Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Cara Mengajarkannya

pentingnya belajar bahasa inggris untuk anak

Tak semua orang tua paham bagaimana cara mengajarkan bahasa Inggris pada buah hati mereka. Padahal, bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting agar anak dapat meraih masa depan yang gemilang.

Simak bagaimana pentingnya belajar bahasa Inggris untuk anak dan cara orang tua untuk mengajarkannya bersama English Academy Juniors di artikel ini!

Parents, meskipun English merupakan bahasa internasional yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, faktanya tak semua orang tua paham bagaimana cara untuk membiasakan anak berbahasa Inggris, apakah Anda salah satunya?

Jika iya, kami paham bahwa ada berbagai alasan yang membuat habit berbahasa Inggris pada anak sulit untuk dibentuk. 

Padahal, bahasa Inggris adalah salah satu aspek penting yang dapat membantu anak untuk meraih masa depan gemilang. Maka dari itu, keahlian berbahasa Inggris perlu diasah sejak kecil.

Lalu, mengapa belajar bahasa Inggris itu penting?

 

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Secara Umum

Ada lima hal yang membuat bahasa Inggris layak menjadi bahasa asing pertama yang wajib dipelajari seseorang sejak usia dini, yaitu:

1. Menambah wawasan dan keterampilan berbahasa

Melalui bahasa Inggris, anak bisa membuka wawasan dengan lebih luas. Artinya, anak akan mengenal bahasa dan budaya yang berbeda dari kebiasaannya.

2. Menunjang kegiatan akademis

Bahasa Inggris kerap menjadi mata pelajaran utama yang selalu diujikan di sekolah. Maka dari itu, jika Anda mengajarkan bahasa Inggris di luar sekolah, anak akan lebih terbiasa dan selangkah lebih maju dari teman-temannya. Nilai akademik bisa meningkat, parents.

3. Membuka peluang kerier impian di masa depan

Orang tua mana yang tak bangga ketika melihat anaknya bisa berkarier di perusahaan besar dengan jabatan yang tinggi? 

Namun, sebagai orang tua, Anda perlu menjadi jembatan agar anak mampu berkompetisi dengan baik di masa depan, salah satunya adalah dengan membekali mereka skill bahasa Inggris yang baik.

4. Membantu anak mendapatkan kesempatan studi di jenjang yang lebih tinggi

Tak dapat kita pungkiri bahwa bahasa Inggris adalah salah satu modal utama anak untuk mendapat kesempatan belajar di jenjang yang lebih tinggi.

Pasalnya, ia akan dengan mudah mendapatkan sertifikasi fasih berbahasa Inggris yang biasa digunakan sebagai syarat beasiswa untuk melanjutkan studi, khususnya di luar negeri.

5. Mempermudah berkomunikasi dengan orang asing

Sebagai bahasa internasional, tentunya bahasa Inggris menjadi bahasa andalan yang akan digunakan seseorang ketika mereka bertemu dengan orang asing, terutama english native speaker.

Jika anak sudah dibiasakan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sejak kecil, maka skill ini dapat menjadi bekal ketika ia dewasa dan bertemu teman-teman baru dari luar Indonesia.

Baca Juga:  5 Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

 

Ingin tahu level kemampuan bahasa Inggris anak? Yuk, ajak anak Anda untuk cek melalui Placement Test di English Academy. Gratis dan Bersertifikat. Daftar sekarang!

[IDN] CTA New Placement Test Blog English Academy

 

Faktor-faktor yang Menghambat Orang Tua Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak

Parents, sebagai orang tua, kita perlu memahami bahwa saat belajar bahasa Inggris, anak adalah seorang pemula.

Tentunya proses pembelajaran anak akan lebih optimal jika didampingi langsung oleh para pengajar expert, salah satunya bisa Anda temukan di English Academy. 

Pasalnya, ada beberapa hal yang membuat orang tua mungkin kesulitan untuk mengajarkan anak berbahasa Inggris, yaitu:

1. Kurangnya waktu dan tenaga

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak butuh waktu dan energi yang cukup besar. Sayangnya, tak jarang orang tua merasa lelah dengan kegiatan lain sehingga rencana belajar pun jadi buyar.

Apakah Anda akan melewatkan golden age dan middle childhood anak untuk belajar bahasa Inggris? Semoga tidak ya! Karena keduanya merupakan fase yang sangat penting di mana anak dapat belajar dengan lebih optimal.

Maka dari itu, English Academy yang merupakan bagian dari Ruangguru (Ed-tech terbesar di Indonesia) bisa jadi pilihan yang tepat untuk anak Anda. Pasalnya, terdapat Student Assistant yang akan membantu semua kebutuhan dan mendampingi anak selama proses belajar di English Academy.

2. Metode pengajaran yang tidak efektif

Agar proses belajar dan hasilnya lebih maksimal, orang tua perlu mengerti cara belajar seperti apa yang disukai oleh anak. Apakah secara online interaktif? Atau lebih suka offline bertemu langsung dengan guru?

Nah, berbagai cara tersebut dapat Anda temukan di English Academy yang didukung dengan metode  pembelajaran English Academy Learning System. Metode ini akan memfokuskan anak pada tiga tahap, yaitu Aku belajar, Aku berlatih, Aku bisa!

Sebagai orang tua,  nantinya Anda dapat mengontrol efektivitas belajar anak melalui parents-teacher meeting.

3. Skill dan ability bahasa Inggris parents yang minim

Beberapa orang tua mungkin kurang memiliki kemampuan berbahasa Inggris sehingga kesulitan dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak.

Kabar baiknya, Anda dapat mempercayakan anak-anak untuk belajar bahasa Inggris bersama local teacher dan native speaker di English Academy, sudah tersertifikasi internasional!

Selain itu, kurikulum internasional Cambridge yang digunakan English Academy dapat mendukung proses belajar bahasa Inggris anak di sekolah, khususnya sekolah swasta.

 

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Sebagai Pemula, Bisa Mulai dari 3 Tahun!

Parents, mari simak beberapa alasan penting mengapa anak perlu belajar bahasa Inggris:

1. Membangun dasar bahasa asing (Usia 3-6 Tahun)

Di usia golden age, orang tua harus membangun pondasi agar si kecil tertarik untuk belajar bahasa Inggris sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Hal yang perlu digaris bawahi adalah, anak pada usia 3-6 tahun cenderung lebih senang bermain. Maka dari itu, tak sedikit orang tua yang bingung untuk menentukan apa saja tools dan sumber belajar yang tepat untuk mengajarkan bahasa Inggris pada si kecil.

Untungnya, di English Academy terdapat animasi Pippa dan Pop yang akan menemani anak untuk belajar melalui games, mendengarkan lagu, dance, hingga cerita-cerita yang menghibur. Semua proses ini akan dilakukan secara interaktif bersama guru di Kelas Dasher.

Tenang, kelas ini bersifat fleksibel sehingga Anda sebagai parents dapat tetap mendampingi proses belajar anak di waktu luang. 

Baca Juga:  7 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

2. Membuat anak semakin percaya diri (Usia 7-11 Tahun)

Memasuki usia Sekolah Dasar, biasanya anak akan lebih interaktif dan semakin bersemangat untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

Namun, tahukah Anda? Saat ini SD negeri dengan kurikulum K13 (2013) sudah menghapus mata pelajaran bahasa Inggris sehingga anak baru dapat mengenal bahasa asing yang satu ini di bangku SMP.

Artinya, anak akan berada di lingkungan yang kurang mendukung proses belajar bahasa Inggris mereka. Maka dari itu, English Academy membentuk Kelas Runner yang berfokus pada rentang usia 7 – 10 tahun agar anak bisa meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris untuk lebih siap di bangku SMP.

Di jenjang ini, anak juga akan lebih mengenal budaya dan sejarah dunia bersama karakter animasi Jennie & Jim. Belajar jadi makin seru!

3. Anak akan lebih berambisi dan termotivasi untuk menumbuhkan skill baru (Usia 12-14 tahun)

Consistency is the key. Setiap orang tua pasti percaya bahwa konsisten adalah kunci agar anak bisa melakukan suatu hal positif dalam jangka waktu yang panjang.

Tapi, pada rentang usia 12-14 tahun, tak jarang anak akan merasa jenuh dengan rutinitas mereka sehingga cenderung menunda waktu belajar.

Melalui Kelas Sprinter di English Academy, anak akan diarahkan untuk memiliki ambisi dan tingkat percaya diri yang lebih tinggi.

Hal ini dapat menjadi pondasi bagi mereka untuk menumbuhkan life skill lain agar proses belajar jadi semakin berwarna, plus materi belajar bisa diimplementasikan dalam waktu yang lebih lama.

4. Lebih siap untuk hadapi ujian internasional (Usia 15-18 tahun)

Saat ini, kita hidup di era yang kompetitif. Artinya, bisa berbahasa Inggris saja tidak cukup. Sebagai orang tua, Anda perlu mengarahkan Anak untuk bersiap ‘membuktikan’ kemampuan bahasa Inggris mereka.

Pasalnya, bahasa Inggris tak hanya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kelak, mungkin anak akan berhadapan dengan cita-citanya untuk studi di luar negeri, traveling ke berbagai belahan benua, dan bekerja di perusahaan internasional.

English Academy Ranger ingin membantu anak di usia 15 – 18 tahun untuk lebih siap dengan berbagai pelatihan dan ujian yang dapat mengantarkan mereka untuk meraih cita-cita akademik maupun non-akademik.

Jadi, apakah Anda sudah paham seberapa pentingnya belajar bahasa Inggris untuk anak? Jika sudah, segera ambil keputusan mana kelas yang cocok untuk sang buah hati, English Academy bisa menjadi cara mudah orang tua untuk ajarkan bahasa Inggris pada anak Anda, parents!

Anda tentu akan memastikan anak agar mendapat persiapan ujian dengan kualitas terbaik, bukan? 

  

Intan Aulia Husnunnisa

Intan Aulia Husnunnisa, biasa dipanggil Intan. Menikmati dunia SEO Content Writing sejak 2020. Semoga tulisanku bermanfaat!