7 Serial TV yang Wajib Kamu Tonton untuk Belajar Bahasa Inggris

Clara Pricilla Adiputra Nov 27, 2021 • 13 min read


EA - 7 Serial TV yang Wajib Kamu Tonton untuk Belajar Bahasa Inggris-01

Artikel ini akan membahas tentang 7 serial TV yang wajib kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris. Yuk, kita simak bersama-sama!

--

Tahukah kamu? RM dari boy group asal Korea Selatan bernama BTS dalam wawancaranya dengan Ellen DeGeneres menyatakan bahwa sitkom televisi Amerika “Friends” memainkan peranan penting dalam membantunya menguasai bahasa Inggris. Nah, aku sendiri memiliki hobi menonton serial TV, terutama yang bergenre percintaan dan komedi. 

As for the reason, menonton serial TV entah bagaimana caranya selalu berhasil membantuku melepas penatnya hari. Sangking menyenangkannya, nonton serial TV bagiku adalah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri yang telah berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sulit. 

Berbeda dengan RM, menyukai drama Korea telah membantuku menguasai kalimat percakapan sederhana dalam bahasa Korea. Tetapi, baik pengalaman RM dari BTS maupun pengalamanku, keduanya sama-sama membuktikan bagaimana serial TV bisa menjadi sumber belajar bahasa, salah satunya adalah bahasa Inggris. Nah, di bawah ini adalah 7 serial TV yang wajib kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

 

1. Friends

Duh, siapa sih yang nggak tau serial TV yang satu ini. Untuk kamu yang belum tau, “Friends” adalah sitkom televisi Amerika yang diciptakan oleh David Crane dan Marta Kauffman. Sitkom televisi yang berlangsung selama 10 musim (22 September 1994-6 May 2004) ini bercerita tentang kehidupan pribadi dan profesional enam orang yang berusia 20-an hingga 30 tahun-an yang tinggal di Manhattan. By the way, ada yang hafal nama enam karakter utama sitkom televisi “Friends” nggak, nih? Untuk kamu yang sudah lupa, enam karakter tersebut adalah Rachel Green, Monica Geller, Phoebe Buffay, Joey Tribbiani, Chandler Bing, dan Ross Geller.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa serial TV “Friends” cocok untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, “Friends” memiliki plot yang sederhana, membuat kamu tidak perlu susah payah memahami alur ceritanya. Selain memiliki plot yang sederhana, sitkom televisi yang satu ini kaya akan dialog bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kamu yang masih pemula bisa dengan mudah mengikuti dan mempelajari kalimat percakapan yang kamu dengar. 

Terakhir, “Friends” kaya akan kosakata dan idiom bahasa Inggris yang memiliki pesan yang lucu atau sarkas. Hayo, kebayang kan keseruan belajar bahasa Inggris bersama enam karakter utama “Friends”?

Learn Idioms with Friends

1. Pick somebody up

Membuat seseorang merasa lebih baik.

Fun Bobbie to Joe: “Hey, do you need me to pick you up?”

2. Set something free

Untuk melepaskan seseorang dari sesuatu.

Phoebe (about Fun Bobbie): “Dont say that. Hes probably always been dull. You just, you know, set it free.”

 

2. Grace and Frankie

Hey, hey, hey, pecinta serial TV “Grace and Frankie” mana nih suaranya? Untuk kamu yang masih belum familiar dengan serial TV yang satu ini, “Grace and Frankie” adalah komedi televisi Amerika yang diciptakan oleh Marta Kauffman dan Howard J. Morris. Komedi televisi yang sudah berlangsung selama 7 musim ini bercerita tentang dua perempuan yang disatukan dalam pertemanan karena ditinggalkan oleh suaminya. Indeed, dua karakter tersebut adalah proper Grace dan eccentric Frankie. Oh, ya! Komedi televisi “Grace and Frankie” akan merilis episode terakhirnya pada tahun 2022 mendatang, loh. So, theres still something that you can be excited about.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa komedi televisi “Grace and Frankie” cocok untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, “Grace and Frankie” memiliki durasi per episode yang sangat singkat, membuat kamu tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk belajar bahasa Inggris dari komedi televisi yang satu ini. 

Kedua, durasi per episode yang sangat singkat tidak mengurangi pelajaran bahasa Inggris yang bisa kamu peroleh. Dengan menonton “Grace and Frankie”, kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam aksen Amerika. Selain itu, genre komedi membuat serial televisi ini kaya akan kosa kata dan dialog bahasa Inggris yang dijamin bisa membuat kamu tertawa.

Learn Vocabularies with Grace and Frankie

1. Sleuth

Seseorang yang menyelidiki tindak kejahatan.

Frankie: “I am an amateur sleuth with limited self-control and a computer.”

2. Winging (Slang)

Untuk melakukan sesuatu tanpa persiapan yang matang.

Grace: “Were going to over-prepare and act like were winging it.”

 

3. The Big Bang Theory

Sama halnya dengan “Friends”, aku yakin bahwa sebagian besar orang sudah familiar dengan serial TV yang satu ini. Untuk kamu yang belum tau, “The Big Bang Theory” adalah sitkom televisi Amerika yang diciptakan oleh Chuck Lorre dan Bill Prady. Sitkom televisi yang berlangsung selama 12 musim (24 September 2007-16 May 2019) ini bercerita tentang pertemanan yang mulanya terdiri empat orang yang canggung atau socially awkward yang berubah menjadi liar setelah bertemu dengan seseorang yang berjiwa bebas (Penny). Empat karakter utama tersebut adalah Leonard Hofstadter, Sheldon Cooper, Howard Wolowitz, dan Raj Koothrappali. 

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa sitkom televisi “The Big Bang Theory” cocok untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, 12 musim dari sitkom televisi yang satu ini telah berhasil mencakup begitu banyak topik dialog bahasa Inggris. Layaknya variasi topik yang ada di dalam buku pelajaran bahasa Inggris kamu, “The Big Bang Theory” juga membawa topik yang berbeda di dalam setiap episodenya. 

Kedua, serial TV yang satu ini menggunakan kosa kata bahasa Inggris pada berbagai tingkatan, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Contohnya, menurut Learn Languages with TV, S9E2 The Separation Oscillation mencakup penggunaan kosakata bahasa Inggris Level 1 (Mudah), Level 2 (Sedang), dan Level 3 (Rumit). Jadi, untuk kamu yang ingin memperkaya kosa kata bahasa Inggris, I am encouraging you to watch this television sitcom.

EA - 7 Serial TV yang Wajib Kamu Tonton untuk Belajar Bahasa Inggris-02

 

4. Suits

“Suits” adalah serial televisi Amerika bergenre legal drama yang diciptakan oleh Aaron Korsh. Serial televisi yang berlangsung selama 9 musim (23 Juni 2011 - 25 September 2019) ini bercerita tentang seorang talented college dropout yang dipekerjakan sebagai associate oleh salah satu pengacara terbaik di New York. Meski tidak pernah memperoleh gelar sarjana dari Harvard Law School, “Suits” berfokus pada bagaimana Mike Ross dan Harvey Specter bekerja sama dalam menangani berbagai kasus sambil menjaga satu rahasia besar. Dalam serial televisi ini, Mike adalah seorang talented college drop out yang dipekerjakan oleh Harvey, salah satu pengacara terbaik di New York.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa serial TV “Suits” cocok untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, berbeda dengan tiga serial TV pertama, “Suits” akan memperkenalkan kamu dengan sejumlah kosakata bahasa Inggris yang umumnya digunakan di dunia kerja. Kedua, serial TV yang satu ini bisa membuat penontonnya menjadi semakin familiar dengan istilah-istilah bahasa Inggris yang ada di dalam ilmu hukum. 

Hayo, siapa disini yang sedang menempuh pendidikan hukum tetapi belum pernah nonton “Suits”? Saranku, kamu harus segera menontonnya, ya! Terakhir, serial TV “Suits” memiliki banyak sekali iconic line yang dilontarkan dalam bahasa Inggris. Tentunya, beberapa iconic line itu bisa digunakan untuk membuat atasan kamu terkesan dengan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kamu. 

Suits Iconic Quote

Harvey Specter: "When I got here, I dominated. They thought I worked 100 hours a day. Now, no matter what time I get in, nobody questions my ability to get the job done. Get it through your head, first impressions last. You start behind the eight ball, you will never get in front."

Pesan: Mulailah dengan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Ketika suatu label sudah menempel pada dirimu (contoh: “pemalas” atau “pekerja keras”), label tersebut akan sulit untuk berubah. So, always try to make your first shot, your best shot. Kamu nggak mau kan diingat sebagai seseorang yang inkompeten?

 

5. Stranger Things

“Stranger Things” adalah serial televisi Amerika bergenre horror drama yang diciptakan oleh The Duffer Brothers. Serial televisi yang sudah berlangsung selama 3 musim ini (sejak 15 Juli 2016) akan merilis “Stranger Things 4” pada tahun 2022 mendatang. “Stranger Things” bercerita tentang seorang anak laki-laki yang menghilang dan kota kecil yang mengungkap suatu misteri. Pengungkapan misteri itu sendiri melibatkan eksperimen rahasia, kekuatan supranatural yang menakutkan, dan seorang gadis yang aneh. By the way, ada yang tau nama karakter utama serial televisi “Strangers Things” nggak, nih? Untuk kamu yang belum tau, karakter utama tersebut adalah Michael Wheeler atau yang akrab dikenal sebagai Mike.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa serial TV “Stranger Things” cocok untuk dijadikan sumber belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, mengingat bahwa serial TV yang satu ini dimainkan oleh anak-anak, percakapan dalam bahasa Inggris yang berlangsung berjalan dengan lebih pelan dan jelas. Indeed, “Stranger Things” memang cocok banget untuk kamu yang masih pemula. 

Kedua, serial TV ini kaya akan slang bahasa Inggris yang menarik untuk dicari tahu artinya. Tentunya, setiap slang yang diucapkan memiliki arti uniknya tersendiri. Jadi, nonton “Stranger Things” dijamin akan membuat kamu merasa semakin keren dan percaya diri ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Secara, kamu mampu mengungkapkan bahasa gaul dalam bahasa Inggris!

Learn the Commonly Used English Slang with "Stranger Things"

Weirdo

Slang weirdo digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang berperilaku tidak biasa, membuatnya sulit untuk dipahami dan diterima.

Lucas Sinclair: “We forget the weirdo and go straight to the gate.”

Baca juga: 5 Tips Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

 

6. The Crown

Hayo, pecinta serial TV “The Crown” mana nih suaranya? Untuk kamu yang belum tau, “The Crown” adalah serial Netflix bergenre historical drama yang diciptakan oleh Peter Morgan. Serial Netflix yang sudah berlangsung selama 4 musim (sejak 4 November 2016) ini akan merilis “The Crown 5” pada tahun 2022 mendatang. “The Crown” bercerita tentang persaingan politik, romansa pemerintahan Ratu Elizabeth II, dan peristiwa yang membentuk paruh kedua dari abad ke-20. Karakter utama serial Netflix yang satu ini adalah Queen Elizabeth II yang dimainkan oleh Claire Foy.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa serial Netflix “The Crown” cocok untuk menjadi bahan belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, nonton serial Netflix ini akan memperkaya kosakata bahasa Inggris kamu. Terutama yang paling umum digunakan dalam dialog keluarga bangsawan. 

Kedua, dengan menonton “The Crown”, kamu bisa melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam aksen British. Bonusnya, kamu bisa mempelajari sejarah bangsa Inggris itu sendiri, loh. Gimana? Banyak banget kan manfaat yang bisa kamu peroleh dari menonton “The Crown”?

EA - 7 Serial TV yang Wajib Kamu Tonton untuk Belajar Bahasa Inggris-05

 

7. Downton Abbey

Sama seperti “The Crown”, “Downton Abbey” adalah serial Netflix bergenre historical drama yang diciptakan oleh Julian Fellowes. Serial Netflix yang sudah berlangsung selama 6 musim (sejak 26 September 2010) ini bercerita tentang kronik kehidupan keluarga bangsawan Inggris Crawley dan pelayan mereka di awal abad kedua puluh. Oh, ya! Ada yang tau tiga nama karakter utama serial Netflix “Downton Abbey” nggak, nih? Untuk kamu yang belum pernah menontonnya, tiga karakter utama tersebut adalah Matthew Crawley, Lady Mary Crawley, dan Lady Sybil Crawley.

Sekarang, pertanyaannya adalah mengapa serial Netflix “Downton Abbey” cocok untuk menjadi bahan belajar bahasa Inggris kamu? Pertama, nonton serial Netflix ini akan memperkenalkan kamu dengan kalimat percakapan bahasa Inggris yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Tentunya yang paling umum digunakan dalam dialog keluarga bangsawan, dong! Kedua, “Downton Abbey” bisa dijadikan alternatif serial Netflix yang bisa kamu tonton untuk melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris dalam aksen British.

"Downton Abbey" Iconic Quote

Carson: “The nature of life is not permanent, but flux.”

Pesan: Kita tidak perlu takut akan perubahan, change is a good thing. Apabila kita dapat belajar untuk menghadapi perubahan yang konstan dengan bijaksana, maka kita dapat selalu menjalani hidup dengan baik. Meski perubahan terkadang membawa kita ke tempat yang lebih gelap, ketahuilah bahwa itu pula akan berlalu. Seperti kata Oprah Winfrey dalam salah satu pidatonya tentang masa sulit: “This too shall pass.”

Akhirnya, itulah 7 serial TV yang wajib kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris. Oh, ya! Jadi penasaran, kalau menurut kamu, dari ketujuh serial TV di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu? Untuk kamu yang sudah pernah menonton satu dari tujuh serial TV di atas, kamu bisa memberikan ulasan singkat kamu di kolom komentar, loh. Tentunya, kamu bisa sekedar mengulas serial TV itu sendiri atau menyertakan dampak menontonnya terhadap proses belajar bahasa Inggris kamu. Ingat, ulasan dari kamu bisa menjadi alat bantu untuk teman-teman lain dalam membuat pilihan mereka.

--

Tahukah kamu bahwa Liga Ruangguru akan menyelenggarakan English Academy Champion? Untuk kamu yang belum tau, English Academy Champion adalah kompetisi uji kemampuan berbahasa Inggris antar sekolah. Di sana, setiap peserta akan bertanding secara individual dan grup sesuai dengan kategori yang dipilih. Nah, buat kamu yang menyukai tantangan, kamu bisa segera mendaftarkan diri dan menjadi bagian perlombaan. Who knows? Who knows? Kamu mungkin bisa menjadi pemenang total hadiah ratusan juta rupiah dan mengunjungi kampus ternama di Amerika Serikat!

Liga Ruangguru

Referensi:

EF. 2017. 10 more TV shows to learn English with. [online] Available at: https://www.ef.com/wwen/blog/language/10-more-tv-shows-to-learn-english-with/ [Accessed 24 November 2021].

Quizlet. n.d. [online] Available at: https://quizlet.com/br/215460013/the-crown-vocabulary-flash-cards/ [Accessed 24 November 2021].

Baker, L., 2020. Why embracing change is the key to a good life. [online] BBC. Available at: https://www.bbc.com/culture/article/20200930-why-embracing-change-is-the-key-to-a-good-life [Accessed 25 November 2021].

ejoy. 2017. Common English idioms from The Big Bang Theory. [online] Available at: https://ejoy-english.com/blog/common-english-idioms-from-the-big-bang-theory/ [Accessed 24 November 2021].

Jones, M., n.d. 10 English TV Shows to Improve Your Language Skills. [online] SpeakUp resources. Available at: https://magoosh.com/english-speaking/10-english-tv-shows-to-improve-your-language-skills/ [Accessed 24 November 2021].

Team, K., 2021. 56 Best Downton Abbey Quotes For Fans Of The Hit TV Show. [online] kidadI. Available at: https://kidadl.com/articles/best-downton-abbey-quotes-for-fans-of-the-hit-tv-show [Accessed 25 November 2021].

Collins Dictionary Language Blog. 2017. The totally rad guide to Stranger Things slang - Collins Dictionary Language Blog. [online] Available at: https://blog.collinsdictionary.com/language-lovers/the-totally-rad-guide-to-stranger-things-slang/ [Accessed 25 November 2021].

Williams, M., 2016. Life advice from Harvey Specter. [online] squaremile. Available at: https://squaremile.com/features/harvey-specter-suits-quotes/ [Accessed 24 November 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar