP: Bonus Contoh Soal dan Pembahasannya

Clara Pricilla Adiputra Nov 13, 2021 • 32 min read


EA -  Mengenal Tipe-tipe Soal dalam Tes TOEFL ITP-01

Artikel ini akan membahas tentang tipe-tipe soal dalam tes TOEFL ITP. Tentunya, ada bonus contoh soal beserta pembahasannya, dong!

--

Cie, cie, cie, ada yang mau mengambil tes TOEFL ITP, nih. Saat ini, pertanyaannya adalah sudah sejauh mana persiapan kamu untuk menjadi yang terbaik dalam mengerjakan tes yang satu ini. Tentunya, kamu nggak mau menyelesaikan ujian tanpa mengetahui bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik, kan? Nah, seperti kata kebanyakan orang, untuk menjadi seorang pemenang, kamu harus mempelajari terlebih dahulu medan perang yang akan kamu hadapi. 

Dalam konteks tulisan ini, medan perang kamu adalah berbagai soal yang ada di dalam tes TOEFL ITP itu sendiri. Oleh karena itu, artikel ini aku dedikasikan untuk membantu setiap pembaca setia blog English Academy yang akan mengambil tes TOEFL ITP. Yuk, kita simak bersama-sama segala sesuatu tentang tes TOEFL ITP yang perlu diketahui. Tenang, bonus contoh soal beserta pembahasannya nggak akan kemana-mana, kok!

 

Kontes Tes

Untuk kamu yang belum tau, tes TOEFL Institutional Testing Program (TOEFL ITP) adalah program pengujian kecakapan bahasa Inggris untuk usia 16 tahun ke atas yang tersedia dalam format kertas atau digital. Nah, tes yang satu ini tuh menggunakan berbagai konten yang ada di dalam dunia sosial dan akademik untuk mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris kamu.

Biasanya, hasil tes TOEFL ITP digunakan di dalam lingkungan akademik untuk membantu para tenaga pendidik mengetahui kemampuan berbahasa Inggris siswanya. Pertanyaan dalam tes TOEFL ITP sendiri berbentuk pilihan ganda dan mengevaluasi keterampilan berbahasa Inggris kamu dalam 3 bidang:

1. Listening comprehension yang mengukur kemampuan kamu dalam memahami bahasa Inggris yang bersifat lisan;

2. Structure and written expression yang mengukur kemampuan kamu dalam menyusun kalimat bahasa Inggris yang terstruktur dan benar secara tata bahasa (grammatically correct) dan;

3. Reading comprehension yang mengukur kemampuan kamu dalam membaca dan memahami bahan bacaan yang ditulis dalam bahasa Inggris.

EA -  Mengenal Tipe-tipe Soal dalam Tes TOEFL ITP-02

 

Alokasi Waktu: Jangan Sampai Telat Menyelesaikan

1. Level 1

EA -  Mengenal Tipe-tipe Soal dalam Tes TOEFL ITP-03

2. Level 2

EA -  Mengenal Tipe-tipe Soal dalam Tes TOEFL ITP-08

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 1: Structure and Written Expression

a. Structure

Pada bagian ini, kamu akan menemukan sejumlah kalimat dalam bahasa Inggris yang tidak lengkap. Di bawah setiap kalimat adalah empat kata atau frasa, bertanda A, B, C dan D. Nah, tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang paling tepat untuk melengkapi setiap kalimat.

1. Refrigerating meats _____ the spread of bacteria.

a. Slows

b. Slowing

c. To slow

d. Is slowed

Jawaban: (a)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Mendinginkan daging _____ penyebaran bakteri.” Kata yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “memperlambat”, membuatnya menjadi: “Mendinginkan daging memperlambat penyebaran bakteri.” Jawaban (a) berarti memperlambat, jawaban (b) berarti melambat, jawaban (c) berarti untuk memperlambat, dan jawaban (d) berarti diperlambat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (a) atau slows

 

2. Throughout the animal kingdom, _____ bigger than the elephant.

a. Whale is only the

b. Is the whale only

c. Only whale is the

d. Only the whale is

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Di seluruh kerajaan hewan, _____ lebih besar dari gajah.” Kalimat yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “hanya ikan paus yang”, membuatnya menjadi: “Di seluruh kerajaan hewan, hanya ikan paus yang lebih besar dari gajah.” Jawaban (a) berarti ikan paus hanyalah, jawaban (b) berarti adalah ikan paus saja, jawaban (c) berarti hanya ikan paus yang adalah, dan jawaban (d) berarti hanya ikan paus yang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau only the whale is

 

b. Written Expression

Pada bagian ini, kamu akan menemukan empat kata atau frasa yang ditebalkan dalam setiap kalimat. Di sebelah kiri adalah A, B, C, dan D yang menandai bagian kalimat yang ditebalkan. Nah, tugasmu adalah mengidentifikasi satu kata atau frasa yang ditebalkan yang harus diubah untuk membuat kalimat menjadi benar secara tata bahasa (grammatically correct).

1. Guppies are sometimes (A) call rainbow fish (B) due to the (C) bright colors of (D) the males.

Jawaban: (A)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Ikan guppy kadang-kadang disebut ikan pelangi karena warna jantan yang cerah.” Hayo, apa yang salah dengan kalimat bahasa Indonesia tersebut? Jawabannya, untuk membuat kalimat di atas menjadi efektif, “disebut ikan pelangi” seharusnya ditulis “disebut sebagai ikan pelangi”. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, seharusnya tertulis: Guppies are sometimes called rainbow fish due to the bright colors of the males.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (A) atau call

 

2. (A) Serving several (B) term in the Congress, Shirley Chisholm (C) became a (D) respected political figure.

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Melayani dalam beberapa masa jabatan di kongres, Shirley Chisholm menjadi tokoh politik yang disegani.” Sejujurnya, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “several” yang berarti beberapa seharusnya dilanjutkan dengan kata “terms” karena kata several sendiri bersifat jamak. Di mana dalam bahasa Inggris, seharusnya tertulis: Serving several terms in the Congress, Shirley Chisholm became a respected political figure.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (B) atau term.

Baca juga: 5 Tipe Conditional Sentences dan Contohnya

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 2: Structure and Written Expression

a. Structure

1. Vegetables are an excellent source _____ vitamin.

a. have

b. of

c. where

d. contain

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Sayuran adalah sumber _____ vitamin yang sangat baik.” Indeed, dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut sudah lengkap dan efektif. Tetapi, dalam bahasa Inggris kekosongan di atas harus diisi dengan sebuah kata untuk membuatnya menjadi lengkap. Jawaban (a) berarti memiliki, jawaban (b) berarti dari, jawaban c berarti di mana, dan jawaban (d) berarti berisi. Dalam hal ini, jawaban yang tepat adalah (b) atau of, membuat kalimat di atas menjadi: “Vegetables are an excellent source of vitamin.”

 

2. A singer’s struggle to succeed in popular music is the kind of story _____ a fascinating film could be made.

a. with

b. by

c. for whom

d. about which

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, tulisan di atas berarti: “Perjuangan seorang penyanyi untuk sukses dalam musik populer adalah jenis cerita _____ dibuat film yang menarik.” Kalimat yang tepat untuk mengisi kekosongan itu adalah “yang bisa”, membuatnya menjadi: “Perjuangan seorang penyanyi untuk sukses dalam musik populer adalah jenis cerita yang bisa dibuat film yang menarik.” Jawaban (a) berarti dengan, jawaban (b) berarti oleh, jawaban (c) berarti untuk siapa, dan jawaban (d) berarti tentang yang mana. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) atau about which.

 

b. Written Expression

1. A large (A) number of automobile (B) part are now (C) made of plastic (D) instead of steel. 

Jawaban: (B)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Sebagian besar bagian mobil sekarang terbuat dari plastik bukan baja.” Sekali lagi, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “a large number” yang berarti jumlah yang besar seharusnya dilanjutkan dengan kata “parts” karena kata a large number sendiri bersifat jamak. Di mana dalam bahasa Inggris seharusnya tertulis: A large number of automobile parts are now made of plastic instead of steel.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (B) atau part.

 

2. Canals are (A) artificial waterways, often constructed (B) either to transport heavy loads or to (C) delivering water (D) to cities and farms.

Jawaban: (C)

Pembahasan:

Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Kanal adalah saluran air buatan, sering dibangun baik untuk mengangkut beban berat atau untuk menyalurkan air ke kota dan pertanian.” Tentunya, dalam bahasa Indonesia, terlihat seperti tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut. Tetapi, dalam bahasa Inggris, kata “delivering” pada kalimat tersebut salah secara tata bahasa. Dalam hal ini, kata yang tepat adalah deliver. Di mana dalam bahasa Inggris seharusnya tertulis: Canals are artificial waterways, often constructed either to transport heavy loads or to deliver water to cities and farms.” Sehingga kata yang salah dan harus diperbaiki adalah (C) atau delivering.

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 1: Reading Comprehension

Pada bagian ini, penguji tes TOEFL ITP Level 1 akan mengukur kemampuan kamu dalam membaca dan memahami bacaan-bacaan singkat. Umumnya, penyelenggara tes akan memberikanmu sejumlah bacaan singkat dengan tema besar mata pelajaran yang ada di dalam dunia akademik. Nah, tentunya, setiap bacaan singkat tersebut diikuti dengan sejumlah pertanyaan mengenai materi yang dipaparkan.

Read this Short Passage!

(1) The railroad was not the first institution to impose regularity on society, or to draw attention to the importance of precise timekeeping. (2) For as long as merchants have set out their wares at daybreak and communal festivities have been celebrated, people have been in rough agreement with their neighbors as to the time of day. (3) The value of this tradition is more apparent today than ever. (4) Were it not for public acceptance of a single yardstick of time, social life would be unbearably chaotic: the massive daily transfers of goods, services, and information would proceed in fits and starts; the very fabric of modern society would begin to unravel.

1. What is the main idea of the passage?

a. In modern society we must make more time for our neighbours.

b. Society judges people by the times at which they conduct certain activities.

c. The traditions of society are timeless.

d. An accepted way of measuring time is essential for the smooth functioning of society.

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Paragraf di atas secara umum berbicara mengenai pentingnya kesepakatan di tengah masyarakat tentang pengukuran waktu. Nah, gagasan utama dari paragraf di atas dapat kamu temukan pada kalimat keempat yang menyatakan: “Were it not for public acceptance of a single yardstick of time, social life would be unbearably chaotic.” Di mana dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti: “Jika bukan karena penerimaan publik terhadap satu tolak ukur waktu, kehidupan sosial akan menjadi sangat kacau.” Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah (d) karena menyebutkan pentingnya cara mengukur waktu yang disepakati oleh masyarakat luas. 

 

2. In the third (3) sentence, the phrase “this tradition” refers to

a. The practice of starting business at dawn.

b. People’s agreement on the measurement of time.

c. The railroad’s reliance on time schedules.

d. Friendly relations between neighbors.

Jawaban: (b)

Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu bisa membaca terlebih dahulu maksud dari kalimat sebelumnya. Dalam hal ini, kalimat kedua pada paragraf di atas berbicara tentang bagaimana orang-orang (Contoh: penjual) memiliki kesepakatan tentang waktu mereka menyiapkan barang dagangannya. Di mana kalimat tersebut secara sederhana berbicara mengenai kesepakatan orang-orang tentang waktu. Oleh karena itu, frasa “this tradition” dalam kalimat ketiga bisa dibilang mengacu pada kesepakatan orang-orang tentang pengukuran waktu atau (b). 

Baca Juga: 5 Tips Menjawab Soal TOEFL iBT Reading Section

 

Contoh Soal dan Pembahasan Level 2: Vocabulary and Reading Comprehension

a. Vocabulary

Pada bagian ini, kamu akan menemukan satu kata atau frasa yang ditebalkan dalam setiap kalimat. Di bawah setiap kalimat adalah 4 kata atau frasa lain, bertanda A, B, C atau D. Nah, tugasmu adalah memilih satu kata atau frasa yang tidak merubah makna kalimat secara keseluruhan jika kata atau frasa yang disorot diganti. 

1. Receptors for the sense of smell are located at the top of the nasal cavity.

a. upper end

b. inner edge

c. mouth

d. division

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “Reseptor untuk indera penciuman terletak di bagian atas rongga hidung.” Pilihan (a) berarti ujung atas, pilihan (b) berarti tepi bagian dalam, pilihan (c) berarti mulut, dan pilihan (d) berarti bagian. Oleh karena itu, untuk mengganti kata “top” tanpa mengubah makna kalimat secara keseluruhan, kamu bisa memilih upper end atau (a).

 

2. It is not possible for people to recall everything that they have thought, felt, or done.

a. remember

b. repeat

c. appreciate

d. discuss

Jawaban: (a)

Pembahasan: Dalam bahasa Indonesia, kalimat di atas berarti: “​​Tidak mungkin bagi orang untuk mengingat semua yang pernah mereka pikirkan, rasakan, atau lakukan.” Pilihan (a) berarti mengingat, pilihan (b) berarti mengulang, pilihan (c) berarti menghargai, dan pilihan (d) berarti mendiskusikan. Yes, clearly, untuk mengganti kata “recall” tanpa mengubah makna secara keseluruhan, kamu bisa memilih remember atau (a). 

 

b. Reading Comprehension

Read this Short Passage!

(1) A new atomic clock being developed for navigation satellites will perform better than previous devices. (2) The clock will use a new microwave cavity design to provide a compact and lightweight package and new electronic techniques to maintain long-term stability. (3) The clock can provide precise navigation information because it is stable to one second in three million years. (4) The differences in the time when signals from four satellites arrive at one location can be used to calculate that position to within a few yards.

1. From the passage, it can be inferred that which of the following characteristics of the clock mentioned will be most impressive?

a. Its compact size

b. Its ability to measure distance

c. Its weight

d. Its accuracy

Jawaban: (d)

Pembahasan:

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kamu harus menaruh perhatian penuh pada kalimat yang menceritakan karakter dari jam baru itu. Nah, pada paragraf di atas, kamu dapat menemukannya dalam kalimat ketiga yang menyatakan: “The clock can provide precise navigation information because it is stable to one second in three million years.” Di mana dalam bahasa Indonesia kalimat tersebut berarti: “Jam dapat memberikan informasi navigasi yang tepat karena stabil hingga satu detik dalam tiga juta tahun.” Mempertimbangkan kata kunci kalimat tersebut yaitu ketepatan informasi, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah “Its accuracy” atau (d). 

 

2. It can be inferred from the passage that the new clock will be

a. long-lasting

b. harmful to humans

c. produced in great numbers

d. very attractive looking

Jawaban: (a)

Pembahasan: 

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, kamu bisa memulai dengan mencari kalimat yang menyebutkan karakter dari jam baru itu. Pertama-tama, kamu mungkin akan menemukan bahwa kalimat kedua pada paragraf di atas menceritakan pembaharuan jam dari segi desain dan teknik elektroniknya. Di mana kalimat kedua menyatakan: “The clock will use a new microwave cavity design to provide a compact and lightweight package and new electronic techniques to maintain long-term stability.” 

Dalam bahasa Indonesia, kalimat tersebut berarti: “Jam akan menggunakan desain rongga gelombang mikro baru untuk memberikan kemasan yang padat dan ringan serta teknik elektronik baru untuk menjaga stabilitas dalam jangka panjang.” Selanjutnya, kamu akan menyadari bahwa karakter yang paling menonjol dari jam baru itu adalah stabilitasnya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah “long-lasting” atau (a). 

Akhirnya, itulah segala sesuatu tentang tes TOEFL ITP yang perlu kamu ketahui. Hayo, menurutmu, manakah di antara beberapa tipe soal dalam tes TOEFL ITP yang paling sulit untuk dikerjakan? Ceritakan jawaban kamu di kolom komentar, ya! Pesanku, cobalah untuk tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan. Instead, try to focus on what you do best. Dengan begitu, kamu akan memiliki probabilitas yang lebih besar untuk menjadi seorang pemenang dalam apapun itu yang sedang kamu kerjakan. 

By the way, ngomong-ngomong soal pemenang, tahukah kamu bahwa Liga Ruangguru akan menyelenggarakan English Academy Champion? Untuk kamu yang belum tau, English Academy Champion adalah kompetisi uji kemampuan berbahasa Inggris antar sekolah. Di sana, setiap peserta akan bertanding secara individual dan grup sesuai dengan kategori yang dipilih. Nah, buat kamu yang menyukai tantangan, kamu bisa segera mendaftarkan diri dan menjadi bagian perlombaan. Who knows? You might win the prize and get the chance to visit a prestigious university in the USA!

Referensi:

ETS. 2021. TOEFL ITP Assessment Series. [online] Available at: https://www.ets.org/toefl_itp/test_preparation/sample_questions/level2_section2_structure_written_expression/ [Accessed 12 November 2021].

Liga Ruangguru

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar