5 Tips Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Clara Pricilla Adiputra Nov 10, 2021 • 9 min read


EA -  5 Tips Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui-01Menulis artikel dalam bahasa Inggris bisa menjadi sangat menantang. Lima tips di bawah ini akan membantu kamu untuk memproduksi artikel dalam bahasa Inggris yang berkualitas.

--

Sejujurnya, menulis artikel dalam bahasa Indonesia saja bukanlah hal yang mudah. Tetapi, beberapa menginginkan tulisannya bisa diakses dan dipahami oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Ya, salah satunya adalah dengan menulis artikel dalam bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Meskipun menulis artikel dalam bahasa Inggris bisa menjadi sedikit lebih tricky, kamu bisa tetap menerbitkan artikel yang berkualitas dengan menerapkan tips-tips di bawah ini. Untuk kamu yang penasaran dengan tips-tipsnya, simak pemaparan di bawah ini, yuk!

 

1. Pikirkan Apa yang Benar-benar Ingin Kamu Tulis: Tentukan Tema dan Judul

Layaknya tips menulis artikel pada umumnya, sebelum menulis, kamu harus memikirkan apa yang benar-benar ingin kamu sampaikan kepada pembaca terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu bisa memulai dengan memikirkan tema dari artikel yang akan kamu tulis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tema adalah pokok pikiran atau dasar cerita yang dipakai sebagai dasar dalam mengarang. Pertanyaanku, ada yang tau nggak kenapa tips utama menulis artikel dalam bahasa Inggris adalah menentukan tema?

Untuk kamu yang belum tau, jawabannya adalah karena menentukan tema artikel terlebih dahulu bisa membantu kamu untuk menciptakan batasan tulisanmu. Sederhananya, kamu ingin menghindari tulisan yang tidak memiliki fokus yang jelas dan melebar kemana-mana. Tema artikel itu sendiri bisa bermacam-macam, di antaranya adalah pendidikan, gaya hidup atau fashion, teknologi, kesehatan, kuliner, dsb. Nah, tema inilah yang kemudian akan kamu turunkan menjadi judul. Simak contoh di bawah ini untuk meningkatkan pemahaman kamu, yuk!

Tema

Culinary

Judul

7 Most Delicious Indonesian Food: Must Try

 

2. Cari Referensi: A Good One

Apabila kamu ingin menulis artikel dalam bahasa Inggris dengan baik, kamu akan membutuhkan referensi. Wait, wait, wait, apa sih yang dimaksud dengan referensi? Secara sederhana, referensi adalah sumber acuan. Nah, referensi itu sendiri memiliki peranan penting dalam membantu kamu mengembangkan informasi yang ada di dalam tulisan kamu. Kecuali kamu sudah benar-benar menguasai materi yang akan kamu tulis, referensi mungkin tidak akan dibutuhkan lagi. 

Tetapi, menurutku, sekalipun kamu sudah menguasai materi yang akan kamu tulis, referensi bisa digunakan untuk membantu kamu menemukan gaya penulisan artikel dalam bahasa Inggris yang tepat. Ingat, kelengkapan dan ketepatan informasi yang ada di dalam artikelmu tidaklah cukup untuk menarik hati pembaca. Dalam hal ini, kamu perlu memastikan bahwa artikel kamu mempunyai daya jual yang tinggi, salah satunya dengan secara pintar memainkan gaya penulisan kamu.

Oleh karena itu, kamu akan membutuhkan referensi yang baik pula. Nih, aku sudah menyiapkan 5 website penyedia artikel dalam bahasa Inggris terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. 

5 Website Penyedia Artikel dalam Bahasa Inggris Terbaik

1. Ezinearticles (https://ezinearticles.com/)

2. ArticleBiz (https://articlebiz.com/)

3. Find Articles (http://findarticles.com/)

4. Articles Base (https://articlesbase.com/)

5. Article Rich (http://www.articlerich.com/)

 

3. Kamu Mungkin Perlu Menulisnya dalam Bahasa Indonesia Terlebih Dahulu

Sejujurnya, cara yang satu ini bisa menjadi sedikit merepotkan lantaran kamu harus menulis artikel yang sama sebanyak dua kali. Bagi kamu yang sudah cukup mahir berbahasa Inggris, alangkah baiknya untuk langsung menulis draft artikel kamu dalam bahasa Inggris. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang memang menyukai tantangan, kamu mungkin ingin menguji seberapa baik kemampuan menulis dalam bahasa Inggris kamu. 

Tetapi, bagi kamu yang masih pemula, menulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu bisa membantu kamu untuk memproduksi artikel dalam bahasa Inggris yang baik. Lebih daripada itu, menerjemahkan sendiri tulisan kamu bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Like they said, theres always a room for beginners to learn something new. Jadi, jangan merasa malu untuk menerapkan cara menulis artikel dalam bahasa Inggris yang satu ini, ya! You might gain something from it

EA -  5 Tips Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui-03

Baca juga: 8 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

 

4. T&C: Translate and Check!

Bagi kamu yang menulis draft artikel kamu dalam bahasa Inggris, tugas selanjutnya adalah memeriksa ketepatan tata bahasa. Hayo, ada yang tau nggak apa aplikasi terbaik untuk memeriksa ketepatan tata bahasa? Hm, kamu yang sudah pernah membaca Harus Tahu: Inilah 7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik! pasti mengetahui jawabannya, deh. Untuk kamu yang belum pernah membaca artikel tersebut, jawabannya adalah Grammarly. Dengan Grammarly, kamu bisa memeriksa aspek-aspek dalam tulisan seperti spelling, grammar, punctuation, clarity, engagement, dan delivery mistakes

Bagi kamu yang menulis draft artikel kamu dalam bahasa Indonesia, tugas selanjutnya adalah menerjemahkannya ke dalam Inggris kemudian memeriksa ketepatan tata bahasanya. Saranku, cobalah untuk menerjemahkan tulisan kamu secara manual dan bukan dengan mesin penerjemah seperti Google Translate. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan Google Translate hanya untuk menerjemahkan kosakata atau kalimat yang tidak kamu ketahui bahasa Inggrisnya. Dengan melakukan demikian, kamu bisa memiliki ruang untuk belajar dan mengembangkan kemampuan menulis kamu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan Grammarly untuk memeriksa aspek-aspek dalam tulisan kamu. 

 

5. Perhatikan Tanda Baca

Last but not least, periksalah kembali ketepatan penggunaan tanda baca dalam tulisan kamu. Hal-hal kecil seperti penempatan titik dan koma bisa mempengaruhi kesempurnaan artikel kamu. Selain titik dan koma, ada beberapa tanda baca lain yang perlu kamu perhatikan penggunaannya. Untuk kamu yang belum tau, simak contoh di bawah ini, ya!

Tanda Seru: !

Hope you'll have lots of fun learning with Duolingo!

Tanda Kutip: "..."

"I think of the young generation as a change maker," Winfrey said.

Tanda Kurung (...)

Research shows that the majority of Indonesian workers (80%) love the idea of working from Bali.

EA -  5 Tips Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui-02

Akhirnya, itulah 5 tips menulis artikel dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Hayo, menulis artikel dalam bahasa Inggris bisa menjadi sangat menantang, bukan? Jika kamu benar-benar ingin menjadi penulis yang hebat, biasakanlah dirimu membaca artikel-artikel dalam bahasa Inggris yang ada di luar sana. Dengan begitu, kamu bisa menemukan gaya menulis yang menjual dan menarik perhatian kamu. 

One more thing, untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, aku merekomendasikan kamu untuk bergabung dengan kelas English Academy. Bersama guru berpengalaman terbaik, kamu akan mempelajari kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk menerbitkan artikel yang berkualitas. What are you waiting for? Yuk, bergabung dengan kelas English Academy sekarang!

Referensi:

India Today. 2016. 10 Grammar and language trivia you probably did not know. [online] Available at: https://www.indiatoday.in/education-today/grammar-vocabulary/story/10-grammar-and-language-trivia-319866-2016-04-25 [Accessed 8 November 2021].

Amalia, L., 2017. Tips Menulis Artikel Dalam Bahasa Inggris. [online] Bahaso: Beyond Language Learning. Available at: https://blog.bahaso.com/tips-menulis-artikel-dalam-bahasa-inggris [Accessed 8 November 2021].

Kampung Inggris Language Center. 2021. Tips dan Trik Menulis Artikel dalam Bahasa Inggris. [online] Available at: https://kampunginggrispare.info/tips-dan-trik-belajar-menulis-artikel-bahasa-inggris/ [Accessed 8 November 2021].

Profile

Clara Pricilla Adiputra

I am a 5th semester's student majoring in Sociology at the University of Indonesia. Being a part of the Faculty of Social and Political Science community have made writing became something that I truly love doing. The idea of being able to educate people through my writing is the icing on the cake.

Beri Komentar